Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink

Saat ini salah satu produk asuransi yang dapat dijumpai dan dipasarkan oleh perusahaan asuransi adalah asuransi jenis unitlink. Unitlink adalah produk unggulan dari asuransi yang memiliki banyak pengguna dari kalangan masyarakat. Unitlink ini tipe asuransi modern yang saat ini menawarkan layanan asuransi berbasis investasi. Asuransi unitlink ini sangat erat kaitannya dengan asuransi kondisi pasar terutama pasar saham dan pasar uang. Cara kerja pasar unitlink dengan mengalokasikan dana yang dibayarkan ke dalam instrumen yang terkait. Nah, dengan begitulah peluang keuntungan yang diperoleh dari investasi sangat besar.

Keuntungan dari Unitlink

Sebagai asuransi yang dijuluki andalan oleh masyarakat. Tentunya unitlink mempunyai banyak manfaat yang dapat menguntungkan bagi pengguna jasa asuransi. Kelemahan dan keuntungan ini dapat anda pertimbangkan dalam menggunakan asuransi unitlink. Nah, berikut di bawah ini ulasan mengenai keuntungan dan kelemahan asuransi unitlink:

Sumber : https://diskartes.com/

  1. Jaminan Masa Pertanggungan

Keuntungan yang diperoleh para pengguna jasa asuransi unitlink ini yang pertama adalah mendapatkan jaminan masa pertanggungan. Asuransi unitlink ini umumnya menawarkan masa pertanggungan bagi para pengguna asuransi. Masa pertanggungan yang diberikan sangat panjang. Dengan menggunakan asuransi unitlink, anda bisa mendapatkan masa pertanggungan selama 70-100 tahun. Masa pertanggungan yang diberikan ini, dapat anda dapat gunakan dengan baik dan benar. Unitlink akan menyesuaikan kebijakan memberi masa jaminan penanggungan dengan kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan asuransi masing-masing.

Nah, jaminan penanggungan yang diberikan unitlink ini adalah jaminan yang paling panjang dibandingkan dengan jaminan jasa asuransi lainnya. Untuk anda yang tertarik akan jaminan penanggungan yang disediakan oleh unitlink, anda dapat beralih menggunakan asuransi unitlink. Sebab, dengan jaminan yang sangat panjang tersebut anda juga akan mudah memanfaatkan waktu yang diberikan.

  1. Layanan Investasi yang mudah

Investasi adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh pengguna asuransi. Terkadang, beberapa orang yang telah menggunakan jasa asuransi, akan tetapi mereka sulit untuk melakukan investasi. Kesulitan melakukan investasi ini kebanyakan disebabkan karena kebingungan dan ketakutan untuk berinvestasi ke instrumen tertentu. Hal ini terjadi karena minimnya pengetahuan tentang investasi yang anda dapatkan. Nah terkait hal tersebut, unitlink memberikan anda kemudahan dan kenyamanan saat berinvestasi. Dalam unitlink, investasi yang anda lakukan akan ditangani oleh beberapa orang yang sudah profesional di bidangnya berasal dari perusahaan asuransi yang anda gunakan. Anda akan diajari sedemikian rupa agar anda lebih paham tentang seluk beluk aturan berinvestasi. Di samping, belajar melalui buku panduan, anda akan lebih nyaman belajar langsung dari ahlinya.

Dengan melakukan unitlink ini anda tidak perlu khawatir lagi akan kebingungan berinvestasi. Tanyakan apa yang anda tidak ketahui dari kegiatan berinvestasi. Selagi ada ahli yang profesional, anda akan banyak mendapatkan pengalaman dalam berinvestasi yang baik dan benar. Jadi, jangan mudah gegabah jika kesulitan itu ada dalam diri anda.

  1. Jaminan perlindungan tambahan

Banyaknya jaminan yang diberikan kepada pengguna jasa asuransi, tidak mengubah unitlink juga memberikan jaminan yang bermanfaat untuk para pengguna. Di samping jaminan masa pertanggungan yang cukup lama, unitlink juga memberi jaminan perlindungan tambahan. Asuransi unitlink ini mempunyai banyak sekali jenis asuransi tambahan yang tersedia. Anda dapat memilih dan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda. Hal ini akan memudahkan anda untuk melakukan investasi. Sebab, anda tidak perlu menggunakan banyak jenis asuransi. Anda hanya perlu satu unit link untuk digunakan dalam kebutuhan yang meluas. Akan tetapi anda harus memperhatikan dampaknya. Biasanya jika banyak jaminan perlindungan yang tersedia, maka anda perlu memperhitungkan besaran premi yang harus dikeluarkan dalam unit link yang anda gunakan. Sebab, banyaknya pengguna jaminan perlindungan tambahan maka akan semakin banyak premi yang digunakan.

