Olymp Trade Indonesia: Ulasan Platform Trading

Olymp Trade dikatakan sebagai platform trading online terkemuka di Indonesia dan salah satu yang terbesar di dunia. Dari awalnya yang sederhana pada tahun 2014, perusahaan ini telah berhasil membangun reputasi di antara jutaan trader di seluruh dunia, namun tetap ada pertanyaan:

Apakah layak menggunakan Olymp Trade – dan jika ya, bagaimana Anda bisa mendapatkan laba yang stabil?

Itulah tepatnya yang akan kita temukan dalam ulasan pakar ini. Kita akan meneliti perusahaan ini dengan detail dan mengevaluasi semua aspek Olymp, termasuk platform trading, dukungan klien, setoran dan penarikan, serta edukasi dan regulasi bagi para tradernya.

Skor keseluruhan
A+

Deskripsi kategori
Peringkat keuangan tertinggi, hanya diberikan kepada penyedia layanan terbesar dan paling tepercaya.

Platform Trading

9 / 10

Materi Pendidikan

8 / 10

Dukungan Klien

9 / 10

Setoran dan Penarikan

10 / 10

Pada akhir teks Anda juga akan menemukan bagian disertai komentar dan pendapat dari para klien. Di sinilah Anda dapat mengajukan pertanyaan Anda sendiri dan berdiskusi dengan sesama trader.

Setelah membaca panduan ini, Anda akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan penting tentang Olymp Trade berikut ini:

  • 🔑 Bagaimana cara daftar di Olymp Trade?
  • 💳 Bagaimana cara deposit Olymp Trade?
  • 🐣 Bagaimana cara bermain di Olymp Trade jika Anda seorang pemula?
  • 📈 Bagaimana cara menggunakan Olymp untuk mendapatkan penghasilan?
  • 💰 Bagaimana cara mengambil uang di Olymp Trade?

Para pakar keuangan kami telah mengevaluasi Olymp Trade selama lebih dari 3 tahun untuk membuat ulasan yang Anda sedang baca sekarang. Kami telah menguji baik akun demo maupun live trading, berbicara dengan trader amatir dan profesional dari beberapa negara, menyetorkan dan menarik uang kami sendiri dan menguji berbagai strategi trading—semuanya untuk menyusun pendapat nyata tentang Olymp Trade.

Sebelum kita membahas pertanyaan di atas, mari luangkan waktu sejenak untuk melihat latar belakang perusahaan ini—lagi pula, masuk akal jika Anda ingin memahami organisasi tempat Anda memercayakan dana Anda:

Apa itu Olymp Trade?

Seperti yang disebutkan di atas, perusahaan di belakang platform trading ini sudah berusia setengah dasawarsa. Namun, ceritanya dimulai pada awal 2010-an, saat sebuah tim profesional keuangan dan TI bersatu dengan tujuan ingin memudahkan investasi online bagi semua kalangan.

Sejak awal, sekelompok orang ini telah menetapkan tujuannya untuk mendemokratisasikan trading keuangan dan menjadikannya tersedia bagi siapa saja, bukan hanya bagi mereka yang memiliki modal awal yang kuat atau selera yang besar terhadap risiko.

Versi pertama dari platform trading Olymp Trade langsung heboh di pasar lokalnya di Eropa Timur dan Asia Tenggara: bahkan mereka yang tidak memiliki pengalaman berinvestasi sama sekali merasa mudah menggunakannya, dan akun demo gratis diperbolehkan untuk belajar langsung tanpa keharusan untuk mempertaruhkan uang sungguhan.

Dari versi awal tersebut, banyak yang telah diperbaiki dan diubah selama bertahun-tahun, tetapi gagasan intinya tetap sama:

memberikan cara termudah bagi siapa saja untuk berinvestasi dalam aset keuangan populer seperti mata uang, saham, dan kripto.

