Prospek Bisnis Kayu Sengon

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Kenapa sih anda dianjurkan untuk melakukan bisnis ketimbang menjadi karyawan kantoran? Sebenarnya ada banyak keuntungan jika anda mau memulai bisnis sedini mungkin. Keuntungan melakukan bisnis diantaranya ialah memiliki pendapatan tak terbatas, jam kerja yang bisa diatur sendiri, membuka lapangan kerja untuk orang lain serta membantu perekomonian negara. Bisa jadi dengan melakukan bisnis anda bisa lebih sukses dan mandiri secara finansial dan memiliki pribadi yang berkarakter. Untuk itu temukan dulu bisnis apa yang hendak dilakukan.

Peluang Bisnis Kayu

Peluang bisnis ada dimana-mana bahkan tanpa disadari ada di sekitar lingkungan tempat tinggal. Salah satu peluang bisnis yang patut anda coba ialah prospek bisnis di bidang kayu. Kayu merupakan komoditas terbesar ketiga setelah minyak mentah dan gas. China dan India menjadi salah satu negara konsumen dalam perdagangan kayu di dunia. Tak heran jika permintaan akan kayu selalu meningkat setiap tahunnya. Jika anda telisik lebih jauh  harga kayu tak dipengaruhi oleh  situasi ekonomi. Misalnya saja jika saham dan obligasi mengalami penurunan maka tidak dengan saham perusahaan yang komoditinya kayu.

Bisnis kayu juga tidak dipengaruhi oleh kemerosotan ekonomi dan panen kayu juga bisa ditunda sewaktu-waktu tidak seperti tembakau atau tambang tembaga. Inilah yang membuat bisnis kayu kian menarik untuk diikuti. Beberapa kayu yang jadi prioritas dalam perdagangan ialah sebagai berikut :

Kayu Jati

Kayu jati dikenal sebagai kayu yang kokoh dan kuat. Kayu ini sering dimanfaatkan sebagai furniture atau bagian dari pondasi rumah. Sebenarnya permintaan akan kayu jati ini setiap tahunnya selalu meningkat sayangnya produksi kayu jati masih memenuhi 10% drai permintaan yang ada.  Keunggulan kayu jati ketimbang jenis kayu lainnya ialah memiliki serat yang halus dan mudah dibentuk. Kayu jati juga memiliki zat alami sehingga rayap tak mau hinggap pada batangnya. Kayu jati juga sangat ulet sehingga tidak mudah melengkung. Tak heran jika kayu jati memiliki harga yang cukup mahal di pasaran.

Kayu Pinus

Selain kayu jati ada pula kayu pinus yang kerap diperdagangkan. Kayu pinus memilik ciri-ciri berwarna krem dan bertekstur halus. Keunggulan kayu pinus ialah memiliki serat kayu yang eksoktis sehingga kerap dijadikan benda seni atau aksesoris hiasan. Kayu pinus juga sangat mudah diproses  dan memiliki standar tingkat kekeringan tinggi sehingga sering pula digunakan untuk kayu packing. Kayu pinus memiliki berat yang ringan sehingga jika digunakan untuk furniture tidak terasa terlalu berat.

Kayu Mahoni

Ada pula kayu mahoni yang bisa anda jadikan peluang bisnis dibidang perkayuan. Pohon mahoni rata-rata memiliki tinggi sekitar 35-40 meter dengan diameter sekitar 125 cm. kulit luarnya berwarna coklat kehitaman dengan kulit batang berwarna abu-abu. Kayu mahoni memiliki kelebihan diantaranya ialah serat  kayu yang lebih beragam dengan penampilan yang lebih natural. Kandungan minyak alami pada mahoni juga sangat rendah. Kayu mahoni juga sering dipakai untuk alat music seperti untuk pembuatan gitar. Hal ini dikarenakan kayu mahoni memiliki penampang yang sangat stabil.

