Mobil Baru VS Mobil Bekas

Mobil menjadi transportasi yang cukup penting bagi beberapa orang. Harganya memang lebih mahal dari sepeda motor namun mobil mampu menampung penumpang lebih banyak. Mobil juga mampu menampung muatan lebih banyak ketimbang sepeda motor. Sayangnya harga mobil juga lebih tinggi ketimbang transportasi roda dua tersebut. Mobil yang bervolume besar tentu tak bisa menyelinap di gang-gang kecil seperti saat anda menggunakan sepeda motor. Biarpun begitu minat akan mobil ini tetap meningkat dari tahun ke tahun. Akhirnya tak hanya mobil baru saja yang menjadi incaran namun juga mobil bekas.

Kelebihan Mobil Bekas

Tak selalu mobil bekas itu buruk kualitasnya ada pula yang masih baik kondisi mesin dan bodi saja namun sang pemilik memutuskan untuk menjualnya karena butuh dana cepat.  Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika memilih membeli mobil bekas untuk kebutuhan transportasi anda. Beberapa manfaat dari mobil bekas diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Jauh Lebih Murah

Tak bisa dipungkiri bahwa mobil bekas memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil baru.  Hal ini dipengaruhi penurunan harga mobil yang sudah digunakan ialah 10-15 % per tahunnya. Soal kualitas memang tak akan sama seperti mobil yang baru dibeli dari showroom tergantung seberapa lama mobil tersebut digunakan.

  • Gampang Dibeli Dengan Cara Kredit

Keunggulan yang kedua dari mobil bekas ialah mudah sekali dibeli dengan cara kredit. Pasalnya anda membeli dari pihak yang mungkin anda kenal seperti kerabat, saudara maupun pihak perbankan. Kini banyak sekali program kredit mobil bekas yang disediakan oleh pihak bank sedangkan jika anda membeli dari orang yang anda kenal maka unsur kekeluargaan tentu sangat membantu dalam negosiasi.

  • Kualitasnya Bisa Jadi Lebih Besar Ketimbang Modalnya

Kelebihan membeli mobil bekas ialah bisa saja anda mendapatkan mobil yang memiliki kualitas lebih baik ketimbang modal yang dimiliki untuk membeli mobil bar. Anggap saja seperti ini dengan uang Rp.300.000.000 mungkin anda hanya bisa membeli mobil merk A atau B di showroom. Jika modal uang anda dibelikan mobil bekas tentu anda punya lebih banyak pilihan bahkan lebih bagus fiturnya ketimbang mobil A atau B yang ada di showroom.

  • Bisa Mendapatkan Mobil Tipe Baru Dengan Low Budget

Pilihan untuk mobil bekas memang banyak bahkan ada pula yang tipenya masih tergolong baru. Ini artinya anda bisa membeli mobil keluaran terkini dengan harga miring walau bekas pakai orang lain.  Anda juga bisa membeli mobil tidak melebihi budget yang sudah ditentukan sebelumnya.

  • Down Payment Bisa Disesuaikan

Jika membeli mobil bekas secara kredit untuk perihal besaran down payment bisa disesuaikan dengan kemampuan. Angsurannya juga lebih ringan dan dapat disesuaikan dengan pendapatan yang diterima setiap bulannya. Sebelum pembayaran pembelian mobil dilunasipun anda sudah bisa menggunakannya untuk keperluan sehari-hari.

  • Prosedur Transaksinya Mudah

Membeli mobil bekas tentunya sudah dilengkapi surat-surat kepemilikan dan STNK. Hal ini membuat prosedur transaksinya lebih mudah dan tidak rumit. Apalagi jika pembelian mobil ini dari individu per individu maka bisa sangat cepat jika pembayaran sudah dilunasi. Harga yang ditawarkan juga masih bisa anda negosiasikan untuk mendapatkan budget pembelian mobil yang diinginkan. Anda juga bisa menggunakan mobil bekas ini untuk berbisnis persewaan mobil atau membuka jasa travel.

