Mengapa Pebisnis Harus Bangun Pagi

Ungkapan rejeki bakal dipatok ayam jika tidak suka bangun pagi memang ada benarnya. Pasalnya tak sedikit pengusaha sukses yang memiliki kebiasaan bangun pagi. Ternyata ungkapan ini bukanlah omong kosong belaka malah memiliki filosofi tersendiri. Ada alasan kenapa anda yang bercita-cita menjadi pebisnis harus punya kebiasaan bangun pagi yang bisa anda simak dibawah ini:

Mampu Menangkap Kesempatan Lebih Banyak

Seorang pebisnis yang handal tentu mampu mencari peluang ada kesempatan yang ada. Dengan rajin bangun pagi anda bisa memiliki waktu menangkap kesempatan tersebut lebih panjang yakni mulai dari pagi hingga malam hari. Anda bisa mencari rejeki lebih lama ketimbang bangun kesiangan. Dengan begitu anda mendapatkan waktu yang cukup untuk mencari rejeki dengan bangun pagi.

Mood Lebih Baik

Beberapa orang terbiasa bekerja berdasarkan moodnya seperti para penulis. Dengan bangun pagi maka anda bisa memaksimalkan menghasilkan hormone serotonin. Hormone ini bertugas menjaga keseimbangan mental dan suasana hati atau  sering disebut dengan mood. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh universitas Roehampton, Inggris menyimpulkan bahwa bangun pagi bisa membuat mood jadi lebih baik. Tak heran jika orang yang suka bangun pagi akan lebih ceria dan bahagia ketimbang mereka yang bangun kesiangan.

Punya Waktu Untuk Berolahraga

Selain itu dengan bangun pagi anda juga punya waktu untuk berolahraga. Bagi pebisnis penting untuk menjaga kesehatan agar mampu menghadapi berbagai kendala yang ada. Anda juga tidak bisa bekerja apabila kesehatan tidak terjaga. Waktu terbaik untuk berolahraga ialah pada pagi hari sebelum anda menjalankan aktivitas lainnya. Untuk berolahraga anda bisa memilih olahraga ringan seperti jogging ataupun senam.

Pikiran Lebih Fresh dan Tenang

Pagi hari bisa dibilang sebagai hari yang tenang setelah semalaman beristirahat. Pikiran anda juga lebih fresh dan segar. Anda lebih mudah menciptakan ide-ide segar yang bisa digunakan untuk bisnis anda. Pikiran yang segar membantu anda menemukan solusi dari masalah usaha yang sedang dihadapi. Anda juga tidak mudah stress sehingga tidak mudah terkena depresi.

Memiliki Waktu Untuk Persiapan Kerja

Selanjutnya bangun pagi juga membantu anda dalam mempersiapkan pekerjaan anda. Alhasil anda tidak terburu-buru dan tak melewatkan hal-hal yang perlu dilakukan pada hari itu.  Anda tidak terburu-buru memulai aktivitas. Dengan persiapan kerja yang matang akan membuat anda bekerja lebih efisien dan terstruktur.

Anda Punya Waktu Untuk Berdoa

Selain itu anda juga punya waktu untuk berdoa sebelum memulai aktivitas. Doa mampu membuat pikiran anda jadi lebih termotivasi dan tenang. Apalagi umat Islam memiliki kewajiban untuk melakukan sholat shubuh di pagi hari. Anda bisa berdoa untuk kelancaran bisnis yang sedang dijalankan.

Menyehatkan Tubuh

Kebiasaan bangun pagi ternyata memiliki manfaat mampu menyehatkan jantung dan paru-paru. Selain itu otak juga bisa bekerja dengan maksimal ditambah meningkatkan daya ingat. Bangun pagi juga mampu melancarkan peredaran darah anda serta sistem imunitas juga ikut meningkat. Kulit anda juga jadi awet muda dan mampu menghindari penyakit kuning.