  1. Sistem premi yang tidak hangus

Setiap asuransi pasti akan membuat kebijakan bahwa dalam asuransi berjangka jika tidak ada klaim apapun maka premi akan segera hangus. Nah, kondisi ini sangat memprihatinkan jika kita lihat dari sudut pandang kerugian. Akan tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa jika terdapat klaim dalam asuransi, maka asuransi tersebut tidak akan hangus. Umumnya, premi akan tetap hangus sesuai dengan kebijakan pihak asuransi. Hanya saja pihak asuransi unitlink menggantikan premi dengan sejumlah uang pertanggungan yang berjumlah lebih banyak dari total premi yang telah dibayarkan oleh pihak asuransi. Tidak hanya uang pertanggungan saja, terdapat beberapa uang tunai yang disediakan hasil dari beberapa jumlah investasi yang dapat menggantikan premi yang sempat hangus. Nah, dengan begitu anda akan tetap mendapatkan keuntungan dari premi yang sudah digantikan dengan uang pertanggungan.

  1. Sebagai cadangan warisan

Unitlink ini dapat anda gunakan untuk persiapan uang warisan karena sifat asuransinya berlaku seumur hidup. Anda dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya. Persiapan warisan yang anda bangun dari keuntungan unitlink dapat anda berikan kepada anak-anak anda atau keluarga anda yang membutuhkan. Biasanya cadangan warisan ini digunakan oleh pengguna unitlink yang berusia kurang lebih 40 tahun. Mereka selalu meninjau beberapa aset yang telah dimiliki sebagai jaminan untuk cadangan persiapan warisan. Jika anda merasa kurang cukup untuk memberikan cadangan warisan, anda juga dapat mengumpulkan banyak uang dalam kurun waktu yang lama agar tersedia jumlah uang yang cukup untuk anda bagikan kepada anak-anak anda nantinya saat anda tinggalkan.

loading...

Unitlink dipercaya sangat aman dalam mengumpulkan harta dengan baik. Sebab cara mengumpulkan harta dengan menabung dan berinvestasi membuat seseorang memerlukan waktu cukup lama untuk menikmati hasilnya. Sedangkan dengan menggunakan unitlink, hanya dengan kurang lebih satu bulan anda akan menerima sejumlah uang yang akan diterima dan siap diwariskan kapanpun yang anda inginkan.

  1. Sistem pembayaran premi perbulan

Keuntungan unitlink selanjutnya adalah pembayaran premi perbulan. Hal ini sangat cocok untuk anda jika hanya memiliki keuangan yang terbatas atau mungkin penghasilan anda perbulan yang belum mencukupi. Anda dapat melakukan pembayaran pada satu bulan sekali ke pihak asuransinya. Hal ini juga dapat menghemat anda dalam pengeluaran karena anda telah mencicilnya selama bulanan. Sisa uang anda, bisa anda pakai untuk berinvestasi dan menyiapkan modal untuk membangun usaha terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran premi unitlink. Jadi, anda tidak perlu mengkhawatirkan kerugian yang didapat dari sistem pembayaran premi bulanan.

  1. Cuti premi

Di samping keenam keuntungan yang didapat dari unitlink, saat ini anda juga dapat merasakan keuntungan unitlink berupa cuti premi. Apa maksudnya? Saat ini terdapat fasilitas cuti premi yang diadakan mulai tahun ketiga. Hal ini dikhususkan jika para nasabah memiliki kesulitan dalam mengatur uang dan tidak dapat membayar premi secara tepat waktu maka pihak asuransi unitlink membuka cuti premi. Mereka tidak perlu khawatir pembatalan dan pemutusan sebab banyak investasi yang telah membayari biaya asuransi mereka. Hebatnya jika keuangan anda sudah dapat digunakan lagi, anda diwajibkan melanjutkan pembayaran premi tanpa membayar premi yang belum anda bayar sebelumnya atau sering disebut tunggakan premi. Banyak orang mengatakan bahwa sistem investasi unitlink ini merupakan sistem asuransi atas asuransi. Jadi pihak asuransi melindungi polis dari putusnya apabila sewaktu-waktu terjadi tunggakan akibat para pengguna unitlink tidak melakukan pembayaran.

