Mengejar Beasiswa LPDP

LPDP singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan bangsa Indonesia. Lembaga ini bertugas untuk mengelola dana abadi pendidikan, dan hasil pengelolaannya disalurkan dalam bentuk berbagai program pendidikan, salah satunya beasiswa pendidikan. LPDP bekerja di bawah pengawasan 3 kementerian sekaligus yakni Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Agama.

Beasiswa LPDP ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan.

Meski dibiayai langsung oleh pemerintah, beasiswa ini bukanlah ikatan dinas. Namun, awardee atau calon penerima beasiswa yang mengambil studi di luar negeri wajib kembali ke Indonesia setelah studi selesai dengan menandatangani surat pernyataan yang sudah disiapkan.

Jenis beasiswa yang ditawarkan
Program beasiswa dari LPDP terdiri dari program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga. Jadi program beasiswa untuk tingkat sarjana atau S1 tidak disediakan oleh LPDP.

Masa studi untuk program Magister maksimal adalah 2 tahun dan untuk program Doktor 4 tahun. Jika melebihi masa waktu tersebut tentu saja bisa dikenakan penalti bagi pemegang atau penerima beasiswa tersebut.

Bidang Ilmu Prioritas dari LPDP
Beberapa Bidang ilmu yang menjadi prioritas dari LPDP saat ini adalah : Bidang Teknik, Bidang Sains, Bidang Kelautan dan Perikanan,  Bidang Pertanian, Bidang Kedokteran dan Kesehatan,  Bidang Akuntansi dan Keuangan, Bidang Hukum,  Bidang Agama,  Bidang Pendidikan,  Bidang Sosial, Bidang Ekonomi, Bidang Budaya, Seni dan Bahasa, Bidang lainnya.

Proses dan Waktu Pelaksanaan Seleksi
Proses Seleksi :
Daftar Online –> Pengumuman Seleksi Administrasi –>  Wawancara –> Pengumuman Hasil Wawancara –> Program Kepemimpinan (PK) –> Pengumuman Kelulusan

Waktu Pelaksanaan :
Program Magister dan Doktoral dibuka sepanjang tahun, dengan proses seleksi yang dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak LPDP dimana jadwalnya dapat dilihat di website http://www.lpdp.kemenkeu.go.id

Biaya yang di tanggung :
Pendaftaran/ admission fee / registration fee (at cost);
SPP/tuition fee (at cost); (tidak termasuk matrikulasi bahasa & non bahasa, semester pendek dan studi lapangan (field study));
Non-SPP, yang dapat digunakan untuk tunjangan buku; penelitian tesis atau disertasi yang berbasis riset; seminar/konferensi/lomba yang bertaraf internasional; publikasi jurnal internasional; atau wisuda (paket, per tahun, akumulatif).

Biaya Pendukung :
a. Transportasi keberangkatan dan kepulangan studi dari asal domisili ke perguruan tinggi tujuan (satu kali, at cost);
b. Asuransi kesehatan dasar (hanya untuk penerima beasiswa);
c. Visa / resident permit (at cost: pilih salah satu);
d. Hidup bulanan/living allowance (paket);
e. Tunjangan keluarga/family allowance, (paket);
f. Kedatangan/settlement allowance (paket);
g. Keadaan darurat/force majeure yang disetujui LPDP.

Apa yang perlu dipersiapkan untuk mendaftarkan beasiswa ini?
Pastikan di awal tahun anda sudah mulai apply ke universitas tujuan. Dan kampus tujuan termasuk dalam daftar universitas pilihan LPDP. Jika pun universitas pilihan tidak masuk, pastikan anda mempunyai alasan kuat dan logis, sehingga dapat diproses. Sebaiknya tentukan pilihan kampus lebih dulu, baru mendaftar LPDP. Selain itu pastikan juga waktu mendaftar anda yakin jadi tidak menjadikan ajang untuk coba-coba saja karena ada batasan maksimal berapa kali jumlah mendaftar.

Untuk Persyaratan Umum, Khusus, dan ketentuan lainnya anda bisa mendapatkan informasi di Website resmi beasiswa LPDP: www.lpdp.kemenkeu.go.id

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.