Mengenal Suku Bunga Efektif

Pernahkah anda mendengar istilah suku bunga? Mungkin sebagian dari kita telah mengetahui terkait hal tersebut. Dan apakah pernah terdengar sebelumnya terkait suku bunga efektif? Mayoritas masyarakat telah mengerti khususnya bagi mereka para nasabah bank. Namun, jika ingin mengetahuinya terlebih dahulu mari kita bahas bersama. Ketika menganalisa sebuah pinjaman atau investasi, seseorang mungkin akan mengalami beberapa kesulitan dalam mendapatkan gambaran terkait biaya pinjaman secara jelas. Suku bunga sendiri memiliki beberapa macam dan istilah salah satunya ialah suku bunga efektif.

Suku Bunga Efektif

Suku bunga efektif inilah yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan karena cukup memberikan gambaran jelas dan lengkap dari biaya pinjaman sebenarnya. Saat anda ingin mengajukan pinjaman, ada baiknya sebelum itu miliki pemahaman yang cukup terkait besarnya nilai angsuran dan bunga tanggungan sesuai kemampuan dalam keuangan. Dalam prinsip bunga efektif seringkali digunakan sebagai kredit berjangka waktu menengah hingga panjang seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit memulai usaha, dan beberapa pinjaman lainnya. Sistem dalam bunga efektif digunakan karena diyakini perhitungannya dapat menguntungkan semua pihak baik dari bank ataupun peminjam.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Sumber: https://cdn.sindonews.net/d

Cara ini bisa juga disebut sebagai sliding rate yang mana perhitungan dari bunga dikerjakan setiap akhir periode angsuran karena dihitung dari saldo akhir setiap bulannya. Bagaimana? Masih ingin penjelasan lebih rinci? Perhitungan yang dilakukan oleh pihak bank ini dilihat dari nilai pokok hutang bukan dari pokok keseluruhan pinjaman. Maka dari itu nilai bunga akan semakin berkurang sesuai dengan sisa pembayaran hutang. Karena bunga yang dibayarkan semakin kecil setiap bulannya, sehingga akan selalu berubah berdasarkan nilai pokok cicilan dan itu menjadi prinsipnya. Kita dapat melakukan perhitungan sederhana dan memahami berbagai istilah yang dinyatakan terlebih dulu. Suku bunga efektif sering dibandingkan dengan suku bunga flat. Sesuai dengan namanya yang bermakna datar, besarnya jumlah bunga berjalan stabil. Inilah yang menjadi perbedaan antara kedua suku bunga.

Sebagai contoh, jika pada suku bunga efektif bunga dimulai dari bunga sebesar 14% maka akan berkurang atau menurun sesuai dengan jumlah sisa pokok pinjaman setiap periodenya. Lain hal pada suku bunga flat, jika bunga dimulai pada bunga 10%, maka akan berjalan sama hingga akhir pembayaran. Perbandingan yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersebut dapat juga dijadikan pertimbangan saat merencanakan pelunasan. Pada suku bunga flat disarankan bagi para pelunas yang ingin membayar di awal atau dipertengahan cicilan secara lebih cepat karena akan mengurangi porsi pokok hutang yang sebanding. Dalam suku bunga efektif, dianjurkan bagi pelunasan dengan jangka waktu panjang dan tidak terburu-buru. Sedikit gambaran terkait perhitungan dalam bentuk program excel untuk menjadi acuan keputusan kredit. Rumus dalam menghitung bunganya adalah sebagai berikut :

Bunga berjalan = (sisa pokok cicilan*suku bunga per tahun)*30/360

Untuk total pembayaran cicilan dapat dijumlahkan antara angsuran pokok setiap bulan dengan bunga pinjaman bulan pertama dan seterusnya. Diakui bahwa perhitungan dalam suku bunga efektif ini cukup sulit dengan rumus tertentu yang digunakan oleh bank. Disamping itu terdapat kelebihan yang sebelumnya sudah dijelaskan bahwa bunga tiap bulannya dapat berkurang. Selain itu juga bunga dihitung secara imbang dan tidak memberatkan peminjam karena berdasarkan sisa pinjaman yang belum terbayarkan. Beberapa tips yang dapat dilakukan jika anda kesulitan dalam menghitung suku bunga efektif dengan menggunakan kalkulator internet. Kalkulator ini dapat menghitung suku bunga secara cepat. Hal yang dibutuhkan cukup menambahkan kertas dan pensil dalam perhitungannya.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.