Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

Dalam membina rumah tangga tentu perlu memperhatikan keuangan keluarga anda. Jika dahulu anda hanya menanggung kebutuhan diri sendiri saat berkeluarga anda bisa menanggung lebih banyak orang. Tak hanya sang istri saja namun juga anak-anak anda. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi kepala keluarga bukanlah tugas yang mudah. Tak hanya kepala keluarga saja yang harus fokus terhadap kondisi keuangan keluarga namun juga sang istri. Istri sering diminta menjabat sebagai menteri keuangan dalam rumah tangga. Ia pun dituntut untuk kreatif dan cerdas dalam mengatur uang agar mampu mebayar tagihan bulanan juga memenuhi kebutuhan primer keluarga tersebut.

Kenapa Pasangan Wajib Mengatur Keuangan?

Setiap pasangan wajib mengatur keuangannya sejak dini agar  anda siap menghadapi masa depan. Ada banyak sekali beban rumah tangga yang perlu ditanggung. Selain itu ada alasan lainnya kenapa pasangan wajib terbuka dan mengatur keuangan mereka dibawah ini :

  • Berinvestasi

Mengatur keuangan sangat diperlukan agar dapat berinvestasi ketika peluang bisnis itu datang. Dengan berinvestasi anda juga menambah pundi-pundi keuangan. Investasi juga mengamankan kondisi keuangan ketika memasuki masa krisis.  Investasi juga bisa dijadikan jaminan bisnis ketika anda tak ingin bekerja lagi sebagai pegawai dan memperbesar usaha.

  • Melatih Hidup Hemat dan Teratur

Mengatur keuangan juga membiasakan diri anda untuk hidup lebih hemat. Apalagi dengan tanggungan anak yang cukup banyak maka penting untuk menjaga keuanagnmu lebih sehat.  Mengatur keuangan juga bisa membuat hidup anda dan pasangan jadi lebih teratur dan tenang dalam menghadapi beragam situasi material.

  • Mampu Menabung

Mengatur keuangan juga mampu melatih anda untuk biasa menabung. Tabungan diperlukan bagi pasangan sebagai modal untuk membeli asset yang diinginkannya. Tabungan juga bisa dijadikan dana cepat atau darurat ketika menghadapi situasi keuangan yang riskan. Tabungan ini juga bisa digunakan pasangan untuk memenuhi keperluan buah hati mereka kelak.

  • Mencegah Kebangkrutan

Mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya akan membantu anda mencegah kebangkrutan yang mungkin terjadi di masa depan.  Kebangkrutan ini mungkin terjadi ke setiap individu tak hanya mencakup perusahaan saja.  Anda yang memiliki pendapatan tetap juga bisa bangkrut jika salah mengelola uang.

  • Persiapan Hari Tua

Jangan hanya terpaku dengan masa sekarang sebab ada banyak beban keuangan yang masih perlu anda tanggung di masa depan. Dengan mengatur keuangan keluarga anda akan siap menghadapi masa dimana anda tak mampu lagi bekerja. Anda bisa hidup sejahtera hingga masa tua dengan pasangan.

  • Terhindar Dari Utang

Ketika pendapatan yang dihasilkan jauh lebih kecil ketimbang pengeluaran biasanya banyak yang memilih mendapatkan dana dari hutang. Terbiasa dengan hutang bukanlah keputusan yang bijak. Memang benar hutang bisa menolong kondisi keuangan keluarga anda namun sifatnya hanya sementara.  Hutang bahkan bisa membuat anda kehilangan asset dan membuat anda lebih sulit lagi di masa depan karena adanya beban tambahan yang perlu dibayarkan.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

Besar kecilnya pendapatan mampu mempengaruhi gaya hidup seseorang. Bagi mereka  yang memiliki pendapatan tinggi tentu sulit menemui kondisi defisit keuangan jika benar dalam pengelolaan uangnya. Bagi yang gajinya minim apalagi sudah berkeluarga tentu bukan hal yang mudah mengatur keuangan mereka.

Sumber : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Hitung Penghasilan Bersama

Langkah pertama yang perlu anda lakukan dalam mengatur keuangan  rumah tangga ialah menghitung penghasilan bersama. Hitunglah penghasilan yang bisa anda dapatkan selama sebulan. Dengan mengetahui pendapatan yang diterima maka akan mudah mengalokasikannya k epos-pos yang dibutuhkan.