Gagasan (yang agak sederhana) ini ternyata sangat sesuai dengan kebutuhan jutaan investor aktif dan potensial di seluruh dunia: hanya dalam waktu beberapa tahun, Olymp Trade telah memperluas penawarannya ke lebih dari 12 bahasa di semua wilayah di dunia dan mengeksekusi lebih dari 20 pesanan trading setiap detik. Beberapa angka lagi seperti yang dilaporkan oleh perusahaan:

Produk utama Olymp, dan hal yang memungkinkan semua hal di atas, adalah platform trading online mereka. Dengan menggunakan perpaduan yang seimbang antara fitur-fitur yang ampuh dan desain yang bijaksana, Olymp memudahkan trading bahkan untuk pemula yang paling tidak berpengalaman sekalipun.

Pada bagian selanjutnya dari ulasan ini, kami akan menelisik platform Olymp Trade lebih detail, untuk mengetahui apa yang membedakannya dengan sistem pesaing:

Platform Trading

Anda tidak perlu mengunduh apa pun ke komputer Anda untuk menggunakan platform Olymp Trade: platform ini tersedia langsung di peramban internet atau sebagai aplikasi seluler (yang akan kami bahas tak lama lagi).

Setelah Anda masuk, Anda akan melihat layar trading utama, yang terdiri dari grafik harga dan antarmuka perdagangan di sebelah kanan. Di atasnya, Anda akan menemukan tab yang menghubungkan ke semua grafik Anda yang aktif, dan di bawahnya—penawaran yang saat ini aktif dan yang baru saja ditutup:

Perhatikan kesederhanaan bagian pembukaan transaksi di sebelah kanan: Anda menetapkan durasi dan jumlah trading dan segera melihat potensi pendapatan jika ramalan ternyata benar; setelah itu cukup klik tombol “Naik” atau “Turun” besar untuk membuka transaksi.

Bagaimana cara kerjanya?

Hasil dari suatu transaksi ditentukan oleh perubahan harga aset yang Anda pilih dari waktu yang Anda pilih saat membuka transaksi. Mari kita lihat contohnya:

Anda membuka transaksi satu menit “naik” untuk emas, yang saat ini berharga $1.300. Jika harga emas setelah satu menit lebih tinggi daripada harga saat ini, tidak peduli sebesar apa—Anda akan mendapatkan keuntungan dari transaksi Anda..

Hal yang nyaman tentang ini adalah Anda mengetahui potensi keuntungan Anda dan pembayaran yang tepat dari transaksi yang sukses sebelum membuka transaksi. Ini berarti Anda dapat merencanakan perdagangan Anda dengan lebih efektif dan menghindari menipisnya akun Anda terlalu besar jika ada beberapa prediksi yang gagal. Rapi sekali!

Anda dapat memilih di antara banyak instrumen keuangan yang memungkinkan di platform Olymp Trade—tetapi secara umum semuanya dapat dikelompokkan menjadi empat kategori utama:

  • 35 pasang mata uang, dari EUR/USD atau GBP/JPY klasik hingga USD/MXN atau AUD/CAD yang lebih eksotis. Ini seperti trading forex, tetapi Anda tidak perlu memperhitungkan persyaratan margin dan rasio leverage yang rumit.
  • 10 indeks saham terbesar dari bursa saham paling aktif di seluruh dunia: dari NASDAQ di New York hingga Nikkei 225 di Tokyo.
  • 13 saham perusahaan multinasional besar, seperti Coca Cola, Tesla, atau Apple: jam perdagangan untuk aset ini sesuai dengan jam buka masing-masing bursa saham.
  • 6 komoditas, termasuk logam mulia seperti emas dan perak, serta barang-barang terkait energi seperti minyak dan gas alam.

Selain itu, ada kelas kelima dari instrumen yang dapat diperdagangkan di Olymp Trade yang telah diperkenalkan baru beberapa tahun yang lalu, tetapi dengan cepat memperoleh popularitas: mata uang kripto. Soal ini layak mendapat bab tersendiri.

