Pinjaman Untuk menikah

Menikah merupakan salah satu hal yang menjadi kebutuhan setiap manusia. Menikah pada hakikatnya diartikan sebagai penyatuan. Kendati demikian tradisi menikah yang selama ini terkenal dimasyarakat kita adalah pernikahan yang dilengkapi dengan perayaan baik itu sederhana maupun mewah. Jika perayaan tersebut masuk dalam kategori sederhana maka mungkin hanya dihadiri oleh kerabat dekat dan sahabat dan pelaksanaanya di rumah salah satu mempelai. Akan tetapi jika sudah menginjak kategori mewah, mempelai tidak segan menyewa gedung mewah puluhan juta serta mengundang lebih dari seribu tamu undangan.

Pinjaman Untuk menikah

Jika sudah begini tentu β€˜modal nikah’ yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Modal nikah tersebut tentu sudah dipertimbangkan sebelumnya. Pertimbangan ini akan mengharuskan kedua keluarga untuk menyiapkan modal nikah tersebut jauh-jauh hari. Walaupun sudah dipertimbangkan dan dirinci jauh-jauh hari terkadang perhitungan tersebut masih saja mengalami kesenjangan. Jika sudah begini kedua keluarga harus mencari dana tambahan untuk mencukupi biaya yang dibutuhkan. Ada beberapa alternatif cara yang bisa dipilih, salah satunya adalah pinjaman di bank. Mungkin bagi beberapa orang sedikit aneh jika meminjam uang dengan alasan pribadi seperti menikah. Tetapi hal tersebut bukan tidak mungkin. Hal ini terlihat dengan adanya beberapa bank yang menyediakan pinjaman untuk kebutuhan pribadi.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Sumber: https://kreditgogo.com

Terdapat beberapa orang yang setuju dengan hal ini namun juga tidak sedikit yang menolaknya. Beberapa orang yang setuju biasanya didasari oleh kebutuhan yang memang belum tercukupi sampai hari-H. Sedangkan pihak yang tidak setuju salah satunya adalah kebalikan dari alasan pertama yaitu bisa saja karena biaya pernikahan sudah mencukupi. Hal diatas adalah sebagian kecil dari alasan pro kontra peminjaman di bank untuk pernikahan. Selain hal tersebut masih banyak hal lain yang mendasarinya. Sesungguhnya ada beberapa cara selain meminjam di bank, misalnya meminjam kepada keluarga. Akan tetapi, selain terkadang kita malu, belum tentu keluarga yang akan kita pinjami bisa menyediakan. Ketika sudah begini, bank merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Sebelum melakukan pinjaman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman antara lain sebagai berikut :

Tentukan nominal paling minim – akan lebih baik jika kita meminimkan pinjaman kita. Untuk mencegah hal ini kita tidak boleh menjadikan pinjaman di bank sebagai biaya utama. Uang di bank digunakan hanya untuk biaya cadangan dan biaya sekunder saja. Jadi kita tetap bisa meminimalisir biaya yang dibutuhkan. Hal yang perlu diingat bahwa meminjam di bank selalu berbunga. Semakin besar pinjaman, semakin besar angsuran dan semakin lama waktu yang diperlukan. Bisa jadi hari-hari anda setelah menikah akan dipenuhi rasa takut akan hutang yang mengejar.

Prediksi batasan berhutang – Jika kita berhutang untuk alasan bisnis atau modal usaha sudah pasti kita dapat memperkirakan dari mana kita mendapatkan angsuran. Namun jika untuk biaya menikah kita belum tentu dapat mengembalikan dari hasil perayaan tersebut. Oleh karenanya lebih baik jika batasan hutang lebih diperhatikan.

Hutang mempengaruhi hubungan – seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa jika anda berhutang untuk memenuhi biaya pernikahan maka setelah menikah hari-hari anda akan dipenuhi dengan bayangan hutang. Hal ini bisa saja mempengaruhi kehidupan pernikahan yang baru saja anda bangun. Inilah mengapa terdapat pasangan yang hanya bertahan pada usia dini (rentan 5 tahun).

Kendati demikian bukan berarti kita tidak diperbolehkan untuk meminjam di bank untuk biaya pernikahan. Jika memang anda membutuhkan biaya tambahan, bank menyediakan KTA. KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan jenis kredit yang tidak membutuhkan jaminan dalam pengajuannya. Jenis kredit ini cocok jika dipilih untuk mengajukan biaya menikah anda. Berikut beberapa produk KTA yang bisa menjadi pilihan.

Bank DBS – Dana Bantuan Sahabat

Bank QNB – Q Personal Loan

Standar Chartered Bank – KTA Reguler

ANZ – Personal Loan Reguler

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.