Mengenal Growth Hacking

Pernahkah anda mendengar istilah Growth Hacking ? Growth Hacking merupakan suatu metode pemasaran yang dikembangkan dengan mengandalkan kreativitas, analisis, metric-metrik social yang sering digunakan untuk memasarkan nama perusahaan atau menjual produk. Metode ini menggunakan gabungan antara pemasaran dan kemampuan teknis. Kemampuan teknis disini berupa keahlian dalam Search Engine Optimization, konten pemasaran, analisi website serta, A/B testing. Menggunakan metode ini, sebuah perusahaan dapat dapat dengan mudah mengembangkan bisnis tanpa membuang banyak dana dan waktu.

Growth Hacking

Mengapa Growth Hacking Penting ?

Daftar gratis di Olymp Trade:

Sebuah perusahaan, pemilik usaha besar maupun kecil pasti memerlukan pemasaran untuk menarik para konsumen. Pemasaran sangat penting dilakukan demi mempertahankan kelangsungan bisnis dan meningkatkan pendapatan ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Tanpa pemasaran, jelas produk yang ditawarkan pasti tidak akan menghasilkan keuntungan yang besar. Selain tentang pemasaran, hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan adalah mengenai dana.

Sumber: https://www.webtures.com

Demi menerapkan pemasaran yang baik dan matang biasanya perusahaan atau pemilik usaha akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Jika perusahaan tidak memiliki dana cukup besar untuk melakukan pemasaran, inilah permasalah yang perlu diatasi. Disinilah Growth Hacking memiliki peranan yang sangat penting, yakni melakukan pemasaran dengan biaya seminimal mungkin. Metode ini memang masih jarang digunakan, namun tahukah anda jika Twitter, Facebook, dan AIiBnb ternyata telah menggunakan metode ini sebelum akhirnya mereka menjadi perusahaan besar.

Bagaimana Menerapkan Growth Hacking untuk Pengembangan Startup ?

Sesungguhnya untu menerapkan metode Growth Hacking ada beberapa strategi khusus yang harus dipersiapkan. Salah satunya yakni dengan menawarkan produk secara gratis. Siapa yang tidak mau diberi produk secara gratis ? tentu semua orang mau, dan alhasil cara ini ampuh menarik banyak pelanggan. Selain itu, strategi lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat program referensi. Strategi ini telah dilakukan oleh stratup penyedia jasa secara online, serta Dropbox dengan memberikan kesempatan memperbesar jumlah kapasitas penyimpanan data. Strategi selanjutnya ada dengan menciptakan eksklusivitas. Eksklusivitas biasanya diberikan demi memberikan perasaan special pada setiap orang. Hampir sama dengan strategi pertama, strategi ini juga ampuh menarik perhatian pelanggan.

Syarat Menerapkan Growth Hacker ?

Siapapun bisa menerapkan growth hacker, asalkan memiliki logika yang kuat terhadap kemungkina pemasaran yang mungkin terjadi, analasis data, serta kekuatan berada didepan computer selama berjam-jam. Beberapa orang menganggap menjadi growth hacker merupakan suatu yang gampang-gampang susah. Cara ini dinilai tidak konvensional untuk mempercepat pertumbuhan, tapi tetap dibutuhkan kemampuan berfikir yang cemerlang serta kekuatan jiwa. Metode Growth Hacking sudah diterapkan sejak dulu oleh perusahan-perusahaan digital di Amerika. Hanya saja metode ini belum banyak digunakan.

Baru setelah Facebook, Twitter dan sebagainya menggunakan metode ini, banyak perusahaan yang kemudian menerapkan metode ini. mengingat metode ini memberikan peran dan keuntungan yang sangat besar, andapun tidak ada salahnya menggunakan metode ini demi meningkatkan pendapatan perusahaan atau usaha anda. Menggunakan metode apapun dalam berbisnis sebenarnya sah-sah saja. Asalkan segala sesuatu yang menjadi kendala bisa anda selesaikan dengan baik.

Toh pada akhirnya yang menjadi tujuan utama adalah menarik pelanggan, mendapatkan penghasilan atau laba sebanyak mungkin, serta mempertahankan pelanggan. Jika tujuan ini sudah tercapai berarti strategi pemasaran yang anda terapkan telah berhasil. Selain itu, salah satu hal utama yang harus dilakukan untuk melakukan strategi pemasaran adalah persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Jika sudah begini apapun kendala pemasaran anda pasti bisa teratasi dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jika anda berniat tidak adal salahnya mencoba metode Growth Hacking dengan persiapan yang matang.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.