Tips Kuliah Sambil Bekerja

Mencari nafkah sambil mengenyam pendidikan bukanlah hal yang mudah. Jika tak fokus dan tak pandai membagi waku bisa saja anda akan kehilangan keduanya. Tak bisa dipungkiri bahwa pendidikan merupakan modal yang bisa membawa anda ke jalan kesuksesan. Sayangnya untuk mendapatkan pendidikan yang layak tak semua orang mendapatkan kemudahan.

Tips Kuliah Sambil Bekerja

Beberapa diantaranya harus bekerja terlebih dahulu untuk mampu memperoleh pendidikan yang diinginkan. Kuliah sambil bekerja kerap dilakukan beberapa orang, perihal pekerjaan yang dilakukan beragam mulai dari part time hingga full time. Butuh kekuatan dan semangat yang besar untuk berjuang jika keduanya ingin berakhir dengan kesuksesan.

Sumber: http://www.stiebbank.ac.id

Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda agar mampu menyelesaikan pendidikan namun tidak sampai meninggalkan pekerjaan yang dijalankan saat ini:

Harus Punya Niat yang Kuat

Untuk meraih dua hal dalam satu waktu anda haruslah memiliki niat yang kuat. Niat yang kuat akan membawa anda pada sikap pantang menyerah dan mengerjakan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh. Terlebih menjalankan kuliah sembari bekerja memiliki tanggung jawab yang besar pada orang tua dan pemberi kerja serta diri anda sendiri.

Awalnya pasti tidaklah mudah dan membuat anda kelelahan namun dengan niat yang kuat ini pasti selalu ada semangat untuk bertahan.

Manajemen Waktu Wajib Dimiliki

Tips yang kedua ialah manajemen waktu anda haruslah kuat. Anda tentunya harus mampu mengatur waktu untuk bekerja dan kuliah belum lagi tugas-tugas dan ujian yang harus dihadapi. Buatlah timeline untuk tugas dan kewajiban anda. Atur jadwal belajar anda dan gunakan waktu luang untuk menyelesaikan pekerjaan maupun tugas yang belum terselesaikan.

Disinilah peran relasi maupun teman sangat berpengaruh besar. Memiliki banyak teman tak akan pernah merugikan anda terlebih jika anda kerap izin atau telat mendapatkan informasi terkait agenda perkuliahan. Memiliki jaringan relasi yang luas mampu membantu anda mengatur jadwal perkuliahan yang efektif dan efisien.

Fokus! Slow But Sure

Melakukan dua hal bersamaan pasti akan membuat konsentrai anda terbelah namun jangan biarkan ini berlarut-larut. Anda harus selalu tenang dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Apabila dalam perkuliahan mengalami kesulitan jangan ragu bertanyapada dosen maupun teman anda yang mmiliki kemampuan cukup mumpuni untuk mengajarkannya.

Fokus akan tujuan yang hendak diraih tidak akan membuat anda dalam kebimbangan kemudian mudah menyerah. Anda juga harus siap akan segala kondisi yang mungkin akan merugikan anda baik secara materiil maupun non materiil.oleh karena itu anda juga tidak disarankan untuk bergantung pada orang lain.

Pola Hidup Dijaga dan Rutin Olahraga

Selain siap secara kejiwaan anda juga butuh menjaga kesehatan jasmani. Tentu saja hal ini dikarenakan anda bekerja dua kali lebih keras ketimbang mahasiswa biasa. Konsumsi makanan-makanan bergizi seperti buah dan sayur-sayuran. Tak lupa lakukan olahraga rutin biarpun tak perlu ke gym. Anda bisa melakukan yoga disela jam istirahat anda. Yoga membantu memperlancar aliran darah sehingga anda bisa berfikir dengan jernih.

Berdoa dan Minta Restu Orang Tua

Selain ikhtiar tentu saja anda membutuhkan doa yang mampu melancarkan pekerjaan dan perkuliahan. Mintalah restu orang tua agar mampu menyelesaikan pendidikan dengan hasil yang memuaskan. Jangan sampai saking sibuknya anda juga lupa beribadah padahal dengan berdoalangkah anda akan terasa lebih mudah.

Jangan lupa untuk mempersiapkan segala kebutuhan anda agar tidak membuang waktu. Persiapkan kebutuhan kuliah anda seperti beberapa buku referensi untuk menunjang pembelajaran.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.