Peluang Bisnis Supir Angkutan Online

Peluang Bisnis Supir Angkutan OnlineĀ  – Selain komunikasi, transportasi menjadi salah satu hal yang hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini karena anda membutuhkan sarana untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Meskipun saat ini kecanggihan teknologi telah menginvasi kemudahan dalam berkomunikasi, namun bukan berarti anda tidak perlu mengunjungi suatu tempat kan?

Nah, berbeda dengan kemajuan teknologi pada bidang komunikasi, nyatanya perkembangan digital pada angkutan tidak hanya menuai pro tapi juga kontra. Pada ulasan kali ini kita tidak akan mengulas mengenai peluang bisnis supir angkutan online saja. Melainkan juga alasan kenapa angkutan online dibutuhkan di Indonesia dan apa saja kendala dari pekerjaan ini.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Apa Itu Angkutan Online?

Setiap orang pasti perlu pergi, mengunjungi atau kembali ke dan dari suatu tempat. Kebutuhan setiap orang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain membuat kendaraan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Sayangnya tidak semua orang beruntung untuk memiliki kendaraan pribadi. Tak hanya itu,orang yang memiliki kendaraan pribadi pun tidak sepenuhnya leluasa untuk mengendarai kendaraannya karena jalanan yang macet atau alasan teknis lainnya.

Nah, hal-hal yang disebutkan tadi menjadi beberapa alasan kenapa angkutan atau kendaraan umum diperlukan. Perubahan yang terjadi di berbagai bidang karena kemajuan teknologi juga ikut membuat perubahan positif di bidang transportasi. Dulu mungkin anda mengenal angkutan desa, taksi, ojek, becak dan kendaraan umum lainnya. Bahkan hingga sekarang anda masih bisa menemukan berbagai kendaraan umum tersebut.

Bedanya, saat ini pilihan kendaraan atau angkutan umum semakin luas dengan munculnya angkutan online. Anda pernah mendengar tentang angkutan online kan? Istilah yang satu ini berarti angkutan atau kendaraan umum berbasis online yang beroperasi secara komersial demi memenuhi kebutuhan manusia untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Perbedaan angkutan online dan angkutan umum lain adalah sistem yang digunakannya. Jika angkutan umum masih menggunakan sistem manual di mana anda harus menunggu di suatu titik, membayar langsung ke supir hingga mengikuti rute yang telah ditentukan.Ā  Maka angkutan online hadir dengan segala kelebihan yang tidak dimiliki oleh angkutan umum.

Beberapa kelebihan seperti tarif yang lebih murah, mudah dalam pemesanan dan pembayaran, aman hingga banyaknya keuntungan seperti diskon dan voucher membuat bisnis angkutan online berkembang sangat pesat di Indonesia. Meskipun setiap hal selalu diikuti dengan pro dan kontra tapi melihat hingga sekarang angkutan online masih berjalan dan berkembang sepertinya bisa dikatakan bahwa bisnis ini cukup menjanjikan.

Mengapa Angkutan Online Dibutuhkan Di Indonesia?

Pada dasarnya angkutan online dibutuhkan di berbagai belahan dunia karena memang kebutuhan untuk berpindah atau mengunjungi tempat menjadi kebutuhan semua orang. Di Indonesia sendiri bisa dikatakan bahwa angkutan online sangat laris dan menjadi favorit masayarakat. Hal ini terjadi karena ada beberapa faktor yang mendasariĀ yaitu sebagai berikut:

  1. Tarif Angkutan Online Lebih Murah dan Transparan

Faktor pertama yang menjadi alasan kenapa angkutan online menjadi populer dan favorit di kalangan masyarakat indonesia adalah tarif angkutan online yang lebih murah dan transparan. Biaya yang harus dikeluarkan pasti menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan setiap orang dalam membeli sesuatu termasuk jasa transportasi.

