Cara Membuat Iklan yang Efektif

Iklan ialah pesan yang dihantarkan untuk mempromosikan barang atau jasa melalui berbagai media mulai dari media cetak, audio hingga elektronik. Iklan membantu masyarakat tertarik untuk membeli barang atau jasa. Tujuan iklan sendiri memberikan informasi, membujuk dan memberikan nilai tambah akan produk itu sendiri. tak mungkin sebuah perusahaan mampu menjual produknya tanpa membuat iklan. Melalui iklan masyarakat akan memahami fungsi dan kualitas produk yang anda tawarkan. Ciri-ciri iklan sendiri ialah berisi kata – katapersuasive, informasi yang disampaikan jelas dan mudah dipahami sert menjelaskan cara kerja dan manfaat produk yang dipromosikan.

Sejarah Iklan

Iklan ternyata memiliki sejarah yang panjang bahkan sudah ada sejak 4000 tahun sebelum masehi. Iklan pertama kali muncul di negara Mesir yang mana kala itu menggunakan papyrus sebagai poster iklan. Bangsa Mesopotamia dan Babilonia pada abad 3000 SM sering menyewa perahu dan melakukan teknik door to door untuk menawarkan hasil produksinya ke konsumen yang tinggal di pedalaman. Pada abad ke 17 iklan tidak hanya melalui mouth to mouth namun mulai berkembang ke media cetak. Pada abad 17an iklan sudah muncul pada Koranmingguan di Inggris.  Pada tahun 1920anstasiun radio mulai didirikan dan membuat iklan hadir dalam bentuk audio. Padatahun 1950an iklan hadir di televise berkat DuMont Television Network yang meluncurkan program untuk menjual iklan dalam waktu tertentu.

Ada beberapa jenis iklan yang beredar hingga saat ini. dikarenakan perkembangan teknologi iklan juga mengalami banyak perubahan. Berikut beberapa jenis iklan berdaarkan isinya :

  • Iklan Niaga

Iklan niaga berisi tentang penawaran produk ke masyarakat.Iklan ini bertujuan menarik hati masyarakat untuk menggunakan produk yang ditawarkan dalam iklan tersebut.

  • Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat memberikan penerangan akan suatuhal. Iklan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat akan suatu hal seperti iklan 3D untuk mengidentifikasi uang palsu.

  • Iklan Pengumuman

Iklan ini berisi pemberitahuan atau ajakan kepada masyarakat sebagai contoh iklan reuni akbar atau seminar dan sebagainya.

Iklan kini tak terbatas pada radio maupun televise saja namun juga secara online yang disebarkan melalui social media. Iklan melaluisocial media juga dinilai lebih murah ketimbang memasang iklan di televise maupun radio. Adapun syarat-syarat iklan diantaranya ialah tidak SARA,menyinggung atau menyakiti orang lain. Iklan juga harus obyektif, jelas dan padat sehingga mudah dipahami oleh orang lain.

Kiat Membuat Iklan Yang Efektif

Dalam membuat iklan yang efektif tentu bukanlah pekerjaan mudah. Iklan juga kerap dipandang sebelah mata sebab sering menyajikan konten yang dilebih-lebihkan. Ditambah perkembangan dunia digital yang semakin berkembang membuat iklan digital begitu diminati. Alhasil banyak pula yang menggunakan iklan digital untuk menawarkan produk dan menciptakan competitor baru. Untuk itu anda dituntut membuat iklan yang efektif sehingga masyarakat tertarik pada produk yang ditawarkan dan tidak pindah ke lain hati.

Lakukan Riset Pasar Sebelum Beriklan

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah riset pasar.Dengan melakukan riset pasar anda bisa mengetahui trend saat ini. Anda juga bisa mengetahui harapan yang diinginkan konsumen dari profil mereka dan disampaikan melalui iklan produk anda. Lakukanlah riset pasar secara berkala agar iklan yang anda tampilkan nanti tak hanya bisa menarik pelanggan setia namun juga pelanggan baru.

Be Creative!