Tips Agar Bisa Bangun Pagi

Sumber : https://hellosehat.com/

Bagi anda yang ingin membiasakan diri untuk bangun pagi ada kok caranya. Anda yang semula bangun kesiangan juga bisa terbiasa bangun pagi. Berikut beberapa tips untuk anda yang ingin terbiasa bangun pagi dibawah ini !

  • Jangan Tidur Kemalaman

Anda sulit bangun pagi bisa saja karena waktu istirahat anda terlalu malam. Waktu yang dibutuhkan untuk istirahat normal setiap individu ialah 7-8 jam sehari. Biasakan untuk tidak tidur terlalu larut malam. Apabila ada pekerjaan yang memiliki deadline dalam jangka waktu pendek maka persiapkan dari jauh-jauh hari. Hindari sistem kebut semalam yang tidak baik untuk pekerjaan dan tubuh anda.

  • Pasang Alarm

Selanjutnya tidak lupa memasang alarm sebelum anda tidur. Apabila anda merupakan individu yang kurang sulit untuk bangun maka pasang alarm beberapa kali. Setting volume alarm sedang dan jauhkan alarm dari jangkauan anda. Dengan begitu anda akan tidak mudah untuk mematikan alarm dan kembali tidur lagi.

  • Atur Cahaya Mudah Masuk Ke Kamar Anda

Selanjutnya atur tempat tidur anda mudah terkena sinar matahari agar ketika pagi datang anda bisa dengan mudah mengenalinya. Biasakan diri anda untuk tidur dalam gelap agar terbiasa mengenali pagi hari.

  • Kurangi Tidur Terlalu Lama Di Siang Hari

Tidur di siang hari memang membuat badan anda lebih segar namun biasakan tidur siang hanya 1 jam saja. tidur siang terlalu lama malah akan membuat anda kesulitan untuk beristirahat di malam harinya.

  • Hindari Minum Kopi Perbanyak Air Putih

Sebelum tidur jangan membiasakan diri untuk meminum kopi. Kandungan kafein pada kopi akan sulit membuat anda mengantuk. Cobalah untuk meminum segelas air atau susu hangat sebelum tidur. Susu hangat akan mudah menenangkan pikiran anda yang sedang kalut atau tegang. Air putih mampu mengurangi dehidrasi yang anda derita di malam hari. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang besar akan mencegah anda makan berlebihan keesokan harinya.

  • Buat Tidurmu Berkualitas

Bangun kesiangan bisa saja karena kualitas tidurmu tidak maksimal. Mungkin saja anda merasa tidak nyaman sehingga tidak cukup waktu tidurnya. Untuk itu penting membuat tidur anda lebih nyaman dengan membuat tempat tidur bersih dan rapi. Tidak lupa untuk menggunakan perlengkapan tidur yang nyaman seperti bantal, guling maupun selimut.

  • Jadwalkan Olahraga Setelah Bangun Pagi

Usahakan untuk menjadwalkan olahraga pagi setelah bangun tidur. Dengan berolahraga tubuh dan pikiran anda jadi lebih segar dan bugar. Tubuh yang bugar akan membuat anda tidak mudah mengantuk dan siap menghadapi pekerjaan hari ini.

  • Konsumsi Melatonim

Terakhir, konsumsilah melatonim untuk memudahkan anda tidur di malam hari. Anda bisa mengkonsumsi melatonim dalam dosis rendah sekitar 0.5 mg saja. minumlah melatonim enam jam sebelum tidur dan jangan membiasakan diri untuk makan sebelum tidur.bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes dan penyakit imun lainnya maka konsultasikan kepada dokter sebelum meminum melatonim.

Pebisnis Sukses Yang Hobi Banget Bangun Pagi

Pebisnis sukses ini ternyata juga hobi bangun pagi. Siapa tahu kesuksesannya juga bisa menghampiri anda yang kini sedang merintis usaha. Yuk simak siapa saja pebisnis sukses yang dimaksud berikut ini!

