Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Dalam kebudayaan China, kita mengenal berbagai istilah. Mulai dari feng shui, yin, yang dan masih banyak istilah lain. Faktanya, setiap kebudayaan dan kepercayaan memiliki esensinya masing-masing. Dan sebagai orang awam, akan lebih baik jika anda menghormatinya terlepas anda percaya ataupun tidak. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai lukisan pembawa keberuntungan menurut feng shui. Jadi terlepas dari nilai artistic suatu lukisan sebagai sebuah karya seni, dalam kebudayaan China anda bisa menemukan unsur lain.

Apa Sih Feng Shui Itu?

Sebelum membahas mengenai lukisan pembawa keberuntungan menurut feng shui, akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu tentang feng shui. Jadi feng shui sendiri merupakan sebuah ilmu yang tumuh bersama dengan kebudayaan China. Secara harfiian Feng memiliki arti angin, sedangkan shui memiliki arti air. Jadi ilmu feng shui digunakan untuk menperhitungkan segala hal melalui kaidah-kaidah air, angin dan juga api.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Ilmu feng shui menjadi salah satu warisan berharga dari warga Tionghoa. Selain itu ilmu ini juga populer dan diterapkan di berbagai negara di dunia. Awalnya jelas karena warga Tionghoa termasuk salah satu warga yang tinggal di hampir seluruh dunia. Kemudian karena penerapan dalam kehidupan juga terbukti mampu mendatangkan keberuntungan, maka ilmu ini semakin subur dan populer.

Meski begitu, memang tidak semua orang mempercayai kebenaran ilmu feng shui ini. Mereka beranggapan bahwa feng shui identik dengan sesuatu yang berbau takhayul dan mistis. Padahal, meski benar dalam feng shui masih dibutuhkan adanya sugesti namun tujuannya tidaklah salah karena untuk mendatangkan keberuntungan, menghindari hawa yang merusak dan menyelaraskan hawa Yang dan Yin.

Masyarakat Tiongkok kuno percaya bahwa Yin Qi dan Yang Qi lah yang membuat kehidupan mereka tidak konstan seperti ada kalanya mengalami sakit, sehat, kaya, miskin, gembira, sedih dan bahkan tua-muda. Tidak hanya pada manusia, kita juga bisa melihat Yang dan Yin di alam semesta seperti adanya siang-malam, perubahan musim dan lain sebagainya.

Penerapan feng shui pada rumah misalnya saat dilakukan analisis aliran energi Qi di sebuah rumah atau bangunan maka anda perlu memperhatikan dua hal penting yaitu Xiang (arah hadap rumah) dan Shan (arah duduk rumah). Untuk mengetahui tentang arah hadap dan arah duduk rumah, anda harus menggunakan Luo Pan (kompas feng shui). Setelah mengetahui tentang arah hadap dan duduk rumah maka anda bisa menentukan titik atau lokasi yang baik dan buruk.

Syarat Agar Rumah Memiliki Feng Shui yang Baik

Perlu anda tahu bahwa sebuah rumah yang baik haruslah memenuhi semua syarat Feng Shui. Anda mungkin bisa memperhatikan sekeliling rumah anda. Apakah rumah terletak di gang buntu? Atau mungkin rumah anda ada di ujung jalan pertigaan dengan bentuk T? Atau mungkin juga rumah anda dekat dengan rel kereta api? Contoh letak rumah di atas menjadi beberapa contoh rumah yang kurang baik dalam feng shui. Jadi intinya, rumah yang memiliki feng shui bagus haruslah tidak terdapat energi agresif (Sha Chi) atau energi lemah (Si Chi). Nah, sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah beberapa syarat agar sebuah rumah memiliki feng shui yang baik:

  1. Alur Energi Dari Pintu Depan

Anda harus tahu bahwa Feng Shui memiliki pintu masuk energi yang halus, bersih dan kuat pada pintu depan rumah. Karena itu, anda harus memastikan tidak ada benda atau apapun yang menutup jalur energi Shi dari pintu depan rumah anda. Salah satu contoh benda yang bisa menjadi penghalang seperti pohon besar di depan rumah. Selain itu pot tanaman, tempat sampah atau bahkan sepatu dan sandal juga bisa menjadi penghalang yang menutup jalur energi Shi lho.

