Cara Menghilangkan Nafsu Makan Di Malam Hari

Makan merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam mengumpulkan energi. Dengan makan seseorang mendapatkan tenaga dan bisa beraktivitas sebagaimana mestinya. Tak heran beberapa orang sangat selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Tak hanya sebagai sumber tenaga makanan juga mempengaruhi kulit dan metabolism tubuh anda. sayangnya beberapa orang juga perlu mengatur pola makan mereka karena alasan kesehatan dan alasan lainnya. Selain mengatur makanan yang dikonsumsi anda juga perlu mengatur waktu makan.

Nafsu Makan

Beberapa orang menghindari makan di malam hari sebab bisa meningkatkan resiko obesitas. Untuk anda yang ingin menghilangkan nafsu makan di malam hari ada kok beberapa tips yang bisa diterapkan dalam pola makan anda. beberapa tips tersebut ialah sebagai berikut :

Sumber :http://www.sehatfresh.com/

a. Kenali dulu anda lapar atau dehidrasi

Langkah pertama jika anda merasa lapar di malam hari ialah identifikasi apakah anda lapar atau hanya dehidrasi. Caranya mudah cukup dengan minum segelas air ketika anda merasa lapar. Hindari meminum air dingin di malam hari karena tak baik untuk kesehatan. Jika anda tidak lapar setelahnya berarti anda sedang dehidrasi saja namun jika masih terasa lapar anda bisa mengkonsumsi buah – buahan dan menghindari makanan berat seperti nasi atau mie. Buah – buahan yang bisa anda camilan bisa berupa apel, papaya atau pisang yang baik untuk pencernaan.

b. Atur tidur anda lebih dini

Untuk menghilangkan nafsu makan di malam haru juga bisa dengan mengatur jam tidur. Cobalah untuk tidur dibawah jam 22.00 dan apabila anda tidur larut seperti pukul 23.00 dan terbangun pada dini hari maka tubuh otomatis akan merasa lapar. Tidur lebih awal juga akan membuat kulit anda lebih cantik sebab membuat kulit beristirahat. Jika anda tak gampang untuk tidur bisa mandi dengan air panas untuk membantu relaksasi.

c. Olahraga

Olahraga tidak hanya mampu menjaga kebugaran tubuh tetapi mempermudah anda untuk tidur. Pilihlah olahraga yang ringan sebelum tidur seperti jalan kaki disekeliling rumah anda. Bangun tidur juga bisa anda mulai dengan olahraga ringan seperti perenggangan atau pemanasan agar tubuh selalu sehat dan siap beraktivitas setiap harinya.

d. Sup dan kaldu

Untuk mencegah anda lapar di malam hari bisa juga dengan mengkonsumsi sup dan kaldu sebelum tidur.sup dan kald ternyata bisa menahan lapar lebih lama namun ingat jangan menambahkan cabe didalamnya. Selain sup dan kaldu ada juga kentang serta kacang – kacangan yang mampu mengenyangkan perut anda lebih lama dibanding makanan lainnya. Cobalah untuk mengkonsumsi bubur kacang hijau atau kentang rebus dua buah sebelum tidur.

e. Hindari junk food

Sebisa mungkin juga hindari makanan cepat saji atau junk food. Selain bisa meningkatkan kolesterol anda makanan seperti ini juga mampu meningkatkan obesitas. Lebih baik upayakan menerapkan pola hidup sehat seperti memperbanyak protein dan sayuran serta buah – buahan yang manfaatnya sudah jelas baik bagi tubuh anda.

Selain hal – hal diatas pikiran juga mempengaruhi pola makan kita terlebih jika anda sedang stress. Beberapa orang menggunakan makan sebagai salah satu cara menghilangkan stress. Tentunya hal ini berakibat buruk pada kesehatan anda jika dilakukan secara berlebihan. Tak ada salahnya sesekali anda berlibur dan menenangkan diri. Berlibur juga mampu menyegarkan pikiran dan mengurangi stress anda akibat permasalah yang dihadapi. Terus mendekatkan diri kepada Tuhan juga salah satu jalan untuk mengurangi beban pikiran dan memberikan kekuatan dalam menghadapi masalah yang ada.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.