Peluang Usaha Ayam Goreng

Semenjak Indonesia menjadi bagian dari MEA persaingan kerja di tanah air semakin berat. Lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sesuai dengan jumlah tenaga kerja yang ada. Belum lagi jika harus memilah mana yang kompeten dan tidak. Melihat hal ini maka di Indonesia akhirnya banyak muncul UKM dan usaha mandiri. Hal ini dilakukan untuk memunculkan usaha yang berdiri di atas kaki sendiri.

Peluang Usaha Ayam Goreng

Sumber: https://www.mcdonalds.com.my/

Usaha kuliner adalah usaha yang banyak diminati oleh para pengusaha awam saat ini. Salah satunya adalah peluang usaha ayam goreng. Ayam adalah bahan makanan yang dipastikan selalu ada disetiap restoran atau warung makanan yang tersebar di Indonesia. Selain enak dan bergizi, ayam juga merupakan jenis daging yang terbilang murah dibandingkan dengan daging sapi.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Kendati usaha ini memiliki banyak pesaing, namun tetap memiliki banyak peminat. Ini terlihat juga dengan banyaknya usaha mandiri yang muncul dengan mengusung tema ayam. Untuk mengurangi pesaing yang ada pedagang biasanya menciptakan menu baru yang sekiranya belum ditemukan di tempat lain. Mulai dari ayam goreng, bakar, presto, ungkep, krispi dan lain-lainnya. Pelengkap seperti sambal juga menjadi bahan pertimbangan variasi.

Merek Lokal dan Merek Luar Negeri

Ayam goreng terbilang sebagai usaha kuliner ayam yang paling banyak muncul. Hal ini karena cara memasaknya yang mudah sehingga hampir semua orang bisa membuatnya dan peminatnya juga seakan tidak pernah bosan untuk menikmatinya setiap hari. Tidak hanya ayam goreng dengan merk luar negeri saja, merk lokal juga sangat diminati. Selain harganya dan cara mendapatkannya yang lebih terjangkau, rasanya juga tidak berbeda jauh.

Brand luar negeri yang memang sangat dikenal di Indonesia ini sesungguhnya adalah salah satu media promosi gratis yang tidak boleh dilewatkan. Dikatakan sebagai media promosi karena bagi orang-orang yang ingin membeli ayam goreng brand luar negeri tersebut namun tidak dapat mendapatkannya karena memang hanya ada di tempat-tempat tertentu saja akhirnya akan mencari merk lokal yang lebih mudah menemukannya.

Lokasi Strategis

Berangkat dari hal ini maka letak anda mendirikan bisnis haruslah strategis. Carilah tempat yang mudah dijangkau. Tidak terlalu ke pusat kota namun juga jangan terlalu masuk desa. Akan lebih baik jika bisa mendapat tempat bersama dengan pedagang lain namun dengan jenis berbeda, misalnya tempat berjualan anda berdampingan dengan tukang martabak, nasi goreng, bakso, sate dan anda yang menjual ayam goreng.

Usaha yang diletakkan di tempat seperti ini lebih banyak mendapatkan pelanggan. Jika anda baru buka usaha, maka anda akan mendapat perhatian dari pelanggan-pelanggan makanan di samping anda. Cara ini juga akan mengurangi kebutuhan promosi namun tetap diketahui konsumen.

Usaha ayam goreng ini termasuk usaha makanan tidak tahan lama. Maka anda harus mengutamakan kualitas bahan-bahannya. Pastikan bahan yang anda gunakan adalah bahan yang segar. Salah satu kendala bisnis ayam goreng ini adalah isu adanya ayam tiren alias ayam mati kemaren dan juga ayam sisa. Hal ini yang perlu anda perhatikan.

Isu ayam mati kemarin merupakan kendala yang sangat rentan terhadap penjual makanan berbahan dasar ayam. Namun jangan sampai hal ini menghalangi niat usaha ayam goreng anda. Buktikan kesegaran bahan dasar anda dengan membeli ayam yang benar-benar segar dan sehat. Pembeli dapat mersakan kesegaran ayam walau sudah dimasak. Jika anda membeli bahan segar maka ayam goreng anda akan dicintai pelanggan.

Selain ayam tiren, adanya isu ayam sisa yaitu ayam yang tidak habis dihari sebelumnya kemudian kembali dijual di hari berikutnya juga bisa menghambat usaha yang anda lakukan. Untuk menghindari ayam sisa dan kerugian yang mungkin ditimbulkan, maka usahakan menyiapkan bahan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan penjualan. Jangan memaksakan jika memang belum mampu menjual dengan jumlah yang banyak.

Usaha apapun akan tetap dapat berjalan asalkan kita memperhatikan faktor kendala dan mengutamakan kualitas. Semakin baik kualitas ayam goreng yang anda jual maka anda akan semakin dicintai pelanggan. Selamat mencoba !

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.