Jack Dorsey

Anda pengguna twitter/ jika iya pasti kenal dengan sosok Jack Dorsey yang menjabat sebagai CEO Twitter.  Pria kelahiran 19 November 1976 dikenal memiliki kebiasaan bangun pagi. Ia dahulunya seorang programmer dan pendiri Square Inc. ia mulai belajar bahasa pemograman computer saat menginjak usia 15 tahun. Walau pernah belajar di University of Science and Technology dan New York University sayangnya ia tak pernah menyelesaikan perkuliahannya.  Walau sudah berumur CEO satu ini juga jago dalam berbusana dan memiliki lisensi tukang pijat professional. Jack Dorsey sendiri sering bangun pagi sekitar 05.30 yang dilanjutkan dengan jogging di sekitar rumahnya.

Howard Schultz

Selanjutnya ada pebisnis sukses yakni Howard Schultz yang merupakan CEO dari Starbucks. Starbuck merupakan kedai kopi paling sukses yang pernah ada. Ia tak hanya tersedia di spot yang dekat dengan fasilitas public saja namun juga menempati spot di badan intelijen Amerika Serikat. Howard tak hanya dikenal sebagai pebisnis handal namun juga seorang penulis handal.  Walau kini ia dikenal sebagai pria yang sukses dan kaya raya namun sebenarnya ia dibesarkan di keluarga yang miskin. Ayahnya hanyalah supir truk  dan karena nilai tinggi dalam pelajaran olahraga ia pun mendapatkan beasiswa ke perguruan tinggi.

Bob Iger

Bob Iger merupakan CEO The Walt Disney Company yang lahir pada 10 Februari 1951. Nama lengkapnya ialah Robert Allen Iger dan menjabat sebagai CEO The Walt Disney sejak 2005. Awalnya ia bekerja di ABC pada tahun 1974 sampai 1999 kemudian pindah ke Walt Disney. Bob Iger sering wira wiri diberbagai media karena dinilai sangat cakap dalam menjabat sebagai CEO The Walt Disney. Ia pun sering diklaim sebagai salah satu orang paling berpengaruh dibidang bisnis.  Setiap hari ia memulai harinya sejak pukul 04.30 pagi dengan membaca koran maupun berolahraga.  Bob Iger juga sering dikenal sebagai sosok yang multitasking.

Dan Akerson

Dan Akerson merupakan salah stau pebisnis sukses yang banyak menginspirasi pengusaha muda. Ia merupakan CEO General Motors yang lahir pada 21 Oktober 1948. Dan terbiasa bangun pada pukul 04.30 pagi karena harus berkomunikasi dengan pihak GM Asia. Ia bahkan mengaku bahwa pekerjaan sebagai CEO general motor merupakan pekerjaan yang terbaik yang pernah ia miliki. Walau pekerjaan tersebut rumit namun sangat menyenangkan. Pria lulusan United States Naval Academy dan London School of Economics ini juga pernah menjadi bagian penting dalam perusahaan American Express.

Ursula Burns

Tidak mudah bagi seorang wanita untuk bisa menjadi CEO di sebuah perusahaan. Ursula M. Burns menjadi salah satu wanita berkulit hitam pertama yang mampu masuk dalam fortune 500. Burns dibesarkan dengan banyak kesulitan karena orang tuanya merupakan orang tua tunggal. Ibunya bekerja menjalankan daycare dan menerima pesanan setrika pakaian. Karirnya dimulai saat ia magang di Xerox pada tahun 1980 dan ia pun berhasil menamatkan program pasca sarjana di jurusan teknik pada 1981. Pada tahun 1990 Wayland Hick yang merupakan senior executive di Xerox menawarkan posisi executive assistant. Setelah itu karirnya terus menanjak dan membawanya pada kesuksesan saat ini. Ursula memiliki kebiasaan untuk bangun pada 05.15 lalu mengecek emailnya. Ia kemudian melanjutkan aktivitas paginya dengan olahraga pada pukul 06.00 pagi hingga pukul 07.00 pagi.