  1. Hasilnya dapat anda ambil seperlunya

Keuntungan selanjutnya adalah sebagai pengguna unitlink anda sewaktu-waktu jika memerlukan sejumlah dana tidak perlu khawatir meminjam hutang dimanapun. Anda hanya perlu mengambil sebagian dana dari unitlink untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Akan tetapi, anda harus tetap memperhatikan bahwa asuransi ini sama halnya dengan asuransi jiwa. Jadi, asuransi komitmen jangka panjang ini tidak disarankan untuk mengambil dana pada awal anda menjadi pengguna unitlink. Sebab, jika tidak diatur kebijakan seperti itu, akan merusak sistem kinerja investasi yang dilakukan pihak unitlink.

  1. Memiliki manfaat ganda

Asuransi unitlink ini memiliki manfaat ganda yang dapat dinikmati para pengguna unitlink. Asuransi unitlink bermanfaat sebagai asuransi yang memperhatikan manfaat perlindungan dan aturan investasi. Kedua manfaat tersebut dapat anda rasakan sekaligus. Dengan hanya membayar premi yang telah ditentukan pada para pihak unitlink. Terkait dengan hal itu, tidak hanya perlindungan dari bahaya resiko yang terjadi saja yang dapat anda rasakan. Anda juga akan merasakan banyaknya keuntungan yang dapat anda nikmati dari unitlink ini.

  1. Tidak ada perubahan polis

Manfaat terakhir yang dapat anda peroleh dari asuransi unitlink adalah tidak ada perubahan polis selama asuransi berjalan. Umunya asuransi unitlink ini adalah asuransi yang sangat fleksibel. Asuransi ini juga memudahkan anda untuk menambah dana dan menarik dana yang diperlukan. Di samping itu, anda juga diizinkan untuk mengalihkan dana investasi yang anda miliki ke dalam jenis investasi lainnya yang telah disediakan oleh pihak asuransi. Jadi, keuntungan ini dapat anda manfaatkan sebaik-baiknya.

Nah, itulah sepuluh manfaat yang dapat anda peroleh dari jasa asuransi unitlink. Keuntungan tersebut dapat anda pertimbangkan dalam menggunakan asuransi unitlink dengan baik dan benar. Anda hanya perlu menyesuaikan kebutuhan anda jika anda akan berinvestasi.

Kerugian dari Unitlink

Akan tetapi, di samping mempunyai segudang manfaat yang diterima para pengguna asuransi, unitlink ini juga pastinya memiliki kelemahan yang dapat anda waspadai agar anda tidak mengalami kerugian yang besar jika menggunakan jenis asuransi unitlink ini. Berikut beberapa ulasan yang dapat anda simak untuk anda jadikan pertimbangan dalam melakukan proses asuransi pada unitlink:

  • Investasi terkadang tidak maksimal

Kelemahan  pertama adalah terkadang investasi yang anda lakukan tidak dapat maksimal. Hal ini disebabkan unitlink pada umumnya hanya berfungsi sebagai perlindungan dalam proses asuransi saja. Sejalan dengan hal itu, unitlink tidak bisa berjalan dengan maksimal karena investasi langsung akan memberikan manfaat yang besar dari pada harus berinvestasi melalui unitlink. Jadi, kelemahan ini harus diperhatikan para pengguna unitlink agar mereka tetap mempertahankan jasa asuransi yang dibangunnya. Meskipun terdapat cara investasi yang bagus, akan tetapi jika investasi dengan unitlink dilakukan secara terus menerus pastinya keuntungan akan tetap anda dapatkan.

