Cara Bermain Saham Di Bursa Efek

Bursa efek merupakan sebuah tempat terorganisir untuk melakukan kegiatan jual beli. Bursa efek sama seperti pasar, jika pasar menjual berbagai kebutuhan pokok antara penjual dan pembeli di bursa efek yang diperjualbelikan adalah saham dan surat berharga. Pelaku dalam bursa efek juga berbeda dengan pasar, para pialanglah yang melakukan kegiatan jual beli saham atau surat berharga. Bursa efek juga menetapkan seperangkat aturan. Jika dipasar kios disewakan kepada pedagang, maka posisi pedagang di pasar mirip seperti broker atau perusahaan efek. Pembeli dalam bursa efek memiliki sebutan pemodal atau investor Bermain saham memang merupakan suatu kegiatan bisnis yang bisa anda coba lakukan. Keuntungan bermain saham dikenal mampu memberikan keuntungan berlipat. Keuntungan yang begitu besar juga memberikan resiko besar dalam bermain saham.

Bermain Saham

Jika anda tertarik untuk berbisnis saham baik itu membeli atau menjual saham maka pertama anda harus terhubung dengan perusahaan sekuritas atau perusahaan pialang yang menjadi anggota bursa atau juga broker. Perusahaan efek menempatkan wakilnya di bursa efek yang disebut pialang. Pialang memiliki tugas dalam melakukan transaksi berdasarkan permintaan baik untuk menjual atau membeli saham. Pialang biasanya juga bisa memberikan nasihat terkait dengan rencana investasi. Anda bisa menggunakan jasa pialang dengan membayar biaya komisi. ‬ Jika menurut anda bermain saham membutuhkan modal yang sangat besar maka anda salah, sebenarnya tidak ada batasan jumlah dana dalam jual beli saham.

Sumber : http://www.doniirawan.com/

Jika anda tidak memiliki modal yang besar anda mungkin bisa memilih saham sesuai dengan dana yang anda miliki. Saham diperjualbelikan dalam satuan lot. Satu lot sama dengan 100 saham. Bursa Efek Indonesia menetapkan batas minimal pembelian saham adalah satu lot. Dana yang anda butuhkan tentu tidak pasti, tergantung pada harga saham yang tercatat di Bursa. Apa saja yang harus anda lakukan untuk bermain saham di bursa efek?

Pertama Buka Rekening Di Perusahaan Efek

Membuka rekening di perusahaan efek adalah hal pertama yang perlu anda lakukan. Pembukaan rekening akan membuat anda resmi menjadi nasabah dan identitas anda tercatat dalam pembukuan. Anda juga akan menandatangani perjanjian ketika membuka rekening tersebut. Perjanjian meliputi hak dan kewajiban anda dan perusahaan efek.

Ketahui Biaya Yang Akan Anda Keluarkan

Anda perlu mengetahui biaya yang anda butuhkan sebelum memulai bermain saham. Anda tidak hanya membutuhkan dana senilai dengan saham yang anda beli namun juga ada biaya lain seperti komisi. Jika anda menjual saham pun ada biaya yang harus anda tanggung. Komponen biaya membeli saham meliputi nilai saham, komisi pialang dan PPN sebesar 10%, sementara komponen biaya dari penjualan saham meliputi nilai jual saham, komisi pialang, pajak pertambahan nilai sebesar 10% dan pajak penghasilan 0,1%.

Ketahui Proses Jual Beli Saham

Hal yang sangat penting untuk anda ketahui adalah proses jual beli saham. Ketika anda membeli saham posisi anda adalah investor beli. Anda akan menghubungi pialang saham untuk membeli saham. Pesan pembelian dari anda akan diteruskan ke pialang saham hain dan kemudian di entry ke sistem komputer. Sistem komputer mengandung sistem tawar menawar untuk aktivitas jual beli. Aktivitas beli mengambil harga tertinggi sedangkan aktivitas jual diambil harga terendah. Transaksi jual juga memiliki proses yang sama seperti transaksi beli. Bursa Efek menjadi lembaga yang memfasilitasi kegiatan transaksi atau perdagangan. Settlement atau penyelesaian transaksi difasilitasi lembaga kliring dan lembaga penjamin serta lembaga penyimpanan dan penyelesaian.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.