Jika memang alur energi Chi dari pintu depan tidak lancar, selain memperbaiki dengan menghilangkan penghalang, anda juga bisa memberi sedikit sentuhan warna dan sesuatu yang identik dengan Feng Shui.

  1. Kualitas Energi di Pintu Ruang Utama

Dalam feng shui, rumah yang memiliki kualitas feng shui bagus harus memiliki desain pintu ruang utama yang melambangkan sambutan, kekuatan dan mampu menghubungkan energi ke seluruh bagian dalam rumah anda. Hal seperti ini yang bisa menciptakan kualitas energi yang bagus untuk rumah.

Sebuah hunian dengan feng shui yang bagus harus bisa mendistribusikan energi yang dimilikinya secara merata ke dalam seluruhΒ  rumah, khususnya bagian dapur dan juga ruang tidur.

  1. Kekuatan Energi dalam Konsep Trinitas Feng Shui

Hunian dengan feng shui yang bagus akan selalu mengacu kepada 3 pusat energi utama yaitu ruang dapur, kamar tidur dan kamar mandi. Jadi kualitas energi feng shui dalam rumah anda akan bergantung pada kekuatan energi di tiga ruangan tadi. Untuk itulah dalam membangun rumah, mayoritas orang Tionghoa akan selalu memperhatikan desain dan tata letak ruang dapur, kamar tidur dan kamar mandi.

  1. Tingkat Kesegaran dari Energi Feng Shui

Untuk memiliki rumah dengan feng shui yang bagus maka rumah haruslah dipenuhi dengan aliran energi yang bisa masuk secara bebas, segar dan bersih. Energi-energi positif ini harus bisa masuk ke dalam rumah tanpa penghalang apapun. Jika memang ada obyek di dalam rumah yang menghalangi maka anda harus merubah posisi atau memindah obyek tersebut.

Membersihkan sampah, menata gudang, mengatur tata letak furniture di dalam rumah, membersihkan garasi, menata isi lemari, menjaga kebersihan kamar tidur dan kamar mandi adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan tingkat kesegaran energi Feng Shui.

Pastikan anda rajin membersihkan rumah. Karena rumah dengan feng shui yang bagus merupakan rumah yang rapi, bersih, memiliki aliran udara segar, cahaya yang cukup dan atmosfer yang menyenangkan.

Lalu bagaimana dengan rumah yang belum baik? Tenang, anda tidak perlu khawatir karena dalam feng shui ada beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi hal seperti ini. Salah satunya dengan memasang lukisan pembawa keberuntungan menurut Feng Shui di rumah anda.

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Selain sebagai karya seni dengan nilai tinggi, lukisan juga dimanfaatkan untuk membuat interior rumah terlihat lebih indah. Meski tidak semua orang memiliki lukisan di rumah, tapi bagi orang Tionghoa lukisan bukan sekedar pajangan atau karya seni bernilai tinggi. Lebih dari itu orang Tionghoa juga percaya bahwa lukisan bisa membawa keberuntungan atau hoki dalam hidup mereka lho. Keberuntungan yang dibawa oleh lukisan ini beragam, bisa untuk bisnis, jodoh, karir, pekerjaan, kesehatan dan lain sebagainya.

Jadi apa saja jenis lukisan pembawa keberuntungan menurut feng shui? Kita simak ulasannya berikut ini ya..