Mata Uang Kripto di Olymp Trade

Dengan mengikuti tren modern, Olymp telah memperkenalkan trading mata uang kripto di platformnya untuk memungkinkan kliennya mendapatkan akses mudah dan bebas hambatan ke sumber kekayaan yang berkembang pesat ini.

Anda dapat memilih di antara 12 opsi berbeda dalam hal kripto, mulai dari Bitcoin dan Ethereum yang populer, hingga aset yang kurang lazim seperti Monero dan Dash, hingga pasangan relatif seperti LTC/BTC—yaitu harga Litecoin relatif terhadap Bitcoin, bukan terhadap dolar AS.

Ada beberapa keuntungan penting menggunakan platform Olymp untuk trading kripto, dibandingkan dengan metode standar seperti dompet dan pertukaran:

  • Menyetorkan dan menarik dana dari dompet kripto bisa jadi memusingkan. Lebih buruk lagi, Anda perlu waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan otorisasi berdagang di bursa kripto khusus seperti Bitfinex. Dengan Olymp Trade, Anda dapat membuka transaksi dengan mata uang kripto dari akun yang sama yang Anda gunakan untuk memperdagangkan aset lainnya.
  • Anda bisa mendapatkan keuntungan baik dari kenaikan maupun penurunan harga kripto, berbeda dengan dompet tradisional, di mana Anda hanya bisa membeli dan menahan, berharap harga naik semakin tinggi.
  • Biaya transaksi dalam dompet dan pertukaran bisa sangat besar, dan pada akhirnya Anda membayar 10% atau bahkan lebih dari jumlah aktual Anda sebagai komisi. Di Olymp Trade, Anda bebas membuka sebanyak mungkin transaksi tanpa khawatir biaya yang tinggi.
  • Dengan Olymp Anda dapat menghindari risiko yang berkaitan dengan pertukaran kripto khusus, yang cenderung sering diretas atau disusupi.

Trading Seluler

Olymp Trade tidak akan menjadi platform trading modern jika tidak memiliki beberapa antarmuka seluler yang sangat nyaman. Mengapa kami menyebut beberapa dalam hal ini?

Karena klien Olymp memiliki dua alternatif untuk bertrading di perangkat seluler: baik melalui aplikasi asli atau melalui browser seluler, dengan hanya membuka situs web perusahaan.

Dua opsi ini terlihat hampir sama, seperti yang dapat Anda lihat dari tangkapan layar di atas, jadi tergantung pada preferensi pribadi Anda apakah Anda akan menggunakan yang satu atau yang lain.

Desainer Olymp Trade telah berhasil mempertahankan kesederhanaan dan ketangguhan platform trading ukuran penuh mereka, sambil memungkinkan pengguna untuk membuka penawaran dari mana saja dengan koneksi jaringan seluler.

Aplikasi asli ini tentu saja tersedia untuk perangkat Android dan iOS, dan dapat diunduh menggunakan tautan langsung ini:

Jenis Akun dan Trading Demo

Olymp menawarkan tiga jenis akun untuk membantu para penggunanya mendapatkan yang terbaik dari platform: akun demo gratis dengan uang virtual untuk membantu Anda berlatih dan mempelajari strategi baru; akun standar tempat Anda dapat berdagang dan mendapatkan uang sungguhan, dan akun VIP dengan fitur dan hak istimewa yang luas.

Beberapa keuntungan dari jenis akun terakhir adalah tingkat keuntungan yang lebih tinggi pada transaksi (hingga 90% dari batas akun standar 80%), batasan yang lebih tinggi pada jumlah transaksi serta jumlah terbatas dari apa yang disebut transaksi bebas risiko, ketika klien diberi kompensasi jika ramalannya salah.

Daftar gratis di Olymp Trade ›

Selain itu, setiap pemegang status VIP menerima akses ke Webinar khusus undangan dan analitik VIP, serta penugasan asisten pribadi yang berkonsultasi dengan mereka dalam aspek apa pun dari platform trading.

