Cara Membuat Blog Gratis

Jika anda memiliki bisnis offline, anda perlu mulai memikirkan promosi secara online. Yang paling mudah adalah promosi lewat social media seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Jika anda mempunyai bisnis fashion anda dapat menjual produk anda melalu sosial media. Walaupun saat ini jualan melalui sosial media dapat berjalan, namun dikemudian hari tidak tertutup kemungkinan terjadi perubahan kebijakan mereka yang mengakibatkan penjualan anda turun drastis. Untuk itu perlu mempunyai kendali lebih besar terhadap bisnis. Salah satu caranya adalah dengan memiliki website atau blog sendiri.

Cara membuat website atau blog

Anda dapat mencoba memiliki website atau blog gratis terlebih dahulu jika enggan untuk mengeluarkan biaya yang besar. Cara membuat website atau blog gratis tersebut adalah mendaftar ke website seperti blogger.com atau wordpress.com. Untuk membuatnya, anda perlu memasukkan data judul website, alamat website dan template yang ingin di gunakan.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Web baru di blogger.com

Karena website tersebut gratis, anda akan mendapatkan alamat website di bagian dari induk website mereka. Misalnya untuk webssite gratis di blogger.com, alamat yang anda akan dapatkan adalah nama.blogspot.com contohnya carajadikaya.blogspot.com. Nama website anda akan memiliki nama blogspot.com dan bukan nama sendiri seperti carajadikaya.com. Sama halnya jika anda membuat melalui wordpress.com, nama yang anda dapatkan adalah carajadikaya.wordpress.com. Tentu saja hal ini tidak baik karena kesannya website atau bisnis anda murahan dan tidak mampu untuk memiliki website sendiri.

Website baru di WordPress.com

Jika ingin mendapatkan nama sendiri, anda dapat mengupgrade website anda. Sebelumnya harus membeli nama website sendiri, misalnya di namecheap.com. Harga 1 domain per tahun adalah sekitar $10 per tahun. Langkah-langkah yang perlu anda tempuh untuk menggunakan nama domain sendiri dapat dilihat di https://www.blogger.com/go/customdomain. Blogger.com menyediakan jasa ini secara gratis. Untuk WordPress.com anda dapat melakukan upgrade untuk memiliki nama website sendiri mulai dari harga $2.99 per bulan atau $35.88 per tahun.

Upgrade WordPress

Saran saya adalah menggunakan WordPress.com versi gratis, lalu jika sudah memiliki dana lebih anda dapat melakukan upgrade. Saya lebih memilih WordPress karena support WordPress yang lebih banyak. Anda akan mudah menemukan programmer WordPress jika kemudian hari ingin melakukan sesuatu yang lebih untuk website yang dimiliki. Di internet banyak tersedia modul gratis yang dapat digunakan untuk menambah fungsi website dengan mudah.

Setelah bisnis maju, saran saya berikutnya adalah membeli tempat penyimpanan website (hosting) sendiri dibandingkan menyimpannya di wordpress.com. Jika memiliki hosting sendiri anda dapat melakukan penghematan, misalnya odihost.com yang menjual hosting $1.75 per bulan atau lebih murah di banding wordpress.com.

Ketika penghasilan mulai meningkat, sebaiknya upgrade website dari yang gratis ke yang berbayar. Dengan mengupgrade website bisnis anda, image bisnis akan meningkat. Terutama jika menjual produk atau jasa yang premium, website yang berbayar akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Biaya tahunan untuk website berbayar hanya sekitar 300.000 – 500.000 per tahun. Cukup murah sebagai tempat jualan yang dapat menjangkau calon pembeli di seluruh Indonesia.

Jika ingin menghemat biaya dan memiliki waktu untuk belajar membuat website sendiri, anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan website berbayar dengan murah. Dengan hanya 300.000 per tahun, kami dapat men-setup website kosong yang dapat anda isi sendiri. Mengisi website sendiri sama susahnya dengan mengisi instagram atau facebook anda. Awalnya mungkin akan membutuhkan waktu ekstra untuk memahami cara penggunaannya, namun seiring waktu akan sangat mudah.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.