Kerja Online: Cara Mendapatkan Penghasilan Tanpa Modal

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Secara Online?

Di era digital saat ini, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapat penghasilan lebih. Peluang yang tersedia juga tidak monoton dan terbatas, sehingga Anda bisa dengan mudah menyesuaikan peluang yang diambil dengan kemampuan yang dimiliki. Berbicara tentang peluang kerja di era digital, pastinya tidak akan lepas dari internet dan gadget atau komputer. Faktanya, jika Anda bersedia membuka mata dan membaca sedikit saja, maka ada banyak sekali ulasan tentang peluang kerja online saat ini.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih peluang kerja online yang tersedia, berikut ini ada beberapa rekomendasi untuk Anda:

Peluang Kerja Online – Freelancing (Tenaga Kerja Lepas)

Beberapa tahun belakangan ini, pekerjaan sebagai freelancer atau tenaga kerja lepas sudah menjadi tren tersendiri. Tidak hanya masyarakat di usia kerja saja yang menjadi pasarnya, lebih dari itu anak-anak usia sekolah setara SMA dan Universitas juga ikut terlibat sebagai freelancer. Saat ini ada banyak sekali pilihan platform freelancer yang tersedia, beberapa di antaranya adalah:

Fiverr – Fiverr merupakan salah satu pasar online untuk jasa freelance yang berdiri sejak tahun 2010 dan berkantor pusat di Tel Aviv, Israel. Dalam platform ini, freelancer bisa menawarkan berbagai layanan jasa freelance ke seluruh dunia . Jasa freelance yang ditawarkan di Fiverr meliputi penulisan, penerjemah, desain grafis, edit video hingga pemograman.

Upwork – Platform freelancer yang satu ini sudah ada sejak tahun 2015 lalu. Upwork merupakan hasil merger antara platform freelance Elance dan oDesk. Hingga saat ini sudah lebih dari 12 juta freelancer dan 5 juta klien yang terdaftar dalam Upwork. Ada beberapa fitur menarik dari Upwork seperti platform chat yang mudah digunakan dan aplikasi time sheet untuk memantau pekerjaan freelancer.

Sribulancer – Tidak kalah dengan platform freelancer global, Indonesia juga memiliki platform freelancer lokal yaitu Sribulancer. Meski usianya belum sampai 5 tahun, namun Sribulancer telah mengalami perkembangan yang pesat. Sribulancer bisa dibilang sebagai platform freelance lokal nomor satu di Indonesia. Selain itu, masih ada Sribudesign yang merupakan anak perusahaan Sribulancer yang dibuat khusus untuk jasa design.

3 platform freelancer di atas menjadi favorit bagi freelancer asal Indonesia, selain karena ketersediaan project yang beragam, ketiganya juga memberikan pelayanan prima untuk freelancer dan klien.

Peluang Kerja Online – Penghasilan Afiliasi (Affiliate Income)

Affiliate income menjadi salah satu cara termudah dalam mendapatkan uang secara online. Bahkan ada orang yang mampu menghasilkan ratusan dollar dalam sebulan melalui program ini. Pada dasarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan affiliate income yaitu sebagai berikut:

Menjual Produk – Cara paling umum dalam mendapatkan uang melalui affiliate income adalah dengan menjual produk. Anda bisa bergabung dengan program afiliasi secara gratis dan mendapatkan uang atau komisi dari penjualan produk yang ditawarkan oleh pemilik produk. Jadi, di sini Anda akan menggiring calon konsumen ke halaman penjualan afiliasi Anda dan setiap konsumen yang melakukan pembelian akan membuat anda menghasilkan uang.

Menjadi Perantara – Cara selanjutnya yang umum dilakukan untuk mendapatkan penghasilan afiliasi adalah dengan menjadi perantara penjualan. Anda bisa melakukan hal ini dengan berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang real estate.