Untuk mendapatkan status VIP, Anda harus melakukan setoran minimal $2.000; perlu dicatat bahwa Anda dapat kehilangan hak VIP jika Anda menarik dana dalam 15 hari berikutnya tanpa melakukan trading apa pun.

Apakah akun VIP sepadan?

Jika Anda mampu membelinya—pasti sepadan; tanpa biaya tambahan Anda mendapatkan fitur yang disempurnakan dan lebih banyak informasi, yang dapat membantu memaksimalkan laba trading Anda. Namun, itu tidak berarti bahwa mendapatkan laba yang stabil dengan akun standar kurang memungkinkan.

Klien yang membuka akkun standar atau VIP berhak atas bonus selamat datang hingga 50% dari setoran awal. Perhatikan bahwa Anda tidak dapat menarik jumlah bonus—tetapi setiap keuntungan yang Anda peroleh dengan menggunakan uang itu akan tetap menjadi milik Anda dan dapat ditarik.

Seberapa sulit untuk membuka akun di Olymp Trade?

Membuka Akun

.. tidak sulit sama sekali! Faktanya, kami menduga bahwa kesederhanaan semua prosedur yang terkait dengan akun (termasuk setoran dan penarikan, yang akan kami bicarakan sebentar lagi) telah menjadi faktor utama dalam menjadikan Olymp begitu populer.

Hanya diperlukan 4 klik untuk mulai menggunakan platform online ini:

  1. Masukkan email Anda, yang akan digunakan sebagai informasi login Anda. Pastikan itu alamat yang benar-benar Anda gunakan, karena Anda akan menerima informasi penting dari Olymp Trade ke email tersebut, termasuk pemulihan kata sandi jika Anda lupa nanti.
  2. Masukkan kata sandi untuk akun Anda. Ini bisa berupa kombinasi huruf, angka, dan simbol, tetapi kami sangat menyarankan untuk menghindari frasa standar seperti “123456”.
  3. Centang kotak untuk menyetujui syarat dan ketentuan platform.
  4. Dan terakhir klik tombol “register” besar di bawah formulir untuk mengirimkan permintaan Anda. Segera Anda akan diteruskan ke platform demo trading. Anda juga akan menerima email sambutan ke alamat yang Anda tentukan pada langkah 1, yang berisi tautan aktivasi untuk akun trading baru Anda.

Tidak sulit, bukan? Yang lebih bagus lagi, setelah menyelesaikan prosedur di atas, Anda akan langsung dapat menggunakan fungsionalitas sepenuhnya dari platform ini, dalam mode demo.

Untuk mulai berlatih menggunakan sejumlah kecil uang sungguhan, Anda perlu melakukan setoran. Dan ya, prosesnya juga mudah dan menyenangkan—

Penyetoran dan Penarikan

Untuk menyetorkan dana ke akun trading Anda, klik tombol “Setoran” di sudut kanan atas layar platform—atau klik tombol “+” jika Anda menggunakan perangkat seluler.

Layar baru akan muncul, menampilkan opsi pembayaran yang tersedia. Anda dapat memilih antara bank internet, kartu Visa/Mastercard, serta berbagai sistem pembayaran elektronik lokal dan mata uang kripto.

Setelah mengeklik metode pembayaran pilihan Anda, Anda akan melihat layar setoran akhir yang memungkinkan Anda memilih jumlah setoran—bonus Anda akan secara otomatis dihasilkan tergantung pada jumlah ini.

Jika Anda memilih untuk menyimpan metode pembayaran pada langkah ini, Anda nantinya dapat melakukan setoran tambahan dalam sekali klik.

Penarikan di Olymp Trade membutuhkan waktu sekitar 1-4 hari kerja untuk diproses, tergantung pada metode pembayaran yang Anda pilih. Jumlah yang dapat Anda tarik hanya dibatasi oleh saldo total akun Anda dikurangi bonus yang Anda terima saat melakukan setoran.

