Mengenal Prospek Teknologi Blockchain Di Masa Depan

Di era yang semakin canggih tentunya membawa pengaruh besar bagi berbagai bidang mulai dari sosial hingga bisnis. Adanya teknologi membantu aktivitas bisnis kian lebih cepat dan efektif serta dapat dilakukan di manapun tanpa harus bertatap muka. Kini mulai hadir pula beragam alat pembayaran bahkan ada yang tidak memiliki bentuk fisik seperti uang virtual. Mungkin beberapa dari anda masih belum mengetahui uang virtual yang dimaksud. Yuk kenal lebih dekat dengan uang virtual dan kegunaannya bagi kehidupan manusia.

Cryptocurrency

Uang virtual atau biasa dikenal dengan sebutan cryptocurrency ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun belakangan ini. Seperti namanya uang jenis ini bisa diperdagangkan bahkan secara global. Berbeda dengan uang moneter yang dimiliki dan diatur oleh pemerintah dari negara tersebut namun cryptocurrency tidak dimiliki oleh pihak manapun. Cryptocurrency berdiri sendiri serta tidak memiliki bentuk fisik layaknya uang moneter. Biarpun tak memiliki bentuk fisik cryptocurrency juga bisa ditukarkan ke mata uang manapun dan dapat membayar tagihan merchant tertentu. Kelebihan dari cryptocurrency sendiri ialah sebagai berikut :

Daftar gratis di Olymp Trade:

  • Lebih murah

Dalah satu kelebihan cryptocurrency ialah memiliki biaya administrasi yang lebih murah ketimbang anda menggunakan jasa bank cryptocurrency selain mampu digunakan sebagai alat pembayaran juga bisa ditransfer ke rekening bank yang anda miliki degan menukarkannya di bursa perdagangan cryptocurrency terlebih dahulu.

  • Lebih cepat

Keunggulan lainnya dari cryptocurrency ini ialah prosesnya yang lebih cepat. Apabila di bank untuk transfer uang saja bisa memakan waktu seharian akan dengan cryptocurrency hanya butuh hitungan menit. Paling cepat untuk proses transaksinya memakan waktu 2.5 menit.

  • Lebih aman

Menyimpan cryptocurrency lebih aman ketimbang anda menyimpan uang moneter. Pasalnya cryptocurrency tersimpan secara online dan tidak memiliki wujud fisik. Hal ini memperkecil tindakan pencurian dan perampokan. Anda juga terhindarkan dari penipuan yang palsu yang marak terjadi beberapa waktu belakangan ini.

  • Praktis

Memakai cryptocurrency dinilai lebih praktis ketimbang alat pembayaran lainnya. Hal ini dikarenakan dapat digunakan di manapun dan kapanpun. Cryptocurrency mengandalkan sistem online untuk bertransaksi. Selama anda bisa mengakses internet maka anda dengan mudah menggunakan alat pembayaran jenis ini.

  • Layak jadi investasi

Cryptocurrency bukan hanya sekedar alat pembayaran saja namun juga bisa digunakan untuk investasi. Salah satu cryptocurrency dengan nilai paling tinggi saat ini ialah bitcoin yang per keping ya dihargai $7000-$11000. Satu keping bitcoin cukup untuk membeli satu unit mobil baru.

  • Bisa ditukar langsung ke mata uang manapun

Keunggulan lainnya dari cryptocurrency ialah bisa anda tukarkan ke jenis mata uang manapun tanpa harus khawatir timbul selisih kurs. Nilai tukar anda akan lebih bernilai tinggi karena cryptocurrency tidak dimiliki oleh Nagara atau pihak manapun.

  • Memakai teknologi canggih

Cryptocurrency juga sangat sulit untuk diretas karena teknologi yang dipakai sangat canggih. Untuk sistem pembukuannya saja ia mengandalkan blockchain sehingga lebih transparan dan terupdate. Teknologi blockchain juga sangat diminati oleh berbagai pihak seperti Microsoft maupun Facebook yang ingin mengimplementasikannya pada produk mereka.

