Asuransi Sebagai Solusi Warisan

Asuransi Sebagai Solusi Warisan  – Asuransi merupakan salah satu perlindungan financial untuk jiwa, properti hingga kesehatan. Anda perlu tahu bahwa asuransi bukanlah produk baru malah sudah ada sejak berabad-abad tahun yang lalu. Di Indonesia sendiri salah satu jenis asuransi yang cukup dikenal masyarakat ialah BPJS kesehatan yang melayani perlindungan kesehatan mulai dari penyakit hingga persalinan. Adanya asuransi membawa dampak yang cukup besar bagi kehidupan manusia modern dari segi sosial hingga kebutuhan bisnis. Bagi anda yang belum terlalu akrab dengan asuransi tentu wajib mengetahui beberapa hal dalam ulasan berikut ini..

Daftar gratis di Olymp Trade:

Apa Itu Asuransi dan Manfaatnya?

asuransi sebagai solusi warisan

Sumber: www.ggoselin.com

Asuransi menurut perundang-undangan yang diatur dalam UU no. 2 tahun 1992 menyatakan bahwa asuransi adalah sebuah perjanjian antara dua pihak. Perjanjian ini sifatnya mengikat diri kepada tertanggung untuk membayar premi sesuai kesepakatan setiap bulannya kepada penyedia asuransi. Ketika pihak tertanggung mengalami kerugian entah kehilangan keuntungan maupun kerugian kerusakan maka pihak tertanggung akan mendapatkan penggantian dari pihak penyedia asuransi.

Asuransi sendiri sudah muncul pada tahun 3000-2000 sebelum masehi. Kala itu asuransi sering dipakai oleh saudagar dari China ataupun Irak. Jadi masyarakat Irak memberikan pinjaman uang dengan jaminan kapal. Apabila kapal selamat melakukan ekspedisi maka hutang pemilik kapal akan dianggap lunas. Tak hanya itu raja Hammurabi juga ikut mengembangkan asuransi sehingga fungsinyapun mulai merambah ke asuransi kematian hingga untuk bencana alam. Pada 1750 asuransi diatur dalam hukum raja Hammurabi yang dikenal dengan Hammurabi Code.

Manfaat asuransi sendiri juga banyak sekali yang bisa anda simak dalam poin-poin berikut ini :

  • Meminimalisir Kerugian

Adanya asuransi sangat membantu anda dalam memperkecil resiko  kerugian di masa depan. Misalnya saja dikemudian hari terjadi pencurian atau bencana alam yang mengakibatkan kerugian material maka anda akan mendapatkan penggantian.

  • Sebagai Alat Bantu Mengelola Keuangan

Asuransi juga bisa digunakan sebagai alat bantu mengelola keuangan anda. jika anda mengikuti asuransi maka setiap bulannya anda wajib membayar premi kepada pihak penyedia asuransi. Untuk itu anda dituntut untuk menyisihkan beberapa uang anda untuk membayar premi asuransi ini.

  • Memberikan Keamanan Lebih

Adanya asuransi juga memberikan anda keamanan yang lebih atas asset yang dimiliki. Hal ini karena harta yang anda miliki lebih terproteksi. Selain aman anda menjadi lebih tenang karena harta yang dimiliki selalu terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

  • Sebagai Investasi

Asuransi juga sebagai investasi dan tabungan masa depan anda. Apabila anda mendaftarkan  diri sebagai nasabah pemegang polis maka di akhir kontrak anda akan mendapatkan pengembalian investasi yang tidak bisa dibilang sedikit.

  • Meringankan Beban Keluarga

Asuransi tidak hanya meringankan beban anda saja namun juga keluarga terdekat yang anda miliki. Asuransi dapat membantu keluarga anda bertahan hidup ketika tak ada tulang punggung yang bisa  menafkahi mereka lagi. Jumlah premi yang diterima keluarga anda juga bisa berkali-kali lipat tergantung  kesepakatan dengan tertanggung.

  • Asuransi Sebagai Solusi Warisan

Asuransi juga bisa jadi pilihan alternative solusi untuk warisan. Keluarga anda bisa menerima warisan tanpa harus mengikuti proses peradilan yang panjang dan terkena tariff pajak warisan yang tinggi pula.