Kelebihan Mobil Baru

Tentunya mobil baru juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan mobil bekas. Beberapa orang memilih membeli mobil baru karena adanya beberapa alasan berikut ini :

Jaminan Kualitas

Namanya juga baru jadi segala onderdil atau sparepart tentu masih baru dan orisinil. Jaminan tidak ada kerusakan mobil bisa dipertanggung jawabkan. Apabila anda menemukan kerusakan sebelum dipakai anda juga bisa langsung komplain dan mendapatkan penggantian.

Premi Asuransi Murah

Untuk premi asuransi bagi mobil baru lebih murah ketimbang premi asuransi untuk mobil bekas. Hal ini dikarenakan kemungkinan adanya kerusakan jauh lebih kecil ketimbang mobil bekas. Tak heran jika pihak asuransi mau saja menawarkan premi asuransi yang jauh lebih murah ketimbang mobil bekas.

Dapet Garansi dan Servis Gratis

Kelebihan lainnya dari membeli mobil baru ketimbang bekas ialah fasilitas yang ditawarkan dari pihak dealer. Fasilitas yang dimaksud diantaranya ialah service gratis untuk beberapa kali layanan hingga batasan waktu tertentu. Servis mobil ini sendiri meliputi ganti oli serta servis mesin ringan sehingga lumayan untuk menghemat biaya perawatannya. Terdapat pula garansi mobil saat anda membeli mobil baru.  Garansi yang diberikan meliputi garansi bodi mesin, mesin hingga suku cadang yang digratiskan.

Kekurangan Mobil Baru VS Mobil Bekas

Setelah mencermati kelebihan dari masing-masing mobil baik baru dan bekas tentu kini saatnya anda membandingkan kekurangan diantara keduanya. Dengan perbandingan ini anda jadi mudah menentukan untuk membeli mobil baru ataukah mobil bekas.

Sumber : https://otospector.co.id/

  • Harganya Bisa Turun Drastis

Jangan heran jika saat membeli mobil baru anda mendapati selisih yang cukup besar saat ingin menjualnya kembali. Mobil baru memang kondisinya sangat prima namun saat menjualnya kembali harganya bisa turun sangat jauh dari harga beli atas mobil tersebut. Untuk uang muka dari kredit mobil juga sangat besar untuk mobil baru yakni berkisar 25 %- 30 %.  Uang muka ini jauh lebih besar ketimbang mobil bekas.

  • Kondisi Fisik Yang Tak Prima

Tentunya kondisi fisik dari mobil baru pasti terbaik ketimbang mobil yang sudah digunakan. Jika anda tak cermat dalam mengecek kondisi fisik mobil bekas maka bisa saja anda harus  mengeluarkan uang berlebih untuk biaya perawatan fisik mobil bekas tersebut.

  • Suku Bunga Tinggi

Untuk anda yang mengambil kredit mobil perlu menyimak pula suku bunga yang diberikan lembaga keuangan. Biasanya suku bunga mobil baru dan bekas berbeda bahkan suku bunga mobil bekas jauh lebih tinggi ketimbang mobil baru. Hal ini karena mobil bekas memiliki resiko kerusakan lebih tinggi ketimbang mobil baru.

  • Tergantung Dana

Jika anda memiliki dana yang besar mungkin membeli mobil baru tak akan jadi masalah namun bagi mereka yang punya dana terbatas tentu pilihannya juga terbatas. Jika dana terbatas tentu membeli mobil baru akan lebih sulit sehingga mobil bekas menjadi pilihan anda yang terakhir.

  • Resiko Penipuan

Untuk membeli mobil bekas anda perlu kehati-hatian ekstra apalagi yang membeli secara perorangan. Resiko penipuan jauh lebih tinggi ketimbang membeli di dealer untuk pembelian mobil baru. Anda pun dituntut lebih awas dan teliti saat bertransaksi. Memang benar waktu yang dibutuhkan untuk transaksi mobil bekas jauh lebih fleksibel namun resiko akan penipuan jauh lebih besar.