Dalam membuat iklan juga butuh kreativitas sehingga iklan yang dihasilkan menarik. Dengan menciptakan iklan yang kreatif maka akan mudah diingat oleh pasar. Jika iklan anda bisa viral maka tak sulit untuk menghimpun pelanggan baru. Konten visual yang anda buat mampu mempengaruhi penjualan dan masa depan perusahaan.

Selektif Dalam Berpartner

Dalam beriklan biasanya anda memiliki partner atau platformuntuk menempatkan iklan yang anda buat. Tentunya platform ini haruslah memiliki banyak anggota sehingga iklan anda bisa dilihat oleh banyak orang. Misalnya saja platform youtube maupun Google Adwords yang memang memiliki user dalam jumlah yang amat besar dan tersebar di seluruh dunia.

Beri Penawaran Terbaik

Siapa sih konsumen yang tidak menyukai tawaran? Dengan memberikan penawaran terbaik anda akan membuat konsumen senang dan setiaberbelanja produk yang anda tawarkan. Penawaran ini tak harus setiap hari tetapi alangkah baiknya jika ada terlebih saat produk terbilang masih baru dipasaran. Penawaran yang dimaksud bisa berupa gratis pengiriman, potongan harga atau bahkan sampel gratis.

Jangan Lupa Manfaat dan Latar Belakang Produk

Tidak hanya membuat konten yang kreatif dan menarik namun apa yang disampaikan juga harus berkesan. Jangan lupa untuk menyampaikan manfaat produk anda dan alasan kenapa konsumen perlu membeli produk anda.  Berikan alasan yang kuat kenapa produk anda harus segera dimiliki konsumen sebab konsumen bisa saja lupa akan produk anda karena waktu iklan yang relative  pendek.Anda bisa menciptakan urgensi pada produk anda misalnya hanya memproduksi produk dengan model tersebut dalam jumlah yang terbatas.

Jangan Gunakan Kalimat Yang Itu-Itu Aja

Saat membuat iklan hindari memakai kalimat yang itu-itu aja apalagi memulai iklan dengan pertanyaan standar. Iklan yang mudah sekali ditebak tidak membuat penonton atau pembacanya merasa tertarik untuk membeliproduk anda. Hal ini karena competitor anda juga menayangkan iklan yang serupa.  Buatlah kalimat yang singkat namun berkesan sehingga akan teringat-ingat dibenak konsumen. Untuk membuat iklan anda terlihat eyecatching bisa menambahkan media grafis seperti gambar dalam iklan anda.

Pakai Testimoni

Menambahkan testimoni pada iklan anda akan mampu menaikkan kepercayaan konsumen akan produk anda. Iklan biasanya ditampilkan dengan visualisasi yang terbaik dan kalimat persuasive didalamnya. Untuk menjadiproduk yang berbeda dengan produk sejenis lainnya anda bisa menggunakan review konsumen untuk menarik lebih banyak konsumen baru. Adanya review ini juga menjadi tolak ukur atau dasar pertimbangan konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan.

Perhatikan Desain Iklan Yang Digunakan

Desain iklan juga perlu diperhatikan mulai dari pemilihanwarna, ukuran font hingga gambar yang digunakan. Hindari kesalahan penulisan untuk mengurangi kesalahpahaman makna yang ingin disampaikan oleh iklan yang dibuat. Selalu cek dengan teliti kesempurnaan iklan anda mulai dari penulisan dan pemilihan desain grafis maupun warna.

Kesalahan Iklan Anda Gagal Di Pasaran

Tak semua iklan bisa menjadi pusat perhatian khalayak. Alasannya beragam mulai dari kesalahan dari isi konten hingga teknis dari iklan itu sendiri. Berikut beberapa kesalahan umum yang ada pada iklan sehingga gagal dipasaran :

Sumber : https://www.passiondesigns.web.id

Iklannya Terlalu Seragam

Dalam beriklan cobalah untuk tidak membuat iklan yang seragam seperti milik competitor anda. Membuat konten yang sama hanya akan membuang uang dan tenaga anda saja karena konten yang dihasilkan sama saja.untuk mebuat calon konsumen peduli dengan iklan anda maka anda harus membuat iklan anda sendiri menjadi pusat perhatian. Bisa saja dengan menggunakan storyboard yang mengangkat topic yang sedang ngetrend.

