Biaya Rumah Type 36,60,45, dan 54

Mempunyai rumah sendiri sudah menjadi impian bagi semua orang. Khususnya masyarakat yang telah memiliki tabungan tersendiri untuk membeli rumah impian mereka. Nah, berbicara tentang rumah. Saat ini banyak masyarakat yang menyukai rumah minimalis namun masih terlihat elegan. Rumah yang minimalis sudah menjadi incaran bagi banyak orang. Karena design yang kecil, modern, dan elegan namun tetap dapat dihuni oleh keluarga kecil membuat para pelanggan berlomba-lomba untuk memilikinya.  Meskipun harus merogoh kantong sedikit dalam. Namun, rumah minimalis ini tetap menjadi favorite mereka untuk dimiliki. Apakah anda juga salah satunya? Berikut perbedaan rumah minimalis type 36, 45, 54, dan 60 dan biaya yang  dapat menjadi pertimbangan anda meminang rumah minimalis idaman anda.

Perbedaan rumah type 36, 45, 54, 60

Rumah minimalis type 36

Saat ini rumah tipe 36 memiliki design yang bervariasi dan berkembang seiring berjalannya zaman. Dari design yang sederhana hingga design yang modern. Design interior selalu didekorasi dengan sangat elegan, unik, dan simple. Sedangkan design eksteriornya didesign sedemikian rupa hingga tampak cantik dan menarik. Jika anda baru menikah, Dalam rumah type 36 ini ruangan-ruangan yang wajib ada terdapat bagian atas yang diisi 1 ruang tidur utama, 1 kamar tidur anak, 1 dapur dan ruang makan, dan teras. Jangan lupa untuk membuat taman kecil di sekitar rumah anda agar pemandangan lebih asri ketika dilihat. Rumah dengan tipe ini merupakan rumah minimalis yang berdesign mungil. Jadi untuk biaya pembangunannya tidak terlalu besar dan merogoh kantong terlalu dalam.

Rumah minimalis type 45

Rumah dengan type 45 ini merupakan  tipe rumah yang kecil mewah namun tetap terlihat elegan. Dibanding dengan type 36, type ini lebih luas. Rumah type 45 ini merupakan bangunan yang memiliki luas 45 meter persegi. Luas tanahnya bisa berbeda-beda ada yang ukuran 60 ada juga yang lebih dari 60. Jika dilihat dari design yang dimiliki rumah ukuran 45, rumah ukuran 45 ini cocok untuk anda yang ingin memiliki rumah yang minimalis tapi terlihat mewah. Nah, untuk design interiornya anda dapat melengkapinya dengan 1 kamar tidur utama yang luasnya lebih besar dari ukuran rumah type 36, 1 kamar tidur anak anda, 1 dapur, 1 ruang makan, 1 ruang tamu, dan satu teras. Nah, untuk anda yang memiliki rumah yang terdapat taman kecil yang indah, anda dapat membuatnya di sekitar rumah anda. Tidak hanya itu, jika anda ingin rumah yang ruangannya sedikit lengkap anda juga dapat membangun rumah type 45 menjadi 2 lantai agar memiliki banyak ruang yang dapat anda gunakan.

Rumah minimalis type 54

Untuk anda yang mencari type rumah yang lebih luas lagi, rumah type 54 yang luas bangunannya mencapai 54 meter persegi seedangkan untuk luas tanahnya bisa mencapai kurang atau lebih dari 72 meterpersegi dapat menjadi pertimbangan untuk anda pilih. Beberapa masyarakat menengah atas yang  memilih membangun rumah type 54 karena bagi mereka rumah yang luas lebih menarik untuk dihuni. Rumah dengan type 54 ini banyak sekali diminati karena designnya yang menarik, ukuran lebih luas dan harganya juga murah. Apalagi bagi kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki perekonomian yang mencukupi. Tidak sulit bagi mereka memenuhi kebutuhan primer yang satu ini.