Nah, angkutan online sendiri mematok flat rate yang cukup rendah dibandingkan dengan transportasi umum konvensional. Bahkan saat awal kemunculannya dulu, tarif rendah dari transportasi online menjadi pemicu amarah supir angkutan konvensional lho. Hingga pada akhirnya pemerintah turun tangan untuk menerapkan regulasi baru, termasuk penentuan batas bawah tarif untuk angkutan online agar persaingan tetap sehat.

Selain murah, nyatanya sebagai konsumen anda bisa melihat terlebih dahulu biaya yang harus anda bayarkan untuk perjalanan yang akan anda tempuh nanti. Transparansi biaya ini tentu mencegah terjadinya penipuan biaya atau tarif yang harus dibayarkan oleh penumpang.

  1. Fleksibel Dalam Hal Pemesanan

Angkutan online juga memiliki kelebihan lain yang membuatnya populer di kalangan masyarakat Indonesia yaitu fleksibel dalam hal pemesanan. Sistem online yang digunakan membuat driver dan penumpang sama-sama bisa lebih mudah dalam membuat dan menerima pesanan. Sebagai driver, anda tidak harus berkeliling untuk mencari penumpang dan sebaliknya penumpang juga tidak perlu menunggu di titik tertentu untuk naik angkutanĀ  online. Selama anda memiliki koneksi internet maka pemesanan angkutan umum bisa dilakukan di manapun dan kapanpun.

  1. Keamanan Terjamin

Masalah keamanan di sini lebih ditekankan pada fakta bahwa semua driver dan jenis kendaraan yang digunakan telah masuk ke dalam database perusahaan. Jadi secara tidak langsung penumpang merasa aman dan bisa meminta pertanggung jawaban pada perusahaan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Hal ini menjadi salah satu poin yang tidak bisa ditemukan pada angkutan umum konvensional. Mengingat kita cukup sering mendengar tentang kriminalitas yang terjadi di angkutan umum juga menjadi salah satu penyebab kenapa banyak orang lebih memilih menggunakan angkutan online.

  1. Jenis Kendaraan Beragam dan Fasilitas Lebih Lengkap

Kapan lagi anda bisa naik kendaraan mewah dengan harga terjangkau? Jika jenis kendaraan yang digunakan untuk angkutan umum sudah standar di mana jenisnya hampir sama. Maka kasus ini akan berbeda dengan angkutan online. Hampir setiap jenis dan merek kendaraan bermotor (mobil atau motor) bisa anda temui. Meskipun sebagai penumpang anda tidak bisa memilih kendaraan yang diinginkan, tapi setidaknya anda tidak perlu berdesak-desakan seperti di angkutan kota untuk sampai ke tempat yang diinginkan.

Tak hanya itu, beragamnya kendaraan yang digunakan membuat penumpang bisa memperoleh fasilitas lebih lengkap termasuk jas hujan, helm SNI, jaket dan lain sebagainya untuk kendaraan roda dua, dan AC, musik, sandaran yang nyaman dan lain sebagainya untuk kendaraan roda empat.

  1. Banyak Promo dan Diskon

Nah, faktor lain yang membuat angkutan online populer adalah tersedianya varian promo dan diskon yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari diskon tarif, diskon belanja di toko tertentu, diskon restoran dan lain sebagainya. Belum lagi ada sistem membership yang membuat anda mendapatkan lebih banyak keuntungan. Tidak cukup sampai disitu, beberapa promo yang diadakan di waktu-waktu tertentu membuat anda bisa saja menggunakan jasa transportasi online secara gratis lho.

  1. Macet

Faktor selanjutnya yang membuat angkutan online populer adalah kemacetan yang terjadi. Kota-kota besar di Indonesia sudah lama dikenal dengan kemacetannya khususnya untuk kota Jakarta. Pada akhirnya jika anda ingin pergi kemana-mana maka anda akan terkena macet. Membawa kendaraan sendiri bisa membuat kesabaran anda habis. Untuk itulah transportasi online hadir untuk mengantar-jemput anda dengan nyaman dan harga terjangkau. Bayangkan saja jika anda harus naik taksi konvensional yang argonya terus berjalan meskipun mobil sedang berhenti karena macet.