Trik dan Tips Saat Membeli Mobil Bekas

Pembelian mobil bekas memang perlu lebih cermat ketimbang mobil baru. Mobil baru tak perlu membuat anda mengecek dengan teliti keadaan mesin maupun bodi mobil karena segalanya terjamin baru. Ini berbeda dengan mobil bekas yang mungkin terdapat beberapa goresan atau keadaan mesin yang kurang optimal karena sudah digunakan sebelumnya. Untuk itu berikut beberapa trik atau tips dalam membeli mobil bekas yang perlu anda ketahui:

Punya Budget Berapa?

Untuk membeli sebuah mobil tentu perlu dana yang tidak bisa dibilang sedikit meskipun mobil yang anda cari ialah mobil bekas. Tanyakan pada diri anda berapa budget yang anda miliki untuk membeli sebuah mobil. Buat daftar target mobil bekas yang hendak diburu untuk mempersingkat waktu dan memudahkan anda mencari mobil yang sesuai selera.

Cek Eksterior dan Interior Mobil

Langkah pertama yang bisa anda lakukan ketika memutuskan membeli mobil bekas ialah mengecek eksterior dan interior mobil. Coba cermati apakah bodi mobil terdapat goresan maupun kondisi catnya yang kusam atau tidak. Telitilah apakah ada bagian eksterior maupun interiornya yang pecah maupun mengalami kerusakkan.  Cek apakah lampu bis amenyala dengan baik atau sudah tidak terang lagi. Bagian kolong mobil juga perlu diperhatikan apakah ada yang mengalami keroposan atau pengkaratan.  Selain bagian luarnya anda juga perlu mengecek bagian dalam mobil seperti kondisi jok, hazard, lampu sein atau tombol wiper. Pastikan semuanya bekerja dengan baik dan masih layak guna.

Performa Mesin

Sebelum membeli mobil bekas yang anda inginkan jangan lupa untuk memeriksa performa mesin mobil terlebih dahulu. Perhatikan bunyi mesin saat mobil dihidupkan dan cek apakah suara mesin terdengar kasar atau tidak. Untuk lebih memastikan mesin mobil tersebut masih bekerja dengan baik maka mintalah untuk melakukan test drive. Lakukan test drive diberbagai medan baik medan yang mulus maupun yang bergelombang.

Tanyakan Riwayat Kendaraan

Tidak lupa untuk menanyakan riwayat kendaraan yang hendak dibeli. Tanyakan apakah pernah terjadi kerusakan sebelumnya dan riwayat servis yang pernah dilakukan dengan bukti servis. Hal ini untuk mengetahui apakah mobil diservis di bengkel resmi atau tidak. Cek latarbelakang mobil tersebut apakah pernah mengalami kecelakaan sebelumnya atau pemiliknya masih pihak pertama atau sudah tangan kesekian. Kapan STNK perlu diperpanjang atau  kapan perlu dilakukan cek fisik kendaraan.

Periksa Dokumen Kendaraan

Tak berhenti disitu saja anda juga perlu mengecek kelengkapan kendaraan yang hendak dibeli. Jangan sampai mobil yang ditawarkan merupakan mobil curian yang merugikan anda dikemudian hari. Pastikan anda akan mendapatkan STNK dan BPKB serta cek apakah kedua dokumen tersebut asli atau palsu. Pastikan nama yang tertera dalam kedua dokumen tersebut merupakan nama asli pemiliknya sehingga anda tak dimudahkan dalam hal balik nama nanti. Perhatikan pula lembar pajak pada balik STNK untuk mengecek masa habisnya. Jika ketahuan masa pajaknya akan segera habis maka mintalah diskon atau keringanan harga.

Perhatikan Harga Pasaran

Setelah pengecekkan fisik dilakukan serta kelengkapan dokumen tidak ada masalah tentunya negosiasi perlu dilakukan. Anda harus tahu dulu harga pasaran dari mobil yang anda incar agar bisa menawar di harga yang terbaik. Membeli mobil tidak boleh terburu-buru apalagi mobil bekas pakai. Harga mobil bekas berbeda-beda satu dengan lainnya karena tergantung dari performa mobil itu sendiri.  Apabila anda menemukan beberapa kelemahan dalam mobil yang diincar maka jadikanlah senjata saat melakukan negosiasi harga.

