Kegunaan Kartu Kredit

Jenis kartu yang digunakan seseorang untuk pembayaran dan mengambil uang sangatlah banyak. Mulai dari kartu ATM, kartu debet, dan bahkan kartu kredit. Selain kartu ATM, kartu kredit juga sangat banyak dimiliki oleh orang untuk transaksi pembayaran. Meskipun kartu ini sudah sangat sering didengar banyak orang, namun tidak semua memakai kartu ini dan memahami fungsinya.

Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan kartu yang dikeluarkan suatu bank kepada nasabahnya. Kartu ini lebih digunakan oleh bank untuk meminjamkan sejumlah uang untuk bertransaksi. Artinya, dengan kartu kredit anda akan bisa melakukan transaksi apapun tanpa perlu mengeluarkan uang dimuka, akan tetapi segala bentuk pengeluaran dari kartu kredit nantinya harus dilunasi oleh nasabah di waktu yang telah ditentukan tanpa harus dikenakan bunga. Jika anda belum mampu atau belum bisa melunasi, bank masih akan memberikan pilihan pembayaran lainnya, misalnya saja dengan membayar secara mencicil.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Sumber: http://www.finansialku.com/

Secara umum kartu kredit memang memberikan kemudahan kepada penggunanya, namun dilain hal kartu ini juga akan memberikan dampak buruk jika tidak dapat digunakan sebijak mungkin. Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

1. Praktis

Keuntungan kartu kredit yang pertama adalah praktis. Artinya, anda sudah tidak akan direpotkan dengan menghitung berapa jumlah belanjaan dan menghitung berapa sisa kembalian uang. Semuanya sudah diatur dalam satu kartu.

2. Aman

Sebagian besar orang pasti akan merasa was-was jika membawa uang dengan jumlah yang banyak, namun dengan kartu kredit anda sudah tidak perlu lagi membawa uang cash terlalu banyak. cukup hanya sebuah kartu segala keperluan transaksi anda akan aman. Khususnya jika anda berbelanja di supermarket, supermall atau yang lainnya. Selain itu, setiap transaksi anda tidak akan takut kehabisan atau kekurangan uang. Jika terjadi kehilangan kartu anda bisa langsung menghubungi pihak bank supaya kartu anda tidak disalah gunakan oleh pihak lain.

3. Mudah

Bentuknya yang kecil membuat kartu kredit sangat mudah dibawa kemana-mana. Bayangkan saja jika anda membawa uang dengan jumlah banyak, bisa jadi akan beresiko dan tidak muat di dompet. Selain itu, ketika anda ingin membeli sesuatu namun tidak memiliki uang cash, maka kartu kredit bisa digunakan setiap saat.

Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit

Selain keuntungan, tentunya kartu kredit juga memiliki banyak kekurangan, diantaranya :

1. Selalu Memiliki Hutang

Secara umum, ketika anda menggunakan kartu kredit uang yang anda gunakan bukanlah uang yang berasalh dari buku tabungan anda, melainkan uang dari bank yang secara langsung dipinjamkan melalui sistem kartu. Artinya, ketika anda menggunakan setiap waktu berarti anda telah memiliki hutang yang harus dibayar sesuai dengan transaksi yang anda lakukan menggunakan kartu kredit.

2. Pengaturan Keuangan Tidak Terkontrol

Seseorang yang menggunakan kartu kredit cenderung akan sulit mengontrol keuangan. Kenapa ? hal ini karena segala bentuk pengeluaran bisa mereka lakukan tanpa ada batasan. Apalagi jika dalam satu keluarga semuanya menggunakan kartu kredit, bisa dibayangkan berapa banyak hutang yang harus anda bayar setiap bulannya. Berbeda halnya jika menggunakan uang cash ana pasti akan menyeimbangkan berapa pemasukan dan pengeluaran yang harus dilakukan.

3. Cakupan Kartu Kredit Terbatas

Seperti yang telah dijelaskan diatas jika cakupan penggunaan kartu kredit hanya terbatas pada beberapa outlet toko, mall, atau supermall saja. Artinya meskipun sudah memiliki kartu kredit anda harus tetap menyediakan uang kash untuk digunakan di beberapa tempat lain.

4. Menjadi Konsumtif

Kemudahan dalam bertransaksi yang diberikan oleh kartu kredit membuat banyak orang akan lebih senang berbelanja. Hal inilah yang seharusnya perlu dihindari. Meskipun menggunakan kartu kredit alangkah lebih baik jika mengatur segala bentuk pengeluaran sesuai kebutuhan saja.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.