Keenam faktor di ataslah yang membuat transportasi atau angkutan online di Indonesia selalu dibutuhkan dan mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Peluang Bisnis Supir Angkutan Online

Di Indonesia sendiri bisa dibilang bahwa bisnis supir angkutan online menjadi satu fenomena yang cukup menjanjikan. Bahkan dulu diawal mula munculnya transportasi online di Indonesia melalui Go-Jek, mitra Go-Jek memperoleh pendapatan yang luar biasa besar. Iming-iming dan bukti yang menyatakan bahwa supir Go-Jek memiliki pendapatan berkisar di angka jutaan membuat orang beramai-ramai untuk berhenti kerja atau melepas pekerjaan awal dan beralih menjadi supir transportasi online.

Saya ingat, dulu ada orang yang berstatus karyawan hingga manager berhenti bekerja di perusahaan dan beralih menjadi supir transportasi online. Semua kejadian inin memang membuat banyak orang terkejut dan berlomba-lomba beralih menjadi supir angkutan online. Faktanya, hingga saat ini sudah ada cukup banyak jenis angkutan online yang beroperasi di Indonesia. Sebut saja Go-jek, Uber, Grab, Blue-jek dan lain sebagainya.

Tak kalah dengan nama-nama transportasi online berkelas nasional dan internasional seperti Go-jek dan Uber, ada juga nama transportasi online lokal yang hanya melayani kota-kota tertentu saja. Misalkan di Surabaya ada ojek online yang drivernya wanita semua khusus untuk mengantar jemput pelanggan wanita juga. Ojek online unik ini muncul karena faktor salah satu hukum islam di mana seorang wanita tidak boleh berboncengan dengan non muhrimnya.

Nah, mengingat beberapa perkembangan bisnis angkutan online di atas maka tidak ada salahnya kita menilik peluang bisnis supir angkutan online kan? Jika bisnis angkutan online memiliki progress yang menjanjikan di masa depan maka jelas, prospek pekerjaan sebagai supir angkutan online juga cukup menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang ikut mendorong peluang bisnis supir angkutan onlineĀ di Indonesia cukup menjanjikan:

  1. Semua Orang Memiliki Peluang Untuk Menjadi Supir Angkutan Online

Untuk bisa menjadi supir (driver) angkutan online, tidak ada persyaratan rumit yang harus anda penuhi. Anda hanya perlu memiliki kelengkapan berupa SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) jika memang kendaraan milik pribadi.

Kemudian keahlian mengemudi anda harus ada di level standar atau di atas rata-rata. Ini perlu ditekankan karena cukup banyak orang yang mendapatkan SIM melalui jalur belakang sehingga kemungkinan orang yang memiliki SIM tidak terlalu paham dengan peraturan lalu lintas. Ini bisa membahayakan konsumen kan?

Selain itu, apapun status perkawinan dan latar belakang pendidikan anda juga tidak akan berpengaruh terhadap aplikasi lamaran menjadi driver angkutan online.

  1. Penghasilan yang Cukup Besar

Dari awal kemunculannya, pekerjaan sebagai driver transportasi online memang dikenal dengan nominal penghasilan yang cukup besar.Ā Besaran penghasilan yang anda terima pun tergantung dengan seberapa banyak penumpang yang anda layani secara akumulatif.

Tidak hanya itu, biasanya perhari ada bonus yang tersedia jika anda berhasil mencapai minimal target penumpan harian. Kisaran bonus untuk setiap perusahaan jasa transportasi online tentunya berbeda-beda tegrnatung kebijakan perusahaan. Namun setidaknya adanya bonus ini akan membuat driver lebih termotivasi untuk bekerja dengan produktif setiap harinya.

  1. Ada Asuransi Jiwa dan Dana Pensiun Untuk Beberapa Perusahaan Transportasi Online

Kabar baik untuk anda yang ingin mencoba memanfaatkan peluang bisnis supir angkutan online. Beberapa perusahaan jasa transportasi online ada yang menyediakan asuransi jiwa dan dana pensiun untuk para mitra atau drivernya. Hal ini tentu menjadi salah satu poin positif bagi anda yang selama ini mungkin berpikir bahwa menjadi driver transportasi online tidaklah menjanjikan untuk masa tua atau keselamatan diri. Namun setidaknya kabar ini memberikan sedikit angin segar.