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Lukisan Kuda

Baiklah, lukisan pembawa keberuntungan yang pertama adalah lukisan kuda, atau lebih tepatnya lukisan dengan obyek berupa delapan ekor kuda. Dalam lukisan seperti ini ada dua makna utama yang dipercaya bisa membawa keberuntungan yaitu sebagai berikut:

  • Kuda

Biasanya obyek dalam lukisan seperti ini adalah kuda yang berlari. Dan kuda yang berlari ini memiliki makna berupa kesuksesan. Jadi lukisan bergambar kuda dipercaya bisa membawa kesuksesan untuk anda dalam hal apapun.

  • Angka Delapan

Nah, untuk angka delapan yang merujuk pada jumlah kuda dalam lukisan ini memiliki delapan arti yaitu delapan penjuru mata angin.

Selain itu memasang lukisan kuda di tahun ular dipercaya bisa mendatangkan kesuksesan juga. Dalam hal ini kita tahu bahwa kuda mewakili kekuatan, kejantanan, dan keperkasaan. Secara keseluruhan menurut feng shui lukisan kuda bisa melambangkan karir yang cemerlang lho.

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Lukisan Ikan Koi

Nah, ikan koi menjadi salah satu jenis binatang yang cukup populer di masyarakat Tionghoa. Anda bisa dengan mudah menemukan gambar ikan koi di rumah-rumah atau kantor yang dimiliki oleh orang Tionghoa. Entah itu ikan koi dalam bentuk wallpaper, gambar, lukisan, keramik, guci dan lain sebagainya. Biasanya untuk jenis lukisan ikan koi, anda bisa menemukan lukisan dengan gambar 9 ekor ikan koi. Hal ini terjadi karena angka 9 merupakan angka tertinggi dalam hitungan sebuah keberuntungan.

Orang-orang Tionghoa juga percaya bahwa lukisan ikan koi akan membawa keberuntungan dalam hidup dan rezeki yang selalu mengalir tanpa henti. Secara umum, dalam feng shui ikan koi identik dengan keberuntungan dan kejayaan. Bahkan bagi warga Tionghoa khususnya dalam tradisi China, ikan juga menjadi salah satu lambang kemakmuran lho. Jadi jika anda ingin lebih makmur maka anda bisa menghiasi rumah ataupun kantor dengan hiasan atau lukisan berlambang ikan koi.

Selain menempatkan lukisan atau hiasan berlambang ikan koi, anda juga bisa memelihara ikan koi di kolam taman atau di akuarium lho. Hal ini memiliki maksud bahwa meski anda sedang sibuk beraktivitas di luar rumah, namun jiwa dan diri anda tetap berada di dalam rumah. Ini bisa memberikan energi positif bagi anda dan keluarga yang tinggal di rumah.

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Lukisan Shio Pemilik Rumah

Jenis lukisan selanjutnya yang bisa anda pilih untuk dipasang di rumah, khususnya di ruang tamu adalah lukisan bergambar shio anda sebagai pemilik rumah. Penempatan lukisan shio ini ternyata bisa menigkatkan kewibawaan dan charisma anda sebagai pemilik rumaha lho. Bahkan menurut Feng Shui, penempatan lukisan shio bisa membawa kemakmuran bagi seluruh penghuni rumah.

Nah, apa anda juga tertarik untuk memajang lukisan shio anda di rumah? Tidak ada salahnya untuk mencoba kan?

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Lukisan Bambu

Lukisan selanjutnya yang diyakini bisa membawa keberuntungan menurut feng shui adalah lukisan denagn obyek bambu. Menurut Feng Shui lukisan dengan obyek tanman bambu memiliki arti yang baik. Arti dari gambar lukisan ini adalah bersahaja, umur panjang dan kuat. Tentunya anda berharap bisa hidup bersahaja, kuat dan berumur panjang bukan?

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Lukisan Burung Merpati

Apa anda pernah mendengar tentang burung merpati. Di dunia ini, burung merpati menjadi lambang kesetiaan karena burung merpati hanya β€œmenikah” sekali seumur hidup. Mereka hanya memiliki satu pasangan saja dalam hidupnya. Nah, dalam feng shui sendiri, memajang lukisan dengan obyek burung merpati di anggap bisa membawan keberuntungan dalam hidup. Lukisan seperti ini memiliki arti kesetiaan, keharmonisan dan keserasian.

