Cara Pembayaran BPJS

Setiap negara di dunia ini hampir semua memiliki masalah tentang kesehatan masyarakat. Banyak sekali isu kesehatan di luar sana yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah karena memang beberapa kasus sangat memerlukan perhatian tersebut. Pemerintah pun sudah mencoba berbagai cara mulai dari mencegah penyakit datang hingga mengobati penyakit yang sudah terlanjur menyerang. Kesehatan sendiri bisa tercipta mulai dari menjaga hal-hal kecil seperti membiasakan memakan makanan yang memiliki porsi seimbang 4 sehat 5 sempurna lalu dibarengi dengan olahraga yang teratur juga agar badan terasa segar. Kemudian ada cara lain yaitu menjaga kebersihan karena pepatah yang selalu anda dengar “kebersihan pangkal kesehatan” itu membuktikan kebenarannya.

Pembayaran BPJS

Banyak sekali memang tempat-tempat kumuh di dunia ini yang menjadi sarang penyakit dan membahayaka kesehatan penghuninya. Anda ambil saja contoh di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan negara berkembang yang masih memerlukan perhatian lebih terkait kesehatan. Tempat-tempat pinggir sungai yang masih dijadikan oleh warga sebagai tempat tinggal perlu diberi pengarahan dan apabila memungkinkan pemerintah bisa memfasilitasi mereka untuk mendapatkan tempat tinggal yang lebih layak agar kesehatan mereka juga terjaga. Selain menyediakan tempat tinggal yang layak, sekarang ini pemerintah Indonesia juga sedang gencar-gencarnya untuk memaksimalkan penggunaan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan oleh masyarakat. Melalui kartu ini, masyarakat Indonesia dapat memperoleh pelayanan kesehatan di manapun mereka berada.

Sumber: http://www.antarajateng.com/

Pemerintah juga sudah mewajibkan setiap Kepala Keluarga di Indonesia untuk memiliki kartu tersebut agar mendapat jaminan kesehatan. Keuntungan menggunakan BPJS sendiri sangatlah banyak diantaranya, anda tidak perlu membayar lagi biaya perawatan di rumah sakit yang terdaftar sistem BPJS karena anda sudah membayar iuran per bulan, tidak ada pengecualian penyakit yang akan diberi perawatan, dan anda dijamin seumur hidup. Kartu BPJS dapat berfungsi apabila anda membayarkan iuran premi yang anda bayarkan setiap bulannya. Jumlah pembayaran yang dilakukan juga tergantung jenis kepesertaannya di mana :

a. Peserta BPJS sebagai penerima bantuan iuran (PBI) yang merupakan pekerja yang menerima upah dan tidak menerima upah, dan yang bukan pekerja iuran sebesar Rp 19,225

b. Peserta PBJS sebagai penerima upah seperti pekerja perusahaan swasta wajib membayarkan iuran sebesar 4,5% dari jumlah upah yang diterima satu bulan dimana sebanyak 4% ditanggung oleh pemberi kerja dan 5% oleh pekerja. Untuk PNS dan pensiunan PNS wajib membayar iuran sebesar 5%, sebanyak 3% ditanggung pemerintah dan 2% ditanggung oleh pekerja.

c. Peserta bukan penerima upah seperti pekerja sektor informal jumlah yang harus dibayarkan yaitu berdasarkan tingkat kelas perawatannya : Kelas III Rp 25,500, Kelas II Rp 42,500 dan Kelas I Rp 59,500

Anda bisa membayar iuran tersebut melalui berbagai cara yaitu :

1. Pembayaran yang menjadi tanggung jawab perusahaan

Ada 2 cara mendaftar BPJS, yaitu mendaftar online melalui situs BPJS dan didaftarkan oleh perusahaan. Oleh karena itu kartu BPJS yang anda dapatkan melalui perusahaan karena perusahaan yang mendaftarkan anda , maka perusahaan lah yang akan melakukan pembayaran tersebut. Anda hanya perlu melakukan konfirmasi kepada perusahaan apakah iuran anda sudah dibayarkan atau belum.

2. Pembayaran yang dilakukan secara mandiri

Pembayaran yang dilakukan secara mandiri karena anda melakukan pendaftaran BPJS secara mandiri pula bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu : a. Melalui ATM BNI, BRI, dan Mandiri Secara umum untuk ketiga ATM tersebut langkahnya sama yaitu :

1. Masukan kartu, lalu tekan pin anda

2. Pilih menu “Pembayaran” yang bisa anda temukan pada bagian “Transaksi Tunai”

3. Lanjutkan dengan klik “BPJS” lalu pilih BPJS Kesehatan

4. Kemudian masukan Virtual Account (untuk bank BNI dan BRI sama-sama 88888 sedangkan untuk Bank Mandiri 89888).

5. Pilih kelas BPJS anda

6. Cek kebenaran nama dan data yang lainnya

7. Masukan jumlah yang akan dibayarkan, tekan OK/YA

8. Pilih angka 1, tekan OK

9. Anda sudah berhasil melakukan pembayaran BPJS

b. Melalui kantor pusat dan kantor cabang BPJS di berbagai kota secara langsung

c. Melalui SMS banking dan internet banking dari Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank Bukopin, BCA, BTN dan BJB. Dewasa ini sudah banyak teknologi yang mendukung kemudahan anda bertransaksi dari satu akun ke akun yang lain sehingga anda tida

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.