PPC (Pay Per Click) – Salah satu bentuk baru dari pemasaran afiliasi adalah Pay Per Click (PPC). Program ini pertama kali dikenalkan oleh Google melalui Google Adsense. Anda bisa bergabung dengan program Google Adsense dengan mudah dan Anda bisa menghasilkan uang dari setiap orang/pengguna yang meng-klik iklan yang disediakan Google untuk Anda. Pada dasarnya, PPC dari Google Adsense ini sangat mudah dan populer digunakan untuk menghasilkan uang karena Anda tidak perlu menjual apapun dalam hal ini.

Google akan menyediakan skrip yang bisa anda tempel di halaman website Anda, di mana skrip ini akan otomatis memunculkan iklan yang sesuai dengan tema di halaman tersebut. Setiap kali ada orang yang meng-klik iklan tersebut, maka Anda akan menghasilkan komisi. Rentang komisi dari Google Adsense ini mulai dari beberapa sen hingga dollar per kliknya.

Jika Anda ingin berhasil dalam PPC,maka pastikan untuk bisa menggiring pengunjung dalam jumlah banyak ke halaman situs Anda.

Program Afiliasi 2-Tier – Cara lain yang termasuk dalam penghasilan afiliasi adalah melalui program afiliasi 2-Tier. Dalam program ini, Anda diminta untuk merekrut affiliate marketers dan setiap kali orang yang Anda rekrut melakukan penjualan, maka Anda akan menghasilkan uang. Secara tidak langsung, melalui program ini, Anda akan melatih dan memiliki affiliate marketers di bawah pengawasan Anda.

Peluang Kerja Online – Etsy

Selain affiliate income dan freelancing, nyatanya Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari Etsy. Etsy merupakan komunitas penjualan dan penjual online yang didirikan sejak pertengahan 2005 lalu, di mana fokus dari komunitas ini adalah barang-barang buatan tangan ataupun barang antik. Mayoritas produk yang dijual di Etsy merupakan barang seni, kerajinan, barang kertas, perhiasan, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya.

Kemudian, untuk kategori barang-barang vintage ada ketentuan bahwa usia barang minimal adalah 20 tahun. Beberapa jenis barang vintage yang bisa dijual berupa kostum, pakaian, foto, perhiasan hingga peralatan rumah tangga. Secara umum, Etsy ini mirip denga e-bay namun fokusnya barang yang diperjual-belikan yang berbeda.

Jika Anda ingin menjual barang di Etsy, maka akan ada biaya yang dibebankan kepada Anda yaitu:

  • Biaya pendaftaran produk sebesar $ 0.20 per item
  • Biaya transaksi 3.5% atau 3% jika penjual menggunakan fitur “check out langsung”

Peluang Kerja Online – Survey Online Berbayar

Rekomendasi kerja online lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah dengan mengikuti survey online berbayar. Kegiatan yang satu ini cukup menyenangkan dan tidak memakan waktu yang terlalu lama. Masing-masing survey biasanya berlangsung antara 10 menit hingga 45 menit, tergantung platform survey yang anda ikuti. Survey yang diberikan juga beragam mulai dari survey produk kesehatan, teknologi, traveling, keuangan dan lain sebagainya.

Anda hanya perlu mendaftar sebagai anggota dan memiliki akun Paypal untuk bisa mengikuti survey online berbayar ini. berikut ini adalah beberapa situs survey online berbayar yang bisa Anda pertimbangkan:

iPanel Online – Situs yang satu ini dimiliki oleh perusahaan riset internasional dengan total 1,8 juta anggota dari berbagai negara. iPanel Online menjadi salah satu situs survey online yang melayani anggotanya dalam bahasa Indonesia. Anda bisa memperoleh antara 1000 sampai 5000 poin per survey, di mana Anda bisa menukarkan poin tersebut dalam bentuk pulsa, voucher belanja atau uang tunai yang ditransfer melalui Paypal. Batas minimal penukaran poin di iPanel Online adalah 10.000 poin atau setara Rp. 100.000.

