Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik

Jika dahulunya untuk kebutuhan memasak para ibu rumah tangga harus direpotkan menggunakan kompor maupun tungku namun tidak untuk sekarang. Berkat kecanggihan teknologi manusia berhasil  menciptakan kompor listrik yang lebih ramah lingkungan dan aman ketimbang menggunakan kompor minyak atau kompor gas. Di area perumahan atau gedung apartemen di bagian dapur anda akan dengan mudah menemukan kompor listrik ini.

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik

kelebihan dan kekurangan kompor listrik

www.ratanika.com

Desainnya yang trendi membuat interior dapur anda menjadi lebih cantik. Kompor listrik juga tidak banyak memakan tempat  sehingga bisa digunakan di dapur yang memiliki ruangan lebih kecil. Penasaran bukan dengan kelebihan dan kelemahan dari kompor listrik ini? jika iya simak dulu ulasannya berikut :

Daftar gratis di Olymp Trade:

Kelebihan Kompor Listrik

Kelebihan dari kompor listrik ini amatlah banyak diantaranya ialah terjamin kehigienisannya serta aman. Kompor listrik menggunakan energi elektromagnetik  yang diadaptasi dari Jerman. Kompor satu ini bisa anda bawa kemanapun dengan mudah dan cocok  untuk kebutuhan kantor, kost hingga apartemen.  Kompor listrik ini ketika anda pegang juga tidak akan terasa panas dan hanya berfungsi ketika anda meletakkan wadah berbahan logam.

Anda bahkan bisa mensetting tingkat suhu panas yang diinginkan sehingga makanan yang dimasak akan matang sempurna. Cara penggunaanya juga sangat mudah dan bisa dipahami oleh siapapun yakni dengan menghubungkannya saja ke listrik. Untuk perawatan kompor listrik juga praktis dan tak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan uang. Kompor listrik juga lebih bertenaga dan efisien sebab mampu memaksimalkan daya sesuai kebutuhan memasak yang anda butuhkan.

Kompor listrik ini sifatnya permanen sehingga anda hanya butuh mengeluarkan uang sekali saja dan dapat anda gunakan berkali – kali. Berbeda dengan kompor gas yang perlu mengganti tabung gas bilamana sudah habis.  Kompor listrik juga lebih ramah lingkungan ketimbang jenis kompor lainnya. Selain itu anda juga tidak takut lagi akan kebocoran gas yang mampu menimbulkan ledakan. Tak heran banyak pula masyarakat Indonesia khususnya perkotaan untuk berpindah dari kompor  gas menjadi kompor listrik untuk kebutuhan memasak mereka.

Kekurangan Kompor Listrik

Kompor listrik memang memiliki banyak sekali kelebihan namun bukan berarti tanpa kelemahan. Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari kompor listrik satu ini. kekurangannya ialah sebagai berikut :

  1. Tak berdaya tanpa adanya sumber listrik. Tentu anda tidak dapat memasak jika listrik di rumah anda padam.
  2. Permukaan dari kompor listrik ini datar sehingga jika peralatan memasaknya tidak datar anda pasti akan kerepotan. Salah satu contohnya jika anda ingin menggunakan wajan pasti repot sekali jika menggunakan kompor  listrik.
  3. Tak bisa dipungkiri bahwa dalam menggunakan kompor listrik ini membutuhkan tenaga listrik yang besar. Umumnya memerlukan energi 400-1000 watt dan jika menggunakan energi 100 watt pengaturannya membutuhkan waktu yang lama.
  4. Bagi kompor listrik yang menggunakan controller chip maka peralatan memasaknya harus terbuat dari stainless steel atau aluminium. Jika tidak maka kompor ini tak akan bereaksi pada peralatan memasak anda.
  5. Permukaan kompor yang datar dan kecil maka anda tak bisa menggunakan kompor ini untuk memasak dengan peralatan yang permukaannya amat  lebar.
  6. Berhati – hatilah jika kompor anda menggunakan kumparan kawat sebab saat dinyalakan anda tidak boleh menyentuh permukaan kompor ini karena sangat berbahaya.

Terlepas dari kekurangan diatas tak bisa dipungkirii bahwa kompor listrik membawa perubahan yang besar dalam bidang kuliner. Kini tinggal anda saja menentukan pilihan apakah akan menggunakannya ataupun tidak.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

1 Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.