Cara Panjang Umur

Setiap orang tentunya ingin memiliki umur panjang dan hidup yang sehat. Namun sayangnya, hanya segelintir orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan demi mendapatkan umur panjang. Kali ini kita akan mengulas tentang bagaimana cara panjang umur . Anda penasaran? Simak ulasannya di sini ya..

Kaitan Panjang Umur dan Kesehatan

cara panjang umur

Kesehatan menjadi salah satu indikator yang penting dalam kehidupan manusia. Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin majunya kehidupan manusia saat ini, membuat banyak aspek dalam kehidupan manusia berubah. Salah satunya adalah tentang masalah kesehatan dan cara penanganannya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak jenis penyakit yang bisa menjangkit manusia, mulai dari penyakit ringan seperti flu dan deman hingga penyakit berat seperti kanker, HIV dan lain sebagainya.

Dulu, jarang orang yang menderita penyakit berat seperti kanker, tumor dan HIV. Sebaliknya, saat ini dengan mudah kita bisa menemukan orang yang menderita penyakit ini. Bahkan tidak sedikit, orang-orang dari kalangan menengah ke bawah yang menderita penyakit berat.

Pada dasarnya memang tingkat sosial seseorang tidak seharusnya memberikan pengaruh signifikan terhadap penyakit yang diderita. Namun, gaya hidup yang tidak sehat saat ini sama-sama menjadi pilihan bagi banyak orang di hampir setiap kalangan. Jadi sangat tidak mengherankan jika ada orang yang kelas ekonominya tinggi dan rendah sama-sama menderita penyakit yang sama.

Lalu apa kaitannya panjang umur dan kesehatan manusia?

Pada dasarnya panjang umur seseorang tidaklah mencerminkan kondisi kesehatannya. Sebagai contoh anda bisa melihat bahwa beberapa orang berusia hingga 80 tahun tapi kondisi kesehatannya kurang baik di mana mereka hanya bisa berbaring di temoat tidur saja. Sebaliknya ada juga orang yang baru berusia 25 tahun namun menderita kanker dan sayangnya harus meninggal dunia. Dari kasus ini terlihat bahwa sebenarnya kedua usia ini memiliki perbedaan angka yang jauh namun sama-sama menderita penyakit.

Tapi perlu diingat kembali bahwa kerangka dasar dari kesehatan manusia adalah panjang umur dan sehat yang saling selaras. Untuk itulah, kali ini kita akan mengulas mengenai cara panjang umur dan tetap berada dalam kondisi sehat selama mungkin.

Bagaimana Cara Panjang Umur?

Panjang umur menjadi salah satu keinginan dasar yang dimiliki oleh manusia. Namun, tentunya setiap orang juga memiliki takdir masing-masing  yang menjadi rahasia dan tidak ada satupun yang tahu. Untuk itulah, sebagai manusia sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk menjaga kesehatan dan berusaha menjalani hidup dengan lebih baik. Apakah anda juga ingin berumur panjang dan memiliki hidup yang sehat? Mungkin beberapa cara panjang umur yang akan kita ulas kali ini bisa anda lakukan:

Cara Panjang Umur – Olahraga Teratur

cara panjang umur

Cara panjang umur yang pertama adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang menunjang kesehatan dan memberikan efek baik untuk tubuh jika dilakukan dengan benar. Faktanya, ada juga beberapa orang yang melakukan olahraga namun berakhir dengan cedera atau sakit. Hal ini bisa terjadi karena tidak ada pengawasan dari ahli atau olahraga yang dilakukan tidak sesuai dengan kondisi fisiknya. Lalu bagaimana caranya agar olahraga yang anda lakukan bisa membuat umur lebih panjang dan hidup lebih sehat?

