Belajar Pasar Modal Untuk Pemula

Meskipun banyak orang yang sudah mulai berinvestasi dipasar modal. Saat ini untuk berinvestasi dipasar modal masih ditakuti oleh masyarakat awam. Hal ini lantaran dinilai sebagai investasi yang memiliki resiko tinggi. Padahal tingkat pengembalian atau keuntungan investasi dipasar modal lebih menjanjikan. Daripada anda mengunakan uang untuk deposito atau menabung uang dibank. Anda tentunya tahu dan pernah dengar ,bahwa banyak orang menghasilkan uang dipasar modal. Namun bagaimanapun anda merasa ragu karena anda juga mendengar. Tentang begitu banyaknya orang yang kehilangan uang di pasar modal.

Pasar Modal

Oleh karena itu ,sebelum memutuskan untuk berivestasi dipasar modal pengetahuan sangatlah penting. Terutama bagi anda yang masih pemula. Awalnya mungkin anda tidak punya gambaran mau mulai berinvestasi bagaimana?,dimana mau menentukan langkah awal dari edukasi pasar modal anda. selain itu anda juga kebingungan dengan begitu banyak informasi diinternet dll. Yang kebanyakan sangat membingungkan bagi anda yang masih pemula. Berikut ini kita akan membahas bagaimana cara belajar pasar modal untuk para pemula.

Sumber: http://blog.umy.ac.id/

Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi dipasar modal pastikan anda memiliki tujuan sebagai berikut:

1. Anda harus mempunyai keinginan yang besar untuk bermain atau mengetahui cara bermain dipasar modal. Terutama untuk memperoleh keuntungan dengan berinvestasi dipasar modal. Hal ini harus tertanam dalam diri anda sejak awal . intinya anda harus memiliki dorongan yang kuat untuk bermain dipasar modal dan mendapatkan keuntungan yang besar.

2. Pada awal-awal bermainlah dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu. Missal 10 juta atau 20 juta.Kalau anda mulai merasa nyaman, dan mengetahui cara bermain untuk menghasilkan keuntungan. Secara perlahan anda bisa menambah jumlah uang yang diinvestasikan. ingatlah bahwa uang yang anda tambahkan tersebut bisa habis. Jangan hanya mengingat keuntungan yang anda peroleh. Tetapi wajib mengingat bahwa investasi anda bisa berkurang bahkan habis.

Setelah anda memiliki dan mengetahui dua hal itu langkah untuk belajar selanjutnya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai pemula ada baiknya misi terdekat anda adalah menemukan orang yang berkompeten. Serta pengalaman cukup lama didunia saham untuk membimbing anda tentang dasar-dasar pasar modal dahulu dan tentunya dengan simple way.

2. Selanjutnya yang anda butuhkan adalah sebuah sistem yang solid, dan bertahap serta formula sederhana. Hal ini akan membuka jalan anda untuk berinvestasi dengan penuh kepercayaan serta skill yang tepat

3. Setelah itu fokus utama anda sebagai pemula dalam belajar adalah mempelajari basic dari pasar modal dahulu. Jangan mulai dari ilmu fundamental analysis. Karena itu susah dan akan membuat anda semakin bingung. Bahkan buku-buku dengan tema tersebut mungkin hanya akan anda baca 5-7 halaman awal saja. Biasanya para pemula sudah tidak melanjutkan lagi perjalanannya ke pasar modal. Kebanyakan malah menganggap ilmu tentang saham itu susah. Namun pada dasarnya fundamental analysis bukanlah ilmu yang mutlak anda butuhkan untuk menghasilkan uang dipasar modal.

Untuk mengerti basic tentang pasar modal. Anda hanya perlu secara sederhana untuk membaca tentang terminology, tentang bagaimana pasar modal bekerja, saham-saham apa saja yang terdaftar di BEI, dan secara sederhana cukup lihat sekeliling anda. Contohnya atm tempat anda menarik uang adalah milik bank BCA dengan kodenya BBCA.

4. Kemudian barulah anda mempelajari tentang istilah-istilah pasar modal. Tentang buy dan sell, offer dan bi, charts, trend dll

5. Yang perlu anda garis bawahi bahwa yang anda butuhkan adalah sebuah pengetahuan yang sederhana ,tidak rumit yang mampu menghasilkan uang bagi anda secara konsisten. Sehingga anda mempunyai pengetahuan ,yang berfungsi sebagai sebuah jalan pintas dari kerumitan-kerumitan ilmu-ilmu pasar modal

Pada umumnya belajar pasar modal itu tidak serumit yang kita bayangkan. Namun tidak semudah yang kita kira juga. Intinya adalah niat dan tekat untuk terus belajar. Nah itu dia beberapa cara yang bisa anda gunakan dalam belajar pasar modal. Semoga bermanfaat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.