Apa Itu Cryptocurrency dan Bagaimana Cara Mengambil Keuntungan darinya?

Beberapa tahun belakangan ini, cryptocurency atau mata uang digital memang semakin populer dan berkembang dengan sangat cepat. Bahkan, cryptocurrency menjadi salah satu komoditi yang laris di pasar investasi. Beberapa negara juga sudah membuat regulasi khusus untuk mata uang digital ini. Nah, sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu tentang seluk-beluk cryptocurrency dan bagaimana cara mendapatka profit dari mata uang digital ini, maka akan lebih baik jika Anda memahami apa itu cryptocurrency terlebih dahulu.

Cryptocurrency merupakan suatu mata uang digital terenkripsi dan desentralistik yang bisa dipindah atau ditransfer antara satu pihak dengan pihak lain. Lebih sederhananya, cryptocurrency adalah mata uang digital yang bisa digunakan untuk bertransaksi secara online.

Bagaimana Cryptocurrency Bekerja?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa Cryptocurrency ini bersifat desentralistik yang berarti tidak ada pihak yang menjadi perantara. Jadi hanya akan ada dua pihak yang terlibat dalam transaksi cryptocurrency yaitu pihak pengirim dan pihak penerima. Transaksi cryptocurrency juga terjadi berbasis online secara murni yang berarti transaksi yang dilakukan semua menggunakan internet tanpa ada batas waktu dan jarak .

Kemudian, untuk transaksinya sendiri terjadi dalam suatu platform yang disebut dengan blockchain. Dalam blockchain ini akan terbentuk blok-blok mandiri yang saling terhubung dan membentuk rantai jaringan yang bersifat desentralistik (biasa disebut P2P atau Peer to Peer network). Perlu Anda ketahui bahwa blockchain ini memmiliki fungsi untuk mengatur dan menyimpan data transaksi di tiap blok.
Dalam sistem P2P ini basis yang digunakan adalah kesepakatan di mana sistem akan menyediakan informasi terkini tanpa rekayasa dari tiap data yang disimpan. Tidak ada pihak manapun yang bisa mengubah, memalsukan atau mengganggu data yang tersimpan dalam sistem ini.

Contoh nyata dari cara kerja cryptocurrency adalah sebagai berikut:
“Pihak X ingin mengirim mata uang kripto pada pihak Y, pengiriman ini dilakukan oleh X dan juga telah ditandatangani secara digital oleh si X. Tandatangan digital ini akan menghasilkan sandi alnumerik yang berfungsi sebagai kunci privat ke dalam jaringan. Saat transaksi dilakukan, maka instruksi pengiriman ini masuk ke blockchain dan semua blok mandiri bisa melihatnya. Namun, hanya si Y yang notabene penerima transfer yang bisa melakukan konfirmasi pengiriman tersebut karena kunci privat tadi hanya terkirim ke si Y saja. Setelah konfirmasi oleh si Y dilakukan, maka transaksi ini baru dianggap selesai.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan dengan Cryptocurrency?

Sebagai suatu bentuk mata uang baru yang belum memiliki status hukum resmi di setiap negara, khususnya Indonesia, tentu beberapa orang pasti bertanya-tanya. Apa yang bisa dilakukan dengan cryptocurrency? Dari mana kita bisa menghasilkan uang dari mata uang baru ini? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi, berikut ini ada 3 hal yang bisa dilakukan dengan Cryptocurrency:

Membeli Barang. Layaknya mata uang pada umumnya, Cryptocurrency juga bisa digunakan untuk membeli barang lho. Beberapa dari Anda mungkin tahu bahwa di luar Indonesia ada banyak hal yang bisa dibeli dengan Cryptocurrency, khususnya Bitcoin. Ada produk apartemen, pizza, perhiasan, komputer, tiket pesawat dan bahkan biaya kuliah di Crypus bisa dibayar menggunakan Bitcoin.