Jika Anda menarik jumlah yang lebih besar, broker mungkin perlu meminta dokumen tambahan yang mengonfirmasi identitas Anda, seperti yang disyaratkan oleh regulatornya. Ini hanya akan terjadi sekali, dan Anda tidak perlu mengirimkan dokumen tambahan setelah Anda diverifikasi.

Setelah bertrading di Olymp selama lebih dari 24 bulan, para ahli kami telah mengalami penundaan minimal dan nol transaksi yang gagal. Perusahaan ini membayar jutaan dolar kepada kliennya setiap bulan, jadi praktis satu-satunya alasan penarikan Anda tidak segera dilakukan mungkin karena keterlambatan di pihak bank atau e-wallet.

Belajar Cara Bertrading

Dengan melihat-lihat situs web mereka, Anda dapat melihat dengan jelas bahwa Olymp Trade menganggap serius pendidikan untuk trader: ada pelajaran interaktif gratis untuk pemula, database yang menjelaskan persyaratan trading penting, tutorial video tentang cara bekerja dengan platform online, serta seminar online berkala.

Sebagian besarnya dapat ditemukan di zona “Edukasi” yang dapat diakses dari menu utama:

Setiap pelajaran disusun sebagai jendela obrolan, di mana Anda akan menerima pengetahuan dalam bit-bit kecil, sama seperti Anda akan mendapatkan saran dari teman melalui Whatsapp atau aplikasi pesan lainnya. Langkah ini membantu mencerna informasi lebih mudah dan mempercepat pendidikan Anda.

Ada lebih dari 100 pelajaran, yang mencakup dasar-dasar perdagangan keuangan, serta topik-topik lanjutan seperti indikator teknikal dan strategi trading khusus.

Kami menemukan yang terakhir ini sangat berguna, karena mengandung urutan langkah-langkah spesifik dalam mendapatkan keuntungan untuk berbagai tingkat pengalaman: dari trader pemula (misal MACD atau Bollinger Bands) hingga trader lanjutan (indikator seperti Ichimoku mungkin sangat menarik).

Bagian Analitik pada akun Anda berisi instrumen gratis untuk membantu meningkatkan kualitas trading Anda: kalender peristiwa penting mendatang yang dapat memengaruhi harga mata uang dan saham, sinyal trading berdasarkan sentimen pasar saat ini, serta metrik volatilitas untuk trader berpengalaman.

Anda juga dapat berlangganan webinar langsung yang secara rutin berlangsung pada tanggal tertentu. Berpartisipasi dalam peristiwa semacam itu akan memungkinkan Anda untuk belajar dari para ahli dan mengajukan pertanyaan yang mungkin Anda miliki dalam mode waktu-nyata.

Dukungan Klien

Berbicara tentang komunikasi waktu-nyata: jika Anda mengalami kesulitan dengan platform trading, proses penarikan deposit, atau apa pun yang terkait dengan interaksi Anda dengan Olymp Trade—ada beberapa cara Anda dapat menghubungi mereka.

Sejauh ini cara yang paling nyaman adalah obroral langsung, yang memungkinkan Anda mendiskusikan masalah Anda dengan perwakilan perusahaan segera. Anda dapat mengakses obrolan dengan mengeklik ikon tanda tanya di sudut kanan atas layar platform online:

Cara lain untuk menghubungi Olymp Trade termasuk panggilan telepon langsung (hotline mereka tersedia 24/7) dan email, jika pertanyaan Anda tidak mendesak dan Anda ingin menyimpan percakapan Anda dengan perusahaan dalam bentuk tertulis untuk referensi di masa mendatang.

Kami hanya memiliki kata-kata positif untuk dikatakan tentang kualitas dukungan Olymp: cepat, ramah, dan, yang paling penting, tim ini benar-benar fokus menyelesaikan masalah Anda, bukan sekadar menutup satu tiket dukungan.

