Gadai Sertifikat Rumah untuk Mendapat Pinjaman

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita dimasa depan. Kita juga tidak pernah tahu apa yang akan menjadi kebutuhan kita di masa mendatang misalnya dalam hal keuangan. Melihat jaman yang berkembang sangat pesat dan persaingan yang semakin ketat membuat kita mau-tidak-mau turut dalam persaingan tersebut. Terkadang kita akan jatuh di dalam waktu yang tidak kita harapkan. Kita mengalami kemunduran dalam hal ekonomi yang mengharuskan untuk melakukan sesuatu agar tetap dapat bertahan.

Gadai Sertifikat Rumah

Ketika kondisi finansial kita tidak mencukupi, beberapa orang memilih berbagi cara untuk survive dari kondisi yang ada. Salah satunya adalah dengan menggadaikan barang yang dimiliki. Jika kita jatuh dalam kondisi ini tidak masalah jika kita memang harus menggadaikan asset bahkan rumah sekalipun. Menggadaikan bukan berarti kita akan kehilangan rumah tersebut. Setelah kita mendapatkan uang hasil pegadaian kita harus berjuang untuk menebus kembali asset yang telah kita jaminkan.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Haruskah kita menggadaikan rumah untuk memperoleh pinjaman?

Sebenarnya ada pinjaman yang tidak membutuhkan agunan atau jaminan. Namun biasanya nominal pinjaman akan lebih kecil dan juga tenornya lebih pendek. Rumah dijaminkan dengan tujuan mendapat pinjaman lebih besar dan juga tenor yang lebih besar. Untuk memilih antara dua pilihan ini lebih baik jika disesuaikan dengan kebutuhan pribadi anda. Jika anda menginginkan pinjaman yang besar dengan jaminan yang besar pula, sebaiknya anda mencari lembaga yang kredibel dan memiliki reputasi yang baik. Berikut beberapa lembaga bank dan non-bank yang menerima jaminan sertifikat rumah.

Sumber: http://solusipinjamuang.com/

Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu lembaga perbankan yang juga mampu memberikan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Selain sertifikat rumah, BPKB motor juga bisa dijaminkan. BRI bisa memberikan pinjaman Rp 50 juta – Rp 100 juta dengan sertifikat yang anda gadaikan. Pengajuan bisa dilakukan di KC Bank BRI, biasanya akan ada sales yang mendatangi anda dan menawarkan program pinjaman. Anda tinggal melihat tabel pinjaman untuk mengetahui jumlah pinjaman, angsuran perbulan dan jangka waktu angsuran.

Bank Tabungan Negara (BTN)

BTN juga menyediakan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Produk ini dapat kita ajukan dengan plafon fleksibel sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan. Namun ada beberapa hal yang perlu dipahami yaitu melihat kondisi rumah yang digunakan sebagai agunan. Agunan yang kita ajukan harus memenuhi syarat dan verifikasi kredit, setidaknya nilai rumah yang kita ajukan sebagai agunan harus sebesar 110% dari total pinjaman yang kita ajukan. Dengan kata lain, BTN dapat menyetujui jumlah kredit 80 – 90 persen dari harga rumah yang kita jaminkan.

Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Tak kalah dengan lainnya, BPR juga menyediakan layanan pinjaman dengan menggadaikan sertifikat rumah. Produk yang umum dipakai di BPR dalah Kredit Multiguna dengan jaminan sertifikat rumah. Dengan produk ini anda akan mendapatkan sejumlah dana pinjaman. Pastikan kemampuan anda membayar cukup agar tidak terjadi kredit macet dan berakibat rumah anda akan disita oleh bank. Calon peminjam sebaikanya jujur ketika ditanya tentang data pribadi dalam pengajuan kredit. Jangan sampai anda melakukan penipuan dengan memanipulasi data karena hal tersebut malah membuat resiko kehilangan jaminan semakin besar. Sebagai bahan pertimbangan, berikut tips memilih BPR yang baik :

1. Pilih BPR dengan bunga terkecil

2. Pilih BPR yang memberikan prosedur yang mudah kepada nasabah

3. Cari informasi kepada orang yang pernah meminjam uang di BPR

4. Bandingkan BPR yang satu dan BPR lainnya.

Lembaga Non-Perbankan Pegadaian Lembaga yang satu ini sudah sangat terkenal dikalangan para penggadai. Bahkan dari namanya sudah terlihat jelas. Pegadaian adalah salah satu BUMN yang bergerak dibidang finansial. PT. Pegadaian hadir sebagai solusi keuangan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Salah satu produk pegadaian adalah KCA. Program ini sangat cocok jika anda ingin mendapat pinjaman besar karena agunan yang disyaratkan adalah seperti emas dan sertifikat rumah. Proses pencairan juga sangat cepat hanya dalam waku 15 menit dan pinjaman yang diberikan mencapai Rp 200 juta dengan tenor 4 bulan. Menggadaikan sertifikat di Pegadaian memiliki beberapa kemudahan antara lain :

1. Pinjaman bisa didapat tanpa melampirkan surat berharga lainnya sebagai jaminan.

2. Perhitungan bunga bisa dipertimbangkan jika peminjam menjaminkan benda berharga miliknya

3. Jangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan peminjam

4. Memiliki fitur penilai jaminan yang sesuai dengan nilai pasar

Jika anda mengajukan kredit lebih baik sesuaikan dengan kemampuan dan terbuka dari kedu belah pihak agar tidak menjadi kredit macet yang akan merugikan.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.