Macam-Macam Cryptocurrency

lebih jauh mengenal seperti apa teknologi blockchain itu ada baiknya anda mengetahui dulu j bisa cryptocurrency yang beredar saat ini. Jenis cryptocurrency memang ada ribuan namun dari ribuan cryptocurrency tersebut ada beberapa yang difavoritkan. Seiring semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan cryptocurrency maka tak sedikit pula yang menerbitkan cryptocurrency baru. Banyak diantara cryptocurrency tersebut harus tenggelam karena sepi peminat. Berikut beberapa cryptocurrency yang memiliki nilai tinggi dan banyak diperdagangkan di bursa cryptocurrency:

  1. Bitcoin

Bitcoin merupakan cryptocurrency paling berpengaruh ketimbang uang virtual lainnya. Ia merupakan pelopor cryptocurrency yang dilaunching pada 2009 silam oleh Satoshi Nakamoto. Sosok founder ya sendiri juga sangat misterius karena sampai saat ini belum ada yang mengetahui seperti apa Satoshi Nakamoto sendiri. Kabarnya karena naiknya harga bitcoin hingga ribuan dolar per keping membuat ia masuk dalam 5p orang terkaya di dunia. Bitcoin memiliki nilai jual pakaian tinggi dibanding cryptocurrency lainnya.

  1. Ethereum

Cryptocurrency lainnya yang tak kalah populer ialah ethereum yang ditemukan oleh vitalik buterin. Ia menemukan cryptocurrency ini saat masih berusia 20-an. Ethereum merupakan salah satu projects ICO yang cukup berhasil. Kelebihan ethereum ini ialah adanya smart contrack yang memungkinkan pemiliknya mengatur sistem ethereum itu sendiri. Misalnya anda menginginkan laporan ethereum untuk kegiatan arisan yang mana memakai uang virtual ini sebagai bahan arisannya. Anda bisa dengan mudah mengatur secara otomatis laporan atas potongan iuran arisan dan menstranfernya langsung ke pemenang.

  1. Litecoin

Selanjutnya ada cryptocurrency bernama litecoin yang ditemukan oleh Charles Lee. Charles Lee sendiri ialah mantan karyawan Google yang dirilis pada 2011 bulan Oktober. Litecoin masuk dalam lima besar cryptocurrency terpopuler di dunia. Keunggulannya ialah litecoin mampu memproses transaksi lebih cepat dibandingkan cryptocurrency lainnya. Litecoin hanya membutuhkan waktu 2.5 menit untuk memproses cryptocurrency sedangkan bitcoin saja hanya butuh 5 menit. Banyak yang bilang bahwa litecoin merupakan versi mininya bitcoin karena lebih ringan.

  1. Bitcoin cash

Bisa dibilang bitcoin cash ialah anak dari bitcoin. Bitcoin cash muncul sebagai solusi hard fork yang mendera bitcoin beberapa waktu lalu. Alhasil ketika hard fork transaksi anda bisa diproses dengan menggunakan bitcoin cash. Biarpun bitcoin cash ini muncul pada tahun 2017 di bulan Agustus. Harga per keping bitcoin cash saat ini mencapai nilai Rp. 10.000.000.

  1. Monero

Monero bisa jadi cryptocurrency paling populer dalam pasar gelap. Monero memiliki kelebihan menjaga privasi transaksi anda. Hal ini membuat nilai transaksi dan pemilik transaksi tidak diketahui identitasnya. Tak heran jika monero ini dipakai untuk transaksi yang sifatnya ilegal. Monero dilahirkan pada 2014 lalu dan masih menjadi uang virtual yang memiliki pengaruh besar dalam cryptocurrency.

  1. Dash

Satu lagi cryptocurrency yang patut anda perhitungkan yakni Dash. Dash menggunakan jaringan peer to peer dan hingga saat ini telah menyebar 18 juta koin Dash yang diperdagangkan.  Dash sendiri ada sejak 2014 silam dengan ha ha awal hanya berkisar $10. Pada tahun 2017 lalu harga Dash sudah mencapai $300. Banyak bursa cryptocurrency juga memperjual belikan Dash dan diunggulkan.

  1. Stellar

Stellar diciptakan oleh pendiri ripple yakni Kedua McCaleb dan Joyce Kim pada 2014 lalu. Stellar bisa ditukar dengan uang cryptocurrency lainnya atau uang moneter yang kini digunakan. Kecepatan transaksinya hampir sama dengan ripple.  Stellar meniru model protokol ripple namun dibuat lebih canggih.

  1. Ripple

Ripple mulai unjuk gigi pada 2011 silam setelah My.Gox ditutup setahun sebelumnya. Mr.Gox ini dibangun juga oleh Kedua McCaleb sayangnya keamanannya pernah diretas dan membuatnya rugi besar-besaran. Untuk menutupinya Jed McCaleb menciptakan ripple yang juga sebagai salah satu pilihan untuk menutupi kekurangan bitcoin kala itu. Sayang pada 2013 silam Jed McCaleb keluar dari ripple yang pernah membesarkan namanya.