Kelebihan dan Kekurangan Olymp Trade

Baiklah, sekarang kita telah melihat setiap aspek dari penawaran Olymp secara lebih rinci, mari kita ringkas pengamatan dan pemikiran kita ke dalam daftar kelebihan dan kekurangan. Ini akan membantu kita sampai pada kesimpulan akhir di bagian selanjutnya.

  • Persyaratan setoran minimum rendah: Anda dapat memulai trading dengan uang sungguhan mulai dari serendah-rendahnya $10, yang merupakan salah satu setoran minimum terendah dalam industri ini.
  • Akun demo gratis: tidak perlu buru-buru mempertaruhkan uang sungguhan, Anda dapat memulai dengan demo gratis dari platform trading yang berisi semua fungsi dari versi nyata.
  • Mudah digunakan sekaligus tangguh: platform online Olymp Trade adalah perwujudan dari tujuan menyeluruhnya—menjadikannya sesederhana mungkin bagi siapa saja untuk mulai berinvestasi.
  • Persyaratan transaksi minimum yang rendah: selain akun demo yang disebutkan di atas, Anda juga dimungkinkan untuk mulai belajar dengan penawaran kecil pada akun nyata, karena perusahaan memungkinkan melakukan pemesanan mulai dari $1.
  • Peraturan pihak ketiga: Olymp Trade diawasi oleh Komisi Keuangan Internasional, yang bertindak sebagai perantara netral jika terjadi perselisihan antara perusahaan dan kliennya. Komisi ini menjamin dana kompensasi $20.000 untuk kasus apa pun ketika perselisihan diselesaikan untuk kepentingan klien.
  • Materi pendidikan interaktif: ada lebih dari 100 pelajaran online gratis di perpustakaan yang kian berkembang di Olymp Trade, di mana Anda dapat mempelajari dasar-dasar dan topik yang lebih maju dengan mengikuti percakapan seperti obrolan.
  • Penarikan cepat dan gratis: Penarikan penghasilan biasanya diproses dalam 1-4 hari kerja. Perusahaan tidak menambahkan biaya apa pun, jadi satu-satunya biaya yang Anda keluarkan adalah biaya penyedia pembayaran Anda.
  • Trading seluler yang mudah: ada dua versi peramban dari platform trading yang dapat Anda gunakan pada perangkat seluler, serta aplikasi seluler khusus yang dapat diunduh di Play Market atau App Store.
  • Tidak ada interval transaksi di bawah 1 menit: interval waktu terpendek yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi adalah 60 detik, yang tidak cukup untuk menjalankan strategi lanjutan tertentu seperti scalping.
  • Tidak menerima penduduk UE: jika Anda tinggal di Uni Eropa atau hanya bepergian ke sana, perusahaan tidak akan mengizinkan Anda untuk mendaftar di platform trading.

Keputusan Kami

Jadi, apa yang bisa kami simpulkan dari penelitian kami? Haruskah Anda memilih Olymp Trade sebagai mitra investasi Anda?

Saat ini Olymp Trade adalah salah satu contoh terbaik dari evolusi yang disengaja dari platform trading online, yang didorong oleh tujuannya untuk memberikan kenyamanan dan kesederhanaan maksimal bagi penggunanya.

Setiap interaksi dengan sistem Olymp terasa seperti jarum jam yang berjalan mulus, baik itu untuk membuka transaksi, mempelajari cara bertrading, menyetor/menarik dana, atau menerima dukungan. Bahkan mereka yang benar-benar pemula dapat merasa dirinya santai dan diperhatikan, sementara trader yang berpengalaman dapat menemukan banyak manfaat tambahan yang membuat trading mereka lebih efektif.

Setelah menggunakan platformnya selama bertahun-tahun, kami dengan mudah memahami bagaimana Olymp Trade berhasil tumbuh menjadi sebuah tempat trading internasional dengan sangat cepat: mereka serius dengan pengalaman pelanggan dan tanpa kompromi dalam hal kualitas layanan.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.