Nah, di luar kebijakan perusahaan untuk menyediakan asuransi jiwa dan dana pensiun, sebenarnya sebagai WNI yang taat, anda bisa mendaftar ke BPJS ketenagakerjaan sebagai pekerja bukan penerima upah. Dengan begini anda sudah bisa dipastikan memiliki asuransi dan dana pensiun yang bisa anda kelola sendiri.

  1. Lebih Irit Bahan Bakar

Kenapa bekerja sebagai driver angkutan online bisa dikatakan hemat atau irit bahan bakar? Asumsinya, jika anda bekerja sebagai supir angkutan kota jelas anda tidak bisa berdiam di satu titik untuk menunggu penumpang. Anda harus berkeliling sesuai dengan rute untuk bisa mendapat penumpang. Hal ini secara tidak langsung membuat anda mengeluarkan biaya bahan bakar lebih banyak kan?

Nah, kondisi ini tidak akan terjadi jika anda menjadi driver angkutan online. Karena adanya sistem terintegrasi secara online melalui aplikasi maka anda tinggal menunggu di satu titik untuk bisa mendapat penumpang. Kecepatan anda dalam menerima atau mengambil order penumpang di aplikasi lah yang menjadi salah satu ukuran jumlah penumpang yang anda dapat nantinya.

Jadi sebagai driver transportasi online, anda tidak perlu menghabiskan bahan bakar hanya untuk berkeliling mencari penumpang.

  1. Lebih Produktif

Keberadaan aplikasi yang terintegrasi secara online juga membuat anda bisa bekerja lebih produktif. Selain itu kebijakan perusahaan mengenai target penumpang untuk mencapai bonus harian juga bisa menjadi salah satu pelecut semangat bagi anda untuk lebih aktif dan produktif.

Anda mungkin bisa menunggu pesanan pelanggan sambil bersantai tapi bukan berarti anda tidak bekerja. Kemudahan akses pemesanan dan penerima pesanan hanya dengan satu klik membuat setiap driver transportasi online merasa lebih produktif tanpa harus bekerja terlalu keras.

  1. Bisa Menjadi Sumber Penghasilan Sampingan

Bekerja sebagai driver angkutan online itu fleksibel. Anda bisa bekerja ataupun tidak bekerja sesuai dengan mood atau kebutuhan. Misalkan anda sebenarnya bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan, anda masih bisa menjadi driver angkutan online setelah jam kantor selesai. Tidak hanya itu, akhir pekan atau hari libur juga bisa anda manfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan sebagai driver angkutan online.

Jika memang anda ingin lebih berdedikasi, anda juga bisa sepenuhnya beralih profesi menjadi driver angkutan online. Toh, hasil menjadi driver di waktu luang sebenarnya sudah cukup besar jadi apalagi jika anda bekerja penuh waktu sebagai driver angkutan online? Sudah jelas semakin besar nominal yang akan anda dapat.

  1. Target Pasar Luas

Nah, hal lain yang membuat peluang bisnis supir angkutan online begitu menggoda dan menjanjikan adalah target pasar yang luas. Karena sistem yang dipakai berbasis aplikasi online maka anda bisa mendapat orderan dari manapun menuju kemanapun. Intinya anda memiliki kesempatan penuh untuk mengambil orderan dan memilih rute yang diinginkan. Hal ini tentu berbeda jauh dengan kondisi di angkutan umum konvensional di mana anda harus menuruti rute standar untuk masing-masing angkutan. Bahkan ada beberapa jalan atau rute yang tidak bisa anda lewati sehingga anda kehilangan kesempatan untuk menambah penumpang.

Nah, semoga informasi mengenai peluang bisnis supir angkutan online di atas bermanfaat untuk anda semua..

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.