Bauran Pemasaran 4P

Dalam memasarkan produk tidak boleh asal saja sebab mampu mempengaruhi kehidupan perusahaan di masa depan. Seperti halnya manusia, perusahaan juga memiliki umurnya sendiri. Umur perusahaan ditentukan dari keberhasilan produk ataupun jasa yang dilemparkan ke pasar. Disinilah peran strategi pemasaran mulai digunakan. Dalam hal ini terdapat departemen khusus yang nantinya mengumpulkan segala informasi terkait selera pasar dan pesaing sebelum produk maupun jasa dihasilkan.

Bauran Pemasaran 4P

Beberapa orang menggunakan teknik SWOT yakni mengukur dari segi kelebihan dan kekurangan antara produk yang diproduksi dengan kompetitornya. Ada juga yang menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari 4P. bauran pemasaran ini berperan dalam mempengaruhi permintaan produk di lapangan.4P dalam marketing mix atau bauran pemasaran diantaranya bisa anda simak berikut ini :

Sumber:https://catatanmarketing.files.wordpress.com/

a. Product

Poin pertama dari 4P tentu saja poduct yang akan ditawarkan kepada konsumen. Disini anda perlu memahami produk anda mulai dari manfaatnya, kualitasnya, ragam hingga kemasan yang digunakan. Memahami produk sendiri mampu mendorong anda untuk mengetahui kekurangan dan keunggulan dari produk yang ditawarkan. Dari pemahaman produk sendiri anda mampu membuat inovasi dari produk tersebut sehingga mampu memperpanjang masa hidup produk tersebut.

b. Price

Poin selanjutnya dari 4P ialah price atau harga. Soal harga ini tidak bisa dianggap enteng sebab jika harganya terlalu tinggi maka beberapa orang saja yang mampu membelinya. Jika produk yang ditawarkan terlalu rendah maka biaya produksipun tak bisa tertutupi. Oleh karenanya penting bagi anda untuk mengetahui sasaran konsumen dari produk yang anda tawarkan. Jangan lupa untuk mengetahui harga pasaran serta pesaing yang hendak anda hadapi.

c. Place

Selanjutnya yang menjadi bagian dari 4P ialah place atau diartikan tempat. Ketika permintaan produk mulai banyak maka sistem distribusinya pun dituntut jauh lebih baik. Hal ini untuk meningkatkan layanan perusahaan kepada konsumennya. Pelayanan yang baik juga turut menyumbang kenaikan penjualan produk anda lho!. Lokasi perusahaan yang jelas serta transportasi dan pengadaan barang yang jelas mampu mnghemat ongkos produksi anda. selain itu juga membangun reputasi anda dihadapan para konsumen sebagai salah satu perusahaan yang mengedepankan kualitas dan pelayanan pelanggan.

d. Promotion

Dari segi produk, harga hingga tempat sudah dibahas sehingga kini tinggal satu poin saja yang menjadi bagian dari 4P marketing mix. Poin yang terakhir tersebut tidak lain adalah promotion. Bagaimana barang anda bisa terjual jika tak memperkenalkannya kepada calon pembeli. Kegiatan promosi ini beragam mulai dari door to door hingga pemanfaatan sosial media. Ada pula yang menggunakan media massa baik surat kabar, suara hingga visual seperti iklan dan banner yang bertebaran di jalanan untuk mendongkrak popularitas produk anda.

Biaya yang besar dalam hal promosi belum tentu juga berdampak besar. Anda perlu mengetahui apa yang sedang ngetren saat ini sehingga promosi anda tak sia – sia. Beberapa pemula yang membangun bisnis kecil – kecilan mencoba menggunakan media sosial seperti facebook, instagram hingga vlog untuk mempromosikan produk mereka. cara ini juga lebih murah ketimbang menggunakan iklan di televisi seperti sebelumnya.

Selain 4P diatas sebenarnya terdapt poin lainnya yang mendukung permintaan pasar. Anda bisa menggunakan strategi pemasaran diatas untuk memggaet calon pembeli. Menggunakan survey untuk mengetahui respon pelanggan anda juga sangat disarankan. Anda bahkan bisa memberikan sampel gratis sebelum memproduksi produk anda secara masal untuk melihat respon pasar atas produk yang ditawarkan.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.