Nah, di Indonesia sendiri sebenarnya ada cukup banyak merchant dan online shop yang membuka kesempatan bagi konsumennya untuk membayar menggunkan Cryptocurrency, khususnya Bitcoin. Berdasarkan data yang diambil dari postingan anggota di situs Altcoinstalks, total ada 69 toko online dan merchant yang menerima pembayaran menggunakan Bitcoin. Namun, jumlah ini bisa berubah mengingat fluktuasi dan trend Bitcoin sendiri di Indonesia. Beberapa contoh toko atau merchant yang menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran adalah Tokohost, SiPulsa, IJL Hosting, ThinkrCreative, Mediasoft Indonesia, Bali Green Surf School, Solo Garden, Tokita, CasCades Restaurant, Viceroy Bali, KitaBisa dan masih banyak lagi lainnya.
Jika ke depannya peraturan mengenai Bitcoin dan cryptocurrency di Indonesia semakin jelas, maka tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak jalan bagi masyarakat Indonesia untuk menggunakan mata uang digital yang dimiliki.

Investasi Melalui Trading Kripto. Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan Cryptocurrency adalah berinvestasi melalui trading. Kenapa harus trading kripto? Padahal ada opsi lain seperti menyimpan Bitcoin di dompet ataupun pertukaran secara langsung. Anda harus tahu, trading kripto memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan kegiatan menyimpan mata uang digital di dompet atau menukarnya langsung. Simak ulasannya berikut ini:

  • Dengan trading kripto, maka Anda bisa dengan mudah untuk menyetor dan menarik dana selama memang ada dana di akun trading Anda. Penyetoran dan penarikan dana di bursa kripto khusus seringkali memakan waktu yang lama, padahal semakin cepat proses berlangsung maka semakin besar juga kesempatan Anda untuk memanfaatkannya dalam investasi lain.
  • Melalui trading kripto, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari setiap pergerakan harga kripto, entah itu harga naik ataupun harga turun. Hal ini tentu berbeda dengan menyimpan kripto secara tradisional, karena Anda hanya bisa memperoleh keuntungan jika harga kripto naik.
  • Biaya yang dibebankan dalam trading biasanya lebih kecil dibandingkan biaya transaksi dalam dompet ataupun pertukaran.

Selain ketiga poin di atas, trading kripto juga tidak rentan diretas atau disusupi.

Mining. Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari cryptocurrency adalah dengan mining. Mining merupakan salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin yaitu dengan cara menambang melalui sistem. Kegiatan menambang ini adalah proses di mana seorang miner mengkonfirmasi transaksi dan menambahkan ke buku besar. Dalam proses ini miner akan dihadapkan pada persoalan matematika kompleks, di mana jika persoalan ini bisa diselesaikan maka akan mendapat Bitcoin dari sistem. Siapapun bisa menjadi miner asal memiliki komputer yag memadai dan mampu menyala non stop selama 24 jam setiap harinya untuk menjalankan program mining ini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Keuntungan dari Cryptocurrency?

Cara utama untuk mendapatkan keuntungan dari Cryptocurency adalah dengan berinvestasi di dalamnya. Trading bitcoin menjadi salah satu bentuk investasi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tentunya, jika Anda ingin melakukan trading Bitcoin, mencari broker yang tepat adalah suatu keharusan.
Olymp Trade merupakan salah satu broker terbaik di dunia yang menyediakan layanan trading Cryptocurrency. Broker yang satu ini sudah menaungi jutaan trader di dunia sejak berdiri di tahun 2014 lalu. Volume trading bulanan di Olymp Trade sendiri mencapai angka $170.000.000 dengan lebih dari 25.000 pengguna yang melakukan trading setiap harinya. Unduhan aplikasi seluler dari Olymp Trade telah mencapai angka lebih dari 5.000.000 unduhan. Ini juga membuktikan bahwa Olymp Trade sangat dipercaya oleh banyak trader di seluruh dunia.

Untuk pilihan mata uang digital yang bisa ditradingkan, Olymp Trade menyediakan 12 opsi yang berbeda, mulai dari Bitcoin, Ethereum hingga Monero dan Dash. Bahkan ada juga opsi pasangan relatif seperti LTC/BTC yaitu harga Litecoin yang relatif terhadap Bitcoin, bukannya dolar AS.