Pastikan Anda Tahu Kondisi Tubuh Dengan Baik

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, namun tidak semua olahraga cocok dan bisa membuat tubuh lebih sehat. Misalkan jika anda memiliki tipikal tubuh yang lemah atau mudah sakit, maka hindari olahraga berat. Yoga, meditasi, atau olahraga ringan yang tidak terlalu membutuhkan tenaga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jika dengan kondisi tubuh lemah, anda memaksakan diri untuk olahraga lari atau mengangkat beban maka bisa dipastikan, bukannya semakin sehat, namun tubuh akan sakit. Jika anda tidak tahu pasti olahraga mana yang cocok, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya.

Lakukan Olahraga secara Teratur

Anda akan mendapatkan hasil yang optimal jika mampu rutin berolahraga. Jika memang saat hari kerja, kesibukan tidak memungkinkan untuk berolahraga maka luangkan waktu di akhir pekan untuk menjalani kegiatan positif ini. Atau, anda juga bisa menyempatkan untuk berolahraga di malam hari sepulang kerja. Tidak perlu olahraga berat, cukup mampir ke gym atau olahraga ringan seperti sit up, plank dan lain sebagainya yang bisa dilakukan di kamar.

Dengan membiasakan olahraga seperti ini, maka anda tidak akan mudah sakit dan lebih bahagia lho. Faktanya, berolahraga memang bisa membantu memperbaiki mood seseorang.

Imbangi dengan Gaya Hidup Sehat Lainnya

Olahraga tidak akan cukup untuk menopang kesehatan seseorang sepenuhnya. Untuk itu, anda harus mengimbangi kegiatan ini dengan perubahan lain dalam hidup seperti memperbaiki pola makan, istirahat cukup dan lain sebagainya. Kita akan mengulas poin-poin ini secara lebih mendalam di cara panjang umur selanjutnya ya.

Cara Panjang Umur – Pola Makan yang Sehat

cara panjang umur

Pola makan menjadi salah satu penyebab utama masalah kesehatan seseorang. Hal ini karena makanan menjadi kebutuhan pokok dalam hidup manusia. Anda harus tahu bahwa makanan yang lezat belum tentu sehat, dan makanan sehat belum tentu tidak enak. Selama ini anggapan bahwa makanan sehat tidak enak adalah anggapan yang menyimpang. Karena nyatanya, ada banyak makanan enak yang sehat kok.

Nah, kembali lagi pada pola makan sehat sebagai salah satu cara panjang umur. Mengatur pola makan sehat pada dasarnya tidak sesulit yang dibayangkan, karena inti dari pola ini adalah mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jadi bagaimana cara mendapatkan pola makan sehat demi umur lebih panjang dan tubuh yang sehat?

Tekadkan Niat

Niat menjadi penentu utama keberhasilan anda dalam memulai pola hidup sehat. Sedari awal, persuasiflah pada diri sendiri untuk bisa konsisten dan komitmen terhadap pola hidup sehat ini. Tanpa adanya niat yang kuat, maka sulit sekali merubah pola makan anda. Membaca artikel kesehatan, buku kesehatan atau sharing dengan orang yang tepat akan membantu anda mengumpulkan niat baik untuk memulai usaha ini.

Setiap langkah awal dari apapun itu memang tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin ya. Jadi tanyakan pada diri anda, siapkan anda untuk hidup lebih lama dan lebih sehat di masa depan?

Ketahui Jenis Makanan yang Bisa dan Tidak Bisa Anda Makan

Pernyataan ini terdengar sedikit aneh, tapi faktanya banyak orang meremehkan hal ini dan akhirnya pola makan yang sehat pun tidak bisa tercapai. Sebelum mulai mengatur pola makan yang sehat, anda harus lebih dulu mengetahui jenis-jenis makanan yang bisa dan tidak bisa anda makan. Jangan memikirkan makanan yang enak dan tidak enak, tapi pikirkan dengan benar jenis-jenis makanan yang harus dihindari dan tidak.

Misalkan anda alergi terhadap seafood, maka segala makanan berbahan dasar seafood harus dihindari meski labelnya sehat. Sebaliknya, jika anda tidak menyukai sayuran tertentu dengan alasan di luar medis, maka jangan hindari makanan ini. Tapi carilah cara untuk bisa mengkonsumsi sayuran tanpa merasa berat hati. Inti dari poin kedua dalam mengatur pola makan sehat ini adalah mengenali jenis-jenis makanan yang akan masuk ke dalam tubuh anda.