Nah, rumah type 54 ini dari tahun ke tahun sudah berkembang designnya. Mulai dari sederhana hingga modern telah dipilih beberapa kalangan masyarakat Indonesia. Design interior dari rumah type 54 ini dapat dibuat sesuai selera anda. Namun, dapat lebih baik jika designnya sesuai yang keluarga anda butuhkan. Untuk mendesignnya anda juga dapat memilih design minimalis yang berkaitan dengan design yang sederhana. Seperti meletakkan perabotan yang simple dan tidak memiliki banyak pernak-pernik atau corak. Di samping itu, anda juga bisa menyusun design modern dengan menyertakan perabotan yang tampak hits ataupun yang klasik. Dan yang terakhir adalah design kontenporer. Design ini gaya design yang menggabungkan design zaman dulu dan design masa depan. Warna yang anda pilih haruslah warna netral seperti putih. Anda juga perlu melengkapi rumah anda dengan bahan design yang tidak lazim untuk mempercantik design kontemporer.

Rumah minimalis type 60

Nah, rumah type 60 ini masih tergolong ke dalam rumah type minimalis. Type yang terakhir ini termasuk type rumah yang elegan, indah dan lebih luas dari rumah minimalis type 36, 45, 54, dan 60. Rumah minimalis type ini memiliki design interior dan eksterior yang membuat masyarakat jauh lebih nyaman karena dapat memilih-milih design yang mereka tentukan. Tetapi selalu ingat budget juga harus ditentukan sebelum memilih rumah yang ingin anda miliki. Rumah type 60 biasanya dibangun dengan luas 90-120 meter persegi tergantung pilihan anda.

Hal yang perlu diperhatikan saat membangun rumah type 60 ini adalah design dan kontruksi. Pembangunan ruang antar ruang hingga pembuatan taman yang mengitari rumah juga harus diperhatikan. Sebab, rumah type 60 ini lebih terlihat manis jika dilengkapi dengan taman yang fungsinya memberikan kesejukkan dan keasrian rumah yang akan anda huni. Untuk anda yang ingin penataan rumah yang lebih berkesan, anda perlu membangun dinding menjadi lebih tinggi, yang fungsinya untuk memberikan ruang sirkulasi udara menjadi lebih mudah. selain itu, manfaatkan tanah menjadi 2 lantai. Dengan membangun rumah minimalis type 60 menjadi 2 lantai, anda akan lebih mudah melakukan aktifitas karena memiliki banyak ruang yang luas di rumah anda. Apalagi jika terdapat sanak saudara yang akan menginap di rumah anda nantinya. Terakhir, jangan lupa melengkapkan furnitur untuk mempercantik design rumah minimalis anda. Pilihlah furnitur yang bersifat elegan namun juga tetap terkesan modern. Agar rumah hunian anda type 60 lebih terlihat nyaman saat dihuni.

Biaya rumah Type 46, 45, 54, dan 60.

Memiliki rumah minimalis ini sangat amat mengutamakan keindahan, kenyamanan, dan budget yang dapat disusaikan oleh kantong anda. Jika anda ingin memiliki rumah minimalis, sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu type mana yang akan anda miliki. Di samping terdapat luas dan type yang beragam, rumah minimalis juga memiliki budget yang bervariasi. Nah, untuk lebih lanjutnya anda dapat menyimak beberapa ulasan biaya untuk membangun rumah minimalis type 36, 45, 54, dan 60 dibawah ini:

Sumber : http://radiogamasi.com/

Biaya rumah type 36

Pembangunan rumah minimalis type 36 ini rata-rata berkualitas sederhana dan standard. Sehingga, untuk memperkirakan biayanya anda perlu berjaga-jaga uang berjumlah pas. Untuk lebih mudahnya, hal yang perlu anda siapkan adalah beberapa bahan material sederhana seperti: batu bata, semen, pasir, kerikil, besi beton, papan, broti, paku, kusen pintu dan jendela,, engsel, kunci, triplek, plafon, cat, upah kerja tukang dan instalasi listrik.

Jasa biaya bangun rumah dapat dihitung per hari atau borongan. Untuk biaya harian itu sendiri, harga tukang bangunan sekitar antara Rp. 100.000,00 – Rp. 300.000,00 per tukang hariannya tergantung strata keahlian tukang yang dimiliki dan tergantung daerah masing-masing. Sedangkan untuk biaya borongan, jika anda ingin membangun type 36 dengan dua lantai berkisar Rp. 700.000,00 – 1.500.000,00 berdasarkan kompleksitas bangunan yang akan dikerjakan. Untuk biaya bangun rumah, anda dapat memperhitungkan berdasarkan luas satuan meter persegi. Untuk harga pasaran yang digunakan biasanya sekitar Rp. 2.000.000,00 – Rp. 16.000.000 per meter perseginya. Biaya bangun rumah akan disesuaikan dengan merk bahan bangunan yang akan anda gunakan untuk membangun.

