Bagaimana Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Dalam sebuah bisnis konsumen merupakan raja yang juga sumber kekayaan perusahaan. Tanpa konsumen pendapatan tak akan bisa didapati oleh perusahaan. Tak heran untuk menjaring konsumen setia beberapa perusahaan memberikan fasilitas tertentu agar mereka tak pergi ke produk lain. Permasalahanyya ialah bagaiamana cara untuk meningkatkan kepuasan dari konsumen anda?

Kepuasan Konsumen

Tak perlu cemas ada kok beberapa cara yang bisa anda terapkan agar konsumen anda selalu loyal. Penasaran ? check this out :

Sumber: http://www.reboundwc.org

SDM berkualitas pelayanan maksimal

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan ialah merombak sumber daya manusia anda. Karyawan merupakan jembatan antara perusahaan dan konsumen secara langsung sehingga perlu merekrut dan melatih SDM anda menjadi SDM yang terampil.

Daftar gratis di Olymp Trade:

 
SDM yang handal dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen. Training sebelum dipekerjakan di lapangan menjadi sangat penting untuk menjaga kualitas pelayanan anda. Karyawan tentunya harus paham bagaimana menghandle keluhan konsumen, pertanyaan konsumen dan memiliki pengetahuan akan produk yang ditawarkan.

 
Sikap ramah dan berpenampilan menarik juga sabar tentu perlu dimiliki oleh karyawan anda. Komunikasi yang baik akan mampu meningkatkan reputasi perusahaan anda sendiri.

Produk dan jasa yang selalu berkualitas

Produk atau jasa yang ditawarkan selalu berkualitas sehingga kepuasan konsumen selalu terjaga. Biarpun banyak pesaing anda tidak boleh berbuat curang dan membohongi konsumen anda. Hal ini tidak hanya mampu merusak citra anda sendiri dimata konsumen namun juga menurunkan penjualan. Selain kualitas anda juga perlu selalu berinovasi sehingga kejenuhan dapat dihindari.

 
Pasti ada masanya dimana selera masyarakat akan berubah disitulah anda perlu diverisifikasi produk untuk memenuhi selera masyarakat. Adanya sertifikasi dari lembaga yang berkepentingan juga mampu memberikan bukti kepada konsumen akan kualitas produk anda.

Berikan konsumen fasilitas plus – plus

Sesekali untuk menghargai konsumen loyal anda tak ada salahnya mengadakan event tertentu seperti jalan sehat maupun nobar. Aneka perlombaan juga mampu mempererat hubungan antara konsumen dan perusahaan. Jika ingin lebih heboh bisa juga diadakan kuis atau undian berhadiah. Beragam diskon pada hari tertentu juga mampu menarik konsumen baru dan kesempatan untuk memperkenalkan produk anda lebih luas lagi.
Sesekali lakukan survey dan sistem saran kritik

 
Untuk melihat kelemahan dan keunggulan produk anda tak ada salahnya jika bertanya langsung kepada konsumen. Anda bisa menggunakan survey maupun melihat saran da kritik yang diberikan pada website produk maupun perusahaan anda. Tak jarang ada pula perusahaan yang memberikan sampel gratis untuk direview oleh konsumen.
Untuk memberikan rasa aman anda juga bisa memberikan garansi bagi produk dan memberikan penggantian jika barang yang diterima cacat. adanya survey dapat juga menunjukkan apakah garansi dan penggantian produk telah terlaksa dengan baik atau belum.

Katakan tidak bila memang tak bisa dan iya jika memang bisa

Untuk menarik pelanggan tak jarang digunakan bahasa persuasif namun tak jarang kebnarannya sulit untuk dibuktikan. Oleh karenanya ada baiknya jika anda mengatakan tidak apabila memang tak bisa mengabulkan permintaan konsumen. Jangan lupa untuk menempati apa yang telah anda janjikan karena disinilah kepercayaan konsumen muai tumbuh.

 
Produk atau jasa yang dapat memuaskan konsumen ialah yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen itu sendiri. apabila produk dan jasa yang anda tawarkan memiliki pesaing yang cukup banyak maka konsumen mulai membandingkan antara harga jual, kualitas dan pelayanannya.

 
Anda haruslah bijaksana dan memberikan informasi yang jelas terkait produk dan jasa yang anda tawarkan.Hal ini juga menghindari terjadinya pelanggaran hak konsumen terhadap barang maupun jasa yang telah dibeli.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.