Cara dan Syarat Mengajukan Kredit ke Bank

Terkadang terjadi sesuatu hal mendadak yang menyebabkan kita terpaksa harus mencari pinjaman uang misal untuk membayar tagihan rumah sakit, SPP , pajak atau bisa juga untuk modal usaha. Daripada sembarang meminjam kepada orang lain lebih baik meminjam ke Bank karena lebih aman dan terjamin. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus anda penuhi jika ingin mengajukan pinjaman ke bank, karena setiap bank memiliki ketentuan sendiri. Namun secara global syarat pengajuan pinjaman ke bank adalah sebagai berikut :

Kredit Bank

Foto Copy KTP ( Kartu tanda penduduk )

Bila anda sudah menikah, anda harus menggunakan foto copy KTP suami dan istri . Apabila tempat tinggal anda tidak sesuai dengan alamat yang tertera di KTP maka dapat ditambah dengan keterangan domisili dari kelurahan .

Daftar gratis di Olymp Trade:

Foto copy Akte Nikah (bagi yang sudah menikah)

Akte nikah diperlukan untuk mengetahui bahwa harta yang digunakan untuk jaminan adalah harta pribadi atau harta bersama. Apabila harta milik bersama maka harus mendapat persetujuan dari kedua belah pihak.

Sumber: https://fakhrurrojihasan.files.wordpress.com

Foto Copy Kartu Keluarga

Kartu keluarga ini dipakai untuk memastikan berapa seluruh anggota keluarga yang menjadi tanggungan debitur. Foto Copy Buku Tabungan DIgunakan untuk mengetahui keadaan ekonomi dan kemampuan finansial calon debitur, biasanya pihak bank akan meminta

Foto copy transaksi buku rekening 3 bulan terakhir

 Foto Copy Slip Gaji Jika calon debitur adalah pegawai pemerintah atau swasta, maka harus menyertakan slip gaji, hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah calon debitur benar benar memiliki pekerjaan dan gaji tetap setiap bulannya.

Jaminan

Merupakan penentu untuk menjamin piutang bank pada nasabah dapat dikembalikan. Untuk para PNS bisa menggunakan SK terakhir dan dokumen penting seperti taspen sebagai jaminannya. Beberapa bank besar seperti BRI, BNI, Mandiri tidak mau menerima SK CPNS dijadikan jaminan piutang. Sementara itu Bank BDE tetap mau menerima. Bila menggunakan jaminan surat berhaga seperti sertifikat atau BPKB dan barang berharga lainnya, maka nilainya harus lebih besar dari pinjaman yang diajukan. Bila nilainya lebih kecil maka debitur dapat menambahkan surat jaminan yang lain sehingga seluruh nilai jual jaminan dapat memenuhi batas minimalnya.

Cara mengajukan pinjaman ke bank bisa anda ketahui dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini :

1. Membawa semua berkas persyaratan ke Bank seperti dalam poin – poin yang dijelaskan sebelumnya. Siapkan copiannya serta berkas asli untuk persyaratan pengajuan kredit anda.

2. Mengantri pada bagian Customer Service

3. Mengutarakan maksud kedatangan , dan biasanya anda akan diajak kebagian kredit untuk mendapatkan penjelasan mengenai syarat dan kwajiban yang tidak boleh dilanggar oleh nasabah.

4. Bila berkas anda sudah lengkap, biasanya akan diteliti lebih lanjut dan anda akan diminta untuk menunggu satu hari atau beberapa hari sambil menunggu berkas ditanda tangani oleh Kepala /direktur bank.

5. Bila sudah ada keputusan mengenai diterima atau tidaknya pinjaman yang anda ajukan, pihak bank akan menghubungi anda melalui telepon .

Tentunya dalam mengajukan kredit bank anda perlu mengingat capacity, capability, colleteral, character, dan condition yang selalu dijadikan pedoman bank untuk menilai anda apakah pantas mendapatkan kredit atau tidak. Begitulah penjelasan mengenai cara dan persyaratan yang harus anda penuhi dalam pengajuan pinjaman ke Bank. Cara yang sangat mudah untuk mendapatkan pinjaman yang cepat ialah dengan selalu mempertimbangkan 5C dan melengkapi persyaratan yang disebutkan di atas. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.