Fungsi CRM Bagi Perusahaan

Fungsi CRM Bagi Perusahaan – Persaingan selalu ada di setiap aspek dan kita semua pasti pernah mengalaminya. Khusus di dunia bisnis, saat ini telah terjadi persaingan yang ketat tidak hanya antar perusahaan domestik saja tapi juga dengan perusahaan luar negeri. Persaingan yang terjadi ini membuat perusahaan harus menerapkan strategi yang tepat agar tetap bisa berdiri kokoh diantara perusahaan lain.

Fungsi CRM Bagi Perusahaan

fungsi crm bagi perusahaan

Sumber: www.entrepreneuracademy.co.id

CRM atau Customer Relationship Management adalah salah satu strategi untuk meningkatkan kemajuan perusahaan dan mempertahankan perusahaan dalam persaingan yang terjadi. Strategi ini dilakukan perusahaan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan agar mereka tidak berpindah ke perusahaan lain. Dalam penerapannya, perusahaan bisa berinteraksi lebih sering dengan pelanggan melalui email ataupun telepon.

Customer Relationship Management (CRM) atau juga dikenal dengan Manajemen Hubungan Pelanggan ini bisa juga diartikan sebagai kegiatan sistematik yang dilakukan untuk menarik perhatian, memahami dan memepertahankan loyalitas pelanggan. Tujuan akhir dari CRM tentu saja untuk pertumbuhan perusahaan.

Anda yang memiliki usaha entah kecil ataupun besar sebenarnya bisa saja menerapkan strategi yang satu ini. Anda hanya perlu menyesuaikan strategi ini dengan jumlah produk dan juga pelanggan usaha anda. Setelah tahu tentang arti, definisi dan juga pengertian tentang CRM, apakah anda tidak ingin tahu apa sebenarnya fungsi CRM bagi perusahaan? Yuk kita simak ulasannya berikut ini ya..

  1. Meningkatkan Nilai Perusahaan

Secara keseluruhan, CRM mampu meningkatkan nilai perusahaan. Lebih spesifiknya, CRM mampu meningkatkan efisiensi operasional sehingga bisa meminimalisir penurunan kualitas pelayanan. Hasil akhirnya tentu pelayanan perusahaan terhadap pelanggan akan semakin baik.

CRM juga bisa membuat perusahaan meniminalisir biaya operasional, mengingat perusahaan akan lebih spesifik dan terarah dalam melakukan pemasaran. Poin positifnya tentu pendapatan perusahaan akan meningkat.

  1. Mempertahankan Pelanggan

CRM membuat perusahaan harus berkomunikasi cukup intens dengan pelanggan. Dengan komunikasi yang baik tentu pelanggan akan lebih loyal pada perusahaan bukan? Pelanggan akan merasa bahwa perusahaan peduli dan membutuhkan pelanggan. Perasaan seperti ini bisa sangat membekas di benak pelanggan, khususnya jika dalam CRM ini perusahaan mampu memberikan sentuhan personal dalam setiap komunikasi yang dilakukan.

Selain mampu mempertahankan pelanggan lama, CRM juga bermanfaat dalam mencari dan meningkatkan jumlah pelanggan baru. Secara tidak langsung, CRM juga membuat jangkauan pasar perusahaan lebih luas dari sebelumnya.

  1. Pengembangan Produk

Komunikasi yang baik antara perusahaan dan pelanggan, secara otomatis akan membuat perusahaan lebih mudah dalam mengevaluasi produk. Perusahaan juga akan lebih mudah  dalam memperoleh informasi dari pelanggan. Dengan komunikasi yang intens, perusahaan bisa mengetahui produk seperti apa yang diinginkan konsumen.

Situasi seperti ini sangat menguntungkan perusahaan, khususnya dalam hal pengembangan produk baru. Tanpa harus menjalani trial dan error terlalu lama, perusahaan sudah bisa mengetahui produk seperti apa yang harus dikembangkan oleh perusahaan. Secara tidak langsung, CRM bisa membantu perusahaan dalam menghemat biaya dalam pengembangan produk baru. Selain itu, dengan mengeluarkan produk baru yang sesuai keinginan pelanggan maka pelanggan akan tetap loyal pada perusahaan.

Selain itu, anda juga perlu tahu bahwa CRM pada sebuah perusahaan berkaitan dengan divisi Teknologi dan Informasi (TI). Hal ini karena CRM membutuhkan TI dalam mengelola informasi yang telah dikumpulkan selama perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan.

Semoga informasi mengenai fungsi CRM bagi perusahaan di atas bermanfaat untuk anda..

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.