Kayu Sengon

Tak hanya kayu mahoni saja yang berharga untuk diperdagangkan namun juga kayu sengon. Kayu sengon sangat mudah anda temukan disekitar lingkungan tempat tinggal. Keunggulan dari kayu sengon sendiri diantaranya adalah memiliki karakter kayu yang lurus dan  ringan sehingga mudah sekali dibentuk. Kayu sengon juga menghasilkan kubikasi lebih tinggi ketimbang mahoni sebab batang bebas cabangnya saja bisa sampai 20 meter.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Kegunaan Kayu Sengon

Kayu sengon merupakan jenis kayu yang ada di daerah tropis dan tumbuh subur di pulau Jawa. Kayu sengon dikenal pula dengan nama kayu Albasia dengan masa pannen 4-5 tahun. Ciri-ciri dari kayu sengon diantaranya adalah kayunya berjenis kayu lunak sehingga terasa empuk ketika dipegang.

Walaupun empuk tekstur kayu ini cenderung kasar dengan bagian tengah berwarna putih dan cokelat muda. Apabila anda menebang batang pohonnya maka akan tercium bau mirip dengan kayu petai namun jika kayu telah mongering maka bau petai tadi akan hilang dengan sendirinya. Kayu sengon memiliki beragam manfaat diantaranya adalah sebagai berikut :

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Kerap Dijadikan Bahan Bangunan

Kayu sengon ini sering dijadikan bahan bangunan seperti untuk membuat kuda-kuda yang mampu menghemat biaya pembangunan hingga 40-50%. Kayu sengon kerap digunakan untuk pembangunan tiang pancang ataupun kontruksi ringan. Biasanya untuk memakai kayu sengon sebagai bahan bangunan akan dilakukan proses pengawetan terlebih dahulu agar lebih kuat. Pengawetan sendiri merupakan proses yang cukup panjang sebab kayu akan melalui proses peleburan,penyemprotan, perendaman air dingin dan air panas lalu dilanjutkan dengan disfusi baru kemudian di vakum.

Kayu sengon memang tidak asing ditelinga masyarakat dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Jika kayu ini dikeringkan dan melalui proses perendaman seperti dalam pengawetan maka kayu sengon bisa bertahan 30-45 tahun lamanya.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Pakan Ternak

Keunggulan dari pohon sengon ini ialah daunnya bisa anda manfaatkan. Daun sengon memiliki protein yang sangat tinggi sehingga kerap dijadikan bahan pakan ternak alami. Biasanya sengon digunakan untuk pakan ternak sapi, kerbau atau kambing.  Tak hanya itu daun sengon juga sangat berguna dalam menyerap nitrogen dan karbondioksida sehingga udara akan lebih bersih.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Dipakai Untuk Furnitur

Siapa bilang jika kayu sengon tak bisa dipakai untuk furniture? Karakter kayu sengon yang lunak dan ringan membuatnya sering dipakai untuk membuat keperluan rumah tangga seperti pintu, meja, papan, peti kemas hingga dibutuhkan dalam industry korek api. Selain itu kayu sengon tidak banyak mengalami perubahan ketika dipaku. Tak heran banyak pula yang menggunakannya untuk bahan baku pembuatan barang yang memiliki ukuran kecil. Jika dibandingkan dengan pohon mahoni ternyata kayu sengon lebih banyak menghasilkan kayu.

Ternyata tak hanya batangnya saja yang berguna bahkan akar dari pohon sengon sangat ampuh untuk menyuburkan tanah. Pada akar pohon sengon terdapat nodul akar yang membantu porositas tanah.akar dari pohon ini juga tidak besar dan menyimpan banyak nitrogen didalamnya.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Jenis Sengon

Bagi anda yang mulai melirik bisnis kayu sengon ada baiknya juga mengenal beragam jenis sengon. Dengan memahami jenis sengon anda jadi bisa menentukan pilihan untuk budidaya jenis sengon tertentu yang cocok dibudidayakan di sekitar lingkungan anda. beberapa jenis sengon yang dimaksud bisa anda simak sebagai berikut :

 Sengon Buto

Sengon jenis ini dikenal cepat sekali tumbuh ketimbang jenis sengon lainnya. Sengon buto akan tumbuh pada ketinggian 0-1000 mdpl dengan curah hujan sekitar 600-4800 mm/tahun.  Sengon ini juga bisa hidup di tanah berpasir ataupun asin. Tekstur kulit luarnya kasar dengan warna cokelat kemerah-merahan. Sengon buto mudah ditemukan didaerah tropis bahkan di Amerika Utara jenis pohon ini tumbuh subur.