Klaim Produk Yang Tak Bisa Dibuktikan

Memang benar iklan biasa dibuat secara berlebihan dengan visualisasi yang tak sesuai dengan kenyataan. Walaupun begitu klaim produk andatak tepat jika tidak sesuai yang seperti anda ungkapkan. Konsumen saat inisangatlah cerdas dan cenderung skeptis sehingga tak sedikit yang meragukan klaim penjual. Untuk itu anda wajib menyampaikan manfaat produk yang anda miliki sesuai dengan kenyataan. Hal ini juga berpengaruh pada citra produk dan reputasi brand anda di masa depan.

Tak Melakukan Uji Kualitas Iklan

Tidak hanya gambar atau foto produk anda saja yang perlu diuji kualitasnya namun juga iklan berupa video. Terkadang kualitas gambar yang buruk akan membuat mereka yang melihatnya juga ikut terganggu. Untuk itu penting bagi anda untuk mengecek iklan beberapa kali sebelum diperlihatkan ke khalayak umum.

Tak Menentukan Target Audiens

Dalam membuat iklan yang efektif perlu pula memperhatikantarget audiens. Dengan mengacuhkannya maka jangan harap jika iklan anda akan sukses memasarkan produk yang ditawarkan. Dengan menentukan target audiens maka anda juga bisa memilih tema yang tepat untuk diusung menjadi bahan iklan. Konten yang sesuai dengan target audiensnya akan mampu meningkatkan penjualan dari produk yang anda tawarkan.

Mengandung SARA dan Hoaks

Bisa saja iklan anda tak berhasil di pasaran karena tanpa sadar telah mengandung SARA atau hoaks. Tak hanya mampu membuat iklan gagal namun anda juga bisa terancam undang-undang ITE. Kasus iklan yang mengandung SARA ini juga pernah dialami beberapa brand terkenal. Alhasil reputasi atas brand tersebut juga ikut turun dan membuat produk anda mengalami penurunan penjualan.

Terlalu Vulgar

Iklan anda bisa saja gagal di pasaran karena dinilai terlalu vulgar. Jika produk yang anda tawarkan merupakan produk untuk seksualitas maka penting memilih platform dan waktu yang tepat untuk mempostingnya. Iklan yang terlalu vulgar tentu akan menuai protes jika tidak hati-hati dalam mempublikasikannya. Hal ini karena bisa saja anak-anak juga melihat iklan anda dan membuat para orang tua tak nyaman.

Kesalahan Typo dan Warna

Iklan bisa saja gagal karena kesalahan typo maupun pemilihan warna yang tidak tepat. Meskipun sepele namun bisa saja membuat beberapa orang tak nyaman melihatnya sehingga tidak tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan. Apalagi kesalahan typo ini bisa menimbulkan salah arti yang cukup parah jika dibiarkan. Untuk itu penting bagi anda mengecek konten sebelum dipublikasikannya.

Strategi Pemasaran Secara Online

Kemudahan pemasaran secara online mendorong banyak pebisnis berpindah dari promosi tradisional menjadi promosi digital. Ada beberapa keunggulan yang didapatkan dari pemasaran online yakni iklan berlangsung 24 jam, tidak terbatas waktu dan tepat serta biayanya yang juga lebih murah. Untuk membuat iklan online anda menjadi viral di dunia maya bisa dengan mengikuti beberapa trik berikut ini :

Gunakan Hashtag

Hashtag merupakan tagar pagar yang diikuti perkataan tanpa jarak yang sering dipakai dalam social media. Dengan menggunakan hashtag andajuga bisa mendatangkan follower ke akun social media yang anda miliki. Hashtag juga memudahkan netizen untuk menemukan konten yang anda posting.

