Cara Membeli Emas Batangan

Sebagian orang yang memilih emas sebagai alat investasinya. Hal ini karena nilai dan harga emas lebih stabil. Investasi dalam bentuk emas termasuk memiliki resiko yang rendah dan dapat dikelola dengan mudah walau investor tidak memiliki kemampuan menilai pasar uang. Cara jual beli emas juga saat ini juga telah sampai ranah online.

Emas Batangan

Jenis emas yang paling baik untuk investasi adalah emas batangan. Hal ini karena nilai emas batangan akan lebih stabil dari pada emas perhiasan yang mana pada emas perhiasan ketika dibentuk akan mengurangi nilai jualnya. Belum lagi emas perhiasan juga dijual dipengaruhi oleh trend fashion yang sedang berlaku. Jika kita memilih emas batangan untuk investasi nilainya tidak pernah turun secara drastis.
Emas batangan juga biasa dengan logam mulia. Sebenarnya ada berbagai jenis emas yang kita ketahui mulai dari bentuk batangan, pipih, maupun dalam bentuk perhiasan. Semua disebut sebagai emas. Hanya saja yang membedakannya adalah kadar emasnya yang biasa kita kenal dengan nama karat. Karat adalah satuan jumlah kandungan kemurnian emas. Semakin tinggi nilai karatnya maka semakin tinggi pula nilai jual emas tersebut.

Sumber:http://www.erabaru.net

Logam mulia merupakan salah satu jenis emas dengan kadar karat paling tinggi yaitu 99,99%. Hal ini yang memunculkan istilah bahwa logam mulia disebut dengan emas murni 24 karat. Untuk membuktikan bahwa emas tersebut adalah logam mulia biasanya dapat dilihat dalam sertifikat yang menyertainya. Sertifikat ini juga berguna ketika anda akan menjualnya lagi agar toko yang akan membeli tidak salah menaksir harga emas sesungguhnya.

Namun tidak sembarangan orang yang bisa mengeluarkan sertifikat logam mulia ini. Hanya lembaga yang telah terakreditasi oleh 4 asosiasi pedagang emas logam mulia dunia yang dapat mengeluarkan sertifikat logam mulia. Jika logam mulai anda telah mendapat sertifikat logam mulia yang terakreditas lembaga 4 asosiasi tersebut, maka anda bisa menjual logam mulia anda di negara mana saja. 4 asosiasi tersebut antara lain:

New York Mercantile Exchange, COMEX. Division.
London Bullion Market Association (LBMA)
Tokyo Commodity Exchange
Dubai Multi Commodities Centre
Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli emas. Berikut beberapa tips atau cara membeli emas yang benar dan aman.

Cek harga Emas Batangan – Sebelum membeli emas pastikan anda mengetahui harga emas yang akan anda beli. Standar harga emas akan dikeluarkan oleh ANTAM. Tidak masalah ketika anda memilih tempat lain untuk melihat harga emas, namun pastikan sudah terpercaya, memiliki kredibilitas tinggi apalagi untuk pembelian online.

Beli dari tempat yang terpercaya – Walaupun sudah dikatakan ANTAM adalah tempat membeli emas yang aman namun terkadang masih ada yang membeli diluar itu. Hal ini karena dirasa harga emas di ANTAM lebih mahal. Jika anda memang memilih tempat lain yang dirasa lebih murah akan lebih baik beli di tempat yang sudah terpercaya.

Sertifikat – Jika anda membeli emas pastikan kesesuaian berat, kadar emas dan nomor batch yang tercetak di sertifikat. Pastikan anda menyimpan fisik emas dan sertifikatnya ditempat yang aman karena jika sertifikatnya hilang akan mempengaruhi harga jual emas. Apalagi pasar emas Indonesia lebih menyukai emas dengan sertifikat ANTAM resmi.

Cara membeli emas batangan ANTAM di Unit Bisnis

Tempat jual beli emas terpercaya di Indonesia adalah PT ANTAM, Tbk. Jika anda ingin membeli di sini tinggal datangi saja salah satu lokasi Unit Bisnis ANTAM. Berikut cara lengkapnya :
1. Cek harga logam mulia di website PT ANTAM, Tbk
2. Lalu datangi unit bisnis ANTAM terdekat di daerah anda dengan membawa KTP dan SIM.
3. Menyerahkan KTP dan SIM dan kemudian anda akan diberikan formulir
4. Masuk ruang unit unit bisnis ANTAM, ambil nomor antrian di meja resepsionis.
5. Ketika sudah masuk ke meja penjualan, katakan jumlah emas yang akan anda beli. Anda akan diberikan faktur dan kemudian menuju kasir.
6. Jika sudah membayar, selanjutnya anda akan diberikan bukti pembayaran emas oleh kasir dan diarahkan menuju ruang penyerahan emas.
7. Tinggalkan bukti pembayaran di ruang penyerahan emas, ambil nomor antrian dan tunggu sampai nomor anda di panggil.
8. Setelah nomor anda dipanggil, masuk keruangan penyerahan emas dan ambil emas batangan yang telah anda beli.
Itulah cara membeli emas di PT ANTAM, Tbk. Semoga membantu.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

1 Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.