Jenis-Jenis Asuransi

Jenis asuransi ini juga beragam disesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri. Dari jenis-jenis asuransi ini mungkin ada satu diantaranya yang anda butuhkan saat ini:

  • Asuransi Kesehatan

Seperti namanya asuransi kesehatan memberikan perlindungan dalam bidang kesehatan anda. Jika suatu hari anda mengalami sakit maka biaya yang timbul untuk pengobatannya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Umumnya sakit yang ditanggung oleh pihak penyedia asuransi ialah cacat, cedera, sakit hingga kematian akibat kecelakaan.

  • Asuransi Properti

Asuransi properti merupakan bentuk perlindungan untuk asset berupa properti yang anda miliki. Pada dasarnya asuransi jenis ini akan memberikan proteksi terhadap kehilangan maupun kerusakan atas properti yang dimiliki. Jika terjadi bencana alam maupun kebakaran maka properti yang dimiliki juga akan sangat terbantu dengan asuransi properti.

  • Asuransi Kendaraan

Dengan semakin meningkatnya kepemilikan kendaraan di tanah air maka ada pula asuransi kendaraan untuk melindungi kendaraan yang dimiliki. Sejak kerusuhan Mei 1998 kebutuhan akan asuransi kendaraan pun ikut meningkat. Tak hanya itu banyaknya tindak criminal pencurian kendaraan membuat asuransi kendaraan seakan tak pernah sepi peminat.

  • Asuransi Pendidikan

Untuk menjamin pendidikan buah hati dimasa depan maka tak ada salahnya untuk mengikutkan si kecil dalam asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan bisa digunakan hingga si kecil menuju jenjang perguruan tinggi.

  • Asuransi Bisnis

Tak hanya kekayaan pribadi saja yang perlu diproteksi namun juga bisnis anda. Asuransi bisnis merupakan salah satu  upaya untuk membanti memperkecil resiko kerugian hingga mencegah pailit yang mungkin terjadi atas beberapa transaksi yang dimiliki perusahaan. Setiap bisnis yang  dimiliki pasti ada resikonya tentu adanya asuransi bisnis akan membuat anda sebagai pemilik bisnis tersebut merasa lega dan aman.

  • Asuransi Perjalanan

Umumnya jika anda mengajukan visa untuk negara-negara Eropa tak sedikit yang meminta asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan akan menjamin perjalanan anda hingga kembali pulang jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja kecelakaan atau sakit yang menyebabkan perjalanan anda terganggu. Anda harus tahu bahwa asuransi jenis ini menanggung biaya pengobatan darurat, evakuasi medis, resiko kehilangan barang bawaan dan pemulangan jenazah.

  • Asuransi Kredit

Asuransi kredit biasa digunakan oleh debitur untuk memproteksi pinjaman mereka. Pada dasarnya, asuransi kredit ini melindungi lembaga keuangan untuk mendapatkan kembali uang mereka jika suatu hari kreditur tidak bisa melunasi pinjaman mereka.

  • Asuransi Kelautan

Asuransi kelautan menjamin barang-barang yang dikirim melalui kapal. Anda harus tahu bahwa asuransi kelautan sama seperti asuransi yang digunakan oleh bangsa irak terdahulu.

  • Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa sering digunakan sebagai solusi warisan karena adanya asuransi jiwa menanggung orang terhadap kerugian financial karena meninggal dunia. Besaran pengembalian yang didapatkan oleh kuarga klien asuransi ini memiliki nilai yang tak bisa dibilang sedikit. dengan adanya asuransi jiwa dapat menjamin kehidupan keluarga yang ditinggalkan.

Asuransi Sebagai Solusi Warisan

asuransi sebagai solusi warisan

Sumber: www.arra-pm.com

Bisakah asuransi sebagai solusi warisan? Warisan adalah sesuatu yang ditinggalkan oleh orang yang meninggal baik itu berupa harta benda maupun utang piutang. Warisan sendiri merupakan sesuatu yang amat penting dan sensitive untuk dibicarakan secara publik. Indonesia yang mayoritas berpenduduk agama Islam juga sering menemukan permasalahan warisan dalam kehidupan sehari-hari mereka. di dalam agama islam sendiri warisan juga memiliki aturannya tersendiri.

Hukum Waris Menurut Islam

Islam tak hanya mengatur tentang bagaimana seorang muslim beribadah namun juga membagi warisannya. Dalam warisan dikenal dua istilah yakni ahli waris dan pewaris. Pewaris merupakan orang yang meninggalkan hak-hak dan hartanya setelah meninggal dunia. Ahli waris adalah orang yang menerima peninggalan dari pewaris. Ahli waris biasanya merupakan kerabat dekat pewaris entah itu istri, anak atau saudaranya. Dasar hukum pembagian harta warisan terdiri atas beberapa faktor seperti hubungan darah, hubungan pernikahan, persaudaraan hingga kekerabatan.

