Cara Menawarkan Barang Dagangan Ke Toko

Cara Menawarkan Barang Dagangan Ke Toko – Meskipun saat ini kita sudah dikelilingi oleh segala hal yang berbau digital, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan cara konvensional. Khusus dalam hal bisnis, cara konvensional tidak bisa sepenuhnya dihilangkan. Salah satu cara konvensional dalam bisnis adalah menawarkan barang dagangan ke toko secara langsung.

Cara Menawarkan Barang Dagangan Ke Toko

cara menawarkan barang dagangan ke toko

Sumber: www.sentrarak.com

Dalam setiap bisnis atau usaha, promosi dan pemasaran adalah dua hal vital yang sangat berdampak bagi usaha Anda. Salah satu bentuk promosi dan pemasaran yang biasa dilakukan adalah dengan cara menawarkan barang dagangan ke toko.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Anda yang berperan sebagai pemilik produk atau produsen seringkali lebih memilih untuk menitipkan barang dagangan ke toko-toko. Untuk barang dagangan yang sudah memiliki nama atau telah dikenal, maka tidak akan ada kesulitan berarti saat akan menitipkannya ke toko. Tapi bagaimana jika barang dagangan Anda masih baru?

Setiap toko memiliki kebijakan masing-masing dalam menerima barang dagangan yang akan dijual. Sebelum menawarkan barang dagangan, akan lebih baik jika Anda mempelajari pasar terlebih dahulu.  Untuk membantu Anda lebih mudah dalam menawarkan barang dagangan, berikut ini ada beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Pastikan Apakah Toko Mau Menerima Titipan Barang Dagangan

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menawarkan barang dagangan ke toko adalah dengan memastikan kesediaan toko. Anda harus tahu bahwa tidak semua toko mau menerima titipan dan bahkan ada juga toko yang sangat ketat dalam menerima barang dagangan dari luar. Kumpulkan detail toko yang mau menerima penawaran dan buat daftar yang rinci.

  1. Kuasai Seluk Beluk Barang Dagangan

Setelah ada daftar toko yang akan ditawari dagangan, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membekali karyawan tentang barang dagangan. Jika anda sendiri yang menawarkan barang dagangan maka sudah pasti anda bisa dengan mudah menjawab pertanyaan pihak toko.

Tapi jika anda meminta karyawan atau orang lain yang menawarkan, maka pastikan dulu bahwa mereka paham tentang barang yang ditawarkan. Ketidaktahuan penawar terhadap barang yang ditawarkan akan membuat pihak toko berpikir berulang kali untuk menerima barang dagangan anda.

  1. Bawa Contoh Barang Dagangan

Selain membekali diri dengan pengetahuan tentang barang dagangan, contoh barang juga harus dibawa. Tidak perlu banyak, yang terpenting contoh atau sampel yang dibawa mampu mewakili barang dagangan yang akan ditawarkan.

  1. Tawarkan Sistem Trial atau Refund

Untuk menarik minat pihak toko dalam menerima penawaran, sebaiknya anda memancingnya dengan berbagai cara. Salah satu caranya misalkan anda akan memberikan jangka waktu sebulan untuk memajang barang dagangan di toko mereka. Jika barang dagangan tersebut laku keras maka anda akan memberikan diskon harga beli misalnya. Atau anda juga bisa menawarkan pengembalian uang senilai 40% dari total harga beli dan lain sebagainya.

  1. Jaga Komunikasi Dengan Baik

Komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam berbisnis. Tidak peduli bisnis kecil ataupun besar, komunikasi dengan mitra atau klien harus tetap terjaga. Jika barang dagangan anda ditolak ataupun tidak laku di toko tersebut maka mintalah pihak toko memberikan saran atau kritik untuk barang dagangan anda.

Sebaliknya jika barang dagangan anda diterima, maka ajaklah pihak toko untuk berdiskusi atau memberikan masukan untuk barang dagangan anda. Di luar komunikasi tentang barang dagangan, anda juga masih bisa menjaga komunikasi dengan pihak toko. Buat mereka nyaman dalam berkomunikasi dengan anda. Ini semua bisa mempengaruhi kelangsungan bisnis anda.

  1. Jaga Kualitas Barang Dagangan

Dengan diterimanya barang dagangan di toko, bukan berarti anda bisa bersantai. Usahakan untuk melakukan evaluasi secara berkala terhadap barang dagangan agar kualitasnya tetap terjaga. Jangan ragu juga untuk mendiversifikasi produk dan memperluas pemasaran dengan menawarkan produk ke toko-toko lainnya.

Semoga informasi tentang cara menawarkan barang dagangan ke toko di atas bermanfaat untuk anda semua…

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

2 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.