Buat Daftar Pos Pengeluaran

Setelah mengetahui pendapatan anda lanjutkan dengan membuat daftar pos pengeluaran. Buatlah skala prioritas atas pengeluaran yang perlu dipenuhi setiap bulannya. Urutkan pos pengeluaran mana yang tidak bisa ditunda dan mana yang bisa ditunda.

Upayakan Memanfaatkan Promo dan Diskon Untuk Belanja

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan sandang manfaatkan promo dan diskon. Apalagi kini banyak marketplace menawarkan promo dan diskon untuk anda yang mau menjadi membernya. Tidak hanya lebih murah namun juga memberikan cashback untuk pembayaran tagihan. Upayakan untuk selalu kepo dengan promo marketplace sehingga anda bisa mendapatkan barang yang anda butuhkan dengan harga terbaik.

Bayar Tagihan dan Utang Tepat Waktu

Jangan sekali-sekali menunda pembayaran tagihan apalagi hutang. Terutama hutang yang memiliki masa jatuh tempo bisa saja membebani anda dengan denda yang diberikannya jika sudah melewati masa jatuh tempo. Untuk itu buatlah kalender tagihan untuk mengingatkan batas akhir pembayaran tagihan. Kalender tagihan ini juga berfungsi notifikasi untuk anda agar bisa mempersiapkan diri mengumpulkan dana demi membayarnya.

Awas Tagihan Kartu Kredit Anda

Kartu kredit biasa dijadikan alat pembayaran yang parktis dan bisa digunakan didalam negeri maupun di luar negeri. Sayangnya kartu kredit ini juga berdampak negative karena memiliki biaya administrasi dan bunga yang besar. Sebisa mungkin hindari penggunaannya kecuali snagat mendesak atau memberikan anda manfaat cashback terhadap kebutuhan primer milik anda.

Lakukan Perbandingan Harga Sebelum Belanja

Saat berbelanja kebutuhan pokok ingatkan untuk melakukan perbandingan harga. Sebelumnya tulis dulu barang apa saja yang anda butuhkan agar tidak membuat waktu saat berbelanja. Lanjutkan dengan melakukan perbandingan harga untuk produk dengan merek yang berbeda. Jika ada barang murah yang memiliki manfaat yang sama dan kualitasnya tak jauh beda dengan barang yang biasa anda beli maka tak ada salahnya untuk membeli barang tersebut.

Jangan Mudah Tergoda Belanja

Tidak lupa untuk menahan godaan belanja apalagi ketika kebutuhanmu yang lain masih banyak yang belum terpenuhi. Anda bisa mengakalinya dengan membawa uang pas dengan kebutuhan yang hendak dibelanjakan. Tinggalkan kartu kreditmu dan lebih pilih pembayaran uang tunai. Dengan membawa uang tunai dalam jumlah yang pas atau sedikit akan menahan ambisimu untuk berbelanja barang yang tidak anda butuhkan.

Sebisa Mungkin Sisihkan Dana Untuk Tabungan dan Dana Darurat

Walau gaji kecil jangan sampai anda melupakan dana darurat maupun tabungan. Untuk tabungan tak harus dalam jumlah yang besar. Anda bisa menyisihkan uang Rp.50.000 setiap bulannya dan beberapa untuk dana darurat. Dana darurat bisa diambil dari sisa kembalian  yang anda himpun dalam botol. Kebiasaan kecil ini akan membuat anda bisa menyisihkan beberapa uang untuk dana darurat.

Gunakan Fasilitas Umum

Saat bekerja ada baiknya memakai fasilitas umum. Bandingkanlah pengeluaran jika menggunakan transportasi  umum  dengan mengendarai kendaraan pribadi. Jika dirasa lebih hemat menggunakan transportasi umum maka biasakanlah. Selain itu membiasakan diri membawa bekal dari rumah akan membantu anda menghemat biaya konsumsi.