Untuk mendapatkan cryptocurrency terdapat dua cara yang bisa anda lakukan. Cara pertama cukup membelinya di bursa jual beli cryptocurrency dan cara kedua ialah dengan menambahnya. Untuk menambang cryptocurrency butuh listrik yang tinggi dan kemampuan komputasi yang ahli pula. Tak heran hanya sebagian orang saja yang mampu menambang cryptocurrency. Untuk menambang cryptocurrency ini juga butuh beberapa aplikasi khusus. Anda bisa menambang melalui PC, Laptop bahkan smartphone yang anda miliki. Tertarik untuk menambang Cryptocurrency?

Kelebihan teknologi blockchain

Sumber : https://webcomsystem.net/

Cryptocurrency diatas banyak menggunakan teknologi blockchain dalam sistem pembukuan mereka. Salah satu alasannya mungkin karena pelopornya sendiri yakni bitcoin bisa tampil optimal dengan teknologi ini. Sejak 2013 silam keyword untuk blockchain sudab mencapai 1900%. Ini membuktikan bahwa banyak orang penasaran  dengan blockchain. Untuk itu ini dia beberapa kelebihan blockchain juga bisa anda simak sebagai berikut :

  • Transparansi dan akuntabilitas

Keunggulan dari teknologi blockchain ini ialah transparan dan akuntabilitas. Pasalnya penggunanya bisa mengakses informasi ya g mereka butuhkan lengkap dengan transaksinya. Para pengguna memegang kendali penuh dengan informasi cryptocurrency yang dimiliki.

  • Data sangat lengkap dan detail

Blockchain juga bisa menghadirkan informasi sangat lengkap dan mendetail. Data yang dihasilkan konsisten dan sangat akurat. Minim sekali terjadi kesalahan dalam sistem ini.  Semua transaksi tidak bisa diubah seenaknya dan bisa dilihat secara publik. Data yang dihasilkan juga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya karena sesuai dengan protokol yang diperintahkan.

  • Transaksi bisa dilakukan selama 24 jam penuh

Kelebihan blockchain lainnya ialah bisa bekerja selama 24 jam penuh. Transaksi pada bank biasanya membutuhkan waktu seharian namun dengan teknologi blockchain transaksi bisa dikerjakan dalam hitungan menit. Anda juga bisa bertransaksi di hari libur atau di jam kerja di manapun anda berada selama bisa mengakses internet.

  • Biaya transaksi yang lebih murah

Selain itu biaya transaksi juga dinilai lebih murah ketimbang menggunakan jasa bank. Hal ini dikarenakan transaksi yang dilakukan secara peer to peer tidak melalui pihak ketiga. Adanya pihak ketiga akan menambah biaya transaksi anda.

  • Sistem akuntansi yang tak terkalahkan

Bila anda menggunakan keahlian manusia dalam pembukuan maka mungkin saja terjadi kesalahan. Untuk teknologi blockchain sendiri minim sekali terjadi kesalahan bahkan sistem blockchain sudah terdesentralisasi. Ini artinya blockchain memiliki integritas tinggi.

  • Meningkatkan layanan publik

Keunggulan lainnya dari blockchain ialah mampu meningkatkan layanan publik. Pasalnya blockchain menghadirkan informasi secara transparan. Hal ini mampu meningkatkan reputasinya di mata masyarakat dan menaikan kepopuleran cryptocurrency itu sendiri.

Kekurangan teknologi blockchain

Biarpun memiliki beragam kelebihan namun teknologi blockchain juga mempunyai kelemahan tersendiri. Kelemahannya bisa anda simak sebagai berikut :

Membutuhkan energi yang besar

Salah satu kelemahannya ialah membutuhkan energi yang cukup besar. Untuk jaringan blockchain yang dimiliki bitcoin saja membutuhkan 450 triliun per detik. Daya komputer yang besar inilah yang masih menjadi pekerjaan rumah kita semua. Tak heran jika cryptocurrency juga dibatasi penerbitannya.

Modal yang besar

Kelemahan berikutnya ialah blockchain membutuhkan modal awal yang besar. Apalagi teknologi ini masih tergolong baru. Jika digunakan secara global misalnya cryptocurrency dipakai sebagai alat pembayaran universal maka kecepatan blockchain sendiri akan menurun.

