Managemen Operasional Bank

Kata bank tentunya bukan suatu yang asing lagi karena sudah sering terdengar bahkan orang yang sudah tua pun mengerti tentang bank. Saat ini bank telah dilengkapi dengan fasilitas yang memungkinkan nasabahnya bisa mendapatkan segala yang dibutuhkan hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Semakin hari bank semakin berkembang menjadi lebih cangih dan lebih maksimal dalam pelayanan kepada nasabahnya. Beberapa bank memiliki jumlah nasabah besar atau bank yang telah memiliki nama, mereka sering memberikan hadiah atau iklan yang menggiurkan nasabah atau calon nasabahnya. Dengan berbagai ilkan yang ditayangkan ditelevisi, brosur maupun internet, bank-bank yang ada saat ini berlomba untuk mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Managemen Operasional Bank

Keuntungan yang didapat bank berasal dari banyak sedikitnya nasabah yang dimiliki. Semakin banyak nasabah dalam suatu bank maka semakin banyak pula keuntungan yang didapat. Jika jumlah nasabah yang dimiliki suatu bank sedikit maka untuk mendapatkan keuntungan yang besar sangat sulit atau bahkan tidak mungkin. Karena itu setiap bank selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk nasabahnya agar semakin banyak orang yang mau menggunakan jasa bank tersebut. Pelayanan pada bank bisa dilihat dari fasilitas yang diberikan baik secara langsung seperti pelayanan pada saat nasabah berada di bank maupun pelayanan terhadap keluhan nasabah. Bank merupakan lembaga keuangan yang didirikan dengan memiliki kewenangan untuk memberikan pelayanan keuangan seperti simpanan, pinjaman uang menerbitkan bank note, melakukan transaksi keuangan dari satu bank ke bank lainnya dan beberapa transaksi perbankan lainnya. Usaha perbankan dulu hanya meliputi menghimpun dana, penyaluran dana dan pemberian jasa bank kepada nasabah, namun saat ini kegiatan perbankan mencakup semua kebutuhan yang diinginkan nasabah.

Menghimpun dana serta menyalurkannya kepada masyarakat adalah kegiatan utama bankyang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan sedangkan memberikan jasa kepada masyarakat adalah kegiatan untuk mendukung pelayanan utama tersebut. Dalam kegiatan usaha menghimpun dana tersebut maka bank membaginya menjadi simpanan,tabungan giro,maupun deposito. Simpanan tersebut kemudian mendapatkan balas jasa dari bank, sedangkan bank menggunakan dana yang dihimpun dari masyarakat untuk menyalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan dana bank berupa pinjaman kredit, penyertaan kepemilikan, maupun pembelian surat-surat berharga. Penyaluran dana kepada masyarakat tersebut adalah salah satu bagian penting dari kegiatan perbankan. Dengan pinjaman kredit kepada masyarakat maka bank akan mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil atau bunga .

Sumber: http://media.viva.co.id/


Semakin besar jumlah bunga yang didapat maka semakin besar pula laba bank yang didapat.Besarnya bunga yang diberikan bank kepada masyarakat berbeda, hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing bank untuk perhitungan bunga yang dibebankan pada peminjam dana. Berbagai kemudahan pinjaman maupun pelayanan jasa yang diberikan bank tersebut sehingga masyarakat semakin mudah memilih bank yang mana yang mereka anggap terbaik pelayanannya. Selain menghimpun dana bank juga berfungsi sebagai lalu lintas dalam pembayaran yaitu transfer , kliring,RTGS, maupun penarikan uang tunai. Bank juga melakukan kegiatan seperti penerbitan kartu kredit, kartu debit, cek wisata maupun mengeluarkan alat pembayaran yang praktis untuk nasabah.

Lalu lintas pembayaran dibank pun saat ini juga mencakup banyak hal bahkan saat ini anda bisa membayar apapun hanya dengan handphone atau melakukan taransaksi secara online. Dengan berbagai kemudahan pinjaman maupun pelayanan jasa yang diberikan bank tersebut sehingga masyarakat semakin mudah memilih bank mana yang mereka anggap terbaik pelayanannya. Semakin banyak bank yang memberikan pelayanan terbaik maka untuk mengatasinya adalah dengan membuat sat managemen operasional perbankan yang dianggap tepat agar bank tersebut bisa bersaing dengan bank lainnya. Managemen operasional perbankan sangat penting untuk mendukung kinerja bank baik sumber daya manusia maupun alat dan teknologi yang digunakan.

Dari pengertian bank dan fungsinya jelas bahwa bank sangat tergantung kepada nasabah sehingga untuk mendapat jumlah nasabah yang banyak, suatu bank harus memaksimalkan perannya dengan membuat manajemen operasional perbankan yang tepat.Managemen operasional perbankan adalah aturan atau ketentuan yang berisi peraturan yang mengatur tentang kegiatan bank dalam pengumpulan dana, penyaluran dana kepada masyarakat, maupun pelaksanaan lal lintas pembayaran yang efektif dan efisien.

Manajemen operasional perbankan tentu memiliki beberapa kegiatan salah satunya adalah managemen sumber dana, Bank memiliki beberapa sumber dana yang digukan untuk operasional dalam jangka pendek maupun panjang yang harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya agar tidak merugikan bank. Kegiatan ini menyangkut tentang perencanaan, pelaksanaan maupun pengendalian terhadap dana yang dihimpun dari masyarakat, karena bank dalam operasionalnya adalah untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat, maka agar sumber dana tersebut tepat sasaran perlu dilakukan managemen sumber dana pada bank.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.