Makanan Untuk Panjang Umur

Makanan Untuk Panjang Umur – Di dunia ini tidak ada seorangpun yang ingin memiliki umur pendek. Setiap kali hari ulang tahun tiba, maka ucapan yang datang ataupun harapan yang diinginkan salah satunya selalu berisi umur panjang. Jika dulu umur panjang tidaklah sulit untuk diperoleh, maka di era yang semakin modern ini kesehatan dan umur panjang menjadi sesuatu yang mahal dan sulit di dapat. Salah satu faktor yang membuat umur panjang sulit untuk diperoleh adalah gaya hidup masyarakat yang tidak sehat.

Makanan Untuk Panjang Umur

makanan untuk panjang umur

Sumber: www.food.detik.com

Di antara gaya hidup yang tidak sehat adalah mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi, makanan cepat saji dan makanan-makanan lain yang tidak baik untuk kesehatan. Banyak orang berpikir bahwa makanan sehat itu kurang enak, dan faktanya memang sedikit lebih seperti itu. Nah karena itulah untuk Anda yang ingin memiliki umur panjang sebaiknya segera rubah pola dan menu makan Anda.

Sebagai informasi berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk panjang umur:

1. Gandum Utuh

Banyak sekali penelitian-penelitian yang menemukan fakta bahwa orang-orang yang mengkonsumsi gandum utuh dan turunannya seperti pasta, roti, dan oatmeal memiliki potensi umur yang lebih panjang. Anda bisa mencoba untuk melakukan diet tinggi serat agar bisa menurunkan resiko kematian. Karena itulah sebaiknya mulai saat ini Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung 100% gandum utuh.

2. Kacang-Kacangan

Menurut studi yang dilakukan di tahun 2004 pada orang-orang tua, terbukti bahwa setiap 20 gram kacang-kacangan yang dikonsumsi setiap hari mampu menurunkan resiko kematian hingga 7-8%. Bahkan studi dari Harvard School Public Health menemukan fakta bahwa semakin sering Anda makan kacang maka semakin rendah resiko Anda untuk mengalami mati muda.

Beberapa kacang seperti kenari dan pistachio memiliki manfaat untuk melawan penyakit jantung lho.FYI, pastikan bahwa jumlah kacang-kacangan yang Anda konsumsi tidak berlebihan ya. Cukup batasi sehari segenggam saja agar nutrisi dalam tubuh seimbang.

3. Ikan

Untuk kesehatan, ikan selalu berada di posisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan daging merah ataupun daging putih. Ikan memiliki senyawa karotenoid yang bisa melindungi dari beberapa penyakit syaraf. Anda bisa mulai mengkonsumsi ikan sebanyak 3 kali seminggu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Beberapa ikan dengan lemak omega-3 juga penting untuk dikonsumsi karena bisa membuat Anda awet muda seperti salmon, tuna, mackerel dan sarden.

4. Sayuran Berwarna Hijau Khususnya Hijau Tua

Sayuran adalah salah satu makanan paling sehat di dunia. Konsumsi lebih banyak sayuran hijau seperti bok choy, kalian, kale, sawi hijau, brokoli, bayam dan rapini. Sayuran-sayuran ini memiliki gizi yang padat dan kaya serat yang bisa membuat umur Anda lebih panjang. Sebagai tambahan, mengkonsumsi rumput laut secara rutin juga bisa memperlambat pertumbuhan kanker, menekan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sebagai bukti masyarakat Jepang yang menjadi konsumen rumput laut tertinggi memiliki angka harapan hidup paling tinggi di dunia.

5. Buah-Buahan

Selain sayuran hijau, buah-buahan juga menjadi sumber nutrisi untuk Anda yang ingin memiliki umur panjang. Beberapa buah yang sangat baik untuk menunjang umur panjang adalah buah beri. Keluarga beri seperti stoberi, blueberry, raspberry, cranberry, blackcurrant, anggur, tomat, terong, alpukat, semangka, mentimun, labu, kiwi dan pisang sebaiknya Anda masukkan dalam menu sehari-hari.

Semua jenis buah tadi memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh Anda.Buah beri memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kemudian alpukat juga memiliki kandungan lemak baik yang bisa menjaga jantung tetap sehat, menurunkan LDL dan meningkatkan HDL dalam tubuh.

Selain makanan-makanan yang disebutkan tadi, mengkonsumsi minyak zaitun juga bisa membantu Anda memiliki umur yang lebih panjang. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda..

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.