Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis

Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Pada dasarnya bisnis bisa dimulai kapanpun, di manapun dan oleh siapapun. Tidak peduli apapun latar belakang pendidikan dan keluarga, seseorang bisa saja membangun sebuah bisnis atau usaha. Kesempatan setiap orang untuk mendirikan usaha itu sama, hanya saja hasil akhirnya yang berbeda.

Faktanya ada banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebab bisnis yang anda bangun menjadi sukses atau gagal. Sebagai orang yang ada di belakang kemudi bisnis anda, jelas anda tidak bisa meremehkan faktor-faktor tersebut jika anda benar-benar ingin memiliki bisnis yang tidak hanya kuat tapi juga memiliki prospek ke depan yang bagus.

Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis

Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis

Sumber: blog.worknplay.com

Seperti yang dibahas di awal ulasan ini bahwa ada cukup banyak faktor yang bisa mempengaruhi kelangsungan bisnis anda. Nah, salah satu faktor tersebut adalah tempat pendirian bisnis atau usaha. Sudah menjadi rahasia umum bahwa lokasi usaha seringkali menjadi penentu berhasil atau tidaknya bisnis anda. Masalahnya tidak semua orang beruntung dengan bisa memiliki tempat dengan lokasi strategis. Daripada anda bingung mencari tempat untuk mendirikan usaha, kenapa anda tidak memanfaatkan apa yang sudah anda miliki.

Kebanyakan orang sering tidak sadar bahwa sebenarnya mereka memiliki aset yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Hal ini wajar mengingat, mayoritas orang lebih fokus pada pencapaian orang lain dan muncullah keinginan untuk mengikuti jejak orang tersebut. Nah, salah satu aset pribadi yang biasanya sering dilupakan adalah lahan kosong. Faktanya, menyepelekan lahan kosong bukanlah hal yang tepat. Hal ini karena ada beberapa bisnis yang bisa anda kembangkan atau bangun di atas lahan kosong tersebut. Yuk simak  beberapa cara memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis berikut ini:

  1. Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Kontrakan

Kontrakan menjadi salah satu bisnis yang cocok untuk dibangun di lahan kosong. Selain termasuk dalam investasi jangka panjang, membangun kontrakan di lahan kosong yang anda miliki akan membuat anda memiliki penghasilan sampingan yang cukup besar dan stabil. Meskipun di awal pembangunan akan dibutuhkan dana yang tidak sedikit, tapi anda harus ingat bahwa ROA (Return on Asset) atau tingkat pengembalian mobal pada bisnis ini cukup menjanjikan.

Selain ROA yang menjanjikan, bisnis kontrakan juga memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Beberapa target pasar yang cocok untuk bisnis kontrakan ini adalah mahasiswa, pekerja atau karyawan, perantau, guru hingga keluarga-keluarga yang masih belum memiliki rumah sendiri.

Nah, untuk membangun kontrakan sebaiknya anda membangunnya dengan benar. jangan asal-asalan karena bisnis ini merupakan bisnis jangka panjang yang tentunya memberikan penghasilan sampingan yang stabil di masa depan. Ingat, pengeluaran seperti perbaikan dan biaya-biaya lainnya bisa cukup membebani jika anda tidak membangun rumah kontrakan dengan benar sejak awal.

Kemudian untuk desainnya, pastikan anda menyediakan kamar mandi, dapur, kamar, dan ruang tamu. Untuk jumlah kamar dan luas ruangan sebaiknya disesuaikan dengan luas lahan kosong. Jika memang kontrakan ini anda tujukan untuk digunakan oleh mahasiswa atau karyawan yang biasanya suka mengontrak bersama, maka anda bisa menambahkan jumlah kamarnya.

  1. Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Tempat Parkir

Bisnis kedua yang bisa anda bangun di lahan kosong adalah tempat parkir. Jika lahan kosong anda terletak di daerah pinggir kota, pusat kota atau dekat dengan terminal, stasiun dan tempat-tempat publik lain di mana banyak orang biasanya akan menitipkan sepeda. Maka pilihan untuk memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis tempat parkir sangatlah tepat.