Deretan Cryptocurrency Paling Populer

Berikut ini ada beberapa jenis cryptocurrency yang populer di kalangan masyarakat, termasuk para investor:

Bitcoin. Bitcoin menjadi cryptocurrency paling populer hingga saat ini. Berbeda dengan beberapa jenis mata uang digital yang mengalami naik turun yang drastis hingga perkembangan yang melambat atau bahkan stagnan, Bitcoin berhasil menjadi mata uang digital yang mengalami perkembangan pesat. Jika Anda belum tahu, saat ini Bitcoin juga difungsikan sebagai standar emas digital dalam industri cryptocurrency. Tidak hanya itu, Bitcoin juga digunakan sebagai alat pembayaran global, bahkan mayoritas kejahatan cyber memanfaatkan Bitcoin sebagai mata uang utamanya.

Ethereum. Mata uang digital yang satu ini terbilang cukup mirip dengan Bitcoin, hanya saja Ethereum didesain secara khusus untuk menjadi smart contract terbuka. Sedikit berbeda dengan Bitcoin, Ethereum memiliki perangkat lunak tersendiri yang bisa digunakan pengembang untuk membuat berbagai aplikasi berbasis transaksi kripto.

Ripple. Ripple menjadi salah satu mata uang digital yang melengkapi keberadaan Bitcoin, Ethereum dan mata uang digital lain. Salah satu keunggulan Ripple yang tidak dimiliki oleh cryptocurrency lain adalah kemudahan dalam menukar Ripple ke mata uang lokal di dunia. Jadi Ripple ini sudah terintegrasi dengan layanan perbankan dunia dan berhasil menjadi salah satu basis revolusi pengiriman uang antar negara.

Litecoin. Sama halnya dengan cryptocurrency lain, Litecoin juga dihadirkan untuk menyempurnakan Bitcoin. Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Bitcoin coba ditutup oleh Litecoin. Salah satunya adalah perbaikan waktu generasi blook yang disusun. Jika penyusunan blok di Bitcoin membutuhkan waktu sekitar 10 menit, maka Litecoin hanya membutuhkan waktu sekitar 2.5 menit saja. Litecoin juga memiliki dua fitur andalan yaitu Segregated Witness yang berfungsi untuk menekan biaya agar lebih rendah serta mempercepat proses transaksi, dan ada juga fitur Swap Atom yang memberikan kamudahan bagi pemilik cryptocurrency untuk bertransaksi dengan Litecoin tanpa penggunaan platform atau media khusus.

Monero. Di tahun 2017 lalu, Monero mengalami pertumbuhan mencapai 2.600% lho. Angka yang luar biasa memang. Meski posisi Monero berada jauh di bawah Bitcoin dan Ethereum, namun mata uang kripto yang satu ini termasuk unik karena memiliki beberapa fitur yang dimiliki oleh cryptocurrency lain. Beberapa fitur itu adalah:

  • Privasi RingCT. Fitur ini adalah fitur privasi layaknya di dunia nyata. Jadi Anda tidak akan bisa melihat berapa banyak isi dompet kripto orang lain, dari mana uang itu berasal atau bahkan transaksi apa saja yang dilakukan oleh dompet tersebut. Privasi ini membuat Monero cukup diminati oleh masyarakat.
  • Fungibility RingCT. Fitur kedua ini memiliki fungsi untuk membuat semua koin memiliki nilai yang sama. Jadi, dengan fitur ini Anda hanya bisa melihat nominal uang yang Anda terima tanpa tahu darimana asal uang tersebut. Sekilas fitur ini mirip dengan layanan di perbankan bukan? Nah, ketidaktahuan sumber asal dana inilah yang membuat nominal dari koin Monero tetap sama atau fungible.

Selain kelima mata uang kripto di atas, masih ada beberapa jenis mata uang kripto lain yang mengalami pertumbuhan cukup baik dan populer di kalangan masyarakat seperti Bitcoin Cash, Dash, Bitcoin Gold, Cardano, Ethereum Classic dan lain sebagainya.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda semua

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.