Persyaratan Kartu Kredit

Pada masa ini memiliki kartu kredit sudah menjadi hal yang biasa, bahkan untuk kalangan orang menengahpun banyak juga yang telah memiliki kartu kredit. Memiliki kartu kredit akan memudahkan anda untuk melakukan pembayaran dimana saja dengan cepat tanpa perlu membawa banyak uang cash. Apalagi jika anda suka berbelanja melalui toko online tentu saja ini akan sangat dimudahkan. Selain itu dengan memiliki kartu kredit anda diperbolehkan berbelanja dahulu dan bisa dibayar kemudian, beda dengan kartu debet yang mengharuskan membayar dahulu baru kemudian berbelanja.

Persyaratan Kartu Kredit

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika anda ingin membuat kartu kredit untuk pertama kalinya. Kebanyakan bank yang ada di Indonesia memiliki persyaratan yang sama, namun ada juga bank yang memiliki persyaratan yang sedikit berbeda. Berikut ini beberapa persyaratan umum dalam membuat kartu kredit:

Daftar gratis di Olymp Trade:

1. Fotocopi KTP

2. Usia minimal pengajuan kartu kredit minimal 21 tahun hingga 60 tahun

3. Memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000

4. Fotocopi penghasilan atau struk gaji

5. Fotocopi NPWP

Sumber: https://blog.sepulsa.id/

Ketika ingin membuat kartu kredit pastikan anda memenuhi syarat yang telah ditentukan. Selain itu beberapa bank menawarkan fitur-fitur menarik supaya para nasabah tertarik untuk membuat kartu kredit. Berikut ini daftar bank yang menawarkan fitur menarik serta beberapa persyaratan tambahan:

Bank Central Asia (BCA)

Banyak promo menarik yang ditawarkan oleh BCA seperti reward, cicilan, autopay dan asuransi. Tidak hanya itu BCA juga menawarkan diskon jika anda ingin traveling, belanja di toko online, hingga makan di restoran. Untuk persyaratan tambahan, bagi anda yang sudah memiliki kartu kredit harus melampirkan tagihan kartu kredit anda selama 3 bulan terakhir.

Bank Mandiri

Bank mandiri memiliki ciri khas untuk kartu kreditnya yaitu adanya fiesta poin, dimana suatu program loyati yang memberikan 1 poin tiap kali anda berbelanja senilai Rp 20.000, poin yang telah terkumpul bisa ditukarkan untuk beberapa hadiah menarik. Tentu saja tidak semua transaksi belanja akan mendapat fiesta poin, hanya transaksi belanja non-cicilan atau retail, power bills non PLN serta transaksi recurring yang lain. Sama seperti BCA, bank mandiri juga mengharuskan untuk melampirkan tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir bagi yang sudah memiliki kartu kredit.

Bagi anda yang ingin membuat kartu kredit untuk pertama kalinya akan lebih baik jika sebelumnya anda mencari bank yang menurut anda terbaik. Perlu untuk diingat sebelum membuat kartu kredit anda harus membuat anggaran bulanan supaya kauangan yang anda miliki tetap aman. Jika perencnaan keuangan tidak matang bukan tidak mungkin keuangan anda malah memburuk. Pastikan anda selalu membayar tepat waktu tagihan kartu kredit anda. Ketika anda menunda pembayaran kartu kredit yang telah jatuh tempo maka tagihan kartu kredit yang anda miliki akan semakin menumpuk dan membuat hutangmu semakin banyak. Pembayaran kartu kredit yang tidak tepat waktu bisa menodai penilaian kredit. Jika penilaian kredit sudah ternoda maka jika anda ingin melakukan pinjaman, bank akan sulit untuk menyetujuinya.

Kepemilikan kartu kredit memang memberikan banyak kemudahan, akan tetapi pemiliknya juga harus memiliki tanggung jawab atas tagihan utang. Setiap kartu kredit memiliki tingkatan bunga yang seharusnya dibayarkan setiap bulannya. Bagi anda yang memiliki kartu kredit akan lebih baik jika tidak hanya memikirkan kebutuhan yang konsumtif semata, karena itu akan sangat merugikan. Akan lebih baik menggunakan kartu kredit hanya untuk kebutuhan yang telah dianggarkan supaya tagihan kartu kredit tidak melonjak.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.