Biaya Biaya Ke Dokter Gigi

Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk selalu merawat gigi dengan baik. Salah satunya adalah dengan menggosok gigi secara teratur sebelum tidur dan setelah makan. Menggosok gigi dilakukan untuk membuat gigi tetap sehat dan bersih. Namun nyatanya, semakin dewasa masalah gigi yang dialami oleh setiap orang mulai beragam. Misalnya saja, gigi tidak rata, ompong akibat kecelakaan atau terjatuh, karang, gigi berlubang dan masih banyak lainnya. Jika sudah terlanjur, beberapa masalah tersebut sangat susah disembuhkan hanya dengan menggosok gigi. Oleh karena itu, satu-satunya cara yang bisa anda pilih adalah melakukan perawatan ke dokter gigi.

Biaya Biaya Ke Dokter Gigi

biaya-biaya ke dokter gigi

Sumber: www.123dentist.com

Jika anda benar-benar ingin melakukan perawatan ke dokter gigi, perhatikan dan pilihlah dokter spesialis gigi. Lakukan perawatan sesuai kebutuhan anda dan perhatikan biaya yang harus anda keluarkan. Mengingat, setiap masalah gigi memiliki penanganan yang berbeda-beda, sehingga biaya yang harus anda keluarkan pun juga berbeda. Misalnya saja, biaya untuk pemasangan behel, dengan tambal gigi, atau pembersihan karang tentu sangat jauh berbeda.

Berikut beberapa biaya-biaya ke dokter gigi yang harus anda persiapkan ketika ingin melakukan perawatan:

  1. Tambal Gigi

Gigi berlubang merupakan salah satu masalah yang paling banyak dialami oleh banyak orang seiring dengan bertambahnya usia. Biasanya, seseorang yang mengalami gigi berlubang akan merasakan ngilu saat makan makanan terlalu dingin atau terlalu panas. Meskipun begitu, banyak anda tentu sudah tahu jika masalah gigi berlubang bisa diatasi dengan melakukan tambal gigi ke dokter gigi. Biaya untuk penambalan gigi biasanya berkisar antara 80 ribu hingga 350 ribu tergantung dengan jenis tambalan, ukuran lubang, dan komposisi atau bahan yang digunakan.

  1. Pembersihan Karang Gigi

Masalah gigi selanjutnya yang hampir dialami oleh setiap orang adalah karang. Secara umum timbulnya karang  dibelakang gigi tidak akan menggangu penampilan ataupun menimbulkan rasa tidak nyaman pada gigi. Namun ternyata karang gigi bisa membuat bau mulut tidak segar, sehingga mengurangi kepercayaan diri seseorang. Maka dari itu untuk menghilangkan karang anda harus melakukan pembersihan ke dokter gigi, karena masalah gigi yang satu ini juga tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggosok gigi. Biaya yang harus anda keluarkan untuk membersihkan karang biasanya berkisar antara 100 ribu hingga 300 ribu, bahkan ada yang lebih mahal.

  1. Pasang Gigi Palsu

Pasang gigi palsu biasanya dilakukan oleh mereka yang giginya ompong karena termakan usia ataupun mereka yang memang ompong karena suatu hal. Sama seperti masalah gigi lainnya harga untuk pemasangan gigi juga bervariasi, tergantung jenis dan bahan gigi palsu yang digunakan, klinik tempat anda melakukan perawatan, serta biaya perawatan tambahan yang mungkin dilakukan. Biaya untuk pasang gigi bisa berkisar ratusan hingga puluhan juta. Jika anda ingin murah anda bisa memilih gigi palsu lepasan akrilik dengan harga sekitar 150 ribu saja.

  1. Pasang Behel

Pergantian gigi susu ke gigi dewasa yang selalu tidak berbarengan pada semua gigi biasanya akan menimbulkan posisi gigi menjadi tidak rata, ada yang gingsul, ada yang maju kedepan, berdesal, dan lain sebagainya. Sekilas kondisi ini tidak akan menimbulkan masalah berarti, namun tahukan anda jika posisi gigi yang kurang rapi akan menjadi sarang kuman dan karang gigi.

Selain itu, kondisi gigi yang tidak rapi bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri bagi siapapun. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa melakukan perawatan dengan pemasangan behel di dokter gigi spesialis. Jika dibandingkan biaya perawatan gigi sebelumnya pemasangan behel akan membutuhkan total biaya jutaan hingga puluhan juta. Paket termurah untuk pasang behel biasanya dibandrol dengan harga 4-5 juta. Bisa lebih mahal jika anda memilih jenis behel yang lebih bagus.

Harga tersebut belum termasuk control yang harus anda lakukan setiap bulan sekali dengan biaya 75 ribu hingga 150, atau biaya perawatan lainnya sebelum maupun sesudah perawatan selesai.

Nah, dari beberapa informasi diatas terlihat jelas jika biaya-biaya ke dokter gigi untuk perawatan tidaklah murah. Meskipun begitu, pada kondisi tertentu penambalan gigi, dan pembersihan karang anda bisa mencoba melakukannya di puskesmas atau rumah sakit dengan menunjukkan BPJS untuk mendapatkan biaya yang lebih murah.

Demikian informasi biaya-biaya ke dokter gigi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk referensi anda ketika akan melakukan perawatan gigi.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.