Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Dan Karir

Kesehatan adalah hal penting yang harus dijaga oleh setiap manusia. Tidak hanya kesehatan fisik saja yang harus diperhatikan. Akan tetapi, kesehatan jiwa atau mental juga harus sering diperhatikan. Terlebih jika aktivitas padat menyita waktu anda untuk berolahraga. Saat ini banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental manusia. Salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan  masyarakat dalam membuat pikiran lebih tenang dan rileks adalah kegiatan meditasi. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa meditasi telah dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mental anda. Kegiatan meditasi ini banyak memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh manusia jika dilakukan secara rutin.

Manfaat Meditasi

Meditasi sering dikenal dengan aktivitas yang mampu mengendalikan emosi dan mental seseorang serta sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh dan mental manusia. Meditasi ini memiliki cara kerja sebagai upaya memanagemen energi yang ada di tubuh manusia. Di dalam meditasi juga terdapat teknik pengaturan tubuh. Teknik tersebut membantu anda lebih fokus dan tidak terganggu dengan kebisingan dari luar. Nah, ada beberapa manfaat meditasi yang dapat anda nikmati jika anda melakukan meditasi secara efektif dan benar.  Apa sajakah manfaat yang diperoleh tubuh kita? Berikut ulasan informasinya:

Sumber : http://cdn2.tstatic.net/

  1. Mengurangi Depresi

Otak mempunyai banyak saraf yang terhubung di seluruh tubuh manusia. Untuk itu, jika terjadi stress maka dampaknya dapat menjalar ke seluruh tubuh. Pikiran yang dipenuhi dengan stress juga dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga mereka akan mudah terserang penyakit. Untuk itu, menjaga ketenangan pikiran harus diperhatikan setiap harinya. Nah, manfaat pertama yang dapat diperoleh dari kegiatan meditasi adalah mengurangi depresi yang disebabkan karena pengaruh stress yang berlebihan.

Cara kerja meditasi adalah sebagai pelepas semua jenis respon yang menyebabkan stress. Dalam posisi tubuh yang rileks, tubuh akan berusaha untuk lebih fokus menenangkan diri. Saat melakukan kegiatan meditasi, tubuh akan berusaha menghilangkan masalah-masalah yang ada di dalam pikiran manusia. Jika hal semacam itu dilakukan dengan cara yang teratur, kemungkinan besar beban pikiran akan semakin berkurang. Meditasi tidak hanya berfungsi menenangkan saja. Akan tetapi, jika anda melakukan kegiatan meditasi dengan baik dan rutin anda akan merasakan kondisi yang nyaman dan tentram. Pikiran anda akan semakin tenang dan perlahan-lahan depresi yang disebabkan oleh stress berlebihan akan berkurang. Oleh sebab itu, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa meditasi ampuh untuk mengurangi depresi seseorang.

  1. Meningkatkan kecerdasan otak

Selain makanan yang sehat dan bergizi untuk meningkatkan kecerdasan otak, ternyata kegiatan meditasi juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Dalam kehidupan sehari-hari, meditasi ini dalam bentuk olahraga yoga. Terdapat banyak penelitian yang menyebutkan bahwa meditasi yoga dapat meningkatkan sistem koordinasi otak dan menguatkan memori hingga meningkatkan kecerdasan IQ seseorang. Sistem koordinasi yang sering dilatih dengan melakukan yoga akan mampu menerima rangsangan dengan cepat. Kegiatan meditasi ini harus dilakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. seseorang yang melakukan kegiatan meditasi dengan teratur, dipercaya mampu memecahkan informasi dan mengolah informasi dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan dalam sistem kerja meditasi otak manusia dilatih untuk tetap fokus dan berkonsentrasi agar tidak mudah terganggu dengan lingkungan luar atau permasalahan yang ada di luar.