Perbanyak Wawasan Tentang Makanan Sehat

Selama ini stigma bahwa makanan sehat itu tidak enak memang berhasil membuat banyak orang kesulitan memulai pola makan sehat. Siapa sih yang mau makan makanan tidak enak? Saya juga tidak mau.

Untuk itulah, sangat penting bagi anda dalam memperkaya wawasan tentang makanan sehat dan kawan-kawannya itu. Saat ini kita semua memiliki akses tanpa batas ke manapun melalui internet. Manfaatkan hal ini untuk memperdalam wawasan anda. Anda bisa mencari resep-resep makanan sehat, cara menyiapkan makanan yang sehat atau bahkan anda bisa mencari inspirasi dalam memasak bahan makanan yang tidak anda sukai sehingga anda bisa memakannya dengan senang hati.

Instagram dan Youtube saat ini menjadi dua channel yang bisa anda manfaatkan sepenuhnya untuk mencari tahu tentang makanan sehat ini. Percayalah, dengan menambah wawasan maka anda akan lebih terbuka dalam memandang bahan makanan dan makanan itu sendiri.

Komitmen dan Konsisten

Untuk bisa sukses menjalani pola makan yang sehat, komitmen dan konsistensi menjadi dua hal yang sangat penting. Akan lebih baik jika anda tidak memulainya sama sekali jika memang komitmen dalam diri belum ada. Kegagalan yang terjadi karena kurangnya komitmen dan konsistensi akan membuat pemikiran tentang pola makan sehat berubah. Hal ini bisa membuat anda kembali meremehkan usaha anda untuk memulai pola makan sehat selanjutnya.

Agar anda konsisten dalam menjaga pola makan sehat yang telah dilakukan, sebaiknya cari dukungan dari keluarga atau orang-orang terdekat. Support dari mereka akan membuat anda merasa lebih bersemangat dalam menjalani pola makan sehat ini, khususnya di fase-fase awal perubahan.

Cara Panjang Umur – Berpikir Positif dan Selalu Bersyukur

cara panjang umur

Ada banyak hal yang bisa terjadi dalam hidup anda, mulai dari hal yang positif hingga negatif atau hal yang diinginkan dan tidak diinginkan. Hidup penuh pilihan dan anda sepenuhnya memiliki hak untuk mengambil keputusan. Begitu pula dengan menjaga kesehatan. Tidak peduli siapapun anda, kita semua memiliki hak untuk kaya, bahagia, sehat dan panjang umur.

Namun, semua hak tadi nyatanya tidak bisa diperoleh dengan cuma-cuma. Anda perlu berkorban agar kekayaan, kebahagian, kesehatan dan umur panjang bisa dimiliki. Apa yang harus dikorbankan? Rata-rata pengorbanan yang harus anda berikan adalah waktu. Waktu untuk belajar, bekerja, bersenang-senang dan lain sebagainya.

Terlepas dari hak setiap orang untuk kaya, bahagia, sehat dan panjang umur, nyatanya banyak orang kaya tapi tidak bahagia. Banyak orang sehat tapi tidak kaya, ada juga orang yang kaya tapi tidak panjang umur. Jadi mana pilihan utama anda? Bahagia, kaya, sehat atau panjang umur? Apapun pilihan anda, jangan pernah memupuk hal-hal negatif dalam diri anda.

Beban pikiran yang berlebih karena terlalu memikirkan masalah hidup akan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Ujung-ujungnya anda bisa sakit dan berakhir kehilangan nyawa. Sayangi diri anda dengan memupuk perasaan bahagia, pikiran positif dan apapun yang membuat anda senang.