Sengon Laut

Sengon laut merupakan jenis sengon yang  kerap anda temukan di daerah Jawa. Sengon inilah yang biasa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti dipakai untuk membuat pintu, pondasi rumah dan kerajinan tangan.  Sengon laut sangat mudah anda keringkan dan tidak sulit untuk menggergajinya. Tak salah jika sengon ini mudah dibentuk.

Sengon Solomon

Tak hanya sengon laut saja yang sering dibudidaya namun juga sengon Solomon. Sengon ini sering dibudidayakan oleh para petani. Sengon Solomon jauh lebih tinggi ketimbang sengon lokal. Saat usianya mencapai 2 tahun tinggi sengon Solomon bisa mencapai 14 meter. Sengon Solomon bisa mencapai ketinggian hingga 40 meter dan diameter 100 meter. Sengon ini memiliki akar tunggang dengan batang yang lurus menjulang.

Sengon Tekek

Jika dilihat sekilas sengon tekek memiliki penampilan fisik yang sama dengan sengon laut. Batangnya cenderung berwarna merah dan sering dijadikan kayu bakar oleh masyarakat. Ujunng batangnya berwarna  merah kecokelatan. Kayu sengon tekek sangat mudah sekali dipatahkan. Sengon tekek juga sering digunakan untuk papan triplek atau bahan dasar pembuatan kertas.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Cara Budidaya Kayu Sengon

Nah, banyak bukan jenis sengon yang bisa anda budidayakan. Setelah mengetahui jenis-jenisnya tentu anda ingin mengetahui bagaimana cara pembudidayaan sengon secara umum. Sebenarnya untuk membudidayakannya sangatlah mudah asal anda telaten dan giat. Berikut cara-caranya yang bisa anda simak berikut ini:

  • Persiapkan Bibitnya

Langkah pertama yang perlu anda lakukan tentu saja mempersiapkan bibit sengon.  Jika anda tidak menemukan bibit siap tanam maka anda perlu melakukan beberapa hal agar bibit tersebut dapat segera tumbuh. Pertama-tama didihkan air hingga mendidih kemudian masukan bibit tersebut. Biarkan 15-30 menit lalu kemudian diamkan dalam air dingin paling tidak satu hari saja.

  • Pilih Lokasi Dekat Mata Air

Selanjutnya pilih lokasi yang strategis misalnya dekat dengan sumber air sehingga sengon dapat segera menampakkan dirinya setelah ditanam. Hindari menanam sengon di lahan yang memiliki tanah liat. Siapkanlah lubang-lubang jika anda membeli bibit siap tanam. Penanaman bibit sengon sangatlah rentan sehingga mudah sekali mati atau layu. Hal ini merupakan salah satu alasan kenapa lokasi berperan penting.

Selain itu akses yang mudah akan mempermudah anda dalam mengangkut sengon saat dipanen. Lokasi yang paling baik untuk bertanam sengon ialah ketinggian lahan harus maksimum 800 meter dengan suhu 18-27 derajad celcius. Kelembapannya harus antara 50-75 % dengan curah hujan 2000-4000 mm/tahun.

  • Penanaman Sengon

Setelah selesai membuat lubang untuk ditanami bibit sengon selanjutnya ialah menanam bibit. Sebelumnya buatlah ajir tanaman yang terbuat dari bamboo dan kayu. Lubang untuk menanam sengon paling tidak berukuran 30 x 30 x 30 cm. atur jarak satu sengon dengan sngon lainnya yakni 3×3 atau 2 x 3 meter.

Tidak lupa perlubang harus anda masukkan pupuk kandang 2-4 kg per lubangnya. Berikan kapur apabila lahan cenderung asam dengan dosis 100 gram per lubang tanam. Alangkah baiknya jika menanam bibit sengon ini pada pukul 07-11.00 atau 15.00-17.00 agar bibit tidak mudah stress. Ketika melakukan penanaman bibit maka  pastikan bibit ditanam tegak lurus.

  • Perhatikan Perawatannya

Tak hanya dalam proses penanaman bibit saja yang penting namun juga dikala perawatan sehari-harinya. Tanaman snegon juga butuh anda hilangkan gulma yang ada disekitarnya. Tak hanya itu saja cabang sengon yang tak berfungsi lagi juga butuh dipotong. Ketika tanaman sengon mati saat belum dipanen maka segera ganti bibit yang mati tersebut dengan bibit yang sehat.