Didalam hukum islam diatur siapa saja yang bisa menjadi ahli waris. Untuk ahli waris laki-laki yang bisa menerima warisan ialah anak laki-laki, cucu laki-laki, kakek maupun ayah, saudara laki-laki sekandung, suami, paman sekandung dan lainnya. dari pihak perempuan yang boleh menerima warisan ialah nenek, isteri, cucu perempuan, anak perempuan, ibu dan lainnya. embagian harta warisannya sendiri juga diatur oleh Islam yakni sebagai berikut :

  • Bagian Istri

Istri akan berhak menerima ½ harta jika tidak ada anak ataupun cucu. Apabila ada anak atau cucu maka istri akan menerima 1/8 saja.

  • Anak perempuan

Bagi yang memiliki anak perempuan jika tidak ada anak laki-laki akan mendapatkan ½ bagian warisan. Apabila anak perempuannya berjumlah dua orang maka berhak atas 2/3 warisan.

  • Suami

Untuk suami yang tak memiliki anak ataupun cucu maka akan mendapatkan ½ bagian warisan. Jika memiliki anak laki-laki maupun perempuan maka suami akan mendapatkan ¼ bagian saja.

  • Anak Laki-Laki

Jika tidak ada ahli waris lain maka ia berhak mendapatkan seluruh warisan. Jika terdapat anak laki-laki lainnya maka akan dibagi sama rata. Jika anak laki-laki memiliki saudara perempuan maka perbandingan pembagian warisannya ialah 2:1 yang mana pihak laki-laki akan mendapatkan lebih banyak.

  • Ayah

Jika memiliki anak laki-laki maka sasng ayah hanya akan menerima 1/6 bagian saja. Jika tidak memiliki anak laki-laki dan ada suaminya maka ia akan mendapatkan sisa dari ½ bagian.

  • Ibu

Untuk bagian ibu jika terdapat anak laki-laki atau cucu maka ia berhak menerima 1/6 bagian. Jika hanya ada ibu dan ayah maka ia berhak menerima 1/3 bagian warisan.

Hukum Waris Di Indonesia

Hukum waris di Indonesia sendiri memberikan kesempatan para ahli waris untuk mengikuti aturan hukum adat, perdata, islam maupun kesepakatan bersama antara para ahli waris. Jadi untuk hukum waris adat misalnya mengenakan pembagian warisannya didasarkan sistem keturunan, individual, kolektif, dan mayorat.

Untuk hukum perdata ialah warisan dapat dibagi jika ahli waris memiliki surat wasiat atau masih memiliki hubungan kekeluargaan dengan pewaris. Hukum individual berdasarkan surat wasiat yang mana ahli waris bisa menerima hak warisnya sesuai yang terdapat pada surat wasiat. Untuk membuat surat wasiat sendiri anda harus berumur minimal 18 tahun dan sudah menikah.

Walau sudah diberi kebebasan dalam memilih hukum waris mana yang diberlakukan namun permasalahan kasus hukum dibidang ini mencapai 20 %. Sengketa warisan ini bahkan menempati posisi kedua dalam perkara perdata agama.

Manfaat Asuransi Sebagai Solusi Warisan

Melihat masih banyaknya kasus sengketa warisan ini bisa diartikan bahwa dalam pembagiannya masih belum efektif. Untuk itu ada salah satu solusi terkait masalah ini yakni dengan menggunakan asuransi.  Adapun manfaat asuransi sebagai solusi warisan diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Asuransi Sebagai Solusi Warisan – Bukanlah Obyek Pajak

Pajak tak hanya dikenakan untuk perdagangan bisnis saja namun juga untuk harta warisan. Tariff yang dikenakan juga cukup tinggi  bahkan di luar negeri seperti Amerika pajak warisan mencapai 70%. Di Indonesia sendiri asuransi bukanlah obyek pajak.

  • Asuransi Sebagai Solusi Warisan – Polis Asuransi Tidak Dilaporkan SPT

Selain itu polis asuransi juga tidak bisa dilaporkan dalam SPT tahunan yang anda miliki. Warisan dalam properti juga bukanlah obyek pajak negara dan jika dikenakan pajak dari luar negeritidak perlu dibawa kembali ke Indonesia. Hal ini akan mengubah statusnya menjadi harta warisan yang terkena pajak.