Pantau Pengeluaran dan Evaluasi

Walau anda sudah merencanakan alokasi dana namun pengeluaran mendesak mungkin saja terjadi dan membuat dana membengkak. Untuk itu pantau pengeluaran anda untuk refrensi pertimbangan perencanaan anggaran di bulan berikutnya. Lakukan evaluasi siapa tahu ada beberapa tagihan yang tak sengaja terlupa.

Cari Tambahan Penghasilan

Langkah terakhir ketika tagihan dirasa belum semua terpenuhi lanjutkan dengan mencari pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan ada beragam bahkan bisa saja anda kerjakan di rumah. jangan lupa juga untuk memperhatikan kesehatan tubuh dan jangan terlalu diforsir berlebihan bekerja demi mendapatkan penghaislan tambahan. Keuangan rumah tangga anda bukan hanya tanggung jawab salah stau pihak namun keduanya. Bekerja sama maka kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengorbankan kesehatan salah satu pihak.

Pekerjaan Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Bagi anda ibu rumah tangga yang henda mencoba berusaha mngumpulkan uang demi membantu perekomonian keluarga maka ada beberapa pekerjaan yang direkomendasikan. Beberapa diantaranya juga bisa dikerjakan di rumah sehingga anda tak kebingungan membagi waktu dengan buah hati maupun suami. Berikut beberapa pekerjaan samping untuk anda ibu rumah tangga dibawah ini :

Writer

Walau modalnya cuman kata-kata namun penghasilan writer tak bisa dipandnag sebelah mata. Seorang copy writer atau content writer kini dibutuhkan karena segala transaksi binis mengutamakan secara online. Ini artinya kebutuhan akan artikel atau konten online sangatlah tinggi.  Fee yang ditawarkan biasanya mempertimbangkan jumlah kata per konten yang diposting.

Catering Harian

Pekerjaan sampingan selanjutnya ialah catering harian. Anda yang gemar memasak pasti cocok dengan jenis pekerjaan ini. anda bisa menawarkan menu bekal anak, menu harian untuk keluarga maupun untuk karyawan yang tak sempat makan di luar maupun memasak sendiri. Tak hanya itu saja anda juga bisa membidik pangsa pasar pasien diabetes yang memiliki menu khusus untuk dikonsumsi sehari-hari. Menu diet juga bisa anda tawarkan abgi beberapa pelanggan yang sedang menjaga berat tubuhnya.

Les Privat

Pekerjaan sampingan selanjutnya yang bisa anda coba ialah membuka les privat. Anda bisa membuka les privat menjelang malang maupun di sore hari.  Tak perlu hingga menyewa tempat cukup gunakan ruang tamu anda sebagai tempat les. Anda bisa menawarkan les privat di rumah anak didik anda maupun membuka bimbingan belajar sendiri di rumah anda.

Reseller

Anda juga bis amembuka usaha reseller yang bisa diusahakan walau hanya memiliki modal terbatas. Selain menjadi reseller kini banyak pula yang memilih menjadi dropshipper. Sistem dropshipper ialah barang baru disediakan saat anda memiliki pesanan. Anda hanya bertugas mempromosikannya di media social dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli yang diberikan supplier dengan harga jual barang yang anda tawarkan kepada pelanggan.

Laundry

Punya mesin cuci di rumah ? yuk coba buka usaha laundry. Anda bisa membuka usaha laundry kiloan yang kini banyak dicari. Urusan cuci baju ini memang sering terbengkalai bagi beberapa orang apalagi mereka yang bekerjanya hingga hari Sabtu. Terlebih jika anda memiliki mesin cuci yang cukup canggih dan bisa sekaligus mengeringkan. Di musim penghujan seperti ini tentu sangat membantu sekali dalam hal mengeringkan pakaian.

Desain Grafis

Bagi anda yang memiliki latar belakang desain grafis sayang jika melewatkan pekerjaan dibidang kreatif ini. kini banyak sekali platform yang menyediakan job desain grafis untuk para freelancer. Anda bisa mendaftarkan diri dan melamar beberapa job di situs tersebut. Penghaislan yang didapatkan dari jasa ini juga tak bisa dipandang sebelah mata. Hasilnya lumayan untuk menambah penghasilan keuangan keluarga anda.