  1. Mengurangi Hipertensi

Tekanan darah tinggi banyak disebabkan oleh beberapa hal. Akan tetapi yang paling banyak adalah disebabkan karena pengaruh stress yang berlebihan. Jika hal ini tidak diatasi, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan jatung lebih bekerja ekstra dan juga dapat membuat fungsi jantung memburuk. Sehingga jantung akan mengalami penyempitan arteri yang menyebabkan penyakit mematikan muncul seperti serangan jantung dan stroke.

Terkait akan hal tersebut, Penelitian dari Universitas Harvard mengemukakan bahwa meditasi dapat mengurangi tekanan darah. Cara kerja meditasi ini dengan membuat tubuh kurang menerima respon terhadap hormon penyebab stress. Cara kerjanya sama halnya dengan fungsi obat penurun tekanan darah. Hanya saja meditasi lebih nyaman digunakan. Maka dari itu, seseorang yang mempunyai riwayat penyakit hipertensi dapat melakukan meditasi secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan melakukan meditasi dan rutin mengolah napas dapat mengaktifkan sistem syaraf parasimpatetik. Sistem syaraf ini bekerja dengan baik dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Parasimpatetik juga membuat detak jantung melambat. Serta menurunkan tekanan darah jika anda melakukan kegiatan meditasi dengan teratur.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Terlebih jika seseorang mudah mengalami stress yang berlebih dan tidak mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat, pasti sangat mudah untuk diserang penyakit.

Banyak sekali cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dengan salah satunya dengan minum vitamin. Namun, cara tersebut terkadang kurang dianggap cocok untuk tubuh manusia yang rentan terkena penyakit. Sebab hanya dengan minum vitamin saja terkadang tubuh belum mampu mengusir penyakit serta infeksi dengan baik dan benar. Nah, meditasi adalah salah satu kegiatan olahraga yang sudah dipercaya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebab telah dilakukan penelitian dari beberapa orang yang rutin bermeditasi menunjukkan adanya peningkatan antibodi yang lebih tinggi dari orang yang tidak melakukan mediasi. Di samping berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh, Meditasi juga dapat membantu menyembuhkan nyeri sendi dan juga nyeri akibat kemoterapi kanker. Beberapa penelitian juga pernah menunjukkan bahwa meditasi mampu mampu mengurangi penyembuhan nyeri pada penderita kanker.

  1. Mengatasi insomnia

Insomnia sering disebut sebagai gangguan seseorang dalam mengatur tidur dengan baik. Gangguan tidur ini disebabkan karena kebiasaan buruk yang dilakukan seperti minum kopi terlalu banyak, begadang, hingga kerja malam. Penyebab lain dari insomnia adalah gangguan hormonal. Gangguan ini sering terjadi karena tingginya hormon tiroid atau dokter menyebutnya dengan hipertiroidisme. Hormon ini jika tidak bekerja dengan baik akan menyebabkan stress, depresi dan gangguan mental.

Nah, jika anda sering mengalami permasalahan tidur seperti insomnia. Cobalah untuk membiasakan diri melakukan kegiatan meditasi. Sebab dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan banyak orang, ternyata meditasi dapat membantu anda mengatasi insomnia yang terlalu sering. Penelitian yang dilakukan juga mengungkapkan bahwa sebanyak 75% penderita insomnia, setelah melakukan kegiatan meditasi mereka mampu tidur lebih cepat. Meditasi ini bermanfaat bagi penderita insomnia karena mampu menenangkan sistem kerja saraf dengan baik agar tubuh menjadi rileks. Nah, jika tubuh rileks dan stress terkurangi maka tidur akan semakin lebih cepat. Untuk penderita insomnia jangan terlalu membiarkan hal tersebut dibiarkan. Cobalah melakukan meditasi untuk membantu anda menjaga kesehatan tubuh anda. Luangkan waktu anda untuk bermediasi secara rutin. Anda dapat melakukannya seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Awet muda

Mengapa awet muda masuk dalam manfaat meditasi untuk kesehatan? Ya, karena ketika anda mudah stress otomatis anda akan cepat bertambah tua. Stress yang berlebih membuat anda semakin memiliki wajah yang keriput. Untuk itu, selain pengaruh bahan kimia kosmetik, stress juga berpengaruh dalam proses penuaan dini.

