Cara Pinjam Uang di Bank Tanpa Jaminan

Ada kalanya kondisi keuangan seseorang tidak stabil sedangkan kebutuhan terus meningkat sehingga membuat perekonomian menjadi sulit dan orang memerlukan pinjaman. Jika kebutuhan mendesak namun masalah muncul ketika tidak punya jaminan atau kartu kredit untuk mengajukan pinjaman ke bank. Timbullah di benak apakah bisa? tentu bisa. Saat ini sudah ada beberapa bank di Indonesia yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan atau lebih sering dikenal dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Pada dasarnya masing-masing bank mempunyai persyaratan sendiri. Namun pada umumnya hampir sama. Beikut syarat-syarat untuk mendapatkan KTA atau pinjaman tanpa agunan:

1. Menyerahkan fotokopi  KTP
Persyaratan paling utama yang harus dipenuhi adalah mempunyai Kartu Tanda Penduduk Warga Negara Indonesia (KTP WNI) dan menetap di wilayah Negara Indonesia.

Daftar gratis di Olymp Trade:

2. Batas Usia

Biasanya bank membatasi usia bagi peminjam yaitu minimum 21 tahun sampai dengan 60 tahun. Meski beberapa lembaga penyedia jasa pinjaman memberikan kelonggaran, usia diatas 18 tahun bisa mengajukan pinjaman. Namun pada umumnya mereka menerapkan batas umur 21 tahun karena peminjam dianggap perlu memahami prosedur dan persyaratan pengajuan pinjaman. Dan yang paling penting mengetahui segala konsekuensi yang akan dihadapi dalam periode mengangsur.

3. Batas Penghasilan
Biasanya batas penghasilan untuk mengajukan pinjaman minimal Rp. 2.5 juta. Meski begitu, masing-masing bank memiliki aturan sendiri. Ada beberapa bank yang menerapkan standar minimum dengan Upah Minimum Regional (UMR). Jika dibawah UMR biasanya akan ditolak.

4. Limit Pinjaman
Pinjaman ini biasanya pinjaman jangka pendek, berkisar antara 15 hari sampai dengan maksimal 30 hari. Jumlah nominal yang ditawarkan cukup lumayan antara 3 juta rupiah sampai dengan 5 juta rupiah. Bunga yang dibebankan sebesar 1% per hari, sehingga total beban bunga mencapai 30% dalam 30 hari. Selain bunga, peminjam juga dibebani biaya keterlambatan pembayaran angsuran. Untuk hari pertama, biasanya biaya keterlambatan sebesar 50 ribu dan 10 ribu untuk hari-hari berikutnya.
Dan apabila ketika kolektor datang menagih kerumah, nasabah akan dibebani lagi tambahan biaya penagihan sebesar 10% dari uang yang dipinjam. Apabila mengajukan perubahan jadwal tanggal pembayaran dan menambah jumlah pinjaman, nasabah harus membayar biaya perpanjangan sebesar 180 ribu.

Misalkan Anda meminjam dana sebesar 5 juta, maka bunga yang dibebankan dalam sehari adalah: 5 juta x 1% = 50 ribu. Jangka waktu pinjaman dipilih 30 hari, maka bunga yang dibebankan dalam 30 hari adalah: 5 juta X 1% X 30 = 1 juta 500 ribu.

5. Slip Gaji
Pinjaman ini dianggap cocok untuk karyawan yang mempunyai gaji tetap, namun tidak memiliki jaminan dan tidak memiliki kartu kredit. Tidak diperlukannya jaminan (sertifikat dan BPKB) serta kartu kredit memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mengajukan pinjaman. Calon nasabah cukup melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan tempat kerjanya.

Berikut contoh bank yang menyediakan pinjaman tanpa agunan:

1. MayBank
Program KTA di MayBank disebut dengan PITA. PITA adalah singkatan dari Pinjaman Tanpa Agunan memiliki gaji minimal 2 juta perbulan bagi Anda yang berada di luar Jabodetabek dan 2,5 juta rupiah jika berada di Jabodetabek. Namun jika Anda adalah seorang wirausahawan dan Anda ingin meminjam PITA dari MayBank, minimal Anda harus memiliki penghasilan sebesar 4 juta rupiah agar proses yang Anda lalui untuk memperoleh KTA lebih mudah.

2. Standard Chartered Bank
Bank ini termasuk salah satu bank swasta yang juga memiliki program pinjaman tanpa agunan. Bank ini disebut-sebut dapat memberikan pinjaman uang tanpa jaminan dengan pencairan dana dengan sangat cepat. Bahkan hanya perlu menunggu selama tiga hari saja untuk bisa mendapatkan pencairan dana.

3. Bank Mandiri
Bank Mandiri memiliki kredit tanpa angunan yang sangat menguntungkan. Keuntungan yang Anda dapatkan adalah adanya perlindungan asuransi jiwa yang diberikan sekaligus dengan produk pinjaman tanpa agunan ini. Jika Anda mengalami musibah, Anda bisa akan mendapatkan ganti rugi sehingga bisa mencukupi kredit pinjaman Anda.

4. Bank BRI
Hampir mirip dengan bank Mandiri, Bank BRI juga menawarkan perlindungan asuransi jiwa secara langsung bersama dengan pinjaman uangnya. Batas minimal penghasilan yaitu minimal Rp. 2 juta.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.