Jangan lupa untuk memberi pupuk setiap empat bulan sekali. Gunakan pupuk yang mengandung unsure P dan K sebanyak 100 gram tiap lubangnya. Lebih baik lakukan pemupukan pada pukul 06.00-09.30 atau 16.00-18.00.

  • Waktunya Panen

Setelah bertahun-tahun menjaga bibit sengon agar tumbuh sehat tentu waktu yang paling dinanti pastilah ketika panen. Pohon sengon biasanya dipanen ketika berumur 5-7 tahun dengan dilakukan 3 teknik penebangan. Teknik tersebut diantaranya ialah teknik takik balik, teknik takik rebah dan teknik arah rebah.  Biasanya orang-orang akan menggunakan teknik takik rebah yakni  memotong sebagian sisi batang sejajar dengan arah rebah pohon. Usahakan jarak antara  alas dan takik rebah maksimum 5 meter saja. Begitulah tadi pembudidayaan tanaman sengon, mudah bukan ?

Prospek Bisnis Kayu Sengon

Ada beberapa faktor kenapa bisnis kayu sengon ini layak anda perjuangkan. Walau nilainya tidak setinggi jati namun dari segi perawatan dan bibitnya masih sangat terjangkau. Keuntungan budidaya kayu sengonpun bisa bikin balik modal anda. yuk intip beberapa analisis berikut ini untuk memberikan anda gambaran lebuh dalam terkait bisnis kayu sengon.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Dilihat Dari Segi Permintaan

Kebutuhan akan kayu tak ada habis-habisnya begitu pula dengan kayu sengon. Kayu sengon dikenal baik oleh masyarakat sebagai bahan baku furniture. Kayu ini dinilai lebih terjangkau sehingga biasa digunakan untuk bahan pembangunan rumah. Dikarenakan batangnya yang jauh lebih lunak maka tak sedikit pula orang yang menggunakan kayu sengon untuk digunakan sebagai bahan baku aksesoris hiasan seperti figura, patung hingga kursi.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Disimak Dari Segi Biaya

Untuk 1 hektar lahan biasanya dibutuhkan sekitar 1.100 bibit sengon. Untuk satu bibit sengon diperkirakan Rp.3.500-Rp.5.000 saja. Untuk masa panennya sendiri dibutuhkan 5-7 tahun. Anda akan dibebani biaya perawatan seperti pupuk, peptisida serta biaya tenaga kerjanya untuk mengurusi tumbuh kembang sengon ini. Bayangkan jika satu pohon dihargai Rp500.000 saja dan anda memiliki 1.100 batang pasti pendapatan yang didapat juga tak bisa dibilang sedikit.

Prospek Bisnis Kayu Sengon – Pemasaran Kayu Sengon

Untuk pemasaran kayu sengon sendiri anda bisa bekerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan kayu sebagai bahan bakunya. Misalnya saja industri mebel atau industri kertas. Perusahaan korek api juga membutuhkan sengon sebagai bahan bakunya karena bahan kayunya yang sangat mudah kering dibandingkan bahan kayu yang lain. Apalagi jika anda memiliki izin ekspor seperti angka pengenal ekspor dan jasa ekspedisi terpercaya. Untuk pajak ekspor sendiri di Indonesia dikenakan tariff 0 % yang tentu  malah membantu memaksimalkan keuntungan anda.

Melihat banyaknya manfaat diatas bukan berarti kayu sengon tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kayu sengon diantaranya adalah kayu ini mudah rusak karena bobotnya yang ringan dan teksturnya yang lunak. Apalagi jika sudah sering terkena cuaca yang tak menentukan akan mempercepat pelapukannya.

Sebenarnya cepat atau lamanya kayu rusak juga dipengaruhi oleh perawatan serta bagaimana penggunaanya. Perawatan furniture kayu yang tidak benar akan  mudah membuat furniture tersebut rusak. Kayu yang masih muda akan lebih cepat rusak sehingga akan lebih baik anda memanen kayu sengon tepat pada waktunya.

Setelah melihat penjelasan diatas kira-kira kapan nih anda akan mencoba menjajal keberuntungan di prospek bisnis kayu sengon? Jika dana sudah ada dan lahan tersedia jangan ragu untuk memulainya dari sekarang sebelum bisnis ini menjadi marak dan ada kehilangan peluang karena ketatnya persaingan.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.