Nah, rajin-rajinlah bermeditasi seperti olahraga yoga. Dengan melakukan meditasi yoga anda akan dapat mengatur pola napas anda secara optimal. Tubuh yang rileks juga membuat anda semakin tampak segar. Untuk itu, lakukanlah secara rutin setiap paginya selama kurang lebih lima belas menit saja. Jaga pola kesehatan tubuh anda dengan melakukan meditasi secara rutin. Serta nikmati hasilnya!

Nah, itulah beberapa ulasan manfaat meditasi secara garis menyeluruh. Keenam manfaat bagi kesehatan tubuh ini, wajib anda cermati dan pertimbangkan untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Sebab, meditasi ini memang sudah banyak dilakukan oleh peneliti dan hasilnya pun tidak main-main manfaat bagi kesehatan yang didapatkan setelah melakukan meditasi.

Meditasi Untuk Karir

Selain, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental, meditasi juga ternyata dapat bermanfaat bagi karir anda. Nah, penasaran manfaat apa saja yang terdapat pada kegiatan meditasi? Yuk, simak beberapa ulasan terkait meditasi yang kaya akan manfaat untuk karir anda.

  • Membantu mengembangkan ide baru

Manfaat pertama adalah meditasi dapat membantu mengembangkan ide baru. Pastinya di dunia kerja kita dianggap memiliki kualitas yang bagus ketika kita mampu mengembangkan suatu ide baru dan menyelesaikan masalah dengan baik dan benar. Pengembangan ide ini tidak semena-mena dapat dilakukan oleh banyak orang. Terkadang, seseorang sulit untuk menemukan dan mengembangkan ide baru di dunia kerja. Kesulitan menemukan ide ini disebabkan karena otak dipenuhi dengan banyak masalah. Stress juga faktor besar penentu otak yang menghalangi kemampuan untuk menemukan ide-ide baru. Oleh sebab itulah, kreatifitas tidak dapat mengalir dengan teratur serta terhambat karena otak dipenuhi banyak tugas dan pikiran.

Salah satu cara mengatasinya, adalah dengan melakukan mediasi. Mediasi telah dipercaya mampu memperbaiki sistem sirkulasi darah dari otak keseluruh tubuh. Serta meditasi juga dapat memberikan asupan energi dan memperlancar jalannya oksigen yang masuk ke otak terutama sistem kerja otak kanan. Oleh sebab itulah, jika anda mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide anda, cobalah untuk mempraktikkan olahraga meditasi ini secara benar dan teratur. Praktikan meditasi ini kurang lebih lima belas menit saja di tempat duduk anda. Setelah itu, rasakan manfaat yang muncul setelah anda melakukan meditasi. Biasanya setelah tubuh rileks, ide-ide baru akan muncul dengan sendirinya. Lakukanlah dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Berpikir positif

Banyaknya masalah dan beratnya pekerjaan membuat anda tidak bisa berpikir secara jernih. Terlebih jika permasalahan pekerjaan membuat anda pikiran anda menjadi stress. Stress inilah penyebab anda mengalami depresi dan berpikiran yang negatif. Pikiran-pikiran negatif ini dapat merugikan pekerjaan anda, rekan kantor, hingga perusahaan. Semakin anda larut dalam pikiran negatif semakin anda dekat dengan depresi. Nah, jangan sampai depresi menghampiri anda. Sebab, depresi sendiri dapat membahayakan kesehatan mental dan jiwa anda.

Untuk itu, meditasi adalah salah satu cara yang dapat anda terapkan untuk menghilangkan stress yang berlebih. Dengan melakukan meditasi secara teratur, anda dapat membuang jauh-jauh pikiran negatif yang selalu memenuhi otak anda. Sehingga jika anda merasa terbebani dengan pikiran negatif, segeralah melakukan meditasi untuk menghilangkan pikiran tersebut. Lakukan meditasi dengan teratur setiap seminggu tiga kali.

