Ingin mendapatkan uang dari Internet, begini caranya!

Mendapatkan uang dari internet bukanlah hal yang baru memang. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa beberapa di antaranya sangat menjanjikan. Bahkan bisa dijadikan sebagai penghasilan tetap. Penasaran gimana caranya? Berikut ulasannya.

1. Blogging
Kamu bisa menyalurkan hobi menulis kamu di blog dan mendapatkan uang. Yang paling perlu diperhatikan adalah traffic atau pengunjung. Semakin banyak traffic, tentu peluang mendulang pundi rupiah lebih besar. So, pastikan konten blog kamu menarik untuk dikunjungi banyak orang. Untuk memulai membuat blog, kamu bisa membaca tutorial cara membuat blog terlebih dahulu. Baca tutorial lengkap disini. Sebelum membuat website kamu perlu membeli domain (nama website) dan hosting dari perusahaan hosting misalnya Hostinger.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Penghasilan dari Adsense
Berapa jumlah penghasilan dari pemasangan iklan di blog, atau istilah lainnya adsense? Blog berbahasa Indonesia sebaiknya minimum 500 pengunjung per hari. Hal ini karena penghasilan dari blog Indonesia lebih kecil, rata-rata cuma $0.1 per 100 visitor per hari (AdSense), atau seribu rupiah per 100 pengunjung.

Mengulas produk tertentu
Banyak yang tidak tahu para blogger bisa mendapatkan uang dari me-review produk, atau istilah lainnya endorse. Yang paling sering adalah produk kecantikan. Biasanya pemilik merek akan mengirim produk tertentu secara gratis dan membayar blogger untuk mengulas di blog. Dibanding iklan di media massa, ulasan di blog lebih disukai para pemilik merek karena terkesan natural atau soft-telling.

Jadi brand ambassador
Tidak harus selebriti untuk bisa menjadi brand ambassador. Saat ini blogger menjadi pilihan menarik bagi pihak brand untuk merepresentasikan produknya. Contoh saja Kristina Bazan, adalah blogger pertama yang jadi brand ambassador merek ternama, L’oreal Paris. Di Indonesia ada Dian Pelangi yang jadi brand ambassador Hijup. Kemudian, Diana Rikasari yang pernah menjadi brand ambassador produk Sony Xperia Z5 Compact.

2. Youtube
Saat ini banyak bermunculan youtuber baru. Sudah bukan rahasia lagi jika channel ini bisa menjadi sumber penghasilan yang tidak sedikit. Dan tentu saja jumlah subscriber dan viewer sangat menentukan. Semakin banyak jumlahnya akan menentukan uang yang akan masuk ke kantong para youtuber. Tapi tahu kah kamu berapa sebenarnya penghasilan youtuber terkenal Indonesia? Berikut daftarnya, mungkin salah satunya idola kamu?

Raditya Dika
Youtuber yang sangat populer dan dikenal sebagai penulis buku Kambing Jantan. Berdasarkan Social Blade, estimasi penghasilan Raditya Dika dari youtube per tahun sekitar US$ 46 ribu hingga US$ 739 ribu atau Rp 623 juta sampai Rp 10 miliar.

Gen Halilintar
Keluarga Halilintar yang beranggotakan 11 orang ini berhasil menyita perhatian para netizen. Per tahun dari akun YouTube Gen Halilintar menurut Social Blade mencapai US$ 175 ribu hingga US$ 2,8 juta atau Rp 2,3 miliar sampai Rp 37 miliar.

Ria Ricis
Estimasi pendapatan Ria dari YouTube sekitar US$ 90 ribu hingga US$ 1,4 juta atau Rp 1,2 miliar sampai Rp 18 miliar.

Arief Muhammad
Menurut Social Blade, estimasi penghasilannya sekitar US$ 13 ribu hingga US$ 217 ribu atau Rp 176 juta hingga Rp 2,9 miliar.

Bayu Skak
Youtuber yang terkenal dengan bahasa jawa ini, ditaksir memiliki penghasilan per tahun sekitar US$ 20 ribu sampai US$ 317 ribu atau Rp 217 juta hingga Rp 4,2 miliar.

3. Freelancer
Jika kamu punya skill lain seperti programming, SEO, content specialist, translation dan lebih suka bekerja di rumah, pekerjaan freelance bisa menjadi pilihan. Tentu pendapatan tak kalah dengan pekerja kantoran bahkan bisa jauh lebih besar.

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan freelance di internet, yaitu dengan memasang profil di website lowongan kerja khusus freelance . Kamu bisa mengunjungi website-website terpercaya berikut: upwork.com, fiverr.com, freelancer.com, elance.com, peopleperhour.com, 99designs.com, dan guru.com.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

2 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.