Iklan Tak Mesti Dalam Bentuk Poster

Iklan tak harus dibuat dalam bentuk gambar anda bisa menggunakan media video dengan menampilkan review konsumen. Tak jarang mengangkat tema komedi jauh bisa membuat banyak orang tertarik menyimak iklan anda hingga akhir.  Ditambah lagi dengan slogan yang unik dan tak biasa akan mudah membuat iklan anda cepat menjadi viral.

Gunakan Tokoh Terkenal Sebagai Bintangnya

Selanjutnya anda bisa menggunakan tokoh terkenal sebagai bintang iklan yang anda buat. Tokoh terkenal ini bisa dari kalangan pemain film, selebgram maupun youtuber yang memiliki banyak pengikut dalam channelnya. Pilihlah tokoh terkenal yang mampu mengangkat citra dari produk yang anda tawarkan. Walau kelihatannya sepele namun salah memilih bintang iklan bisa pula merusak reputasi produk.

Gunakan Strategi Endorse Untuk Meningkatkan Follower

Anda juga bisa memakai strategi endorse yang kini memudahkananda untuk meningkatkan follower media social toko anda. Fee untuk setiap tokoh terkenal yang anda ajak kerja sama untuk endorse tentu berbeda satu denganlainnya. Biasanya jika tokoh public yang ditunjuk memiliki jumlah pengikut besar maka tinggi pula fee yang dikenakan. Endorse ini juga dipengaruhi durasi waktu sehingga pastikan anda mendapatkan penawaran endorse terbaik.

Memposting Iklan Di Waktu Yang Tepat

Ada jam – jam tertentu yang bisa anda andalkan dalam memposting konten iklan di media social anda. Waktu yang paling tepat untuk memposting konten ialah saat jam istirahat misalnya pada jam makan siang yakni 12.00-13.00. Anda juga bisa memposting konten pada jam – jam pulang kerja yakni pada pukul 17.00-18.00. dengan memilih jam ini maka kesempatan retweet akan sangat tinggi sehingga iklan anda bisa lekas dikenal.

Meme Sekarang Bisa Jadi Aletrnative Iklan Tak Biasa

Untuk mendekatkan kepada pengguna internet yang mayoritas anak muda anda bisa menggunakan iklan yang berkonsep meme. Meme kocak sangat cepat diterima pasar dan mendorong produk mudah dikenal. Tak heran jika content creator khususnya yang memiliki konten komedi sering kebanjiran order iklan produk untuk diendorse.

Sisipkan Kuis

Tak jarang beberapa perusahaan menyisipkan kuis dalam iklannya untuk meningkatkan penjualan mereka. Tak ada salahnya jika anda juga mengikuti strategi ini sekaligus mengetahui apakah iklan yang anda buat cukup efektif atau tidak.  Beberapa orang membeli suatu produk tak hanya karena kebutuhan namun juga adanya hadiah atau ambisiuntuk memenangkan kontes yang diselenggarakan oleh produsen.

Tak Hanya Iklan Produk Saja, Berbagilah Pengetahuan

Iklan memang penting untuk memperkenalkan produk anda kemasyarakat namun ingat bahwa konsumen juga modah bosan. Terkadang anda perlu memposting konten yang bersii pengetahuan seperti video tutorial dan tips-tips terkait penggunaan produk yang anda tawarkan. Anda juga bisa berbagi pengetahuan tentang sejarah yang masih terkait dengan produk yang anda tawarkan.

Pakai Akun Media Sosial Khusus Bisnis

Kini media social seperti instagram, facebook maupunwhatsapp juga memiliki platform khusus yang difungsikan untuk bisnis. Dengan menggunakan akun khusus bisnis ini iklan yang anda buat bisa muncul diseluruh pengguna media social tersebut. Hal ini berbeda jika anda memakai akun media social biasa maka hanya pengikut anda saja yang bisa menyimak iklan yang anda bagikan. Selain iklan untuk meningkatkan penjualan produk anda juga perlu memperhatikan kualitas dari produk yang anda tawarkan. Janganhanya berfokus pada iklan namun mengesampingkan factor lainnya seperti pelayanan kepada konsumen, kualitas produk hingga distribusinya

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.