Viewfruit – Situs survey online yang satu ini sudah cukup lama ada dan menjadi favorit banyak orang. Anda bisa mengerjakan beberapa survey dalam sehari dengan reward berupa poin sebesar 200-500 poin per survey. Minimal penukaran poin adalah 1500 atau setara dengan $3, di mana uang ini bisa ditransfer ke rekening

Paypal Anda – Selain kedua situs di atas, masih ada banyak situs survey online yang bisa anda coba seperti Toluna, Global Test Market, Opinion World, YouGov Indonesia, Mobrog, SurveyOn, Clixsense, Panel Place, dan The Panel Station.

Peluang Kerja Online – Menerbitkan dan Menjual e-book

Buku menjadi salah satu kebutuhan utama bagi banyak orang. Perkembangan teknologi yang semakin pesat tentunya ikut membawa perubahan terhadap gaya hidup seseorang, termasuk dalam hal buku yang dibaca. Saat ini meski buku fisik tetap menjadi favorit, namun kemunculan e-book juga tidak bisa diabaikan. Simpel, ringkas dan mudah dibawa kemana saja dan kapan saja membuat e-book sangat diminati. Hal ini tentu menjadi peluang tersendiri bagi Anda yang memiliki hobi menulis. Anda bisa mencoba untuk membuat e-book dan menerbitkannya untuk mendapat penghasilan lebih.

Beberapa keuntungan menerbitkan e-book adalah produksi yang mudah dan cepat, nyaris tanpa biaya, distribusi mudah dan tidak perlu pusing memikirkan stok. Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu berbagi hasil penjualan e-book dengan pihak lain karena Anda menerbitkan e-book ini sendiri.

Untuk bisa menerbitkan e-book, Anda hanya perlu memiliki naskah buku yang akan diterbitkan, software PDF printer dan saluran distribusi e-book. Mudah bukan?

Peluang Kerja Online – Amazon Mechanical Turk

Cara terakhir untuk mendapatkan penghasilan secara online adalah melalui Amazon Mechanical Turk. Situs yang satu ini merupakan afiliasi dari Amazon.com dan sudah beroperasi sejak tahun 2005 lalu. Anda bisa memperoleh uang dengan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kecil di MTurk. Faktanya, ada ribuan pekerjaan kecil yang tersedia di MTurk dan Anda bebas memilih pekerjaan mana yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Beberapa jenis pekerjaan yang tersedia di MTurk adalah sebagai berikut:

  • Memproses Video atau Gambar. Dalam kategori ini, Anda bisa menandai obyek yang ditemukan di gambar untuk meningkatkan pencarian atau iklan yang ditargetkan. Selain itu, Anda juga bisa membantu perusahaan untuk memilih gambar terbaik dari suatu produk yang akan dijual.
  • Verifikasi dan Membersihkan Data. Perusahaan-perusahaan dengan catalog atau database online yang besar seringkali menggunakan MTurk untuk mengidentifikasi data ganda dan detil produk. Anda bisa membantu perusahaan untuk membersihkan dan memverifikasi data dengan cara menghapus data ganda di situs, mengidentifikasi produk ganda atau yang tidak lengkap di katalog, memverifikasi detil restoran seperti nomor telepon dan jam buka hingga mengkonversi data yang tidak terstruktur .
  • Mengumpulkan Informasi. Anda juga bisa membantu perusahaan untuk mengumpulkan informasi dengan cara menjawab pertanyaan dengan berbagai topik dari komputer atau gadget, mengisi riset pasar atau data survey, menulis konten untuk situs web hingga menemukan elemen data khusus di dokumen legal atau pemerintahan.
  • Memproses Data. Pekerjaan lain yang bisa Anda tangani di MTurk adalah membantu perusahaan dalam memahami dan merespon data yang ada dengan cara mengedit dan transkrip konten audio, menerjemahkan konten dari satu bahasa ke bahasa lain, mengukur akurasi dari hasil pencarian online hingga mengkategorikan informasi berdasarkan instruksi yang diberikan.

Nah, pekerjaan online mana yang sekiranya cocok dengan kemampuan dan kebutuhan Anda?

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.