Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu bagian dari manajemen yang focus memperhatikan potensi atau aset yang berfungsi sebagai modal dalam organisasi bisnis. Potensi yang ada dalam sumber daya manusia ini harus diperhatikan betul oleh seorang manajer. Manajer harus pintar mengelola dan memanfaatkan potensi yang ada secara maksimal untuk bisa dikembangkan secara baik.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Secara spesifik manajemen sumber daya manusia bisa juga dikatakan sebagai suatu yang mengatur tentang cara pengadaan tenaga kerja, melakukan pengembangan, memberikan kompensesi, pemeliharaan, pemisahan tenaga kerja, dan beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan ketenagakerjaan melalui proses manajemen untuk mencapai tujuan organisasi bisnis.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Sesuai dengan definisi yang telah dijelaskan diatas, manajemen sumber daya manusia memiliki tujuan untuk meningkatkan kontribusi pegawai ataupun karyawan suatu perusahaan terhadap organisasi dalam rangka mencapai produktivitas organisasi yang bersangkutan. Hal ini karena, semua organisasi dalam berbisnis dipengaruhi pula oleh sumber daya manusia yang mengelola. Maka dari itu untuk menjalankan bisnis secara baik pemilihan sumber daya manusia serta pengembangan potensi yang ada harus diperhatikan secara maksimal.

Sumber: http://e-manajemen.com/

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Secara umum manajemen sumber daya manusia memiliki beberapa fungsi, diantaranya :

1. Staf atau Karyawan

Fungsi manajemen sumber daya manusia berhubungan dengan penarikan staf atau karyawan, yakni meliputi perencanaan, penarikan, serta seleksi sumber daya manusia. Pada proses seleksi departemen sumber daya manusia melakukan penyaringan melalui wawancara, tes, serta menyelidiki latar belakang pelamar.

2. Evaluasi Kinerja

Evaluasi kinerja yang penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan perusahaan, dan sejauh mana kinerja yang dilakukan oleh karyawannya. Untuk melakukan hal ini manajer bertanggung jawab untuk mengevaluasi, sedangkan departemen sumber daya manusai bertanggung jawab dalam hal mengembangkan penilaian kerja yang efektif dan memastikan penilaian kerja tersebut dapat dijalankan oleh seluruh bagian perusahaan.

3. Kompensasi

Bukan hal yang aneh lagi jika perusahaan memberikan reward atau penghargaan kepada karyawannya. Namun untuk melakukan hal ini dibutuhkan kerjasama antara manajer dengan departemen sumber daya manusia. Manajer biasanya bertanggung jawab terhadap kenaikan gaji. Sedangkan departemen sumber daya manusia bertanggung jawab terhadap pengembangan struktur gaji yang baik.

4. Pelatihan dan Pengembangan

Manajemen sumber daya manusia berperan aktif dalam melakukan pelatihan bagi karyawan ataupun bawahannya. Hal ini dilakukan demi memaksimalkan kinerja melalui program pelatihan maupun pengembangan karyawan baru maupun karyawan lama.

5. Hubungan Kerja

Bagi perusahaan yang memiliki serikat pekerja, manajemen sumber daya manusai memiliki peranan aktif dalam melakukan negosiasi dalam mengurus perjanjian dengan pihak serikat pekerja. Terlebih lagi ketika terjadi praktik kerja yang tidak sehat seperti mogok kerja atau demo, manajemen sumber daya manusia bertanggung jawab penuh untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

6. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Setiap perusahaan ataupun badan usaha apapun wajib mengikuti program kesehatan kepada seluruh karyawannya. Hal ini dilakukan semata untuk menekan angka kecelakaan kerja. Untuk mendukung kegiatan tersebut, manajemen sumber daya manusia memiliki wewenang dan fungsi untuk mengadakan pelatihan tentang keselamatan kerja, memperbaiki kondisi atau sistem kerja yang membahayakan karyawan , serta melaporkan adanya kecelakaan.

7. Penelitian Kepegawaian

Fungsi terakhir berhubungan dengan hasil kerja pegawai. Demi meningkatkan efektifitas perusahaan, manajemen sumber daya manusia berhak melakukan analisis terhadap masalah kinerja individu yang mempengaruhi perusahaan. Beberapa permasalahan yang sering terjadi dan harus diselesaikan adalah tentang ketidakhadiran, keterlambatan kerja, prosedur penarikan dan seleksi karyawan yang baik, serta penyebab ketidakpuasan tenaga kerja. Manajemen sumber daya manusis berhak bertanggung jawab mengumpulkan dan menganalisis informasi yang didapat untuk menyelesaikan masalah.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.