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Lukisan Bunga

Lukisan bunga bisa dibilang sebagai salah satu jenis lukisan yang umumnya dimiliki oleh orang. Bunga menjadi salah satu obyek yang cantik dan menarik untuk dilukis.Β  Dalam feng shui pun, bunga dipercaya bisa membawa hoki. Untuk itulah cukup banyak masyarakat Tionghoa zaman sekarang yang memajang lukisan bunga di rumah mereka. Makna dari lukisan berobyek bunga sendiri merupakan simbol harmonisasi dan perkembangan berkelanjutan.

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Lukisan Burung Merak

Nah, lukisan pembawa keberuntungan selanjutnya menurut Feng Shui adalah lukisan dengan obyek burung merak. Dalam feng shui lukisan seperti ini dipercaya bisa membawa keharmonisan bagi keluarga anda. Misalkan anda kurang harmonis dengan suami atau istri atau bahkan dengan anak-anak di rumah. Anda bisa meletakkan berbagai hal berhias burung merak, termasuk lukisan juga.

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Lukisan Kupu-Kupu

Sama halnya dengan lukisan burung, lukisan berobyek kupu-kupu cukup mudah untuk ditemukan. Faktanya, kupu-kupu merupakan lambang darikesetiaan dan romantisme lho. Jadi jika anda ingin memiliki pasangan yang setia, maka anda bisa mencoba dengan memajang lukisan berobyek kupu-kupu di rumah.

Selain itu, untuk anda yang masih single, tidak perlu khawatir juga. Hal ini karena dalam feng shui, jika anda masih hidup sendiri, maka keputusan untuk memajang lukisan berobyek kupu-kupu bisa membantu mempercepat proses mendapat jodoh lho. Untuk masalah estetika, lukisan dengan obyek kupu-kupu cukup mudah berbaur dengan interior ataupun konsep rumah anda. Jadi anda tidak perlu khawatir.

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Lukisan Burung

Anda yang memiliki anak kecil seperti batita yang belum bisa berbicara mungkin bisa mencoba untuk memajang lukisan dengan obyek burung di kamar mereka. dalam feng shui lukisan dengan obyek burung ini bisa membantu anak agar lebih cepat berbicara. Bahkan lukisan burung di kamar anak bisa membuat anak pintar berbicara selama masa perkembangan menuju dewasa lho.

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Lukisan Rusa

Dalam dunia umum, anda tentu sering melihat ada cukup banyak orang yang memajang hiasan rusa di rumahnya. Hiasan rusa ini bisa saja dalam bentuk hiasan kepala rusa yang diawetkan, patung rusa hingga gambar atau lukisan dengan obyek rusa. Apakah anda tahu bahwa dalam Feng Shui, memajang lukisan berobyek rusa di rumah bisa mendatangkan keberuntungan? Kabarnya lukisan ini akan lebih baik jika dipajang di area ruang tamu. Hal ini berkaitan erat dengan makna lukisan rusa ini yaitu bisa mendatangkan tamu-tamu agung ataupun berpengaruh ke rumah anda.

Lukisan Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui – Lukisan Berobyek Sapi

Beberapa dari anda pasti pernah melihat ada orang yang memajang lukisan berobyek sapi di rumahnya kan? Meskipun obyek yang satu ini sedikit aneh dan tidak banyak dipilih oleh orang awam. Namun, faktanya dalam feng shui hiasan atau gambar dan lukisan berobyek sapi dipercaya bisa membawa keberuntungan lho.Β  Jadi misalkan anda memiliki bisnis maka sebaiknya anda memajang lukisan berobyek sapi ini. Hal ini dipercaya bisa membawa keberuntungan dalam bisnis anda.

Semoga informasi mengenai lukisan pembawa keberuntungan menurut feng shui di atas bermanfaat untuk anda semua..

Β 

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.