Mengenal Bank Perkreditan Rakyat

Setiap orang pasti memiliki kemampuan ekonomi yang berbeda-beda. Ada orang dengan tingkat ekonomi diatas, menengah, dan bawah. Perbedaan kemampuan inilah yang kemudian menjadikan mereka berupaya untuk melakukan segala cara untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sayangnya, mencari pekerjaan pun tidak semudah yang dibayangkan. Persaingan dengan banyak orang, ditambah semakin menipisnya lapangan pekerjaan lagi-lagi mengharuskan seseorang untuk memutar otak. Pilihan membuka usaha pun kadang sempat terbesit, namun tingginya modal yang harus dikeluarkan ditengah himpitan ekonomi membuat banyak orang enggan untuk mencobanya. Padahal, ada banyak pihak yang dapat memberikan bantuan modal usaha dengan sangat mudah. Salah satu bank yang melayani peminjaman uang untuk usaha perorangan adalah Bank Perkreditan Rakyat atau BPR

Daftar gratis di Olymp Trade:

Bank Perkreditan Rakyat

Apa itu bank BPR?

Bank Perkreditan rakyat atau BPR merupakan bank yang banyak dikenal melayani pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah.BPR sebenarnya sudah telah ada di Indonesia sejak zaman dulu. Pembentukan BPR dimaksudkan untuk membantu para petani, pegawai, karyawan, dan buruh dari jeratan hutan dari rentenir. Sebelum adanya BPR banyak orang meminjam uang untuk usahanya melalui rentenir dengan bunga yang cukup tinggi.

Sumber: http://2.bp.blogspot.com/

Fungsi BPR

Secara umum BPR dibentuk dengan fungsi sebagai penyalur kredit kepada para pengusaha mikro, kecil, dan menengah. Selain itu BPR juga menerima simpanan uang dari masyarakat. Penyaluran kredit BPR terhadap masyarakat biasanya menggunakan prinsip 3T, yakni tepat waktu, tepat jumlah, serta tepat sasaran. Hal ini karena, proses kredit terjadi dalam jangka waktu yang relative cepat, dengan persyaratan yang sederhana, sehingga diharapkan dapat mencapai sasaran yang tepat. Jenis Pelayanan Yang Diberikan BPR Selain memberikan pinjaman modal kepada nasabah, BPR juga memberikan beberapa pelayanan lain, diantaranya :

– Menghimpun dana masyarakat dalam bentuk deposito berjangka, tabungan dan atau bentuk lain yang bisa dipersamakan dengan deposito.

– Memberikan kredit dalam bentuk kredit modal kerja, kredit investasi, serta kredit konsumsi kepada nasabah.

Apakah BPR Bisa Membuka Kantor Cabang?

Menurut peraturan Bank Indonesia, BPR diberikan kesempatan untuk melakukan pengembangan pada seluruh daerah di Indonesia melalui pembukaan kantor cabang atau kantor kas. Sehingga diharapkan kemudahan BPR dapat dirasakan oleh semua masyarakat, terlebih bagi mereka yang ingin membuka usaha mikro, kecil, dan menengah.

Bagaimana Sistem Keamanan Menyimpan Uang Di BPR?

Bagi anda yang berniat menyimpan uang di BPR jangan takut untuk melakukannya, sebab BPR milik pemerintah telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai dengan ketentuan serta persyaratan yang telah ditetapkan dan berlaku. Sehingga tidak ada salahnya jika anda ingin mengimpan uang disana atau mendepositokan uang di BPR. Meskipun begitu, anda diharapkan memperhatikan betul jenis BPR yang akan pilih. Disarankan untuk menyimpan uang pada BPR milik pemerintah, jangan BPR swasta. Hal ini karena pada beberapa kasus, banyak BPR swasta yang mendadak bangkrut, sedangkan banyak uang nasabah yang masih tersimpan disana. Sehingga akhirnya, banyak pula nasabah yang kehilangan uangnya puluhan bahkan ratusan juta tanpa kembali. BRP memang memberikan banyak kemudahan terhadap masyarakat menengah ke bawah.

Anda pun diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah untuk membuah suatu usaha demi memajuka taraf hidup dan keluarga. Bahkan jika usaha yang anda kelola sudah berjalan semakin besar, bukan tidak mungkin jika usaha anda tersebut dapat memberikan peluang pekerjaan bagi orang-orang sekitar sehingga manfaatnya sangat besar. Maka dari itu ayo memulai usaha dengan cara yang mudah, aman, dan terpercaya.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.