Di kota-kota besar saat ini bisa kita lihat kemacetan yang terus saja menjadi permasalahan utama. Hal ini tentu membuat orang-orang merasa malas untuk membawa kendaraan sendiri kan? Mereka lebih suka berangkat dari rumah dengan kendaraan pribadi dan di satu titik mereka akan lebih memilih untuk berganti menggunakan transportasi umum. Nah, anda bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membangun tempat parkir di lahan kosong yang anda miliki.

Sebaiknya anda juga membangun tempat parkir yang memiliki atap dan bangunan khusus. Di mana atap pada tempat parkir ini bisa berfungsi sebagai pelindung kendaraan dari terpaan hujan atau panas matahari. Sedangkan untuk bangunan tertutup, mungkin anda bisa menggunakannya untuk penitipan kendaraan 24 jam.

  1. Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Disewakan Pada Pihak Lain

Penyewaaan lahan kosong kepada pihak ketiga bisa menjadi pilihan yang tepat jika anda tidak suka dengen pemeliharaan dan lain sebagainya. Pilihan bisnis ini juga cocok bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk mengurus bisnis sampingan. Jadi anda yang mungkin merupakan karyawan penuh di sebuah perusahaan, jika anda memiliki lahan kosong, maka anda bisa menyewakannya pada pihak lain. Berikut ini ada beberapa pihak yang biasanya membutuhkan lahan kosong dan anda bisa mencoba peruntungan dengan menawarkan lahan kosong anda pada mereka:

  • Pengusaha POM Bensin

Jika ada orang yang memiliki lahan kosong tapi tidak memiliki modal untuk mendirikan usaha, maka ada juga orang yang memiliki modal untuk mendirikan usaha tapi tidak memiliki lahan yang cocok. Nah, anda bisa mencoba memanfaatkan lahan kosong yang anda miliki untuk ditawarkan pada pengusaha POM bensin salah satunya. Caranya, anda bisa mendatangi kantor cabang Pertamina terdekat untuk menawarkan lahan kosong yang anda miliki. Nanti pihak Pertamina akan membuka atau memberikan anda jalan jika memang ada pengusaha POM bensin yang sedang kesulitan mencari lahan untuk mendirikan POM bensin.

  • Pemilik Pabrik

Selain untuk usaha POM bensin, nyatanya anda juga bisa menyewakan lahan kosong yang anda miliki kepada pemilik pabrik. Biasanya ada cukup banyak pemilik pabrik yang ingin meluaskan pabrik atau tempat usahanya namun belum menemukan lokasi yang sesuai. Selain itu, pemilik pabrik biasanya juga membutuhkan lahan kosong untuk mendirikan toko atau gudang sebagai salah satu bentuk pengembangan bisnis. Anda bisa mencari informasi tentang pemilik pabrik yang membutuhkan lahan kosong melalui internet. Atau anda juga bisa membuat iklan di internet atau membuat flyer (selebaran) agar informasi mengenai penyewaan lahan kosong milik anda lebih cepat tersebar.

  • Pengusaha Taxi atau Truk

Nah, opsi ketiga dalam penyewaan lahan kosong adalah pengusaha taxi atau angkutan truk. Anda tentu tahu bahwa biasanya pengusaha seperti ini akan membutuhkan tempat lapang untuk memarkirkan kendaraan-kendaraannya saat tidak beroperasi. Anda jelas bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menawarkan lahan kosong yang anda miliki untuk disewa oleh mereka. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, anda bisa dengan mudah menemukan informasi mengenai pengusaha taxi atau truk di wilayah anda.

