Bauran Pemasaran 7P

Dalam bidang pemasaran tidak hanya permainan harga dan beragam promosi saja yang mempengaruhi penjualan. Komunikasi pemasaran mengenalkan bauran pemasaran yang kini telah diperluas yang semula terdiri dari 4 poin saja menjadi 7 poin yang disingkat dengan 7P. Bauran pemasaran nyatanya membantu para marketer untuk menentukan sasaran yang tepat sehingga penjualan bisa maksimal. Poin – poin dalam bauran pemasaran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Bauran Pemasaran 7P

a. Product
Tentu saja poin pertama yang ditekankan dalam bauran pemasaran ialah barang atau jasa yang anda jual. Apabila anda menjual barang tentunya harus memiliki kualitas yang baik sehingga dapat memenuhi dan memuaskan kepuasan konsumen anda. Jika yang anda jual adalah jasa tentu dalam penyedianya memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh konsumen anda.

Daftar gratis di Olymp Trade:

 

Sumber: https://www.ukmriau.com/


b. Price
Poin selanjutnya ialah price yang dalam bahasa indonesia diartikan dengan harga. Penetapan harga ini juga mempengaruhi pendapatan dan tingkat keuntungan yang anda dapatkan. Tentukan harga sesuai sasaran yang anda tuju, tingkat pelayanan yang anda berikan serta perlu memperhatikan persaingan dengan kompetitor sejenis.

 
c. Place
Tempat yang strategis nyatanya mampu memberikan keuntungan bagi barang atau jasa yang anda tawarkan. Lokasi yang tepat juga mamou mengurangi biaya marketing yang tak bisa dibilang murah. Selain lokasinya ternyata dekorasi dan desain dari outlet anda juga menarik para pembeli untuk membeli produk atau memakai jasa yang ditawarkan. Menurut penelitian yang didasaran dari survey efektik mengatakan bahwa area pemasaran berperan penting sebelum anda menentukan lokasi pemasaran.

 
d. Promotion
Promosi ialah suatu aktivitas menggunakan teknik tertentu dibawah pengendali penjual guna memberikan informasi persuasif untuk menarik pembeli agar membeli atau memakai produk yang ditawarkan. Tujuan dari promosi ini beragam diantaranya ialah memotivasi dan mengajak konsumen untuk membeli produk, memberikan informasi kepada konsumen tentang adanya peningkatan kualitas dari produk anda, identifikasi serta mencari konsumen baru, peningkatan jumlah konsumen dan menginformasikan produk baru.

 
e. People
People yang dimaksud disini ialah karyawan yang memiliki kinerja tinggi sehingga mampu memberikan pelayanan yang memuaskan dan menjaring konsumen setia. Kemampuan karyawan tentunya berpengaruh dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Tidak hanya pengetahuan namun juga karakter karyawan itu sendiri perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan karyawanlah juga menjadi mediator antara perusahaan dengan konsumen anda. Oleh karena itu ketika merekrut karyawan anda perlu melihat penampilan karyawan, suara, tutur kata, body language dan ekspresi wajah serta tentunya pengetahuan karyawan itu sendiri.

 
f. Process
Perusahaan yang menawarkan jasa perlu memperhatikan proses dalam menyampaikan jasa itu sendiri. Hal ini dikarenakan mutu layanan jasa akan sangat dirasakan konsumen saat proses penyampaian jasa tersebut. Disinilah karyawan berperan penting dan memerlukan kopetensi, komitmen serta loyal terhadap perusahaan sehingga mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Untuk memotivasi karyawan anda bisa memberikan fasilitas kepada karyawan berupa rekreasi, tempat kerja yang nyaman hingga berbagai bonus.

 
g. Physical evidence
Dalam physical evidence bangunan menjadi salah satu bentuk fisik serta karakter yang mampu menarik konsumen. Hal ini bisa menjadi poin tambah tersendiri bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Tak heran jika anda kerap menemukan perusahaan yang sangat memperhatikan interior, perlengkapan bangunan, tata ruang yang lapang hingga lighting system yang dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bagi perusahaan jasa yang memiliki sasaran tertentu bangunan juga dibuat agar mampu memberikan suasana ambience sehingga pengunjung memiliki pengalaman tersendiri.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.