Cara Memulai Usaha Mebel

Salah satu peluang usaha yang saat ini cukup menjanjikan adalah usaha mebel. Hal ini karena banyak sekali masyarakat yang lebih tertarik menggunakan kursi, lemari dan furniture rumah lainnya yang berbahan dasar kayu. Meskipun masih ada masyarakat yang suka dengan set sofa untuk mengisi ruang tamu atau ruang keluarga, namun tidak sedikit yang mulai mengalihkan fokus pada keeksotisan set kursi dari kayu. Selain lebih eksotis, elemen kayu pada sebuah rumah dapat menampilkan kesan alami dan juga klasik.

 Usaha Mebel

Selain di pasar lokal, faktanya produk mebel juga laris di pasar mancanegara. Tentu hal ini menjadi sesuatu yang menggoda bagi para pemilik mebel lokal. Menguatnya nilai dolar terhadap rupiah saat ini memang terasa menyakitkan bagi pengusaha yang berkecimpung dalam dunia impor. Namun untuk pemain mebel yang mengekspor produk ke luar negeri tentu penguatan dolar terhadap rupiah ini bak hujan di padang pasir. Anda tertarik untuk menggeluti usaha mebel ini? Yuk cek cara memulai usaha mebel di ulasan berikut ini:

Sumber: http://www.varia.id

Dana Itu Penting

Dana sebagai modal usaha adalah sebuah keharusan yang tidak bisa diganggu gugat. Dalam hal ini Anda bisa meminjam dana dari pihak ketiga ataupun milik Anda sendiri. Dari segi resiko tentu dana milik sendiri lebih aman, namun bagi Anda yang tidak memiliki dana cukup maka akan lebih baik untuk melakukan pinjaman. Pastikan rencana usaha Anda meyakinkan untuk memudahkan proses peminjaman dana ini.

Siapkan Lokasi Usaha yang Tepat

Salah satu faktor utama dari rencana membuka usaha mebel adalah menentukan lokasi usaha yang tepat. Carilah lokasi yang strategis dan jika memungkinkan bukalah toko anda di daerah perkotan atau setidaknya tidak di daerah terpencil. Strategi ini akan memudahkan Anda dalam mencari calon konsumen.

Tentukan Target Pasar

Sebelum memulai usaha mebel, Anda juga harus menentukan target pasar yang akan Anda fokuskan. Hal ini penting untuk memudahkan Anda menyusun skema usaha dalam menentukan pilihan produk yang akan Anda jual. Untuk menentukan target pasar, Anda tidak boleh asal. Lakukan riset kecil-kecilan untuk membantu membuat keputusan. Jangan ragu juga untuk bertanya kepada yang lebih berpengalaman.

Harga Bersaing

Dalam membuka usaha apapun, pastikan untuk tetap bersaing secara sehat. Jangan menghancurkan harga pasaran dengan menjual produk terlalu murah dan juga sebaliknya, menjual dengan harga terlalu mahal akan menjauhkan konsumen dari usaha Anda. Ketahui harga pasaran mebel secara real time, jangan segan untuk survey ke pesaing Anda dengan cara yang benar pastinya.

Padukan Pemasaran Secara Online dan Offline

Cara ini dapat Anda lakukan jika memang kondisi usaha offline sudah stabil. Untuk memperuas pasar dan juga melakukan ekspansi, memanfaatkan teknologi yang ada bukanlah keserakahan. Pantau terus usaha offline Anda dan imbangi dengan melakukan pemasaran serta promosi secara online.

Partner Usaha

Partner usaha sangat penting untuk kelangsungan usaha Anda. Dalam hal ini Anda bisa bekerja sama dengan penyedia bahan baku, pengembang perumahan dan juga sesama pengusaha mebel. Khusus untuk penyedia bahan baku, hasil kerja sama bisa saja membuat ongkos produksi Anda semakin kecil dan Anda sudah pasti tidak akan kesulitan dalam memperoleh bahan baku. Lalu untuk pengembang perumahan, kerja sama bisa dalam bentuk menyediakan mebel bagi perumahan yang mereka bangun. Opsi ini selain bisa menjadi media pemasaran juga media promosi. Kemudian untuk sesama pengusaha mebel, ada baiknya jika Anda mencari usaha mebel dengan produk yang berbeda dengn yang Anda jual. Jadi ke depannya usaha Anda dan rekanan Anda bisa berjalan beriringan serta saling melengkapi permintaan konsumen. Nah bagaimana? Mudah bukan untuk memulai usaha mebel ini..

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.