Paul Polman

Satu lagi orang sukses yang punya hobi bangun pagi ialah Paul Polman. Paul merupakan CEO dari Unilever yang biasa bangun pagi sekitar pukul 06.00 pagi.  Ia baru saja pensiun dari jabatannya sebagai CEO Unilever tahun lalu.  Paul Polman ini punya kebiasaan unik yakni olahraga lari dengan treadmill di kantornya. Menurut Paul dengan bangun pagi anda bisa mencegah kejenuhan bekerja seharian. Pria kelahiran 11 Juli 1956 ini ternyata banyak menginspirasi pebisnis muda untuk berani terjun ke dunia bisnis. Polman dulunya bekerja pada Procter & Gamble lalu pindah ke Nestle kemudian setia dengan Unilever hingga pensiun.

Beragam Makanan dan Minuman Yang Menjaga Kualitas Tidur Anda

Mungkin beberapa dari anda mengalami kesulitan tidur karena kurang nyenyak saat tidur. Untuk membuat kualitas tidur anda terjamin sebenarnya bisa melalui menjaga makanan yang anda konsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat anda lebih nyenyak saat beristirahat. Beberapa makanan tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

Salmon

Ikan salmon merupakan bahan makanan yang bisa membantu anda tidur nyenyak di malam hari. Salmon mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan otak anda. Salmon mampu menurunkan tingkat kecemasan dan memudahkan anda tidur. Salmon juga berkhasiat mengurangi berat badan, sumber lemak sehat dan menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu saja salmon juga mampu dijadikan sumber mineral dan vitamin serta anti inflamasi. Di waktu cuaca sedang dingin daging salmon juga mampu menghangatkan tubuh anda dan bisa dijadikan pelumas sendi.

Teh Hijau

Bagi anda yang terbiasa minum kopi namun enggan meminum air putih bisa mengganti minuman kafein anda dengan teh hijau. Kafein dalam kopi malah membuat anda tidak bisa sulit tidur. Hal ini berbeda dengan teh hijau karena mengandung theanine sehingga membantu anda mudah tertidur. Selain teh hijau ternyata teh chamomile juga memiliki manfaat yang serupa. Teh hijau juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit anda. Minuman ini juga mampu meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolism tubuh anda.

Pisang

Jika anda mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari biasakan untuk mengkonsumsi buah pisang sebelum tidur. Pisang mengandung magnesium dan potassium yang baik untuk membuat otot menjadi lebih rileks. Pisang juga memiliki zat triptofan yang mampu menjadi serotonin dan melatonin yang berfungsi menenangkan hormone otak. Pisang juga sangat baik untuk pencernaan anda dan mengandung serat tinggi. Pisang juga mampu meredakan nyeri ulu hati dan sumber makanan yang baik.

Almond

Almon juga mampu membantu anda tidur nyenyak dan lebih berkualitas. Almond memiliki magnesium yang mampu mempermudah anda tidur. Kacang almon juga memiliki banyak nutrisi diantaranya ialah vitamin B dan vitamin E. kacang almond mampu mengurangi risiko kanker usus besar dan membuat anda kenyang lebih lama. Kacang almond juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol serta menstabilkan tekanan darah.

Jus Cherry

Selanjutnya ada jus cherry yang ampuh meningkatkan waktu tidur anda hingga 90 menit. Cukup dengan mengonsumsinya di pagi hari dan dua jam sebelum tidur saja. buah cherry juga mampu melindungi anda dari penyakit yang serius dan mencegah radikal bebas. Minuman ini juga mampu mengurangi risiko diabetes dan kanker serta kaya akan vitamin C dan kalium. Bagi anda yang mengalami insomnia sangat dianjurkan untuk meminum jus ini agar mampu membantu anda mudah tidur.

Selain makanan diatas masih banyak lagi jenis makanan lainnya yang mampu membantu anda tidur. Selain memperhatikan makanan yang anda konsumsi perhatikan pula kenyamanan tempat tidur anda. Gunakan sandaran atau bantal yang nyaman dan tidak mencederai bagian kepala anda. Hindari untuk bergadang karena membuat anda mudah lelah keesokkan harinya. Semoga artikel diatas bisa menginspirasi anda ya!

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.