Pelatihan Dan Pengembangan SDM

Pelatihan merupakan suatu proses yang didesain khusus untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, serta meningkatkan kinerja pegawai. Sedangkan pengembangan merupakan suatu proses yang didesain untuk meningkatkan kemampuan konseptual, kemampuan dalam mengambil keputusan, serta memperluas kerjasama. Kedua hal ini sebenarnya bisa dilakukan dalam hal apapun, namun memang tidak bisa dipungkiri jika pelatihan dan pengembangan sering dilakukan dalam dunia kerja.

Memasuki dunia kerja pelatihan dan pengembangan sering dilakukan pada sumber daya manusia. Sumber daya manusai dalam suatu perusahaan atau badan usaha memiliki tingkatan atau jabatan yang berbeda-beda. Setiap jabatan yag didapat tentunya juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Hanya saja permasalahan yang sering terjadi, tidak semua karyawan memiliki kinerja yang baik. Ada karyawan yang naik jabatan, ada pula karyawan yang turun jabatan karena posisi yang tidak sesuai, atau kemampuan yang kurang. Hal inilah salah satu alasan mengapa pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia penting dilakukan.

Pelatihan Dan Pengembangan SDM

Untuk melakukan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia tidaklah sembarangan. Semuanya harus dipertimbangkan dengan permasalahan dan kebutuhan karyawannya. Jika pelatihan yang diberikan sesuai dan tepat maka akan memberikan efek yang baik pula terhadap kinerja karyawan. Dengan melakukan pelatihan, baik karyawan baru ataupun karyawan lama yang belum memiliki kinerja dengan baik dapat memiliki perencanaan dan sasaran yang akan dicapai, gambaran, memahami perkembangan perusahaan, mengerti pahamnya kerjasama dalam melakukan pekerjaan, dapat dengan mudah memahami informasi yang disampaikan perusahaan, memahami kesulitasn yang terjadi selama bekerja, mampu melakukan hubungan dengan lingkungan, mampu memahami kebijakan dan peraturan yang ditetapkan perusahaan, dan masih banyak lainnya.

Sumber: http://www.telkom.co.id/

Akibat Kurangnya Pelatihan dan Pengembangan SDM

1. Sering terjadi kesalahan dalam bekerja.

2. Hasil kerja tidak memenuhi standart kerja yang ditetapkan perusahaan.

3. Muncul rasa tidak puas terhadap perusahaan, hingga berlanjut pada menjelek-jelekkan perusahaan.

4. Produktivitas kerja tidak meningkat, dan bahkan menurun.

5. Loyalitas terhadap perusahaan juga menurun.

Tujuan Pelatihan dan Pengembangan SDM

1. Untuk meningkatkan ketrampilan karyawan sesuai dengan perubahan teknologi yang setiap tahun terus berkembang.

2. Meningkatkan produktivitas kerja organisasi.

3. Memberikan tambahan wawasan kepada karyawan untuk mengenal organisasi perusahaan dan meningkatkan kemampuan peserta pelatihan

4. Meningkat sikap empati terhadap orang lain.

5. Meningkatkan kemampuan dalam hal mengintepretasikan data, daya nalar karyawan, serta meningkatkan kemampuan karyawan dalam menganalisis suatu permasalahan dan bagaimana cara menyelesaikan.

6. Meningkatkan kualitas keahlian dan memastikan bahwa setiap karyawan dapat secara efektif dan efisien mengembangkan kapasitasn potensi yang ada dalam diri masing-masing karyawan.

7. Mempertajam dan melengkapi tingkat professionalism karyawan.

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM

1. Perusahaan dapat menyesuaikan kebutuhan karyawan dengan keadaan yang dihadapi sekarang

2. Perusahaan memiliki sumber saya manusia yang cakap dan memiliki kemampuan sesuai tanggung jawabnya.

3. Perusahaan dapat menjawab tantangan perkembangan zaman sekarang ini.

4. Produktivitas perusahaan dapat terus meningkat.

5. Mekanisme penggunaan teknologi canggih semakin meningkat.

6. Perusahaan dapat mempersiapkan karyawan yang memiliki kinerja baik untuk menduduki posisi yang lebih tinggi.

Mengingat tujuan dan manfaat pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia sangat besar, maka setiap perusahaan disarankan untuk sesering mungkin mengadakan pelatihan maupun pengembangan SDM, karena bagaimanapun baik ataupun buruknya kinerja sumber daya manusia dalam suatu perusahaan akan berdampak pada perkembangan persahaan tersebut. Terlebih lagi setelah melakukan rekrutme ataupun rencana kenaikan jabatan tentu hal ini pelatihan dan pengembangan SDM perlu dilakukan sebaik mungkin. Demikian informasi mengenai pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.