Jual Pulsa

Terakhir, pekerjaan sampingan yang bisa anda lakukan dimanapun anda berada ialah menawarkan  pulsa. Di era serba canggih seperti saat ini pulsa dibutuhkan untguk mengakses internet dan berkomunikasi. Tak hanya membuka toko secara fisik namun anda juga boisa menawarkan secara online. Jadi, pelanggan bisa memesan lewat SMS dan membayarnya nanti pada waktu yang disepakati bersama.

Day Care

Anda juga bisa membuka day care di lingkungan anda. Kini banyak sekali orang tua yang keduanya bekerja sehingga tak punya banyak waktu menjaga anak mereka. Dengan adanya day care sangat membantu para orang tua yang sibuk. Anda bahkan bisa membuka day care di tempat tinggal anda dan mempromosikannya secara online.

Cara Berhemat Kebutuhan Rumah Tangga

Untuk menghemat kebutuhan rumah tangga ada beberapa trik yang bisa anda terapkan. Biarpun terbilang sederhana namun beberapa trik ini lumayan mampu mengurangi besaran tagihan kebutuhan rumah tangga yang anda miliki. Beberapa trik yang dimaksud diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Kurangi Tagihan Telepon Dengan Komunikasi Online

Kebutuhan rumah tangga termasuk juga didalamnya tagihan telepon. Kini berkat kemajuan internet yang semakin pesat anda bisa berkomunikasi dengan kerabat maupun teman dimanapun ia berada melalui media social. Aplikasi chat bisa anda temukan dengan mudah dan dinilai memiliki tarif yang lebih hemat ketimbang menggunakan telepon. Anda bisa berkomunikasi online yang bertarif gratis karena hanya butuh akses internet saja.

  • Ganti Lampu Anda Dengan LED

Untuk menghemat biaya listrik cukup dengan mematikan perangkat elektronik ketika tidak digunakan. Gantilah lampu anda dengan LED yang punya kemampuan untuk menghemat daya listrik rumah anda. Harga lampu LED memang lebih mahal namun  manfaatnya bisa dirasakan berkelanjutan. Lampu LED ini bakan bisa menghemat 25 kali ketimbang lampu biasa. Selain itu anda juga perlu mematikan lampu ketika tidak digunakan. Tak hanya lampu namun juga AC atau alat pemanas nasi.

  • Rajin-Rajinlah Memasak

Untuk menghemat biaya konsumsi sehari-hari anda bisa rajin memasak untuk bekal suami tercinta. Dengan memasak anda bisa menghemat biaya jajan sehari-hari. Memasak sendiri juga jauh lebih aman karena anda mengolah sendiri. tindakan ini juga membiasakan anggota keluarga untuk tidak sering jajan di luar. Buat daftar menu makanan untuk mengontrol belanja konsumsi bulanan anda.

  • Berwisata Ke Tempat Terdekat Dahulu

Untuk menghemat anggaran wisata keluarga anda bisa mengunjungi lokasi terdekat dengan lingkungan tempat tinggal atau dalam kota. Jika ingin liburan di luar kota lebih baik sisihkan dana jauh-jauh hari. Dengan menabung anggaran liburan anda tidak akan membebani pos pengeluaran lainnya yang jauh lebih penting.

  • Lebih Terbuka Dengan Pasangan

Untuk trik selanjutnya lebih ke komunikasi antara anda dengan pasangan. Dengan lebih terbuka maka laporan keuangan keluarga anda jadi lebih transparan. Pasangan bisa memahami kondisi yang sedang anda upayakan sehingga mengurangi kesalah pahaman yang ada. Terkadang masalah keuangan juga bisa jadi pemicu pertengkaran bahkan perpisahan. Dengan saling terbuka dan menyamakan visi misi maka anda bisa meraih tujuan yang dicita-citakan bersama.

Dalam mengatur keuangan dengan penghasilan minim anda tentu harus lebih ketat dan menahan ego masing-masing untuk pengeluaran pribadi. Selalu mengutamakan kebutuhan ketimbang keinginan sebab tak hanya menyangkut keuangan individu saja namun juga satu keluarga. Apalagi jika anda sudah memiliki buah hati tentu masih banyak kebutuhan lainnya yang patut dipenuhi, bukan?

Itulah tadi beberapa cara dalam mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim. Semoga mampu menginspirasi keuangan rumah tangga anda menjadi lebih baik lagi di masa depan.

 

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.