Pola Makan yang Benar Untuk Penderita Diabetes

Salah satu penyakit yang diderita oleh masyarakat modern saat ini adalah penyakit jantung, diabetes hingga kanker. Anda sadar ataupun tidak, faktanya penyakit-penyakit tersebut menghampiri Anda karena pola hidup yang tidak tepat. Sekarang coba Anda pikirkan, apakah Anda masih sering sarapan pagi tepat waktu? Lalu berapa banyak kalori, serat, vitamin dan jug karbohidrat yang Anda konsumsi perharinya? Mayoritas orang saat ini hanya mengkonsumsi makanan yang memang ingin mereka makan. Selebihnya mereka tidak memikirkan tentang kandungan gizi dan kebutuhan tubuhnya.

Pola Makan yang Benar Untuk Penderita Diabetes

Sumber :https://cdns.klimg.com/

Pola hidup yang tidak teratur sepert pola tidur, pola makan hingga olahraga yang tidak diatur dengan baik bisa mempengaruhi kondisi kesehatan Anda lho, khususnya Anda yang memiliki riwayat diabetes. Percaya atau tidak, apa yang Anda makan itulah yang akan Anda dapat. Karena itulah kali ini kita akan membahas mengenai pola makan yang benar untuk penderita diabetes.

  1. Awali pagi Anda saat perut masih kosong dengan segelas jus tomat segar. Jus ini bukan hanya terbuat dari tomat segar saja, Anda juga harus mencampurkan sedikit garam serta merica ya..
  2. Anda harus tahu berapa banyak kebutuhan kalori tubuh, standarnya kalori bisa dibatasi pada angka 1.000 hingga 1.500 saja. Pembagian kalori ini juga harus jelas, karbohidrat mengantungi 60% kemudian lemak dan protein masing-masing mendapat porsi 20%.
  3. Mengingat penderita diabetes harus menjaga konsumsi gula maka Anda harus ingat untuk mengurangi konsumsi gula. Sebagai gantinya Anda bisa mengkonsumsi dua buah dan tiga macam sayuran dalam sehari. Anda juga bisa mengkonsumsi buah kering tapi jangan terlalu banyak. Kemudian untuk kue dan permen yang jelas-jelas mengandung gula, Anda hanya boleh mengkonsumsi secukupnya.
  4. Air putih adalah minuman wajib yang harus Anda konsumsi. Akan lebih baik jika Anda mengurangi jenis minuman lain dan memperbanyak konsumsi air putih setiap harinya.
  5. Anda sebagai penderita diabetes seringkali harus melakukan diet bukan? Nah rencanakan diet Anda dengan baik bersama dokter atau ahlinya dan pastikan Anda tetap makan sebanyak 3x sehari ya. Diet diabetes yang baik harusnya mengandung serat yang kaya, susu tanpa krim, buah segar dan juga sayuran hijau.
  6. Biji-bijian seperti almond dan biji kelabat sangat baik untuk penderita diabeter. Anda bisa mengkonsumsi biji kelabat dan biji almond dengan cara merendamnya terlebih dahulu dalam air selama semalaman. Kemudian untuk porsinya, lebih baik jika Anda membatasi konsumsi biji kelabat pada takaran 1 sendok teh dalam sehari. Lalu untuk biji almond, Anda bisa mengkonsumsinya sebanyak 6 biji perharinya.
  7. Anda mungkin sering mendengar bahwa penderita diabetes sebaiknya mengikuti pola makan vegetarian. Tapi faktanya, Anda masih boleh mengkonsumsi seafood dan daging ayam kok. Hanya saja untuk kawanan daging ini, Anda harus menghindari daging merah. Daging merah mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi jadi lebih baik untuk dibatasi atau tidak mengkonsumsi sama sekali. Setali dua uang dengan daging merah, penderita diabetes sebaiknya juga mengurangi konsumsi kuning telur.

Nah bagaimana menurut Anda? Ternyata mudah kan, mengikuti pola makan yang tepat unutk penderita diabetes ini? Jangan menyerah atau merasa takut dulu ketika Anda divonis menderita penyakit diabetes. Faktanya Anda bisa memperbaiki pola hidup untuk bisa bertahan di tengah gempuran penyakit ini. Pola makan yang benar untuk penderita diabetes ini akan membuat Anda bisa mengontrol gula darah tanpa bantuan obat lho.

Jadi mulailah hidup Anda dengan lebih baik bersama makanan-makanan sehat serta perencanaan diet seimbang, maka hasil akhirnya kesehatan Anda akan semakin membaik.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.