  • Asuransi Sebagai Solusi Warisan – Ada Tujuh Jenis Asuransi yang Bisa Dijadikan Warisan

Ada beberapa jenis asuransi yang bisa anda gunakan sebagai solusi warisan yang dimiliki. Tujuh jenis asset ini diantaranya real estate, saham,deposito, rekening bank,reksadana, kendaraan dan emas serta perhiasan.

  • Asuransi Sebagai Solusi Warisan – Tak Perlu Melalui Proses Peradilan

Keunggulan dari asuransi yang bisa jadi solusi warisan anda ialah tak perlu melalui proses peradilan yang panjang. Selain menghemat waktu dan tenaga pewaris juga menunjuk sendiri ahli waris yang berhak atas polis asuransinya nanti ketika ia sudah meninggal.

Asuransi Sebagai Solusi Warisan – Tips Perencanaan Waris

Dalam menetapkan warisan ada baiknya anda rencanakan jauh-jauh hari dengan pertimbangan yang benar-benar matang. Warisan ini tak hanya akan mempengaruhi hidup anda sendiri namun juga keluarga yang anda tinggalkan. Jangan sampai karena warisan rusak semua hubungan yang dibangun bertahun-tahun. Untuk itu ada baiknya anda menyimak beberapa tips dalam perencanaan waris berikut ini :

  • Ketahui Dulu Apa yang Ingin Diwariskan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan ialah mengetahui apa saja yang hendak anda wariskan. Catat kalau perlu mungkin harta kekayaan atau hutang piutang.

  • Siapa yang Ditunjuk Menjadi Ahli Waris

Langkah kedua ialah siapa saja yang akan anda tunjuk sebagai ahli waris anda. jika ahli waris yang anda tunjuk belum menemouh usia 18 tahun keatas tentu perlu wali atas dirinya. Untuk itu anda juga perlu memikirkan siapa wali yang tepat untuk sang ahli waris.

  • Buat Surat Warisan

Selanjutnya anda perlu membuat surat wasiat yang juga perlu dibawa ke notaris agar sah dimata hukum. Surat wasiat ini akan sangat membantu para ahli waris agar bertidak sesuai yang anda inginkan dalam hal pembagian warisan.

  • Penuhi Kewajiban Bayar Anda

Selanjjutnya kumpulkan informasi tentang berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat surat wasiat, biaya pengacara atau notaris untuk menangani kasus anda tersebut. ingat untuk asuransi yang dijadikan sebagai pilihan warisan biasanya akan ditawarkan asuransi jiwa.

Asuransi Jiwa Sebagai Pilihan Warisan

Bagi anda yang memilih asuransi jiwa sebagai pilihan pembagian warisan tentu harus mengenal beberapa istilah dalam asuransi. Asuransi jiwa memang sering dipakai untuk melindungi asset yang dimiliki sepeninggalan anda. awalnya anda akan diminta untuk mengisi surat pemintaan asuransi jiwa. Dalam surat tersebut anda akan diminta untuk menunjuk ahli waris yang akan menerima polis asuransi yang dimiliki. Langkah kedua yang perlu dilakukan ialah menentukan berapa jumlah uang pertanggungan asuransi jiwa yang diinginkan.

Jika kebutuhan uang pertangguhan yang anda inginkan bernilai besar maka preminya juga semakin mahal. Meskipun anda mamou membayar premi namun pihak penyedia asuransi juga bisa menolak permintaan asuransi jiwa yang anda ajukan. Ada syarat dan kondisi yang juga perlu anda ketahui tentang asuransi jiwa ini. Apabila anda melanggar syarat dan kondisi yang telah ditetapkan maka pihak keluarga juga tidak mengklaimnya di kemudian hari.

Pastikan ahli waris yang anda tunjuk memang orang yang tepat. Oleh karenanya anda dituntut untuk melakukan perencanaan matang jauh-jauh hari. selain itu anda juga dibebankan premi yang terus anda bayarkan setiap bulannya sehingga penting untuk memperhitungkan berapa nilai uang pertanggungan yang tepat untuk anda.

Semoga informasi tentang asuransi sebagai solusi warisan di atas bermanfaat untuk anda..

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.