  • Biaya asuransi terus meningkat

Kelemahan kedua yang dapat dilihat dari jasa asuransi unitlink adalah biaya asuransi terus meningkat. Meskipun sistem pembayaran premi didalam unitlink bersifat tetap hingga masa pertanggungan telah selesai. Namun ternyata, biaya asuransi yang telah ditentukan meningkat seiring berjalannya waktu anda melakukan kegiatan asuransi. Biaya asuransi ini umumnya meningkat per tahunnya. Setiap tahunnya, pihak asuransi akan menampilkan proposal hasil kenaikan biaya asuransi yang telah direkap. Anda dapat melihatnya dengan memperhatikan tanda artistik (*) bintang yang tertera dalam perekapan biaya asuransi. Hal ini dapat menjadi bukti, bahwa banyaknya biaya yang telah terekap oleh perusahaan asuransi unitlink akan meningkat setiap tahunnya. Jadi untuk menghindari resiko tersebut, ada baiknya anda juga menyisipkan uang tambahan untuk membayar biaya asuransi yang terus meningkat setiap tahunnya.

  • Tidak ada jaminan investasi

Dalam kegiatan asuransi unitlink ini, tidak disediakan jaminan investasi. Investasi yang rugi secara terus menerus akan membuat para pengguna unitlink memiliki resiko yang besar. Bisa saja para nasabah membayar lebih lama dari yang diperkirakan atau mungkin seumur hidup. Di unitlink ini biaya kerugian akan ditanggung nasabah, begitu sebaliknya keuntungan juga akan dinikmati nasabah. Nilai investasi yang didapatkan mungkin tidak banyak seperti yang diharapkan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kinerja investasi yang menurun dapat membaik seiring berjalannya waktu kegiatan asuransi berlangsung. Mengingat masih ada polis yang berjalan dalam jangka waktu yang lama. Jadi, sebagai nasabah anda harus mempertimbangkan lagi aturan berinvestasi agar tidak mendapat kerugian yang cukup besar. Pahami cara berinvestasi dengan benar.

  • Biaya premi yang sedikit mahal

Dibandingkan dengan premi asuransi yang murni tanpa harus melakukan investasi terlebih dahulu, premi unitlink sedikit mahal. Hal ini disebabkan karena unitlink memiliki urutan biaya yang lebih banyak dan besar dibanding asuransi murni. Biaya-biaya yang terdapat pada asuransi unitlink ini meliputi biaya administrasi, akuisisi, dan biaya pengelolaan investasi. Biaya ini ditanggung oleh nasabah sehingga menimbulkan kenaikan tersendiri saat membayar premi. Sebagai nasabah, anda hanya perlu membandingkan kedua biaya yang sudah ditentukan tersebut. Apakah banyaknya biaya premi ini sebanding dengan kelebihan yang diterima ataukah malah merugikan nasabah karena kelebihan tertutupi oleh banyaknya biaya yang dikeluarkan.

  • Proteksi melemah

Kelemahan terakhir yang didapat dari asuransi unitlink adalah nilai perlindungan melemah. Bandingkan lagi dengan asuransi jiwa murni, maka anda akan memperoleh nilai perlindungan asuransi yang jauh lebih kecil dari asuransi jiwa murni. Bandingkan lagi dengan biaya premi, hal ini memungkinkan berbanding terbalik dengan besaran premi yang harus dibayarkan nasabah. Dalam hal ini, asuransi jiwa murni ini lebih menawarkan jumlah premi yang menjanjikan dibandingkan dengan jumlah premi yang ditawarkan oleh pihak asuransi unitlink. Untuk itu, dalam menggunakan unitlink ada baiknya anda selalu membandingkan keuntungan dan kelebihan unitlink dan asuransi jiwa lainnya. Sebab, terkadang kerugian suatu asuransi dapat ditutupi dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki dari jenis asuransi ada.

Itulah beberapa ulasan mengenai kerugian dan keuntungan yang dapat anda cermati sebelum anda menggunakan jenis asuransi unitlink. Ada baiknya anda selalu mempelajari aturan-aturan yang ditetapkan untuk mengindari kerugian yang terjadi dalam asuransi yang anda lakukan. Umumnya, unitlink akan memberikan layanan asuransi sekaligus investasi.

Akan tetapi, sebagai calon pengguna atau nasabah anda juga perlu was-was terhadap kerugian yang harus anda tanggung.  Maka anda wajib memperhitungkan dan memahami lebih jelas tentang tujuan diadakannya layanan asuransi yang ada. Hal yang terpenting yang harus selalu diperhatikan adalah tujuan investasi yang akan anda lakukan. Jadi, lebih cermatlah dalam memutuskan suatu pekerjaan

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.