Biaya rumah ukuran 45

Jika type 36 adalah type yang paling sederhana, maka type 45 adalah type sederhana namun tetap memiliki luas yang pas. Sama halnya dengan type 36, hal yang harus anda perhatikan adalah menyediakan bahan material seperti beberapa bahan material sederhana seperti: batu bata, semen, pasir, kerikil, besi beton, papan, broti, paku, kusen pintu dan jendela, engsel, kunci, triplek, plafon, cat, upah kerja tukang dan instalasi listrik.

Di samping itu untuk memudahkan anda membangun rumah type 45, anda perlu mengatur sedemikian rupa agar hasilnya lebih nyaman dan luas. Untuk harga jualnya rumah type 45 biasanya dijual dengan harga 80 – 350 juta tergantung lokasi yang anda tempati. Untuk perkiraan biaya bangun rumah itu sendiri, type 45 biasanya sekitar 2,5 juta permeter persegi tergantung lokasi yang anda tempati. Untuk estimasinya biaya rumah type 45 adalah sebesar 115 juta rupiah. Estimasi ini dapat bervariasi harganya tergantung material yang akan anda gunakan. Biaya ini belum termasuk harga tanah. Jika diperkirakan harga tanah type 45 ,mencapai 30 – 36 juta rupiah. Nah bagaimana? Apakah anda sudah punya gambarannya?

Biaya rumah type 54

Sudah dijelaskan dibagian perbedaan type rumah di atas, bahwa type 54 ini adalah type yang luas dan tampak elegan. Harga rumah type 54 ini ditentukan leh beberapa faktor yaitu dari segi lokasi anda dan juga luas bangunan yang akan anda bangun. Nah, untuk di Indonesia sendiri rata-rata biaya rumah type 54 sekitar 150 juta hingga 500 jutaan. Mungkin ini terlihat sedikit merogoh kantong anda. Namun, jika anda ingin lebih berhemat dan memiliki desain yang anda inginkan. Anda dapat membangun sendiri, dengan menentukan estimasi harga mulai dari memperkirakan harga tanah, harga material, tukang dan lain sebagainya. Untuk harga tanah biasanya kisaran harga 1,5 juta sampai dengan 3 juta permeter tetapi tergantung lokasi yang anda tempati. Biasanya per lokasi harga yang ditentukan juga berbeda.

Biaya rumah type 60

Pembangunan rumah minimalis type 60 adalah rumah yang paling luas dibandingkan dengan type rumah 26, 45, dan juga 54. Untuk luas bangunan 100 meter persegi biasanya kisaran harga Rp. 300 – Rp 350 juta tergantung lokasi yang anda tempati. Untuk luas bangunan 300 meter persegi biasanya kisaran harga Rp. 350.000,00 sampai Rp. 500.000,00. Untuk harga tersebut biasanya terjadi oleh beberapa faktor yaitu tergantung luas bangunan, kesepakatan harga dengan para kontraktor, jenis dan merk material yang digunakan, hingga perizinan bangunan dan distribusi material dari toko sampai ke rumah tujuan.

Untuk rumah type 60 2 lantai, perkiraan harga keseluruhan rata-rata minimal harus menyiapkan dana sebesar Rp. 300 juta sampai 400 juta. Nah, untuk 2 lantai ini pilihlah bahan bangunan yang berkualitas. Jika anda ingin mengkalkulasikan sendiri hitunglah pembiayaan bahan bangunan per meter perseginya. Dengan perkiraan per m2 dikalikan dengan seluruh luas bangunan yang akan anda miliki. Setelah itu, anda juga anda dapat menghitung biaya bahan bangunan, biaya arsitektur, biaya kontraktor jika anda menggunakannya. Kemudian total semua biaya yang anda hitung. Anda dapat mengetahui dan mempertimbangkan akan lebih mudah membangun sendiri atau membeli jadi.