  1. Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Budi Daya Tanaman Hias, Sayuran dan Buah

Apa Anda tahu bahwa tanaman, sayuran dan buah bisa menjadi obyek yang tepat untuk pemanfaatan lahan kosong anda? Simak ulasannya berikut ini:

  • Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias menjadi salah satu komoditi yang cukup menjanjikan. Anda mungkin akan lebih baik jika sudah memiliki pengetahuan tentang tanaman hias sebelum memulai bisnis ini. Tapi anda yang belum memiliki pengetahuan tentang hal ini pun tetap berpeluang untuk sukses dalam bisnis ini. Hal ini karena budidaya tanaman hias bisa dipelajari secara otodidak. Ada cukup banyak referensi yang bisa anda pakai, mulai dari buku hingga informasi yang ada di internet. Anda tinggal memilih informasi atau referensi mana yang anda butuhkan dalam bisnis yang akan anda jalankan.

Pangsa pasar bisnis budidaya tanaman hias bisa dibilang cukup luas lho. Bahkan anda juga bisa memasarkan lebih luas karena keberadaan internet yang memudahkan anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Saat ini cukup banyak orang yang tidak memiliki lahan cukup untuk membuat taman atau spot  hijau di sekitar rumahnya. Hal ini bisa dibilang sebagai salah satu faktor yang membuat permintaan akan tanaman hias semakin tinggi.

Beberapa jenis tanaman hias yang bisa anda budidayakan dan memiliki permintaan cukup tinggi di pasar adalah bonsai, bunga melati, bunga kemuning, kamboja, alamanda, bunga matahari dan lain sebagainya. Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias lain yang menurut anda memiliki prospek penjualan yang bagus.

  • Budidaya Sayuran dan Buah-Buahan

Selain digunakan sebagai tempat budidaya tanaman hias, anda juga bisa memanfatkan lahan kosong untuk bisnis budidaya sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan menjadi komoditi yang tidak pernah bisa turun pangsa pasarnya,  karena faktanya semua orang membutuhkan asupan gizi dan nutrisi dari sayuran setiap hari.

Untuk masalah cara budidaya sayuran dan buah ini, anda tidak perlu khawatir karena saat ini anda bisa dengan mudah menemukan referensi melalui buku ataupun internet. Bahkan jika anda mau mencari tahu, anda akan mendapatkan berbagai cara cepat dan baik untuk budidaya buah dan sayuran. Salah satunya adalah cara bercocok tanam dengan hidroponik. Cara yang satu ini membuat anda bisa memaksimalkan lahan kosong lebih optimal karena tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas, bahan-bahan mudah didapatkan dan cara penanaman yang mudah. Hasil yang diperoleh melalui hidroponik juga lebih cepat lho..

Beberapa jenis sayuran yang bisa anda coba untuk dibudidayakan adalah bayam, kol, ubi jalar, labu, jagung dan lain sebagainya. Kemudian untuk jenis buah yang bisa anda budidayakan seperti buah naga, mangga, sawo, alpukat, semangka, melon dan lain sebagainya.

  1. Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Apotek Hidup

Siapa bilang apotek hidup tidak bisa membawa keuntungan secara finansial untuk anda?

Siapa bilang apotek hidup tidak bisa membawa keuntungan secara finansial untuk anda? Faktanya, apotek hidup yang berisi dengan tanaman-tanaman obat alami menjadi salah satu komoditi yang layak untuk diperjual belikan. Apalagi saat ini semakin banyak orang yang sadar akan pola hidup yang lebih sehat. Mereka tidak lagi ingin bergantung pada obat-obatan kimia ataupun dokter. Banyak orang lebih memilih untuk mengkonsumsi air rebusan tanaman tertentu untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami daripada pergi ke dokter dan berakhir dengan mengkonsumsi obat-obat kimia.

Setiap orang memiliki pilihan hidup masing-masing termasuk dalam hal kesehatan. Menjaga pola makan hingga mengikuti gaya hidup sehat menjadi prioritas orang-orang di era modern saat ini. Anda yang kebetulan memiliki lahan kosong tentu tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan emas ini.