Salah satu kunci utama dari orang panjang umur adalah kebahagiaan. Bahagia di sini bukan berarti anda harus kaya, karena kebahagiaan seseorang tidak hanya diukur dari sisi materi saja. Untuk bisa bahagia, anda harus memiliki pikiran yang positif dan usahakan untuk mensyukuri apapun yang anda miliki.

Bersyukur kepada Tuhan menjadi salah satu esensi dalam kehidupan manusia. Jangan biarkan rasa sombong membuat anda terjungkal dan terjatuh di dunia. Rasa syukur sekecil apapun akan membuat perasaan anda lebih baik dalam menjalani hidup dan menyelesaikan masalah yang ada.

Cara Panjang Umur – Berbagi dengan Orang yang Membutuhkan

cara panjang umur

Percaya atau tidak, kegiatan berbagi dengan orang lain khususnya orang yang membutuhkan bisa membuat anda berumur panjang. Bagaimana bisa? Berbagi kebahagiaan atau rezeki dengan orang yang membutuhkan menjadi salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur pada Tuhan. Dengan berbuat baik kepada orang lain, maka secara tidak langsung anda sedang menanam benih kebaikan yang bisa anda tuai di kemudian hari.

Kaitan dari kegiatan berbagi dengan umur panjang adalah doa yang diberikan oleh orang lain pada anda. semakin sering anda berbagi dengan orang yang membutuhkan, maka semakin banyak pula doa yang anda peroleh. Doa-doa dari orang lain yang diberikan secara ikhlas akan mudah terkabul.

Memang tidak ada rumus pasti atau bukti nyata tentang fenomena kegiatan berbagi dengan panjang umur. Namun satu yang pasti, keihklasan anda dalam berbagi akan membuat orang lain berbahagia dan kebahagiaan ini akan memicu orang tersebut mengucap rasa syukur dan doa pada Tuhan. Tuhan tidak pernah tidur, dan Tuhan akan selalu tahu kebaikan yang anda lakukan meski terjadi diam-diam.

Cara Panjang Umur – Jaga Keseimbangan dalam Hidup

cara panjang umur

Neraca keuangan saja harus seimbang, apalagi hidup anda.

Keseimbangan dalam hidup menjadi esensi utama untuk mendapatkan umur panjang. Segala sesuatu yang berlebih tidak baik dan ini harus anda tanamkan dalam pikiran sejak dini. Beberapa orang mungkin merasa bingung dengan istilah keseimbangan hidup karena konteksnya memang sangat luas dan membutuhkan waktu lama untuk penjelasannya.

Merujuk pada topik utama kita yaitu cara panjang umur, maka keseimbangan hidup yang disebutkan dalam ulasan ini berkaitan dengan kesehatan. Anda tidak akan memiliki umur panjang jika anda hanya sibuk berolahraga saja. Sebaliknya, anda juga tidak bisa memiliki umur panjang hanya dengan makan makanan sehat saja. Olahraga, istirahat yang cukup, makanan sehat, mindset yang positif hingga faktor psikologis sama-sama memiliki peran penting dalam mencapai keseimbangan hidup.

Usahakan untuk selalu memiliki mindset positif agar olahraga dan pola makan sehat anda bisa memberikan dampak signifikan terhadap kesehatan. Jangan biarkan juga stress pekerjaan atau masalah lain membuat pola makan berantakan dan kegiatan olahraga anda terganggu. Meluangkan waktu untuk beristirahat dan berlibur juga penting untuk diatur sedemikian rupa agar tubuh dan pikiran sama-sama bisa rileks.

Koordinasi yang bagus antara otak, tubuh dan perasaan akan membuat keseimbangan hidup tercapai dengan mudah.

Nah, bagaimana menurut anda. Ternyata tidak sulit kan untuk memiliki umur panjang dan hidup lebih sehat. Mulailah melakukan perubahan sekecil apapun dari sekarang, agar anda bisa menikmati masa tua dengan lebih bahagia dan sehat. Setiap orang berhak untuk berumur panjang, termasuk anda.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semua.. Ayo hidup lebih sehat dan bahagia karena hidup anda sangat berharga.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.