Tips membangun rumah dengan type minimalis 36, 45, 54, dan 60

Sebenarnya jika anda ingin membangun murah lebih murah maka ada baiknya mencicil sedikit demi sedikit. Anda juga bisa membeli secara kredit atau cash rumah yang sudah jadi. Kini banyak KPR yang ditawarkan bahkan tak sedikit yang mendapatkan subsidi dari pemerintah. ANda juga bisa membeli rumah lama yang ditempati kurang dari 5 tahun. Rumah yang bangunannya berdiri kurang dari 5 tahun memiliki kekokohan yang hampir sama dengan rumah yang baru dibangun. Namun bagi anda yang tetap keukeuh untuk membangun sendiri dari awal hingga akhir perlu menyimak tips membangun rumah terlebih dahulu agar tidak rugi dan salah langkah.

Nah, beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat membangun rumah dengan type minimalis agar anda lebih mantap untuk memiliki rumah idaman.

  • Perhitungkan luas bangunan yang anda pilih

Sebelum anda membangun ataupun membeli rumah dengan type minimalis, ada kalanya anda memperhitungkan luas bangunan yang akan anda pilih. Hal ini akan berpengaruh pada faktor pengeluaran biaya dana anggaran anda. Jika anda lebih mantap memilih type minimalis paling kecil anda dapat memperhitungkan luas bangunan terlebih dahulu dengan mengalikan harga meter pertanah dengan luas tanah yang akan anda miliki. Nah jika anda perhitungkan terlebih dahulu anda lebih mudah menyiapkan dananya.

  • Biaya tukang

Jika anda ingin membangun rumah dengan design yang anda inginkan, anda perlu memperhatikan dan menyiapkan biaya jasa tukang. Sebaiknya jika anda ingin berhemat lebih baik menggunakan jasa harian dari pada jasa borongan. Harga jasa harian lebih murah dibanding dengan jasa borongan. Namun terkadang berhati-hatilah jika pekerja harian terkadang mengecewakan. Jadi, pertimbangkan jasa tukang agar mendapat jasa tukang yang tidak mengecewakan.

  • Pertimbangkan bahan material

Untuk anda khususnya yang ingin membangun rumah minimalis. Hal ketiga yang perlu anda perhatikan adalah mempertimbangkan bahan material yang akan anda gunakan. Merk dan jenis menjadi penentu baik tidaknya kualitas bahan yang akan anda gunakan. Buatlah anggaran terlebih dahulu agar anda dapat mengemat target yang telah tertulis. Jangan menggunakan model rumah yang berlebihan akan tetapi buatlah sesuai kebutuhan utama keluarga anda agar hasil yang diperoleh tidak mengecewakan.

  • Biaya tambahan

Biaya tambahan disini, meliputi biaya yang tak terduga apabila dalam membangun rumah anda terdapat kekurangan atau keperluan yang harus dipenuhi tetapi tidak ada dalam biaya anggaran. Nah, anda perlu menyisipkan beberapa uang tambahan agar nantinya saat membangun rumah tidak terputus di tengah jalan. Anda dapat menggunakan biaya ini untuk keperluan apapun mulai dari tambahan bahan material hingga perkiraan upah jasa tukang.

Selain itu rumah juga perlu dirawat agar tidak rusak baik saat pembangunan atau setelah pembangunannya. Perawatan sederhana yang dimaksud diantaranya sering mengecek bagian atap apakah terjadi kebocoran atau tidak. Memastikan dinding tahan akan rembesan air hujan dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, itulah ulasan perbedaaan, jumlah biaya, dan tips membangun  rumah minimalis type 36, 45, 54, dan 60. Bagaimana? Apakah anda sudah mempunyai gambaran untuk memilih rumah yang akan anda miliki? Ingatlah rumah adalah kebutuhan primer yang harus dimiliki. Kebutuhan wajib ini jangan pernah sia-siakan untuk kenyamanan yang dimilikinya. Jadi, pilihlah rumah minimalis dengan type sesuai kebutuhan anda. Jika dalam rumah anda beranggotakan banyak orang atau terdapat anak kecil pilihlah type yang sedikit luas agar kenyamanan rumah anda dapat dirasakan oleh seluruh keluarga. Pertimbangkan terlebih dahulu dan pilihlah!

 

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.