Ambil kesempatan ini dan berdayakan lahan kosong anda untuk budidaya apotek sehat. Ada cukup banyak tanaman herbal yang bisa tumbuh dengan baik di Indonesia dan ini jelas membuat jalan anda lebih mudah. Sebelum mulai penanaman, sebaiknya anda membuat denah terlebih dahulu. Pastikan setiap tanaman ditanam berkelompok sesuai dengan jenisnya agar anda lebih mudah dalam merawat dan memanennya nanti.

Kemudian, pastikan anda mebeli bibit berkualitas dan cukupi semua kebutuhan proses penanaman. Paling penting, anda harus mengenal karakteristik masing-masing tanaman agar anda tidak salah dalam merawatnya nanti. Selagi dalam proses pertumbuhan dan perawatan, anda bisa mulai mencoba promosi. Untuk masalah promosi ini, anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti medsos untuk melebarkan target pasar. Nah, jika tanaman-tanaman sudah siap untuk dipanen, maka anda bisa mulai mempersiapkan cara pengemasan dan pengiriman.

Dalam setiap bisnis pasti ada halangan atau kesalahan yang mungkin terjadi. Untuk itu anda tidak boleh menyerah jika sedang menghadapi kegagalan dan turunannya. Lakukan evaluasi dan cari solusi agar bisnis budidaya apotek hidup anda bisa berkembang.

Tips Memanfaatkan Lahan Kosong

Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis

Sumber: investasiuntung.com

Dalam memanfaatkan lahan kosong, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan. Tidak hanya berhenti pada poin pertimbangan,anda juga harus jeli dalam memanfaatkan lahan kosong seperti ini. Nah, untuk membantu anda agar bisa memaksimalkan pemanfaatan lahan kosong untuk bisnis, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda ikuti:

Pilih Bisnis yang Paling Sesuai

Tips pertama adalah memilih bisnis yang sesuai dengan kondisi dan lokasi lahan kosong yang anda miliki. Setiap lahan kosong memiliki potensi masing-masing dan anda harus jeli dalam melihat potensi ini. Jangan termakan oleh tren ataupun saran dari orang lain karena faktanya saran saja tidak cukup untuk membuat bisnis yang anda bangun bisa bertahan dan berkembang. Sebelum menjatuhkan pilihan, sebaiknya anda mulai melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui potensi dan cara terbaik untuk memanfaatkan lahan kosong yang anda miliki.

Beri Pembatas

Jika anda tidak berniat untuk memanfaatkan lahan kosong dalam waktu dekat, maka sebaiknya anda memberikan pembatas yang jelas di sekeliling lahan yang anda miliki. Intinya anda tidak boleh membiarkan lahan kosong mati tanpa ada penanda bahwa lahan tersebut ada pemiliknya. Selain bisa mencegah terjadinya kecurangan dari pihak lain dalam merebut lahan, memberikan pembatas juga membuat orang lain tidak sembarangan masuk ke dalam lahan kosong anda.

Kehadiran pembatas juga bisa meminimalisir terjadinya pemanfaatan lahan secara liar, mengingat anda tidak mungkin 24 jam bisa mengawasi lahan. Nah, untuk jenis pembatas yang bisa anda pertimbangkan untuk digunakan adalah pembatas kawat, seng hingga tembok. Jika anda melihat dari sisi kekuatan hingga keamanan maka menggunakan pembatas tembok adalah pilihan paling tepat. Tapi jika anda tidak memiliki dana lebih, maka pembatas berupa kawat atau seng sudah lebih dari cukup. Ini karena intinya anda hanya perlu menandai bahwa lahan kosong itu adalah milik anda.

Konsisten dan Komitmen Itu Penting

Dalam menjalankan bisnis apapun, anda membutuhkan konsistensi dan komitmen yang kuat. Jangan memanfaatkan lahan kosong anda untuk membangun bisnis jika memang anda tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk mengelolanya. Intinya sebuah bisnis bisa anda anggap sebagai anak di mana mereka harus diperhatikan, dirawat dan dijaga agar bisa berkembang dan bertahan di dunia.

Semoga informasi mengenai memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis di atas bermanfaat untuk anda semua

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

3 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.