Tips Membeli Mobil Baru Biar Tidak Kena Tipu Sales

Tak hanya mobil bekas saja yang perlu beberapa trik saat membelinya. Ketika anda membeli mobil barupun anda juga perlu mengerti beberapa hal agar harga yang ditawarkan pihak sales tidak terlalu tinggi.  Nah, berikut beberapa tips untuk anda yang hendak membeli mobil baru berikut ini :

Buat Daftar Mobil Yang Diincar

Saat membeli mobil baru tentu anda akan bertemu pihak sales dari dealer. Pastinya anda akan ditanya mobil seperti apa yang hendak dibeli. Sebelum pertanyaan itu dilontarkan kepada anda maka sebelumnya anda sudah mendaftar mobil apa yang sedang diincar. Jangan hanya satu mobil saja yang anda list namun beberapa pilihan. Saat membuat daftar mobil yang diinginkan jangan hanya menuruti keinginan saja namun pertimbangkan kebutuhan anda akan kendaraan tersebut. Siapa pengguna mobil tersebut dan fungsinya apakah hendak digunakan untuk keperluan pribadi atau keluarga. Untuk kebutuhan keluarga tentu membutuhkan ukuran kabin yang luas dengan kapasitas penumpang besar.

Cek Harga Pasarannya

Selanjutnya cek harga pasaran mobil yang anda incar. Hal ini agar memudahkan anda menilai apakah harga yang ditawarkan merupakan harga normal atau malah lebih tinggi. Anda bisa mengecek harga pasaran di internet atau website khusus mobil. Selain harga belinya saat pmbelian mobil terdapat beberapa biaya tambahan. Biaya tambahan ini seperti harga servis bulanan,suku cadang, asuransi dan sebagainya.

Ketahui  Fitur Yang Ditawarkan

Selanjutnya ketahui fitur yang ditawarkan mobil yang anda pilih. Lakukan test drive jika perlu untuk mengetes kenyamanan saat berkendara dnegan mobil tersebut. Mintalah untuk mencoba fitur mobilnya seperti audio, AC, power window hingga fasilitas internet. Saat test drive rasakan akselerasinya ketika dijalankan dijalan mulus maupun bergelombang.

Beli Di Waktu Yang Tepat

Untuk mendapatkan harga terbaik untuk mobil incaran anda tidak hanya tergantung pada negosiasi dengan sales namun juga waktu. Akhir tahun atau akhir bulan menjadi wkatu yang tepat untuk membeli mobil karena pada waktu tersebut  dealer memberikan diskon besar-besaran untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan. Paling pas lagi jika anda membeli mobil pada car fair yang mana kompetisi tinggi sehingga pihak produsen akan memakai strategi banting harga.

Siapkan Dana 25 % Untuk Down Payment

Tak hanya itu saja saat anda menemukan mobil yang cocok maka siapkan dana 25 % untuk down payment.  Prosentase ini untuk anda yang ingin membeli mobil baru secara kredit. Semakin besar down payment yang anda bayar maka semakin kecil angsuran yang perlu dibayarkan.

Gunakan Asuransi Untuk Perlindunganmu

Terakhir, pilih asuransi kendaraan untuk melindungi kendaraan anda akan hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Gunakanlah asuransi all risk yang menawarkan perlindungan untuk segala risiko yang mungkin terjadi untuk mobil anda. Biasanya pihak dealer sudah memiliki partner asuransi tersendiri yang akan ditawarkan ke anda.

Sebelum membeli mobil anda perlu mempertimbangkan apakah membelinya secara tunai atau kredit. Tentu harga pembelian mobil secara kredit jauh lebih besar ketimbang secara tunai.  Hal ini dikarenakan biaya bunga yang dibebankan pada kendaraan tersebut. Ingat  selain harga belinya anda juga perlu mengeluarkan uang untuk biaya perawatan mobil itu sendiri. jadi, masih berniat untuk membeli mobil? Jika iya sudah putuskan akan membeli mobil baru atau mobil bekas nih? Semoga dengan menyimak ulasan diatas anda bisa mendapatkan mobil impian dengan harga terbaik untuk kebutuhan transportasi sehari-hari.

 

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.