  • Mengembalikan energi yang hilang

Otak yang memiliki tingkat stress yang berlebih biasanya akan berdampak buruk pada stamina atau energi dalam tubuh. Terlalu sering stress dapat menguras energi yang banyak dalam tubuh anda. terlebih jika energi sudah habis maka tubuh akan kehilangan keseimbangan. Energi yang habis juga akan memperlambat kerja otak. Nah, jangan sepelekan masalah tersebut. sebab, hal itu akan membahayakan diri anda sendiri.

Meditasi ini sangat berguna untuk mengembalikan energi anda yang hilang. Lakukanlah meditasi dengan cara seperti melakukan yoga. Buat tubuh anda serileks mungkin. Ambillah napas dalam-dalam dan atur pola napas anda agar semakin rileks. Lakukan selama lima belas menit dan rasakan manfaat yang anda peroleh. Teknik meditasi seperti ini adalah teknik yang sederhana dan jauh lebih efektif dari meditasi yang ada. Meditasi ini juga manfaatnya tak kalah besar dari minuman berenergi yang dijual di pasaran. Serta sangat bagus digunakan karena tidak ada efek sampingnya.

  • Meningkatkan konsentrasi

Jika dalam dunia kerja anda sering mengeluh karena konsentrasi anda semakin hari semakin menurun, anda perlu mewaspadai bahwa anda mengalami stress dan depresi. Terkadang, banyaknya masalah yang ada dalam otak kita akan menghambat jalannya konsentrasi. Terkadang juga terlalu letih bekerja seharian juga dapat menghilangkan konsentrasi. Nah, jika anda mengalaminya saat ini, sebaiknya anda segera mengatasinya. Sebab, jika tidak pekerjaan anda akan terganggu dengan masalah anda. anda juga akan sering tidak fokus.

Hilangnya konsentrasi juga dapat anda atasi dengan melakukan meditasi. Dengan melakukan meditasi, otak mampu merefresh tubuh anda. Disela-sela pekerjaan, anda dapat menyempatkan melakukan meditasi. Anda dapat melakukannya sebelum anda mengerjakan pekerjaan yang menumpuk. Lakukanlah kurang lebih selama lima belas menit sebelum bekerja. Setelah itu, cobalah untuk meminum air putih. Nah, pasti konsentrasi anda akan meningkat. Sebab, meditasi dan air putih dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi yang hilang. So, ayo mencoba!

  • Mengatasi pikiran yang mudah stress/sindrom

Bagi anda yang sangat sering mengalami tingkat kepanikan yang sangat tinggi sebelum memulai bekerja atau presentasi, mungkin cara meditasi dapat anda praktikkan sebelum anda presentasi. Terlebih, jika anda adalah seseorang yang tidak memiliki rasa kepercayaan diri tinggi, pasti hal tersebut akan mudah menyerang anda.

Sebelum melakukan presentasi, lakukanlah meditasi sederhana dengan mengatur pola napas selama sepuluh menit hingga otak benar-benar rileks. Setelah itu, minumlah air putih untuk mengurangi grogi anda. Nah, rasakan hasilnya setelah anda presentasi. Anda akan mendapatkan rasa kepercayaan diri yang tinggi di depan umum. Sindrom mudah stress juga akan hilang secara perlahan-lahan jika anda selalu mempraktekkan meditasi ini sebelum anda presentasi atau berpidato di depan umum. Selamat mencoba!

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat meditasi bagi kesehatan tubuh dan karir yang dapat anda peroleh setelah melakukannya. Jika anda masih bingung dan belum menemukan cara melakukan meditasi yang benar, anda dapat menggunakan media buku panduan tentang meditasi. Dalam buku tersebut, biasanya dijelaskan cara meditasi yang baik dan benar. Tidak hanya buku, anda juga dapat memanfaatkan akun youtube atau internet lainnya dan mencari panduan tentang meditasi. Selain internet, anda juga dapat mengikuti kelas panduan meditasi di lingkungan sekitar anda. Ayo lebih utamakan kesehatan anda dengan melakukan meditasi dan rasakan manfaat yang terkandung.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.