Tak mengenal kesalahan

Teknologi blockchain bekerja seperti yang diperintahkan. Apabila terjadi kesalahan dari pihak pengguna cryptocurrency maka dana akan tetap berjalan seperti yang diintruksikan. Sistem tak bisa membatalkan transaksi yang terjadi. Hal ini berbeda dengan sistem kartu kredit dimana kesalahan bisa saja terjadi namun dana anda bisa kembali.

Dikonversi melalui bursa khusus

Kelemahan dari sistem blockchain lainnya ialah terganjal peraturan disetiap negara. Hanya beberapa negara saja yang mengakui cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah. Untuk mengkonversi cryptocurrency juga harus melalui pihak ketiga yang tidak lain adalah bursa cryptocurrency. Memang benar cryptocurrency bisa dikonversi ke berbagai mata uang namun harus melalui platform penukaran cryptocurrency. Anda tidak bisa menukarnya melalui ATM secara langsung atau money charger biasa.

Implementasi teknologi blockchain di berbagai bidang

Blockchain awalnya digunakan untuk pembukuan cryptocurrency namun seiring berjalannya waktu teknologi blockchain juga diterapkan di berbagai bidang bahkan sosial. Teknologi blockchain membawa dampak besar dan berikut diantaranya :

Digunakan untuk pemilu

Selain dapat menghitung cepat blockchain lebih akurat sehingga beberapa orang memakainya untuk pemilu. Beberapa waktu lalu blockchain dipakai dalam pemilihan presiden Ukraina. Hal ini merupakan pelopor pertama teknologi blockchain digunakan dalam praktik politik seperti pemilu. Blockchain jika digunakan d indonesia akan mempermudah perhitungan untuk daerah yang sulit dijangkau. Perhitungan lebih cepat, akurat dan lebih transparan.

Blockchain bantu perhitungan gaji di bank Montreal

Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa blockchain memiliki perhitungan yang akurat. Hal ini membustnya diimplementasikan untuk sistem bank. Bank Montreal misalnya menggunakan teknologi blockchain untuk memperbaiki sistem penggajian mereka. Alhasil perhitungan tepat dan tepat waktu dalam pelaporan.

Hara, jadi start up berbasis pertanian dan blockchain

Teknologi blockchain ternyata juga dipakai untuk bidang pertanian. Melihat kondisi pertanian saat ini tak begitu menguntungkan para pertanian. Hara sendiri sampai saat ini masih mengumpulkan data terkait hasil pertanian seperti padi, jagung dan kedelai yang sering diperdengarkan.

Seed projects

Tak hanya itu teknologi blockchain juga dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya yang dilakukan oleh sekumpulan orang dalam projects seed. Projects seed ini percontohan bisnis dengan mengurangi carbon dan kertas. Adanya teknologi blockchain memungkinkan data tersimpan secara online dan terupdate.

Teknologi blockchain digunakan untuk klasifikasi Hoak

Teknologi blockchain juga dipakai untuk menghindari fake news yang semakin tinggi. Fake news atau hoak dapat meresahkan masyarakat terkait isu yang tidak benar. Teknologi blockchain dapat menyaring berita mana yang real dan mana yang hoax.

Blockchain untuk pendistribusian sapi

Selain muncul hara yakni start up dibilang pertanian yang menggunakan teknologi blockchain ternyata senator of Wyoming Ogden driskill di Texas juga memanfaatkan teknologi blockchain. Senator asal Amerika serikat itu menggunakan blockchain untuk mempermudah pendistribusian sapi miliknya. Tak hanya Amerika serikat blockchain juga diberlakukan pada peternakan di Inggris dan Australia.

Indonesia blockchain hub hadir di tanah air

Di tanah air sendiri kini muncul Indonesia blockchain hub yang sedang ramai jadi perbincangan. Indonesia blockchain hub merupakan wadah bagi pengguna teknologi ini untuk berkumpul dan berbagi pengalaman.  Teknologi blockchain sendiri sudah dikembangkan 10 tahun terakhir. Adanya Indonesia bitcoin hub ini mempermudah berbagai masyarakat dalam memperoleh informasi terkait blockchain.

Anda tentunya sudah mengetahui seperti apa blockchain itu dan manfaat beserta kekurangannya. Potensi blockchain dimasa depan bukan hanya digunakan untuk kebutuhan pencatatan transaksi namun sudah berkembang untuk kebutuhan lainnya.  Bagaimana tertarik untuk menggunakan teknologi semacam ini untuk bisnis Anda?

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.