Beragam Buah Dan Sayuran Yang Cocok Untuk Melancarkan Pencernaan

Mungkin anda pernah merasa bahwa pecernaan anda tak begitu lancar seperti biasanya. Pasti sangat menderita ketika anda susah sekali buang air besar atau BAB. Perut terasa mulas dan sulit sekali untuk merasa nyaman biarpun anda hanya duduk diam. Kurang lancarnya pencernaan biasa diakibatkan kurangnya serat pada tubuh anda. Serat mampu membuat sisa makanan anda lebih lunak dan dengan mudah dikeluarkan dari tubuh. Tentu banyak yang menyarankan anda untuk mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran jika pencernaan sedang tak lancar.
Beberapa buah – buahan dan sayuran memang ada yang memiliki serat tinggi. Bagi anda yang belum mengetahui hal ini bisa menyimak uraian berikut ini agar menjaga pencernaan anda selalu lancar setiap harinya.

Buah Dan Sayuran Untuk Pencernaan

1. Papaya

Jenis makanan pertama yang mengandung serat tinggi ialah buah papaya. Buah papaya sangat mudah ditemukan dipasaran apapun musimnya. Rasanya yang manis dan lembut serta harganya yang terjangkau membuat buah ini juga sering dijadikan berbagai kudapan mulai dari rujak, es hingga menu sayuran. Buah papaya juga biasa dijadikan salah satu pilihan buah untuk anak – anak maupun bayi yang ingin belajar makan. Papaya ini ternyata juga kaya dengan antikanker, antioksidan dan mampu menyembuhkan luka lebih cepat.

Sumber : https://www.satujam.com

2. Kacang – kacangan

Bagi anda yang ingin diet namun mengenyangkan bisa mencoba kacang – kacangan. Kacang memiliki sumber protein dan serat yang amat tinggi sehingga membuat anda mudah kenyang dan memperlancar pencernaan. Rutin mengkonsumsi segenggam kacang dipercaya mampu membuat BAB anda lancar dan teratur.

3. Yogurt

Jika anda gemar mengkonsumsi olahan susu bisa juga mencoba untuk sering meminum yogurt. Yogurt memiliki probiotik yang mampu melancarkan pencernaan. Pilihlah yogurt yang tawar dan alami sehingga khasiatnya akan cepat terasa.

4. Buah naga dan melon

Jika cuaca lagi panas memang paling enak jika makan buah – buahan. Bagi anda yang mengalami gangguan pencernaan juga bisa mengkonsumsi buah melon dan naga agar percernaanya kembali lancar. Melon memiliki kadar air yang tinggi sehingga mampu mencegah dehidrasi dan mampu menetralisir keasaman lambung. Buah naga sendiri kaya akan serat dan aneka vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda. Anda bisa menjadikannya jus maupun mengkonsumsinya secara langsung.

5. Aneka beri

Sudah bukan rahasia umum lagi jika beragam buah beri mampu memberikan kebutuhan serat yang diinginkan tubuh. Selain seratnya yang tinggi buah beri juga memiliki kalori yang rendah sehingga bagus untuk dikonsumsi tubuh. Ketika anda ingin camilan di malam hari biasakan untuk makan raspberi, blackberi maupun blueberi yang bagus untuk pencernaan.

6. Brokoli dan bayam

Untuk mencegah sembelit anda bisa mengkonsumsi bayam dan brokoli yang dikenal memiliki banyak serat. Disarankan untuk mengkonsumsinya dalam keadaan mentah namun jika anda tak terbiasa bisa mencoba mengkukus atau merebusnya. Brokoli memiliki vitamin dan mineral yang tinggi sehingga mampu memperlancar pencernaan. Bayam sendiri memiliki kandungan magnesium yang bermanfaat untuk membantu kontraksi usus dan menghindari sembelit.

7. Pisang

Buah pisang banyak ditemukan dan dihidangkan di beberapa restaurant baik bintang lima atau di pinggir jalan. Ini membuktikan bahwa buah ini sangat dekat dan digemari oleh masyarakat sebagai camilan. Terkadang pisang juga digunakan sebagai bahan utama kolak atau disajikan dengan digoreng tepung maupun dimakan langsung. Anak – anak juga menggemarinya dan sangat baik untuk mengatasi kesulitan buang air besar pada bayi.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.